Transportasi Menjadi Pendukung Bertumbuhnya Ekonomi dan Wisata di Indonesia - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Selasa, 12 November 2019

Transportasi Menjadi Pendukung Bertumbuhnya Ekonomi dan Wisata di Indonesia

Transportasi Menjadi Pendukung Bertumbuhnya Ekonomi dan Wisata di Indonesia


Assalamalaikum Sahabat. Sepanjang tahun 2019 ini saya beberapa kali menikmati suasana Terminal 3 bandara Soekarno Hatta. Awal bulan Maret, saat  traveling ke Malaysia, saya bahkan nyaris menginap di Terminal 3. Alasannya karena takut ketinggalan pesawat, hahahaa.

Terbang dari Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, bikin senyum saya mengembang. Begitu langkah kaki memasuki area Gate 2 Terminal 3, mata saya seakan tak terpuaskan menatap seputar tempat chek in tiket pesawat. Karena saya naik pesawat Garuda Airlane, deretan loket yang ada di hadapan saya menjadi tujuan langkah kaki ini.

Ruang tunggu di Terminal 3 ini pun begitu memanjakan calon penumpang. Ada banyak pilihan kursi, colokan untuk menambah daya baterai gawai, toilet, mushola, hingga booth penjual produk oleh-oleh dan makanan tersedia. 

Belum lagi desain interior serta taman dengan bunga anggrek yang cantik mengundang pengunjung untuk swafoto. Seperti saya yang udah beberapa kali swafoto dekat bunga anggrek.

Namun bukan bandara Soekarno Hatta aja yang saya kunjungi secara berulang pada tahun 2019 ini. Menjadi warga yang tinggal di Kota Semarang, tentu saya udah nggak asing lagi dengan bandara Ahmad Yani.

Kenal pertama dan menikmati fasilitas bandara yang sederhana kala itu pada bulan Agustus 2008. Bangunannya masih sederhana, ruang tunggunya juga biasa aja, bahkan landasan pacu juga kurang kurang memenuhi syarat untuk penerbangan inernasional. 

Namun sekarang tentunya kondisi fisik bangunan, sarana, serta landasan pacu yang sangat berbeda dengan kondisi sebelumnya.  

Sekarang bandara Achmad Yani telah bermetamorfosa menjadi bandara terapung pertama di Indonesia. Disebut demikian karena area bandara dikelilingi oleh rawa dan tambak yang tetap dipertahankan sesuai kondisi aslinya. Landasan pacu juga sudah memenuhi syarat dengan panjang 2680 m x 45 m.  Luas area bandara sekitar 58.652 m2 dengan kapasitas sekitar 6 hingga 7 juta penumpang per tahun ata 20 ribu penumpang per hari.

Fasilitas bandara juga ngga kalah dengan bandara lainnya di negeri ini. Ada mural di sepanjang dindingnya, yang sering dijadikan tempat foto atau swafoto. 



Ada taman dengan kolam berisi ikan hias di ruang tunggu menuju tempat check in. Juga terdapat store dan booth makanan, oleh-oleh, serta minimarket. 

Pemerintah telah membangun dan mengembangkan infrastruktur transportasi yang menyeluruh. Mulai dari bandara, terminal, pelabuhan besar, menengah, dan kecil di sejumlah daerah untuk menunjang konektivitas nasional. 


Pencapaian 5 tahun Kinerja Kementerian Perhubungan :

Tidak mengherankan apabila kemajuan transportasi di Indonesia maju pesat. Kementerian Perhubungan dalam perencanaan pembangunan proyek infrastruktur transportasi, memiliki rencana unggulan.

Dalam kurun 5 tahun ini pula, pembangunan infrastruktur transportasi dengan pendekatan Indonesia Sentris sudah dilakukan. Yaitu untuk membuka keterisolasian dengan memberikan dukungan aksesibilitas terhadap Daerah 3TP (Terluar, Terdepan, Tertinggal dan Perbatasan). 

Diantaranya melalui : penyediaan prasarana yaitu 18 rute tol laut dengan tujuan menekan disparitas harga di Indonesia Timur; 891 trayek angkutan perintis (angkutan jalan, SDP, KA, laut dan udara); dan pembangunan serta pengembangan 131 bandara di daerah rawan bencana, perbatasan dan terisolir.

