ASUS VivoBook Ultra A412, si Mungil Yang Paling Berwarna Dengan Perfoma Powerfull - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Minggu, 06 Oktober 2019

ASUS VivoBook Ultra A412, si Mungil Yang Paling Berwarna Dengan Perfoma Powerfull

ASUS VivoBook Ultra A412, si Mungil Dengan Performa Powerfull


Assalamualaikum Sahabat. Saya tipe orang yang setia, kalo sudah kenal dengan sesuatu bakal nggak bisa jauh. Ini bukan ngomongin setia pada paksumi loh, kalo itu sih wajib hukumnya. Saya lagi ngomong tentang benda mati yang bisa nyala saat punya kekuatan baterai. Namun si dia ini juga menjadi teman setia saya menyalurkan hobi yang udah 4 tahun ini nambah saldo rekening di bank.

Aihhh, bersyukur banget ya, Allah azza wa jalla memilihkan jalan yang saya impikan sejak lama. Beberapa teman dekat tahu, jauh sebelum menjadi freelancer, saya pengen banget resign. Bekerja sepanjang 20 tahun lebih membuat saya jenuh. Menatap angka dalam neraca, laporan rugi laba, dan jurnal keuangan, benar-benar bikin saya mual. 

Ada kalanya saya berangkat kerja dengan enggan. Pengennya di rumah aja gitu. Tapi saya juga nggak mau di rumah tanpa melakukan sesuatu yang produktif. Saya pengennya di rumah dan bisa bekerja dengan hati senang.

Terbersit keinginan menjadi penulis. Karena waktu masih remaja dulu pernah beberapa kali menikmati kesenangan terima duit via wesel dari majalah remaja. Masa iya jaman masih remaja bisa menghasilkan duit dari menulis, sekarang udah tua dewasa nggak bisa mengulang cerita lama?!


Cerita Notebook ASUS X 200 MA Kesayangan Saat Minum Jeniper

Akhirnya tahun 2015 saya mengajukan resign kepada pimpinan perusahaan. Dan alhamdulillah berhasil. Karena sebelumnya bos enggak pernah meluluskan keinginan saya untuk resign. Bahkan saat itu saya mendapat pesangon yang jumlahnya lumayan. 

Dengan ditemani si sulung yang udah jadi anak kampus, saya pun membeli notebook ASUS X 200 MA. Sebagian uang pesangon dari bos yang menjadi modal awal memiliki notebook ini. Semoga amal ibadah beliau dibalas kebaikan oleh Allah Swt. Aamiin.

Menjadi blogger ternyata jawaban Allah atas setiap doa yang saya ucapkan setiap usai shalat. Saya pengen pensiun selagi muda dan ingin tetap berkarya dari rumah. Meski suami memberi lebih dari cukup untuk pengeluaran rumah tangga, saya merasa ada kebahagiaan menerima duit dari bekerja. Saya bisa menggunakan duit hasil bekerja ini untuk membantu orang tua dan famili yang tidak mampu.



Notebook ASUS X 200 MA ini telah hampir 5 tahun menemani saya bekerja. Kadang dari pagi usai shalat Shubuh hingga malam hari. Ada mungkin lebih dari 12 jam sehari notebook dalam kondisi hidup. Karena saya memang suka bekerja sambil nyuci, masak, atau membersihkan rumah. Hahahaa, perempuan terkenal multitasking, tapi entah lah apa semua itu sukses dikerjakan hingga tuntas.

Meski notebook ASUS yang saya miliki masih bisa mendukung kerja saya sebagai content writer, namun kudu di colokin di steker listrik. Ada sebabnya nih mengapa jadi bernasib kayak gini. Harus setia gandengan dengan colokan listrik.

Sebenarnya ini kesalahan saya juga sih. Waktu itu abis Shubuh dan suami sedang tadarus di meja kerja saya. Tentunya ada Notebook ASUS X 200 MA juga di atas meja. Saya meletakkan gelas isi air hangat jeniper (jeruk nipis peras) untuk suami. 

Entah gimana ceritanya, saat saya sedang di dapur mendengar suami yang berteriak kaget. Saya melihat ke arah meja dengan air jeniper yang udah membanjir mengitari notebook kesayangan. *nangis kejer

Dengan entengnya suami bilang,"Udaaah, ntar beli lagi kalo nggak bisa diperbaiki."

