Mesin EDC SPOTS, Aplikasi Kasir Untuk Kemudahan Transaksi Pembayaran - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Minggu, 09 Februari 2020

Mesin EDC SPOTS, Aplikasi Kasir Untuk Kemudahan Transaksi Pembayaran

Mesin EDC SPOTS, Aplikasi Kasir Untuk Kemudahan Transaksi Pembayaran



Assalamualaikum Sahabat. Sejak demam dompet digital saya jadi malas bawa duit tunai kemana-mana. Mending isi dompet digital aja, bisa untuk bayar belanjaan atau tagihan bulanan. Namun saya juga sering bayar belanjaan dengan debet card BCA. Praktis sih karena cashless, dan kadang mau ambil duit di ATM juga mesti antri. 

Beberapa kali saya dan suami atau anak-anak beli makanan di salah satu warung yang ada di perumahan. Ternyata dompet nya nggak ada duit tunai, wkwkwkk. Suami lupa ngambil duit di ATM. Sementara kami udah terlanjur pesan makanan. Mau pamit dulu sama penjualnya, buat ngambil duit di ATM, ntar takutnya kelamaan.

Seperti waktu hari Jumat lalu, saya ikut suami ngurus pekerjaan di kawasan Semarang Barat. Waktu mau pulang, suami ingat anak-anak yang suka nanya oleh-oleh ketika abis pergi gitu. Padahal anak-anak kami tuh yang sulung udah kerja, dan adiknya mahasiswa semester 4. Tapi tetep ya selalu mengingatkan ibunya agar bawa oleh-oleh tiap kali kami keluar rumah.

"Nyari jajanan yuk buat anak-anak,"
"Jajanan apa, daerah sini tuh gak apal jajanan apa yang enak,"

Saya jadi teringat cerita teman tentang warung jualan milik familinya. Katanya mereka sedia kebab dan burger. Wihhhh makanan kesukaan anak-anak saya nih.

Langsung deh saya cari lokasi warung nya di Google Map. Sebelumnya saya nanya dulu pada teman, alamat pasti agar kami tidak salah jalan.


Syahlisha Burger dan Kebab

Enaknya jaman digital ya, semua aktivitas terbantu banget dengan adanya smartphone. Nyari informasi seputar jajanan pun bisa dengan mudah dilihat di aplikasi Google Map dan melihat kuliner terdekat atau paling favorit.

Begitu menemukan kedai Syahlisha, saya segera memesan dua kebab numani, satu beef burger dan satu chicken burger crispy. 

Saya melirik ke arah meja penyajian. Ada mesin EDC warna biru yang terlihat jelas di dekat counter kaca. Wah bisa bayar dengan dompet digital GoPay nih. Tapi saya cek, saldo GoPay saya kayaknya nggak cukup kalo untuk bayar jajanan yang udah dipesan.

Namun saya nggak kelamaan bingung. Karena Ibu Tatik, pemilik kedai malah nawari kalo dia menyediakan mesin EDC SPOTS dari Gojek. Beliau menuturkan bahwa pembayarannya bisa menggunakan debet ATM BCA. Wah senang dong, akhirnya suami nggak perlu nyari ATM muter kompleks perumahan.

Picture  dokpri
Saya pun nanya-nanya seputar perangkat kasir yang baru saya ketahui ini. Kan sebelumnya saya tuh hanya ngerti kalo mesin EDC dari GOJEK ini hanya menerima pembayaran dengan dompet digital Gopay. 


Ibu Tatik pemilik franchise Syahlisha Burkeb pun menjelaskan bahwa beliau udah berjualan sekitar 1 tahun. Sementara untuk pemakaian mesin EDC SPOTS baru berjalan 10 bulan ini.



Terus terang saya seneng banget dengan inovasi pembayaran cashless dari GOJEK ini. Makin mendukung gaya hidup kaum milenial yang udah malas bawa duit tunai dalam jumlah banyak.



Berkenalan Dengan Perangkat Kasir Mesin EDC SPOTS 

Seperti yang saya ceritakan sebelumnya, malam itu saya baru mengetahui dengan perangkat kasir Mesin EDC Spots dari GOJEK ini. Setahu saya mesin EDC tersebut biasanya untuk melakukan transaksi pembayaran dengan dompet digital GoPay.

Picture : website SPOTS
SPOTS adalan aplikasi kasir online atau sistem Point of Sale, untuk mengelola pesanan dari konsumen. Produk ini ditujukan untuk membantu UMKM hingga pemilik franchise untuk memudahkan transaksi mereka. 

Picture : website SPOTS
SPOTS memiliki beragam fungsi, padahal ukurannya enggak cukup besar, ya. Nah, fungsi yang pertama adalah sebagai sistem Point of Sale alias POS. Gunanya untuk mengelola pesanan. Dengan menggunakan SPOTS, pemilik gerai makanan bisa memantau omzet dengan lebih praktis. Semua karena rekap transaksi dapat langsung dilihat dari aplikasi atau email yang dikirim setiap hari.

