Review Film Knives Out : Mengungkap Pembunuh Penulis Novel Misteri - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Kamis, 19 Desember 2019

Review Film Knives Out : Mengungkap Pembunuh Penulis Novel Misteri

Review Film Knives Out : Mengungkap Pembunuh Penulis Novel Misteri




Assalamualaikum Sahabat. Jelang akhir tahun memang selalu dimeriahkan dengan beragam film menarik yang wajib ditonton. Kebetulan rencana nonton film Knives Out ini udah sejak akhir Nopember sih. Namun aslinya saat akhirnya nonton film ini, saya dan suami sebenarnya pengen nonton film 21 Bridges terlebih dulu. Karena takutnya keburu selesai penayangannya.

Takdir berkata lain. Kami terlambat tiba di studio bioskop XXI di DP Mall. Jadinya pilihan film pun beralih pada film Knives Out.

Knives Out adalah film drama komedi kriminal Amerika Serikat yang baru lonching September 2019. Film ini memiliki plot cerita menarik dan didkung dengan naskah cerita yang kuat. Karakter masing-masing pemain pun menjadi kekuatan film dengan genre misteri pembunuhan yang dibalut komedi.

Waktu nonton trailer film ini, kebetulan saya bersama kakak dan adik ipar. Jadi kami udah rencana nonton dan nggak sabar nungguin tayangnya. 

Etapi waktu film Knives Out  tayang, adik ipar udah balik ke kota masing-masing. Akhirnya karena telat nonton film yang satunya, ya udah lah nonton Knives Out sama suami. Meski saya yakin suami bakal bosan nonton film ini karena nggak seseru 21 Bridges. Suami sukanya film semacam Jack Reacher gitu, genre action lah.

Pemeran Film Knives Out

Ana de Armas (Marta Cabrera) perawat Harlan Thrombey (Christopher Plummer), Chris Evans (Ransom Drysdale) cucu. Dan putra dari Jamie Lee Curtis (Linda Drysdale) Putri Harlan dan istri dari Don Johnson (Morris Bristow).

Ada juga aktris Katherine Langford memerankan Meg Thrombey, putri dari Toni Collete yang memerankan menantu Harlan yaitu Joni Thrombey. Suaminya diceritakan sudah meninggal. Selain itu ada Jaeden Lieberher (Jacob Thrombey) putra dari Michael Shannon (Walt Thrombey) dan Riki Lindhome (Donna Thrombey).

Selain itu adalah sang detektif yang terkenal dengan bayaran mahal, yaitu Daniel Craig (Detektif Benoit Blanc). Lakeith Stanfield yang memerankan polisi lokal berpangkat letnan. Edi Patterson yang memerankan Fran, juru masak keluarga Harlan Thrombey. 


Sinopsis Film Knives Out


Kisah "Knives Out" sendiri fokus pada Harlan Thrombey (Christopher Plummer). Harlan adalah seorang penulis novel misteri yang kaya raya. Di ulang tahunnya yang ke-85, ia tewas secara misterius.

Keluarga Harlan yang berkumpul saat ulang tahun sang penulis pun dimintai keterangan. Masing-masing dari mereka harus berhadapan dengan detektif terkenal, Benoit Blanc (Daniel Craig), yang datang untuk menyelidiki insiden ini.

Detektif Benoit Blanc yang penasaran dengan kejadian tersebut, secara diam-diam diminta untuk menyelidikinya. Benoit sendiri tidak mengetahui siapa orang yang membayarnya untuk menyelidiki kasus kematian sang novelis.

Gimana sahabat, menarik kan kalo baca sekilas sinopsisnya? Saya sendiri udah tertarik sejak baca dan nonton trailernya. Jadi ketika tanggal 12 Desember kemarin saya nonton filmnya, udah niat mau bikin review ala saya. Etapi kelupaan terus gara-gara hampir tiap hari keluar rumah.

Kebetulan saya penyuka novel misteri, thriller, dan cerita yang menggugah keingintahuan seperti ini. Jadi sepanjang nonton film ini, saya seperti menemukan passion layaknya membaca novel kesayangan. Seperti novel Agatha Christie, Marry Higgins Clark, John Grisham, dan lainnya. 

Yuk baca review ala saya, semoga nggak sampai ada spoiler. Tapi kalo lolos dikit ya, gak apa lah. Hahahaa.


Review Film Knives Out:

Film dibuka dengan setting lokasi sebuah rumah berkuran besar yang berdiri di sebuah bidang tanah yang luas. Suasananya mencekam, dalam gelapnya malam dan dua anjing yang tengah menggonggong seakan mengejar sesuatu.

Memasuki ruangan di dalam rumah, terdapat banyak karya seni. Mulai dari patung, lukisan, sampai seni instalasi yang unik. Warna-warna properti di dalam rumah nggak melulu suram. Di kamar Harlan justru terlihat penuh warna dari bantal kursi, selimut di kursi, juga pernik kecil yang menghiasi meja dan lemari di sana.