Berikut ini pencapaian selama 5 tahun kinerja Kementerian Perhubungan :

- Sektor Perhubungan Darat

1. Rehabilitasi Terminal 
Pemerintah melakukan rehabilitasi terminal tipe A di beberapa daerah. Tentunya dengan maksud agar proses pengawasan terhadap armada angkutan umum massal perkotaan dapat dilakukan secara efektif dan efisien. Selain itu, pelayanan kepada masyarakat juga diharapkan bisa semakin meningkat. 



2. Pembangunan BRT
Pemerintah mendukung pengembangan sistem angkutan umum massal perkotaan di sejumlah kota besar di tanah air. Langkah tersebut dilakukan dengan pengadaan armada Bus Rapid Transit (BRT) untuk kota-kota besar. Sejumlah 2128 unit armada sudah beroperasi sepanjang lima tahun ini.

3. Pembangunan Pelabuhan Penyeberangan

Pembangunan pelabuhan penyeberangan di 24 lokasi. Pembangunan ini bertujuan agar pelayanan transportasi semakin meningkat dan konektivitas antarwilayah semakin terwujud.



Pembangunan prasarana pelabuhan penyeberangan sebagai bagian dari upaya peningkatan pelayanan transportasi kepada masyarakat di sejumlah daerah. Ketersediaan prasarana pelabuhan penyeberangan yang memadai diharapkan dapat menunjang mobilitas masyarakat dan distribusi logistik secara lancar ke seluruh wilayah Indonesia. Tentunya diharapkan pertumbungan ekonomi akan naik seiring dengan laju penjualan dan pembelian dengan harga terjangkau.

Pelabuhan penyeberangan juga meningkatkan kunjungan wisatawan di daerah. Hal ini akan mempengaruhi ekonomi daerah dengan adanya wisatawan yang datang. 

4. Pembangunan Kapal Penyeberangan


Dengan adanya ketersediaan sarana angkutan penyeberangan yang memadai, kegiatan transportasi di daerah dapat berjalan lancar. Terdapat penambahan sejumlah 17 unit untuk mendukung transportasi.

- Sektor Perhubungan Laut

Pembangunan infrastruktur laut terkait dengan kebijakan untuk mengadakan sarana dan prasarana transportasi. Kaitannya ini untuk menunjang kegiatan pelayaran nasional. 


Selain pembangunan pelabuhan baru, pemerintah juga terus menggalakkan program peningkatan kapasitas pelabuhan yang ada. Yaitu menyelenggarkan kapal tol laut, kapal perintis, dan pengadaan kapal navigasi, Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP), maupun Kapal Pelra (Pelayaran Rakyat).

Saya kutip dari penuturan Menteri Budi Karya Sumadi :
“Bila dilihat apa yang sudah dilakukan, tol laut begitu intensif. Dalam lima tahun ini sudah ada 18 rute tol laut. Jadi disparitas harga bisa ditekan dan memastikan pasokan sembilan bahan pokok itu bisa didapatkan masyarakat di bagian indonesia timur. Lalu ada juga 891 angkutan perintis ada jalan, kereta api, laut dan udara. Ini dilaksanakan secara seksama,” sebut Menteri Perhubungan.


Pencapaian Pembangunan Pelabuhan Laut dan Kapal Perintis

• Sampai dengan tahun 2017, telah dilakukan pengembangan pelabuhan non komersil di 104 lokasi dan 11 pelabuhan dalam tahap penyelesaian di tahun 2018.
• Pembangunan kapal pendukung tol laut sebanyak 100 Unit kapal sejak tahun 2015 sd 2018 meliputi 60 Unit kapal Perintis, 15 Unit KapalKontainer, 5 Unit kapal ternak dan 20 Unit Kapal rede.

Pembangunan Pelabuhan Non Komersial sebanyak 118 lokasi dan pengembangan pelabuhan diantaranya pengembangan Pelabuhan Patimban, Pelabuhan Kuala Tanjung dan proyek tol laut. 

