Mau Investasi Aman? Yuk, Mulai Investasi Sukuk Tabungan Negara - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Kamis, 28 November 2019

Mau Investasi Aman? Yuk, Mulai Investasi Sukuk Tabungan Negara

Mau Investasi Aman? Yuk, Mulai Investasi Sukuk Tabungan Negara


Sedang mencari investasi paling aman? Coba investasi sukuk tabungan negara, pasti aman karena risiko minim dan dijamin negara

Assalamualaikum Sahabat. Sebagai kaum milenial, sudah saatnya memikirkan investasi jangka panjang yang akan menjamin semua impian kamu terwujud. 

Dari tahun ke tahun, kesadaran berinvestasi masyarakat semakin meningkat. Apalagi, banyak keluarga milenial punya tujuan keuangan di masa depan. Mulai dari dana pendidikan, membeli rumah atau kendaraan, hingga beribadah haji. Investasi adalah cara paling logis untuk mewujudkan tujuan tersebut.

Kalau selama ini kamu ragu berinvestasi karena merasa kurang aman dan terlalu berisiko, investasi sukuk tabungan negara bakal memupus keraguan itu. Sebagai produk investasi syariah yang diluncurkan pemerintah, siapa saja individu Warga Negara Indonesia (WNI) dapat memiliki investasi ini.

Masih kurang yakin? Penjelasan berikut akan memaparkan bagaimana keamanan berinvestasi sukuk tabungan negara.

Dalam pengawasan Dewan Syariah Nasional

Penerbitan sukuk dibarengi dengan fatwa MUI yang berada dalam pengawasan Dewan Syariah Nasional. Sukuk melibatkan akad wakalah, tanpa warkat, dan bebas riba. Sukuk tidak bisa diperdagangkan maupun dialihkan hingga jatuh tempo tiba.


Gambar diambil dari web Qazwa
Namun, pencairan di luar jatuh tempo hanya berlaku pada periode early redemption. Yaitu fasilitas yang memungkinkan investor menerima sebagian pelunasan pokok sebelum jatuh tempo. Kamu bisa menikmati fasilitas ini jika mempunyai kepemilikan sukuk minimal Rp2 juta di mitra distribusi. Adapun jumlah maksimal yang bisa kamu ajukan dalam early redemption sebesar 50% dari total sukuk yang dimiliki. 

Imbalan mengambang, risiko minim Investasi Sukuk tabungan negara menawarkan imbalan mengambang sesuai perkembangan BI 7-Day Reverse Repo Rate dengan jaminan imbalan minimal. Tingkat imbalan pertama yang ditetapkan berlaku sebagai imbalan minimal sampai investasi jatuh tempo. 

Selain itu, risiko gagal bayar hampir tidak ada karena adanya jaminan langsung dari pemerintah. Underlying asset yang dijadikan jaminan pemerintah adalah proyek hijau dalam APBN 2019 dan Barang Milik Negara. 

Pendek kata, selama perekonomian Indonesia aman, pembangunan infrastruktur lancar, kamu tetap akan memperoleh imbalan rutin sampai jatuh tempo tiba.



Jaminan oleh undang-undang

Lebih lanjut, penerbitan sukuk tabungan negara juga menunjukkan komitmen dan kontribusi pemerintah dalam pengembangan pasar keuangan syariah di Indonesia. Sukuk tabungan menjadi alternatif investasi masyarakat dalam rangka mendukung pembangunan keuangan inklusif dan pemenuhan sebagian pembiayaan APBN. 

Pendalaman pasar keuangan dipandang penting sebagai fondasi sistem keuangan stabil dan kuat. Maka, saat terjadi guncangan ekonomi, Indonesia bisa mengandalkan daya topang investor domestik untuk memulihkan diri. Apalagi, sukuk tabungan merupakan instrumen investasi yang dijamin undang-undang. Boleh dibilang, inilah investasi paling aman yang bisa kamu dapatkan.


Sekarang kamu sudah mengerti mengapa investasi sukuk tabungan negara disebut sebagai investasi paling aman saat ini. Namun, jika kamu lebih tertarik mencoba investasi mikro untuk mulai berinvestasi, pilih Qazwa sebagai platform investasi syariah yang sudah terdaftar resmi di OJK. Hanya dengan dana mulai Rp5.000 saja, kamu bisa menangguk keuntungan hingga 24% setahun.



Jadi, jangan tunda berinvestasi untuk mencapai tujuan keuanganmu di masa depan. Yuk, mulai hijrah finansial bersama Qazwa melalui pembiayaan syariah supaya hidup lebih berkah! Wassalamualaikum.

27 komentar:

  1. Widiiih, investasi start from 5 ribu aja?
    Wahh, siapa aja bisa ikutan nih, apalagi pakai pola syariah.
    Makin aman, nyaman, menentramkan yaaaaa

    BalasHapus
  2. Wah hanya dengan dana mulai 5000 rupiah pun kita bisa berinvestasi ya. Lumayan besar juga keuntungan per tahunnya bisa sampai 24% dan terjamin aman pula.