Dari sekian hiasan di rumah itu, yang menjadi fokus ada pada lukisan Harlan dengan posisi muka menatap seisi ruangan. Seakan mengawasi kegiatan seluruh anggota keluarga.

Dalam film ini, setiap tokoh memiliki kisah yang misterius dan menyimpan rahasia. Setiap anggota keluarga, perawat, hingga staf rumah tangga, memiliki potensi menjadi tersangka.

Yang unik adalah, instalasi berbentuk melingkar dari puluhan pisau belati yang tampak tajam. Saya ngeri loh lihat instalasi seni ini. Unik tapi ngeri lah karena mata pisaunya seakan siap menghunus.


Instalasi seni lingkaran
dengan pisau belati

Pajangan seni intalasi yang satu ini juga menjadi properti seakan sebuah sentral fokus bagi tersangka. Di depannya terdapat kursi bagi calon tersangka yang duduk dan diwawancarai oleh detektif polisi setempat. Tentunya dengan didampingi oleh detektif Benoit Blanc.

Penonton pun diajak menerka-nerka apa yang terjadi di balik kematian Harlan. Saya sendiri juga memiliki calon tersangka namun ternyata salah, hahaha.

Film ini seakan membuka setiap lapis misteri dari tokoh yang ada di dalam rumah saat Harlan merayakan ulang tahun. Ketika satu tersangka nyaris terbuka kedoknya, ternyata dia memiliki alibi.


Para pemainnya tentu sudah tak perlu diragukan. Jejak Daniel Craig yang dikenal sebagai karakter agen mata-mata, James Bond, turut memperkaya aksinya sebagai detektif di film ini.

Peran Daniel Craig di sini menjadi detektif dengan gaya seenaknya dan cukup misterius. Kehadirannya memang bikin penasaran karena nggak ada seorang pun yang mengaku telah membayar jasanya.

Begitu juga dengan karakter lain yang diperankan Toni Collete, Chris Evans, Ana de Armas, Jamie Lee Curtis, Michael Shannon, Don Johnson, Lakeith Stanfield, Katherine Langford, Jaeden Martell, dan Christopher Plummer.

Masing-masing peran punya kekuatan dan warnanya sendiri. Tak dimungkiri, wajah familiar di layar lebar menambah keseruan tersendiri dari film  "Knives Out". Saya termasuk salah seorang yang menonton film ini karena wajah familiar pemainnya.

Unsur komedi yang diusung pun saya rasa tak dipaksakan. Ada kisah unik dari seorang yang tak diduga sebagai tersangka. Tokoh ini memiliki karakter yang unik dari sistem kesehatan tubuhnya. Bagaimana dia akan mual dan muntah ketika mulutnya mengucapkan kebohongan. Keunikan ini lah yang digunakan oleh seorang tersangka lain dan detektif, untuk menggali misteri di balik terbunungnya sang novelis.



Ibu dari Harlan, yang sudah berusia lanjut pun menjadi tokoh penting dan bukan sekadar pemanis cerita. Aktingnya di sini sering mengundang tawa kecil dari penonton. Bahkan dia juga lah yang menjadi penolong sang detektif membuka selapis misteri pembunuhan putranya.

Saya benar-benar merasa excited nonton film Knives Out ini. Film ini tidak sekadar misteri, namun terselip juga kisah yang mengundang tawa, juga haru. Film ini pantas dijadikan hiburan keluarga bagi mereka yang memiliki anak di atas usia 17.



Ada sifat serakah dari setiap tokoh yang selama ini mendapatkan sokongan dana dari Harlan. Ada menantu yang ketahuan menyelewengkan dana bantuan dari mertua. Ada anak yang tak pernah mampu menyaingi kharisma sang ayah.  Cerita cucu-cucu yang memiliki misterinya sendiri pun menjadi info yang penting dalam pengungkapan siapa tersangka sebenarnya. Semua kisah ini dipadukan dalam konflik keluarga yang terkubur dan menanti klimaknya.

Trus, siapa dong tersangka sebenarnya?

Ahhh, mendingan kalian nonton aja ya. Kan masih tayang di studio bioskop saat ini. Saya menikmati nonton film ini, meski suami malah sempat tertidur di awal. Dia nampaknya bosan karena di awal memang banyak ngomongnya dibanding aksi yang menegangkan. 

Tapi kalian penyuka novel misteri macam detektif gitu, pasti suka kok. Karena film ini memang layak menjadi hiburan yang komplit. Sampai jumpa dalam review film berikutnya. Wassalamualaikum.

Foto dari : - Dokumen pribadi
                - Losangelesfilm, imdb, wikipedia

22 komentar:

  1. Aku suka banget kisah detektif. Jadi aku pasti suka film ini. Lucu juga ya ada penanda benar dan salah melalui seorang tokoh yang langsung ketauan kalau boong hihihi..