Untuk meningkatkan bidang logistik, Kementerian Perhubungan juga akan menjadikan Pelabuhan Tanjung Priok sebagai pelabuhan hub internasional. Hal tersebut dilihat dari arus bongkar muat (troughput) petikemas di Kawasan Pelabuhan Tanjung Priok tahun 2018 yang mencapai 7,5 juta TEUs dan diharapkan dapat terus bertambah menjadi 8 hingga 12 juta TEUs di tahun 2019. Sehingga kedepan perdagangan ke luar negeri dari Indonesia dapat ditangani oleh Pelabuhan Tanjung Priok.


- Sektor Perhubungan Udara

Pemerintah terus menggalakkan pembangunan infrastruktur perhubungan udara di seluruh wilayah Indonesia. Selain pembangunan bandara baru, pemerintah juga meningkatkan kapasitas landasan pacu. Di samping itu juga meningkatkan pengawasan dan pelayanan angkutan udara melalui pembangunan terminal, Air Traffic Control (ATC) dan pembangunan fasilitas lainnya. 

Beragam kebijakan di subsektor perhubungan udara ini diharapkan dapat menunjang pertumbuhan angkutan udara dan meningkatan aspek keselamatan,
keamanan dan pelayanan yang lebih baik dari sebelumnya. 

Pemerintah telah membangun 15 bandar udara (bandara) baru dan mengembangkan sejumlah fasilitas bandara di beberapa wilayah Tanah Air. Peresmian dan pengoperasian bandara-bandara ini dapat membuka akses transportasi bagi masyarakat di daerah. 

Pemerintah terus berupaya mewujudkan konektivitas antarwilayah dengan ketersediaan infrastruktur bandara yang memadai. Peningkatan pelayanan kebandarudaraan dapat menunjang industri penerbangan nasional yang mulai tumbuh dan berkembang.


Rehabilitasi dan Pembangunan Terminal Bandar Udara : 

Bandara Kertajati Majalengka
Bandara Internasional Kertajati ini merupakan bandar udara terbesar kedua di Indonesia beradasarkan luas setelah Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Bandara yang berlokasi di Majalengka, Jawa Barat ini diresmikan operasinya pada tanggal 24 Mei 2018. 



Bandara ini memiliki landasan pacu tunggal sepanjang 2.500 m dan akan diperpanjang hingga 3.000 m. Bandara ini nantinya memiliki kapasitas total hingga 29 juta penumpang setiap tahun. Selain itu Bandara Kertajati ini juga akan mengoperasikan terminal kargo dengan perkiraan resmi pada 1,5 juta ton kargo pada tahun 2020.

2. Bandar Udara Tebelian

Salah satu contoh rehabilitasi dan pembangunan terminal bacara ada di Kalimantan Barat. Bandara Tebelian terletak di Kecamatan Sungai Tebelian, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat. 



Bandara yang berjarak 14 km dari pusat kota Sintang ini, mempunyai landasan pacu sepanjang 1.660 m, lebar 30 m dan mampu melayani operasional pesawat jenis ATR 72. 

Bandara Tebelian berdiri di lahan seluas 144,07 hektare, sehingga masih bisa dilakukan pengembangan lagi di kemudian hari. Terutama untuk perpanjangan landasan pacu sehingga bisa melayani penerbangan pesawat jet yang lebih besar.

Masih ada lagi beberapa bandara yang mendapatkan rehabilitas dan pembangunan selama lima tahun terakhir.

Pembangunan infrastruktur transportasi yang dilakukan selama ini dimungkinkan untuk membuka ruang ekonomi baru di daerah-daerah. Seperti misalnya, melalui dukungan atas pengembangan kawasan wisata dengan penyediaan akses transportasi dari dan menuju kawasan wisata, baik sarana maupun prasarana pendukung.


Pencapaian Kereta Api

Pencapaian pada Sektor Perkeretaapian yaitu Pembangunan proyek Double-Double Track (DDT), Reaktiviasi jalur KA, Pembangunan proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung dan Kereta Semi Cepat Jakarta-Surabaya.

“Kereta api kita sudah berhasil menyelesaikan double-double track, reaktivitasi jalur kereta api, pembangunan kereta cepat yang sedang berlangsung sekarang dan kereta semi cepat yang sesang dilakukan feasibity study," tutur Menteri Perhubungan.