Fungsi kedua sebagai mesin EDC yang bisa memudahkan proses pembayaran. Fungsi terakhir dari SPOTS yaitu sebagai printer. Artinya benda biru ini bisa mencetak resi a.k.a bukti pembayaran secara otomatis.

Picture : website SPOTS
Seperti saat saya beli jajanan burger dan kebab di Syahlisha Burkeb. Pemilik kedai mencatatkan semua pesanan saya terlebih dahulu di mesin EDC SPOTS. 


Kemudian saya pun menyerahkan kartu debit ATM untuk melakukan pembayaran. Caranya cukup dengan menempelkan kartu debit ATM BCA yang saya miliki pada mesin EDC SPOTS. Dan saya bisa langsung mengetikkan nomer PIN kartu debit ATM BCA di mesin EDC.



Pict. : Dokpri
Setelah itu pemilik kedai tinggal melanjutkan proses pencatatan dan mencetak resi atau bukti pembayaran yang keluar dari mesin EDC. Wuiihhh, praktis banget yak!

Saat ini mesin EDC SPOTS sudah bisa mendukung pembayaran dengan menggunakan kartu debit. Dan sebentar lagi mesin EDC SPOTS juga bakal menerima pembayaran dengan menggunakan kartu kredit. 


Nah, untuk pembayaran menggunakan kartu debit biasanya tergantung kebijakan masing-masing pemilik UMKM atau franchise. Ada yang menerima kartu debit BCA saja, ada juga yang menerima kartu debit dari bank-bank lainnya. Dari info yang  saya baca di website SPOTS, perbedaannya hanya pada proses pencairan dana.



Nah, asal kalian tahu, SPOTS merupakan mesin EDC pertama yang memiliki opsi melakukan pembayaran tiga jenis ini. Yaitu GoPay, kartu debit, dan kartu kredit. SPOTS merupakan bagian dari grup perusahaan GOJEK dan saat ini sudah digunakan oleh lebih dari 15.000 outlet di seluruh Indonesia. Melihat animo pemilik outlet, saya jadi penasaran dengan harga mesin EDC SPOTS.


Harga Mesin EDC SPOTS

Saya jadi penasaran, bagaimana dengan harga mesin EDC ini? Apakah pemilik UMKM, atau franchise tidak keberatan dengan harga mesin EDC? Mereka kan pemilik usaha yang masih berjuang membesarkan usahanya. Apa enggak menambat biaya operasional mereka?


Dari rasa penasaran ini saya pun mencari tahu harga mesin EDC di website SPOTS. Ternyata untuk memiliki mesin EDC SPOTS ini, pemilik warung UMKM atau franchise cukup membayar biaya awal pendaftaran sebesar Rp. 490.000. Dengan membayar sejumlah harga pendaftaran, mereka akan mendapatkan fasilitas mesin EDC SPOTS dan dua gulung kertas printer.


Picture : website SPOTS
Kalo kertas printer habis, gimana dong? Gampaaang, cukup beli kertas printer secara online di marketplace atau di tempat jasa fotokopi.


Ah, berarti mesin EDC itu disewakan ya? Iya, dan biaya sewa per hari adalah sejumlah Rp. 4.900. Jadi misalkan dihitung, setiap bulan penyewa cukup mengeluarkan uang sekitar Rp 147.000. 



Harga tersebut tentu saja cukup ramah di kantong untuk para pemilik UMKM dan franchise. Apalagi dengan harga mesin EDC SPOTS segitu udah mendapatkan fitur yang integratif dan berkualitas. Pemilik mendapatkan kemudahan dalam hal pencatatan pemasukan dari usahanya.


Nah, misal kalian pemilik atau calon pemilik UMKM, bisa dong kenalan dulu dengan mesin EDC SPOTS dari GOJEK. Kalian bisa kepoin sosial media SPOTS terlebih dulu. 


Instagram: @spots.id https://www.instagram.com/spots.id/)
Facebook: Spots.id https://www.facebook.com/spots.id)
YouTube Channel: SPOTS - Point of Sale 
Website Official: www.spots.co.id


Wah, saya jadi senang misalkan semua pemilik UMKM dan franchise di negeri ini udah menggunakan mesin EDC SPOTS dari GOJEK. Karena saya dan keluarga penyuka jalan-jalan dan kulineran di berbagai daerah yang kami kunjungi. Kalo bisa cashless saat kulineran, tentu bikin nyaman dan aman. Enggak perlu bawa duit tunai banyak. Gimana menurut kalian, memilih bawa duit tunai atau cashless kayak saya? Sharing yuk pengalaman kalian, wassalamualaikum.

