Deklarasi Program Pembangunan 99 Masjid Johari Zein Foundation - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Senin, 28 Oktober 2019

Deklarasi Program Pembangunan 99 Masjid Johari Zein Foundation

Deklarasi Program Pembangunan 99 Masjid Johari Zein Foundation


Assalamualaikum Sahabat. Jangan pernah melarang seorang anak kecil hadir di masjid. Pernah baca atau mendengar himbauan ini kah? Himbauan yang dishare di berbagai linimasa sosial media ini memang butuh tindak lanjut. Gimana sih sampai ada himbauan seperti ini? Ya karena ternyata banyak takmir masjid di negeri ini yang melarang anak-anak datang ke masjid. Semua itu disebabkan karena anak-anak selalu ribut kalo di masjid.

Namanya anak-anak, di mana aja pasti selalu suka bercanda dengan teman sebayanya. Meski mereka selalu diingatkan ketika sedang di masjid, tetap aja cuma bisa diam sesaat. Ntar ketika ada satu anak yang jahil. temannya bakal ikutan. 

Dunia anak memang sedang senangnya bermain. Namun bukan berarti mereka kemudian dilarang untuk hadir di masjid. Dari masjid lah pembentukan karakter seorang anak akan terbentuk. Masjid menjadi bagian dari peran pembentukan karakter, selain tentu saja orang tua, guru, dan masyarakat.

Masjid juga menjadi tempat untuk meningkatkan keimanan seseorang. Jadi apa salahnya jika sesekali anak-anak ribut sedikit, asal mereka merasakan kenyaman di masjid. Tentunya kita tak ingin dong kalo anak-anak jadi takut mendekati masjid gara-gara takmir yang galak. Menghalau anak-anak seakan mereka adalah binatang najis. Astaghfirullah.

Pengalaman Spiritual Djohari Zein

Bagi Djohari Zein, masjid adalah tempat yang tepat untuk meningkatkan keimanan. Semakin kuat keimanan seseorang, semakin besar pula perlindungan Allah padanya. Demikian pula halnya, terhadap bangsa yang beriman, maka mereka akan senantiasa dalam lindungan Allah. Dan sesempurna-sempurnanya orang beriman adalah yang paling baik akhlaknya (beradab).

“Saya, lahir tahun 1954 di Medan dari keluarga pedagang sederhana, WNI Tionghoa, dalam lingkungan keluarga Budha namun di sekolahkan pada sekolah-sekolah Katholik sampai SMA. Alhamdulillah dalam perjalanan hidup saya, saya menemukan Islam sebagai agama saya. saya mualaf di tahun 1982, dan sejak saat itu, Al-Quran sebagai petunjuk hidup saya,” jelas Djohari Zein dalam sambutannya di peluncuran Program Indonesia Berseri di Jakarta.

Djohari melanjutkan, di usia ke 65 tahun, hampir setengah dari usianya dihabiskan waktunya untuk membangun perusahaan seperti JNE. JNE adalah perusahaan logistik di Indonesia yang Djohari impikan bisa menjadi perusahaan logistik yang jadi tuan rumah di negeri sendiri. 
“Alhamdulillah, sampai hari ini, JNE mampu bertahan sebagai market leader di bidang logistic di Indonesia. Saya menikmati perjalanan saya dengan JNE, karena saya banyak mendapat Ilmu dan pengalaman, selain uang yang cukup, saya bertemu dengan guru spiritual yang istimewa, bapak Alm H. Soeprapto, dermawan dan entrepreneur luar biasa,” lanjut Djohari.

Program Pembangunan 99 Masjid Johari Zein Foundation

Jakarta, 17 Oktober 2019. Program Indonesia Bersedekah Jariah (Indonesia Berseri) adalah program pembangunan, pengembangan dan pemakmuran 99 masjid di delapan penjuru dunia yang diinisiasi oleh Johari Zein Foundation.

Johari Zein Foundation adalah Lembaga filantropi yang didirikan oleh tokoh logistik nasional Djohari Zein pada tahun 2017. Visinya menjadi wasilah terwujudnya umat yang bertakwa melalui pembangunan 99 masjid di 8 penjuru dunia.