Kereta Api Bandara

Stasiun KA Bandara ini merupakan bagian dari Stasiun Manggarai yang sedang disiapkan menjadi stasiun sentral bagi seluruh perjalanan kereta api. Untuk KA Bandara saat ini juga menjadi alternatif bagi penumpang commuterline. Mereka bisa melanjutkan perjalanan dari stasiun Manggarai menuju Stasiun BNI City, Stasiun Duri, Stasiun Batu Ceper dan Stasiun Bandara Soekarno- hatta. 



Penumpang dapat menuju peron 9 dan 10 untuk tap out commuterline dan melanjutkan perjalanan menggunakan KA Bandara dengan melakukan pembelian tiket melalui Vending Machine dan POS. 

Sayangnya saya belum sempat menaiki kereta bandara karena waktu ke Jakarta bulan Agustus 2019, saya terburu-buru dan memilih naik ojek online. Sementara stasiun terdekat, yaitu stasiun BNI City masih agak jauh dari hotel yang akan saya tempati. Semoga suatu hari saya bisa menikmati kereta bandara kalo berkunjung ke Jakarta. 

Lima Bali Baru

Pariwisata erat kaitannya dengan sektor ekonomi kreatif. Harapannya dengan pembangunan transportasi ini akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah. Seperti yang diharapkan oleh bapak Presiden bahwa untuk kegiatan perhubungan, pada dasarnya harus memberikan sebuah ruang ekonomi baru atau potensi baru.

Saat ini Menteri Perhubungan siap mewujudkan kebijakan Presiden Joko Widodo. Yaitu melakukan percepatan pembangunan infrakstruktur pendukung di kawasan Destinasi Super Prioritas 5 Bali Baru. Rencananya destinasi ini akan dipromosikan secara masif pada tahun 2020 mendatang.

Lima Bali Baru ini adalah Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, dan Likupang. Kelima daerah tersebut akan difokuskan untuk pembangunan dan pengembangan sarana dan prasarana transportasi. Seperti bandara, pelabuhan, kereta api, jalan dan sebagainya.

Senang dong bila semua percepatan pembangunan infrastruktur transportasi berjalan dengan lancar. Sektor wisata akan bertumbuh dengan menggandeng ekonomi yang juga meningkat. 

Traveler atau mereka yang senang berwisata, pasti bahagia bila bisa menikmati perjalanan yang aman dan nyaman. Tahun 2017 saya pernah berkunjung ke Pulau Sumatra. Namun sayangnya waktu itu jalan tol belum selesai pembangunannya. Saya dan suami juga baru mengunjungi tiga kota, yaitu Pekanbaru, Payakumbuh, dan Bukittinggi. Palembang dan Lampung hanya kami lintasi dengan mobil. Sementara untuk pulangnya kami numpang naik pesawat menuju bandara Soekarno Hatta dan ganti pesawat menuju Semarang.

Candi Muara Takus
Saya pengen bisa berkunjung ke Palembang, menikmati kuliner pempek dan suasana malam Jembatan Ampera. Saya juga udah nggak sabar ingin traveling ke Labuan Bajo dan Likupang. Rencananya tahun depan saya dan keluarga akan traveling lintas Sumatra lagi. Kamu bakal traveling kemana, sahabat? Wassalamualaikum.





Untuk informasi lebih lanjut mengenai program-program Kementerian Perhubungan, silakan kunjungi dan ikuti sosial medianya di:


Twitter: @kemenhub151 | FB: Kemnehub 151 | IG: kemenhub151


Referensi :
1. Website Kementerian Perhubungan (dephub.go.id)
2. Infografis dari instagram Kementerian Perhubungan (@kemenhub151)
3. Portal berita online : bisnis.tempo.co

*Artikel ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Kementerian Perhubungan dengan tema “Transportasi Unggul, Indonesia Maju”.