42 komentar:

  1. Bener ya mbak. Aku juga merasa ringkas sekali pake dompet digital. Apalagi klo masih ada cashback wkwkw Malah sebal klo harus jajan pake uang cash.

    Pas tahun baru kemarin ke Bali, berasa banget bahwa dompet digital gak kepake hehe percuma dah udah diisi ulang mgkn krn banyak turis asing ya jd gak banyak yg pake

    BalasHapus
  2. Wah mesin EDC itu bikin praktis pembayaran ya mbak, recommended nih.

    BalasHapus
  3. Aku pernah belanja bawa uang cash ternyata belanjaan banyak hihi enggak cukup. Jadinya pakai kartu ATM. Beruntung bisa bayar dan enggak malu hihi... Senang kalau UMKM banyak pakai gini.

    BalasHapus
  4. Toss kita..pelaku cashless..
    Domoet kadang isinya cuma buat parkir aja kwkwk
    Dan UMKM seperti Shyalisa pasti terbantu dengan adanya mesin EDC SPOTS by Gojek ini ya. Karena praktis , kasir+EDC+printer jadi satu
    Penjual dan pembeli sama-sama untung

    BalasHapus
  5. Asyik banget kalau ke Semarang. Sudah banyak warung yang menerima pembayaran nontunai. Jadi, meski sangu minimal, tetap bisa gaya dengan saldo Gopay yang terisi dari job. Hihihi.
    Saldo Gopay saya selama ini cuma tuk beli pulsa HP dan listrik. Hihihi

    BalasHapus
  6. asek, semakin banyak yang jualan yang pake mesin edc spots, pembeli semakin dipermudah karena saya termasuk orang yang jarang bawa cash atau uang tunai.

    BalasHapus
  7. Sarana yg memudahkan para pelaku umkm ya. Harga sewanya juga nggak besar dan memudahkan pembeli bertransaksi

    BalasHapus
  8. Selama ini cuma tahu Mesin EDC Spots untuk gopay, ternyata bisa debit card juga
    Sangat menguntungkan ya?

    BalasHapus
  9. Sejak pernah kecopetan, aku tuh males banget bawa uang tunai apalagi dalam jumlah banyak. Semua sudah serba mengandalkan jempol, deh. Alhamdulillah, aku tipe orang yang nggak terlalu suka belanja online kecuali yang memang harus banget online. Jadi aman deh urusan hemat berhemat.

    Waktu jajan martabak dekat rumah, eh lihat mesin EDC Spots juga lho di gerobaknya. Seketika ingat tulisan para teman-teman blogger, nih.

    Ah iya, kartu debet dan kredit hanya berlaku untuk BCA saja atau sudah kerjasama dengan bank lain juga, ya?

    BalasHapus
  10. Sekarang zamannya udah cashless, asyik banget kalau ada mesin ini di mana-mana bisa jajan dg mudah 😁

    BalasHapus
  11. Mesin EDC Spots ini kudu banget dimiliki para pengusaha kuliner ya Mba
    Karena bikin segalanya makin simpeelll buanget

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga demen banget kalo ketemu pedagang kuliner yg pakai SPOTS EDC.
      Super gampiill kan transaksinya

      Hapus
  12. Ringkas dan gak mahal..kalo punya usaha cocok lah pake EDC Spot bisa sekalian ngerekap gak ribet

    BalasHapus
  13. Aku juga senang cashless mbak, tapi di suatu waktu suka kelimpungan juga pas gak sedia uang cash, hehehe. Waah simpel ya jajan pake mesin EDC Spots nya bisa pake GoPay atau Debit :)

    BalasHapus
  14. Emang simple ya kalau pakai EDC Spots ini, nggak perlu riweuh hitung2 uang dulu. Heheheh.

    BalasHapus
  15. gerai-gerai makanan atau toko2 di dekat rumah juga udah pada pake spots
    praktis gitu
    nota tercetak
    pembukuan rapi
    Alhamdulillah ngerti banget keadaan pengusaha kecil

    BalasHapus
  16. Keren ya mesin EDC dan aplikasinya ini. Bikin para pelaku bisnis mengelola semuanya dengan rapi. Dan buat konsumen seperti saya, ini tuh praktis. Bertransaksi jadi cashless

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku dulu mikirnya SPOTS ini cuma buat pencatatan keuangan aja buat yang punya. Ternyata juga ada pencatatan transaksi dan juga produk jualan mereka. Keren deh. Semua pelaku usaha kudu punya. Bikin semua pencatatan kasir jadi praktis dan tercatat dengan baik.