    BalasHapus
  2. Waduh iyap mba saya juga ngeri lihat instalasi seninya. Pisaunya terasa ingin menghunus banget ini. TApi pas lagi nyari film buat liburan, kayaknya mau nonton ini

    BalasHapus
  3. wah boleh nih buat tontonan pas liburan...tapi kira2 anak-anak bakal suka juga gak ya...hehehe Anakku malah pengen nonton film indonesia...

    dianesuryaman dot com

    BalasHapus
  4. Wah, nonton film ini kayaknya harus fokus banget, ya. Tapi, banyak yang bilang juga kalau film ini memang bagus

    BalasHapus
  5. Kisah kaya gini tuh memang seru ya, bikin penasaran dan ikut nebak-nebak siapa tersangkanya...

    BalasHapus
  6. kalau ada film misteri begini, saya dan suami sering main tebak2an. kami doyan nonton kartun conan, kayaknya bakal agendakan untuk menonton yg lebih seru dari conan ini deh

    BalasHapus
  7. Ini buanyaaakkk direkomendasikan oleh para kritikus pilem.
    Pengin nongton, ntar luangkan waktu dulu aahhh

    BalasHapus
  8. Orang kalau kreatif gitu ya mbak, pisau aja bisa dirangkai jadi instalasi indah dan berharga mahal.
    Cocoknya buat 17 tahun ke atas ya? Anak-anak saya belum bisa nonton semua dong, emang cocok mengikuti jejak mbak Wati aja nih, nontonnya berdua ama suami aja

    BalasHapus
  9. Wuih seru ya. Unik filmna karena cerita detektif tapi ada bumbu humornya. Jarang ya film kek gini, Mbak Wati.

    BalasHapus
  10. Baru kepikiran liburan ini mau nonton dan lagi bingung kira-kira mau nonton film apa ya? Coba ah ajak pak suami buat ngedate sambil nonton Knives Out siapa tau dia mau juga.

    BalasHapus
  11. Belum nonton. Seru juga ya mba karena setiap orang bisa menjadi tersangka.

    BalasHapus
  12. Ngeri ya mbak kalau duduk di tengah-tengah instalasi belati itu, takut tiba2 ada yang terbang duh. Aku belum nonton film ini mbak, seru ya kalau dibaca sinopsisnya, ini sih tipe suamiku banget filmnya.
    Btw mbak aku udah lama gak pernah beli tiket di bisokop selalu online, menghindari kalau datang agak terlambat hehehe

    BalasHapus
  13. Mba...
    Ini genre film kesayanganku juga.

    Harus nonton ne!
    Apalagi kalau sudah banyak merekomendasikan, kepo haqiqi!

    So, Knives Out, I'm coming...!

    BalasHapus
  14. Wah, aku dah beberapa bulan gak nonton di bioskop. Penasaran juga sama akting Daniel Craig menjadi mata-mata yang misterius. Karena selama ini karakter James Bond melekat padanya.

    Dan penasaran juga, sama tersangka yang sebenarnya.

    BalasHapus
  15. Jadi siapa mbaaaa pembunuhnyaaa.nenek harlan ini emang jadi spot buat anak2nya ngumpul ya. Secara paling kaya dll pada hormat. Aku dah lama g nonton bioskop nti versi anuannya hahaha

    BalasHapus
  16. Wah kyknya ini bakalan jd film yang kutonton jg karena aku suka misteri pembunuhan gini mbak hehe. Coba nanti ah aku cek jadwal kapan bisa nonton ini berdua ma suamiku hehe

    BalasHapus
  17. Nah kaaan masih menyisakan misteri di tulisannya. Haha. Kirain bakal spoiler siapa si pembunuh novelis itu.

    BalasHapus
  18. Ada Daniel Craig juga ya mbaa..aku belum sempat nonton film yang satu ini. Sepertinya oke juga buat hiburan akhir tahun

    BalasHapus
  19. Wah, seperti baca novel detektif agatha christie nih, seru dan menegangkan. Sayangnya saya takut gelap, harus cari teman dulu buat diajak nonton..

    BalasHapus
  20. Ngeliat ada Daniel Craig dan aksinya menyingkap kasus, jadi inget ketika dia main jadi Mikail Blomvisk di The Girl with Dragon Tatoo. Ya gitu itu, meneliti berbagai macam bukti dan kaitan satu sama lain dari tiap anggota keluarga yang dicurigai membunuh anggota keluarga yang lain. Harus nonton nih Knives Out. Semoga belum keburu selesai tayang di bioskop.

    BalasHapus
  21. Penasaraaaannnn. Aku juga penyuka buku2 misteri, detektif, jd kalo ada film yg yg bertemakan begitu, aku paling seneng mba. Udah plan sih mau nonton film ini. G nyangka ada komedinya yaaa. Kirain murni misteri gitu. Jd tambah pgn nonton :).

    BalasHapus
  22. Aku kurang suka nih film atau cerita misteri. Sukanya yang bergenre romantis. Eaaa

    BalasHapus