27 komentar:

  1. Kalau saya lebih demen pake bus parawisata yang SR2 prime. dengan bus berwisata lebih nyaman. hahaha

    BalasHapus
  2. Banyak banget ya mbak pencapaian Kemenhub dalam 5 tahun terakhir, terutama di sektor darat dan laut. Ku tak sabar mau menikmati tol laut, lancar jaya urusan pun cepat kelar, hehehhe

    BalasHapus
  3. Prestasi yang luar biasaaa! Bangga banget dgn pencapaian dan kinerja KemenHub.
    Semoga makin cethaaarr dan memberikan yg terbaik untuk bangsa ini ya

    BalasHapus
  4. Pencapaian kemenhub lima tahun terakhir ini memang warbiyasah. Saya pun menikmati segala fasilitas dari kemenhub ini. Saat pulang kampung pun, takjub akan bandara yang berbenah, juga pelabuhan laut. Semoga bisa terus dipertahankan.

    BalasHapus
  5. Waktu ke Thailand dan berangkat dari terimal 3 wuih keren sangat aku berasa udiknya wkwkwk..
    mantap ya mba pencapaiannya semoga terus berkembang dan perbaiki juga

    BalasHapus
  6. Senengnya dalam tahun 2019 ini udah menyambangi bandara Soetta sampai 3x. Kalau saya baca dan lihat foto-foto di IG, bandara Soetta memang saat ini lebih bagus, bahkan banget bagus.

    Perkembangan transportasi di Indonesia saat ini memang cukup pesat, di Purbalingga saja saat ini sudah ada BRT. Jadi, sangat membantu untuk warga lokal yang ingin ke Purwokerto atau sebaliknya, dan tarifnya juga murah meriah.

    Nah, yang paling jos memang perkembangan dari kereta api ya, Mbak Wati. Mantul pisan oeey...

    BalasHapus
  7. Kemajuan yang luar biasa ya mbak di bidang perhubungan, jadi memudahkan pengangkutan barang, penumpang dan sebagainya. Nggak perlu lagi takut naik transportasi umum kalau seperti ini. Bahkan saya lihat akhir-akhir ini juga di Semarang udah ada bus BRT yang menghubungkan Semarang dengan Kendal😁

    BalasHapus
  8. waaah ada kereta dari manggarai ke bandara soetta, baru tahu loh. kalau gini mah ke bandara gak ribet lagi apalagi waktu tempuh juga cuma sejam. bayangkan kalau lewat jalan biasa pasti macetnya minta ampun...bikin pusing

    BalasHapus
  9. Kinerja kemenhub dalam lima thun terakhir emang keren ya Mbak. Patut diapresiasi. Saya salah seorang yang merasa beruntung dengan kemudahan transportasi saat ini.

    BalasHapus
  10. Luar biasa ini emang Kemenhub. Banyak banget pencapaiannya. Semoga terus maju dan banyak karya yang dihasilkan untuk Indonesia. Akupun merasakan dampak kemajuan yang signifikan ini. Kemana mana jadi gampang, aman, dan lebih nyaman

    BalasHapus
  11. Transportasi beserta aksesnya memang mempengaruhi banget. Kalau udha bagus di mana-mana, rasanya juga lebih nyaman pakai kendaraan umum.

    BalasHapus
  12. jadi inget jaman kecil aku pernah diajakin ke Dumai sama bonyok dan itu naik kapal berebutan hahaha..

    BalasHapus
  13. Kayaknya di Bandara Ahmad Yani juga ada rel kereta api ya Mbak? Semoga suatu hari ada kereta yang bias berhenti di bandara Ahmad Yani, sekalian terbang lalu cus naik kereta :D

    BalasHapus
  14. Semakin bagus fasilitas transportasi di negeri kita, harapannya tiket pesawat bisa terjangkau lagi hehe, harus lebih gencar kampanye transportasi umum agar mengurangi kemacetan di jalan ya..

    BalasHapus
  15. Hamza serenah J.