Hiksss, rasanya sedih banget. Apalagi ada kerjaan yang kudu diselesaikan minggu itu. Dan hari itu juga saya harus ikut suami ke Bogor untuk urusan kerja. Tahu kan gimana galaunya saya saat berangkat dengan membawa notebook yang belum tahu nasibnya. Entah bisa hidup atau enggak.

Begitu tiba di Bogor, saya mulai nyari service laptop yang menerima produk dari brand ASUS. Alhamdulilah dekat kampus IPB dan rumah ipar, ada tempat service. Senangnya lagi teknisinya baik banget. Saat saya curhat juga dia tuh menenangkan.

"Semoga kami bisa memperbaiki notebook ini, Bu."
"Mudah-mudahan ya Mas, mana lagi banyak kerjaan pula," curhat saya lagi.
"Banyak kejadian seperti ini, laptop nya ikut minum teh atau kopi, atau milkshake," mas nya tertawa.

Haduhhhh, banyak temannya bukan berarti saya lebih beruntung. Saya cuma bisa berdoa semoga notebook kesayangan bisa diselamatkan. Soalnya anggaran buat beli laptop saat itu hanya diperuntukkan kebutuhan si bungsu yang kuliah di jurusan DKV (Desain Komunikasi Visual). Ibu harus ngalah sementara.

Alhamdulillah ternyata sehari kemudian saya ditelpon, kalo notebook saya masih bisa diselamatkan. Masya Allah, senangnya. Apalagi saat tahu biayanya juga murah, cuma 200 ribu. Bersyukur banget deh saat itu.


Kenalan Yuk dengan ASUS VivoBook Ultra A412 yang Ramping dan Colourfull


Kejadian notebook ketumpahan air jeniper udah 7 bulan berlalu. Hingga saat ini notebook X 200 MA masih menemani saya setiap hari. Kinerjanya memang enggak seperti dulu lagi. Mungkin juga karena udah kebanyakan data di folder nya. Tahu dong kalo content writer itu suka nyimpen foto. Apalagi saya suka traveling juga ke berbagai tempat di bumi Allah.

Nggak rela rasanya kalo mesti hapus foto atau video hasil hunting saat traveling. Karena foto itu ibarat kenangan bagi saya dan keluarga. Yang nggak semua saya tayangkan di sosial media. Jadi solusinya memang disimpan di folder dan sesekali dibuka untuk menggali lagi kenangan saat traveling bersama keluarga.

Okay, ketika notebook saya udah lambat kinerjanya akibat ikutan menyesap jeniper, saatnya nih kepo laptop atau notebook baru.

Alhamdulillah saya beruntung saat hari Kamis, tanggal 26 September 2019 hadir dalam event ASUS Blogger Gathering di Aston Hotel Semarang.

Mba Marisa Pratiwi sebagai PR Specialist ASUS Indonesia, jaga gawang di meja registrasi. Saya pun registrasi dulu di formulir yang udah disediakan dalam bentuk dokumen di folder laptop ASUS. Mba Erlyin Purnama di depan laptop menanyakan nama dan mengisi alamat email.

Senang banget lah bisa hadir dalam event keren ini. Saya bisa mengenal lebih dekat dengan spesifikasi produk ASUS. Apalagi saat seperti ini juga bikin saya bisa berjumpa dengan teman-teman blogger yang tinggal di Semarang dan sekitarnya. Bisa ngobrol seru tentang ngeblog, gosip artis gadget yang bagus, dan banyak deh.


Kenal Lebih Dekat VivoBook Ultra A412

Begitu hampir sebagian kursi di Platinum Room Aston Hotel udah terisi oleh peserta, acara pun dibuka oleh Mba Marisa. Nah, suasana ruangan mulai hening begitu Mas Riandanu, Technical PR ASUS Indonesia memulai penjelasannya tentang VivoBook Ultra A412.

Saya pun mulai menorehkan catatan di kertas. Yah mana tahu kan bisa jadi modal diskusi dengan si sulung apakah VivoBook Ultra A412 ini pasangan yang tepat untuk saya sebagai content writer.


Berikut Spesifikasi VivoBook Ultra A412 :


# Bodi Mungil & Paling Berwarna

Mendapatkan sebutan sebagai "world's smallest colourfull 14" Ultrabok". Yang artinya adalah ultrabook dengan layar 14 inci paling berwarna dan berukuran paling kecil sedunia. Perlu kamu ketahui, dimensi bodi yang diusung dengan panjang 32cm dan lebar 21cm, nampak seperti ultrabook dengan layar berukuran 13".