Berangkat dari pengalaman spiritual tersebut, lahirlah Johari Zein Foundation. Sebuah lembaga filantropi yang bercita-cita membangun, mengembangkan dan memakmurkan 99 masjid di 8 penjuru dunia. Angka 99 diambil dari nama-nama baik Allah (Asmaul Husna) yang berjumlah 99. 

Dari 99 masjid, saat ini Johari Zein Foundation telah membangun masjid Zeinurrahim di desa Medana Lombok Utara. Sesuai dengan cita-cita tersebut, jika 99 masjid sudah terbangun, Johari Zein Foundation akan kembali membangun 99 masjid lainnya, seperti halnya orang yang sedang berthawaf.


Seperti yang kita tahu, Indonesia memiliki daerah yang rawan bencana alam. Dari gempa, tsunami, banjir, dan lainnya. Dari musibah bencana alam ini tentunya ada masjid yang rubuh atau rusak.

Kerusakan tempat ibadah ini tentunya mengganggu umat Islam yang ingin melaksanakan ibadahnya di masjid. Nah, bantuan ini lah yang akan dilaksanakan oleh Johari Zein Foundation. 

Tak sampai di sana, karena mereka juga akan membangun masjid di tempat yang membutuhkan termasuk di tempat wisata yang baru muncul.

Indonesia dengan jumlah penduduk yang memeluk agama Islam terbesar di dunia, memiliki peran penting sebagai penguat bangunan bangsa. Menjadi cahaya bagi semesta raya dan melahirkan generasi yang unggul dan beradab. Nah salah satunya adalah dengan memakmurkan masjid.

Bila sejak kecil udah kenalkan dengan Al Quran, mereka insyaa Allah tidak akan berbuat zalim. 

"Bila hendak antarkan kebaikan, insyaa Allah bisa dimulai dengan membangun masjid." begitu penuturan Bapak Djohari.

Fungsi Masjid Menurut Ketua Badan Wakaf Indonesia Muhammad Nuh

Dalam sambutannya, Ketua Badan Wakaf Indonesia (BWI) Muhammad Nuh menjelaskan bahwa dirinya sangat senang atas cita-cita yang diinisiasi oleh Johari Zein Foundation. Ia berharap, cita-cita pembangunan tidak berhenti pada 99 masjid, tapi terus bertambah lagi.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI tersebut juga menyampaikan 4 fungsi masjid yang harus ada di Program 99 masjid Johari Zein Foundation. Beliau berharap masjid yang akan dibangun Johari Zein Foundation memiliki empat fungsi masjid. Yaitu, fungsi peribadatan, pendidikan, ekonomi dan kesehatan.


"Bukan sekedar membangun masjid biasa, tapi sebagai fungsi peradaban, minimal ada fungsi pendidikan, paling tidak ada PAUD, dan TPQ sehingga anak kecil sudah biasa mengenal Alquran," jelas Muhammad Nuh pada peluncuran Program Indonesia Berseri Johari Zein Foundation di Jakarta (Kamis, 17 Oktober 2019).

Untuk menyukseskan program Indonesia Berseri, Johari Zein Foundation membentuk komunitas Relawan Bangun Masjid (RBM). RBM bertujuan untuk menghimpun, menyebarkan, dan mendukung program pembangunan peradaban manusia yang unggul dan berakhlak mulia melalui masjid. RBM adalah bagian dari Program Indonesia Berseri Johari Zein Foundation.

Turut hadir dalam peluncurah Indonesia Berseri dan deklarasi RBM dari para tokoh nasional, diantara Ketua Badan Wakaf Indonesia Muhammad Nuh, Seniman Dik Doank, Anggota Dewan Syariah Nasional MUI Kyai Cholil Nafis dan Adiwarman Karim, praktisi ekonomi Syariah, serta Dik Doang.