    jika saya tidak membagikan kesaksian saya tentang bagaimana saya menerima kredit dari perusahaan dan ibu yang sangat andal, itu berarti saya tidak ingin kemajuan sesama warga negara saya, kesaksian saya mengejutkan, saya tinggal bersama istri saya di Kota Medan Di Indonesia, dan kami diberkati dengan dua anak, pada satu titik dalam hidup kami sebagai suami dan istri, hidup menjadi sangat tak tertahankan bagi kami setelah suami saya kehilangan barang-barangnya di laut lepas, karena suami saya adalah importir dan pengekspor barang, dan karena peristiwa yang mengerikan ini, suamiku tidak dapat mengatasinya dengan baik dan dia berhutang budi kepada bank dan individu dan kemudian kami memutuskan untuk mencari pinjaman online dan kami pertama kali menghubungi seorang wanita dari Nigeria untuk mendapatkan pinjaman dan semuanya sia-sia kami kehilangan semua uang kami lagi dengan meninggalkan pemberi pinjaman palsu dari Nigeria ini yang menipu kami untuk membayar hampir Rp30.000,000 - dan akhirnya kami tidak mendapatkan pinjaman, jadi hidup menjadi begitu tak tertahankan bagi kami dan anak-anak kami dan kami tidak punya cukup uang untuk makan setiap hari dan rawat anak-anak kita dengan baik . Kemudian pada hari yang setia ketika saya mencari di internet, kemudian saya menemukan kesaksian dari seorang teman tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari pemberi pinjaman tepercaya, Ny. Juliane Woodrich, dan saya sangat tersentuh oleh kesaksiannya, dan kemudian saya menghubungi teman saya dan dia mengirimi saya bukti tentang hal ini dan menceritakannya kepada saya dan saya harus menghubungi Mrs. Juliana dan kemudian saya mengajukan pinjaman 1,5 miliar (Rp 1.500.000.000) dan pada awalnya saya berpikir bahwa Mrs. Juliana tidak akan dapat pinjami saya jumlah ini tetapi semua untuk kemuliaan Allah yang menuntun saya, pinjaman saya disetujui setelah saya menyadari bahwa saya perlu mendapatkan dokumen pinjaman saya sebagai bukti bahwa saya adalah pembeli yang bertanggung jawab, dan setelah itu pinjaman saya berhasil disetujui dan dipindahkan ke rekening bank saya dan seluruh proses hanya memakan waktu 4 jam dan saya sangat berterima kasih, saya memujanya dan ketika saya memeriksa saldo akun kredit saya ada di sana jadi saya memutuskan saya harus membagikan kesaksian saya tentang perbuatan baik Mrs. juliana jadi saya ingin mendorong Siapa saja yang meminta pinjaman untuk dihubungi Ms. Juliana melalui email:

    julianaloans@gmail.com
    WHATSApp +1 (678) 881-8428
     
    dia adalah pemberi pinjaman nyata dan pemberi pinjaman bagi mereka yang dalam kesulitan keuangan. Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email: serenahhudson007@gmail.com

    Anda juga dapat menghubungi teman saya yang memperkenalkan saya kepada Ibu Juliana Luka Marko melalui email: lukamarkop@gmail.com untuk informasi dan pertanyaan lebih lanjut.

    Selamat tinggal dan semoga Allah terus memberkati Anda.

    BalasHapus
  16. Salut dan bangga sekali dengan kinerja dan prestasi yg diraih oleh Kementerian Perhubungan dalam waktu 5 tahun. Banyak infrastuktur dan juga transportasinya semakin membaik dan lebih high class hehee.

    BalasHapus
  17. Salut dan ikut bahagia dengan semakin majunya sistem transportasi di negara kita. Dari jalur darat, air, hingga udara, semakin baik. Jadinya bidang pariwisata juga semakin maju. Dan bikin aku kepengen jalan-jalan ke berbagai pulau di tanah air deh :D

    BalasHapus
  18. Keren banget nih dephub selama 5 tahun ini pencapaiannya luar biasa. Paling pesat ini memang kemajuan kereta api dan transportasi udara. Aku belum pernah nih naik kereta api bandara. Semoga suatu saat bisa cobain.

    BalasHapus
  19. Semakin nyaman dan praktis sekarang transportasi Indonesia apalg jika di tempat wisata bikin mudah aksesnya.. utk wisatawan luar negeri ataupun dlm negeri

    BalasHapus
  20. Prestasi dalam transportasi itu keliatan banget ya mba. Mau kemana-mana mudah aman dan nyaman. Mau ke kota kecil juga sekarang aman ga perlu takut ga ada transportasi lewat

    BalasHapus
  21. Tapi aku merasakan sekali loh perubahan dan kemajuan dari transportasi di Indonesia, sedikit demi sedikit bisa seperti negara lainnya. Kalau dulu bisa dibilang aku paling males naik kereta api kalau keluar kota, tapi semenjak stasiun dan kereta api lebih bersih dan tertib malah kesenangan naik kereta.