      Hapus
  17. Bantu konsumen banget loh ini. Aku suka deg2an kalau bawa keluarga, takut duit cash di dompet nggak cukup. Sudah gitu kalau kembalian nggak ada, pelanggan yg diribetin minta uang pas

    BalasHapus
  18. Wah baru tau kalau mesin edc itu bisa disewa harian. Udah gt harga sewanya murah dibanding keuntungan2 yg didapat. Keren banget ya

    BalasHapus
  19. Banyak pilihan pembayaran kalau tenantnya menggunakan mesin EDC Spots ya mba. Apalagi bisa menggunakan debit juga. Mari kita jajan.

    BalasHapus
  20. alat ini memang akan sangat memudahkan

    BalasHapus
  21. Dengan beragam dompet digital.memang jadi makin praktis ya mba.. apalagi dengan adanya EDC SPOTS yg bisa pakai ATM begini. Mudah2an banyak yg terima beragam ATM, soale aku g punya BCA..wkwkw..

    BalasHapus
  22. Tren bergulir. sekarang masanya lebih enak beli apa apa tinggal gesek. Mau beli di minimarket atau sekedar beli kue dongkal kalau ada adc nya jadi lebih praktis 😊

    BalasHapus
  23. mama mertua juga udah pakai ini di kantin sama toko-tokonya, ternyata mudah dan membantu sekali, buibuk banyak yang nyaman dengan metode pembayarannya.

    BalasHapus
  24. Memang mesin pembayaran ini sangat membantu yaa mba.. banyak penjual yang pakai di sekitar rumah kami juga

    BalasHapus
  25. Wah ga nyangka ih skarang bisa sewa mesin edc. Ini sih mempermudah pelaku umkm ya kak, biayanya juga terjangkau banget

    BalasHapus
  26. Harga lima ribuan per hari bisa dianggap murah lho mengingat SPOTS ini banyak membantu sekali dalam soal transaksi digital jaman sekarang. Di Cianjur juga sekarang sudah banyak pelaku usaha UKM yang transaksinya menggunakan mesin kasir SPOTS. Jadi makin keren deh

    BalasHapus
  27. Ya ampuuun...bahkan penjual kebab aja udah cashless ya sekarang.

    Zaman udah benar-benar berbeda.

    Kalo pake spots ga ada lagi cerita kembalian pake permen ya, mbak.

    BalasHapus
  28. Dompet digital memang kerasa banget membantu, karena tidak selalu bawa uang kas dan tidak selalu mudah cari ATM.

    BalasHapus
  29. Keren banget ya jaman sekarang mba, kita nggak perlu pegang uang cash lagi tinggal tap atau gesek aja dan sekarang juga banyak aplikasi untuk bayar online

    BalasHapus
  30. Saya banget tuh, paling jarang dompet ada duit tunai, habis dikasih buat uang jajan si kakak soalnya hahaha.

    Dan saya juga lebih suka cashless, karena praktis, nggak ada kembalian pakai permen lagi :D
    Bersyukur deh dengan adanya mesin EDC spots ini, jadinya cashless bisa lebih meluas bahkan hingga ke warung-warung :)

    BalasHapus
  31. Spots ini membantu banget untuk usaha UMKM ya mb Wati. Sekarang usaha pinggir jalan aja udah pake mesin ini. Praktis

    BalasHapus
  32. Aih senang ya sebagai pemegang kartu debet BCA, kalau belanjanya di gerai yang pakai EDC Spots, tinggal gesek.

    BalasHapus
  33. Skrg banyakkkk bgt ya yg pakai ini. Praktis, memudahkan juga terjangkau sih harganya

    BalasHapus
  34. Iya nih kdren zaman now tu..si.mamang di gerobak aja udah pke ini ya hehe..

    BalasHapus
  35. Sekarang transaksi makin mudah ya mba dengan bantuan teknologi. Melalui EDS Spots ini, baik penjual maupun pembeli makin diuntungkan. Penjual enggak repot harus nyetak struk karena udah otomatis melalu Spots. Laporan keuangannya pun juga tinggal cetak ga perlu repot ngrekap.

    BalasHapus
  36. Mesin ini ngebantu banget buat kita2 cashless dan Alhamdulillah di daerahku banyak penjual yang udah pakai ini.

    BalasHapus
  37. Perbedaan yang paling kentak antara edc spots dgn edc lain adalah bisa kita temui secara gampang di jajanan pinggir jalan.

    Ini baru namanya pemerataan. Hihi.. Gak outlet2 gede aja yang terbantu

    BalasHapus
  38. lebih simple ya mbak.. Apalagi Spots ini gak harus toko besar yang punya, saya kemaren nemu di kedai kebab kecil di sby :D.

    BalasHapus
  39. Transaksi jadi makin gampang dengan mesin edc yang satu ini

    BalasHapus
  40. Kebetulan deket rumah udah banyak yg pakai SPOTS. Banyak pilihan jajanan juga. Ada yg udh bisa debit, ada yg belum. Gpp juga, bisa pakai QRIS koq. Simple kan...

    BalasHapus