    BalasHapus
  3. Langsung fokus ke investasi mulai 5000 dan keuntungan 24% nih..hahaha...Kalo kayak gini masa iya ditunda-tunda terus investasi sukuknya...Langsung cuzz nih..

    dianesuryaman dot com

    BalasHapus
  4. Ternya untuk berinvestasi gak perlu punya uang banyak dulu ya, mulai dari yang kecil sudah bisa investasi. Aku belum terlalu ngerti soal sukuk ini nih mbak, tapi tampahnya menarik ya apalagi bisa dimulai dai 5ribu

    BalasHapus
  5. Investasi melalui sukuk tabungan ini udah lama bikin saya penasaran dan baru tercerahkan saat baca tulisannya Mbak ini. Berarti sekarang berinvestasi sudah bisa ya dimulai kapan saja dengan dana yang cukup terjangkau. Keuntungannya juga oke banget. Menarik dan layak dicoba nih

    BalasHapus
  6. Waah start investnya murah ya mba.. aku baru tau sukuk ini dan halal ya mbaa. Noted..
    Ada pilihan invest yg non riba kayak gini

    BalasHapus
  7. insha Allah berkah ya mba jadi lebih tenang berinvestasi syariah :)
    keren ya skr ada qazwa jadi bisa investasi syariah secara online ga pake ribet

    BalasHapus
  8. Saya juga sekarang kalau cari investasi yang aman aja. Soalnya udah punya tanggungan. Jadi lebih berhati-hati saat memilih investasi

    BalasHapus
  9. Mau investasi dengan cara yang mudah nih. Terjamin juga ya. Jadi kitanya gak pakai hawatir ini itu apalagi yang minim pengetahuan kaya aku

    BalasHapus
  10. Wah, investasinya mulai dari 5000 rupiah ya. Ini murah banget dan gak bikin khawatir juga

    BalasHapus
  11. Jadi ada pilihan investasi aman dan tanpa riba ya mb.. Baru tahu saya tentang investasi sukuk ini. Menarik juga..

    BalasHapus
  12. Otakku lelet banget kalo soal investasi. Wkwkwk. Baca ini jadi mulai tahu dikit-dikit. Thks for sharing, Mbak.

    BalasHapus
  13. masih cari tahu banyak tentang qazwa kak. kebetulan saya suka berinvestasi selama ini masih di emas dan reksadana sih

    BalasHapus
  14. Kalo investasi di tabungan negara udah pasti aman ya, karena untuk pembangunan negara ya.
    Dan Qazwa itu investasi syariah ya? Murah juga ya start from 5000.

    BalasHapus
  15. Alhamdulillah makin banyak produk finansial syariah yang bikin hidup kita makin berkah ya mba. Jadi pengin nih berinvestasi dengan sukuk tabungan negara ini.

    BalasHapus
  16. Wah, hanya dengan Rp. 5000 saja kita sudah bisa berinvestasi ya...
    Investasi yang aman dan syariah pula.

    BalasHapus
  17. Aku belum pernah nih investasi sukuk, baru coba nabung emas dan reksa dana, mau intip webnya dulu ah..

    BalasHapus
  18. Denagn dana 5 ribu rupiah keuntungan bisa 24% hmm...Menarik juga Qazwa. Konsepnya syariah pula. Bisa nih jadi pilihan aman investasi untuk masa depan

    BalasHapus
  19. Kalau diawasi DSN begini jadi berasa aman ya mba. Padahal aku udah lama kenal Sukuk dengan konsep syariah ini. Tapi masih maju mundur untuk investasi.

    BalasHapus
  20. Kalau mendengar kata investasi syariah dan dilindungi undang-undang, perasaan jadi ikut aman dan sudah merasa ini suatu berkah.

    BalasHapus
  21. Investasi idealny memang yg aman mba.. walaupun biasanya resiko kecil keuntungan juga kecil

    BalasHapus
  22. Mbak Sukuk itu artinya apa ya? Apa maksud mbak Suku Tabungan atau ada arti dan maksud lain? Soalnya asli seumur-umur baru dengar.

    BalasHapus
  23. Aku belum pernah nih Investasi sukuk. Ternyata mudah dan murah. Hanya dengan 5.000 sudah punya Investasi. Aman pula sudah dilindungi undang-undang dan diawasi oleh Dewan Syariah pula.

    BalasHapus
  24. Udah sering denger sukuk dan tau penjelasannya gmn tapi masih galau mau beli melalui media apa. Lewat Qazwa ini bisa ternyata ya mabk. Lumayan sih katanya untungnay kalau punya sukuk :D

    BalasHapus
  25. Selagi muda berinvestasi itu penting bnget baru tahu Aku nih kak Ada investasi Qazwa mau deh hijrah finansial bersama Qazwa

    BalasHapus
  26. Saya nyari penjelasan sukuk itu sendiri apa artinya :(

    BalasHapus