    BalasHapus
  22. Warbiasaakk bangett ya kemajuan transportasi kita 5 tahun terakhir.. semua moda digarap..

    BalasHapus
  23. Mbak, jangankan kita yang suka dan bangga dengan terminal 3 Sukarno Hatta ini, seorang kenalan dari Jordan juga mengatakan hal demikian. Suka dengan Bandara kita yang keren.

    BalasHapus
  24. Selama ini baru bisa melihat Candi Muara Takus hanya dari kartu pos. Semoga aja suatu saat bisa menjelajah berbagai tempat di Indonesia dan dunia ya mba. Makin bagus alat transportasinya maka makin mudah pula aktivitas traveling kita

    BalasHapus
  25. Aku malah belum pernah nginjek Sumatra mbak hehe, moga2 kapan2 bisa :D
    Btw ikut seneng deh sarana transportasi makin baik di Indonesia, tapi maunya request mbokya harga tiket pesawat dibagusin lagi haha. Kalau jalur darat, tol laut, jalur rel, hmmm gak diragukan lagi makin okeee ;D

    BalasHapus
  26. Udah cocok ini jadi humasnya kemenhub mbak...Laporannya lengkap dan jelas banget. Jadi banyak progress pekerjaan mereka. Berita positif seperti ini harus lebih banyak peminatnya.

    BalasHapus
  27. Nama saya Mrs. Effie Kustiyo dari jl panji 22 rt 5/4, malang, Indonesia. Saya adalah kesaksian sejati RIKA ANDERSON LOAN COMPANY sebagai salah satu orang paling bahagia di Indonesia saat ini dan saya mengatakan pada diri sendiri bahwa pemberi pinjaman yang menyelamatkan keluarga saya dari situasi buruk kami, saya akan memberi tahu namanya kepada dunia dan saya sangat senang mengatakannya bahwa keluarga saya kembali dan bahagia selamanya karena saya mendapat hibah pinjaman sebesar Rp85.000.000 untuk memulai hidup saya karena saya adalah seorang ibu dengan 7 anak dan semuanya bergantung pada saya.

    ketika saya mencoba untuk mendapatkan pinjaman Dari bank dan bank online menolak saya pinjaman mereka mengatakan bahwa pendapatan sangat rendah dan saya tidak memiliki jaminan untuk pinjaman jadi saya online dan semuanya menjadi lebih sulit karena mereka menipu uang saya dari saya dengan janji untuk membantu saya tetapi semua kebohongan.

    Saya bertemu dengan tiestimony di facebook dan di blog tentang Mother RIKA ANDERSON LOAN COMPANY beberapa kali dan saya bertanya-tanya apakah itu asli sehingga saya menghubungi beberapa penguji Mother Sabrinar Aditya di email sabrinaraditya59@gmail.com saya menghubungi Mother Maria Fadhlan di facebook dan email mariafadhlan@gmail.com dan saya juga menghubungi ibu Margaretha Asmaran di Facebook whatsapp dan email margarethaasmaran@gmail.com

    Saya akhirnya menghubungi CEO RIKA ANDERSON LOAN COMPANY di whatsapp dan saya merujuk ke email perusahaan

    Email: rikaandersonloancompany@gmail.com
    Office Whatsapp .: +19147057484

    mengirim pinjaman yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, RIKA ANDERSON LOAN COMPANY di mana Juruselamat Tuhan dikirim untuk menyelamatkan keluarga saya dan pada awalnya saya pikir ini tidak mungkin karena pengalaman masa lalu dan janji-janji palsu tetapi saya terkejut, saya menerima pinjaman saya sebesar Rp85.000.000 dan saya akan menyarankan siapa pun yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi perusahaan, melalui email di: Email: rikaandersonloancompany@gmail.com Office Whatsapp .: +19147057484 karena mereka adalah pemberi pinjaman yang paling memahami dan baik. Jika Anda membutuhkan pinjaman atau cara mendapatkan pinjaman asli, perusahaan Rika Anderson dapat membantu Anda.

    BalasHapus