Ketua Johari Zein Foundation, Fahrul Jamal menuturkan, setiap elemen bangsa wajib berperan aktif menyiapkan diri menyongsong peradaban yang unggul dan beradab.

Sebagai bagian dari elemen bangsa, Johari Zein Foundation terpanggil untuk membangun peradaban melalui pembangunan 99 masjid di 8 penjuru dunia.


Tentang Johari Zein Foundation (JZ Foundation)

Didirkan di Jakarta 3 Mei 2017, Johari Zein Foundation didedikasikan sebagai lembaga filantropi yang diharapkan menjadi sebuah wasilah terwujudnya peradaban dunia yang modern. Jujur, optimis, harmonis, amanah dan inovatif adalah prinsip-prinsip dasar Johari Zein Foundation dalam menjalankan peran lembaga. Pembangunan 99 masjid adalah salah satu program unggulan Johari Zein Foundation.

Bahagia ya bila ada kepedulian seperti yang dilakukan oleh Johari Zein Foundation ini. Semoga program pembangunan 99 masjid berjalan lancar. Dan makin banyak donatur yang bergabung untuk memberikan donasinya. Wassalamualaikum. 

Sumber Foto dan berita :
Johari Zein Foundation

30 komentar:

  1. ikut bahagia ada program pembangunan 99 meskid dari johari zein foundation. semoga dilancarkan dan mendatangkan keberkahan dunia akhirat, aamiin

    BalasHapus
  2. waaah beliau keren dan hebat sekali. pernah bersua dan tahu sendiri bagaimana kebaikannya di jalan Allah... Paxel inspirasinya jg dari kebaikan

    BalasHapus
  3. JNE sudah terkenal sekarang ya. Salut dengan Pak Johari Zein. Semoga program pembangunan 99 masjid ini juga bisa berjalan dengan lancar dan memberi banyak manfaat bagi masyarakat.

    BalasHapus
  4. nah itu, saya juga ga setujukalo mesjid jadi ditakuti soalnya saya dulu pernah ngaji dan main di mesjid

    salut sama program Relawan Bangun Masjid (RBM)untuk menghimpun, menyebarkan, dan mendukung program pembangunan peradaban manusia yang unggul dan berakhlak mulia melalui masjid. suksesssssss

    BalasHapus
  5. Program yang sangat bagus dan bermanfaat sekali, semoga sukses dan lancar kedepannya.

    BalasHapus
  6. Iya Mbak bahagia banget kalau ada orang yang mau peduli terhadap sesama dan lingkungan.

    BalasHapus
  7. Keren sekali ya Mbak, semoga semakin sukses dan dilancarka segala urusannya.

    BalasHapus
  8. Alhamdulillah senang banget rasanya melihat kepedulian seperti ini, semoga selalu berjalan dengan lancar.

    BalasHapus
  9. Benar sekali Mbak, pelajaran tentang agama memang sebaiknya diajarkan sedini mungkin.

    BalasHapus
  10. Program yang bagus, semoga selalu membawa manfaat yang baik dan berguna bagi banyak orang.

    BalasHapus
  11. MBa, ini berarti memang semua pihak bisa terlibat di foundarion ini untuk ikut sama-sama membangun masjid ya mba. Keren idenya nih mba

    BalasHapus
  12. Bagus ya programnya.
    Aku sih setuju, anak-anak sebaiknya tidak dijauhkan dari masjid. Tapi perlu kontrol orang tua juga kali ya. Karena aku pernah keinjek kepala saat sujud oleh anak2 di depanku yg becanda kebangetan. Atit Makkkk

    BalasHapus
  13. Masha Allah, ternyata pendiri JNE muallaf ya. Semoga istikomah pak johari.. Barakallah.

    BalasHapus
  14. Saya kadang kezel sama nenek-nenek jamaah di masjid komplek, marah-marah mulu sama anak-anak, termasuk anak saya. Duh!
    Johari Zein memanh ya, enggak ada habisnya dengan kegiatan amalnya. Sekarang dengan penbangunan 99 masjid lewat yayasan Johari Zein Foundation.
    Salut dan semoga sukses!

    BalasHapus
  15. Semoga dengan dibangunnya 99 masjid oleh Johari Zein Foundation selaras dengan program-program kece yang dibuat setiap bulannya

    BalasHapus
  16. Sneeng bnaget denger ada pembangunan mesjid seperti ini ya mbak. Semoga lokasi yang terpilih nantinya benar-benar lokasi yang membutuhkan. Karena masih banyak daerah di Indonesia yang mau ke mesjid aja sholat jumat perlu beberapa jam dan berpuluh kilo.

    btw, aku baru tahu pendiri JNE ini mualaf :D

    BalasHapus
  17. Aku termasuk orang yang jarang ke masjid kak... Anak akupun juga enggak aku kenalin masjid soalnya pernah ada ibu2 julid pas ada anak bayi nangis ke masjid gt dia julit banget ya ampun...jd mau kenalin anak sama masjid abis ini

    BalasHapus
  18. Bahagia deh rasanya liat program pembangunan mesjid macam ini, mudah2an bisa ke wilayah - wilayah lainnya juga yah biar merata bagusnya hehe

    BalasHapus
  19. Selalu envy dengan kebaikan-kebaikan orang lain yang Masya Allah bikin merinding. Semoga Pak Johari Zein diberi kesehatan yang Prima sehingga programnya terlaksana.

    BalasHapus
  20. Aku langsung buka jendela baru, mengetikkan Djohari Zein dan browsing.

    ... dan menemukan 2 alasan beliau dibalik usaha mulianya membangun 99 masjid yaitu:

    1. Hidup harus memiliki keseimbangan
    2. Bangsa yang kuat adalah bangsa yang beriman

    Barokallah, Bapak!

    BalasHapus
  21. MasyaAllah mbak Wati, aku terharu banget lho baca tentang pak Johari Zein ini, moga citabcitanya membangun 99 masjid di 8 penjuru tanah air kita tercapai ya.

    BalasHapus
  22. Masya Allah target 99 masjid? Mudah2an terlaksana, sehingga banyak org yg meramaikan masjid.

    BalasHapus
  23. Keren banget ya ini Program 99 Masjid di 8 Penjuru ini. Semoga dilancarkan pengumpulan dananya dan juga pembangunannya.

    BalasHapus
  24. Wuih, keren banget programnya... Semoga lancar ya... Senang deh kalau masjid bagus dan ramai...

    BalasHapus
  25. wahh kusalut nih sama founder Paxel ini. Semoga segala programnya dimudahkan ya.. secara programnya keren2 dan berfaedah..

    BalasHapus
  26. Mantep banget ini programnya. Semoga dilancarkan dalam menjalankan program ini. Amin

    BalasHapus
  27. Barakallahu fiik, Pak Djo.
    Aku salut sama perjalanan hidup beliau dari muallaf hingga seperti saat ini.
    Semoga istiqomah dalam berdakwah yaa, Bapak.

    Sehat dan sukses terus, Pak.

    BalasHapus
  28. Gokiiiiil, pembangunan 99 masjid :D

    Duh, semoga bisa jadi pengawas atau pelaksana di sana ah :D

    BalasHapus
  29. Sebagai konsumen JNE aku ikut senang, apalagi aku udah pakai JNE ini sejak MLM-an dulu. Sebelumnya juga udah. Dan gak pernah ganti meskipun muncul yang baru. Paxel juga udah beberapa kali pakai. Apalagi inspirasinya kebaikan, nyaman juga pakai Paxel selain cepat. Semoga Pak Johari dan yayasannya terus menginspirasi dan mensupport kegiatan-kegiatan kebaikan seperti ini.

    BalasHapus
  30. Saluut sama orang-orang kaya yang punya visi filantropis. Beneran mendedikasikan kekayaannya bukan semata utk kesenangan diri tp lebih luas utk umat manusia. Dan jd kembali refleksi, tak harus menunggu kaya (yg ukurannya relatif banget) utk berbuat hal yg sama meski ukurannya berbeda

    BalasHapus