# NanoEdge Display

VivoBook Ultra A412 ini juga lengkap dengan fitur premium NanoEdge Display. Yaitu teknologi eksklusif yang membuat bezel pada layar. Tahu kan bezel itu saat ini udah jadi bagian penting bagi gadget. VivoBook Ultra A412 jadi tampil dengan ukuran 5,7 mm. Karena bezel yang tipis pula, dimensi bodi secara keseluruhan dapat diperkecil serta dapat menghadirkan layar dengan rasio 83 persen.


# Tipis dan Ringan



Sttt, yang bikin saya kagum adalah, meski bodi mungil dan performanya berkekuatan penuh, bobotnya ringan, Sob. Ukurannya tipis, yaitu 19,5 mm dengan bobot cuma seukuran 1,5 kg. Kuat deh saya gendong VivoBook Ultra A412 ini kemana-mana. Bahu nggak bakal cape meski bawanya tas cangklong kayak di gambar berikut ini. Ahhh, bikin baper deh kalo lihat tampilannya yang begitu kece.

# ErgoLift Design

Tahu nggak sih, keistimewaan ErgoLift Design ini memiliki mekanisme spesial. Yang artinya bikin bodi utama VivoBook Ultra A412 bakal terangkat dan membentuk sudut 2 derajat. Nah tentu saja kalo digunakan bikin menjadi lebih ergonomis dan nyaman.



ErgoLift Design ini juga membuat sistem pendingin dapat bekerja lebih optimal.  Karena adanya rongga yang memperlancar sirkulasi udara pada sistem pendinginan yang lebih baik. Dan tentu saja akan berimbas pada hardware di dalam ultrabook dapat bekerja lebih optimal.


# Empat Pilihan Warna


Hai Sob, VivoBook Ultra A412 menawarkan 4 piihan warna yang kece. Kamu yang suka tampil smart, bisa pilih Transparent Silver. Kesannya elegan gitu kalo kerja dengan pilihan vivobook warna ini. Atau mungkin kamu lebih suka Slate Grey, yang terlihat lebih sederhana. Bagi kamu yang berjiwa ekstrovert, bisa loh pilih Coral Crush yang berwarna cerah ceria. Bikin semangat yak kalo kerja dengan vivobook ini.

Oiya, kemarin Mas Danu juga menuturkan pilihan warna unik, yaitu Peacock Blue. Disebut unik dan berwarna-warni, karena bisa berubah warnanya ketika kamu melihatnya dari sudut yang berbeda. Unik kaaan?!

# Finger Print 

Fitur modern pembaca sidik jari juga menjadi pelengkap VivoBook Ultra A412, yang udah terintegrasi dengan Windows Hello. 



Jadi pengguna bisa login dan masuk ke dalam akun Windows 10 tanpa harus mengetikkan pasword. Bikin kamu merasa aman ya dengan adanya fitur pembaca sidik jari ini.


# SonicMaster 

VivoBook Ultra A412 benar-benar memanjakan kamu yang suka dengerin musik. Karena telah dilengkapi dengan  perangkat keras, perangkat lunak, setelan audio untuk hasil audio terbaik. Bahkan bisa menyaring suara bising dari luar hingga meningkatkan kejernihan audio.  


# Backlite Keyword


Keyboard juga dilengkapi dengan adanya lampu, yang bisa digunakan saat sedang di kafe dengan penerangan minim. Atau mendadak mati lampu? Nggak usah cemas, karena VivoBook ini bisa digunakan untuk lembur kerja hingga malam tanpa tergantung dengan penerangan saat mati lampu.


# Prosesor Handal

VivoBook Ultra A412 hadir dengan kombinasi hardware terkini yang menghasilkan performa powerfull dalam ultrabook yang ringkas. Dilengkapi tenaga prosesor Intel Core generasi ke-8, vivobook ini merupakan salah satu ultrabook yang paling gesit. Dan, varian tertinggi nya menggunakan Intel Core i7-856SU, mampu menghadirkan kecepatan pemrosesan hingga 4,6GHz pada konfigurasi 4 core dan 8 thread.


# Konektivitas Yang Performa

VivoBook Ultra A412 memiliki bodi yang ringkas namun memiliki performa yang powerfull. Dilengkapi dengan beragam port, mulai dari USB Type-A, USB Type-C, HDMI dan audio port. Kamu bisa mengkoneksikan dengan berbagai macam perangkat dan aksesoris tambahan.




Mengenai grafis, ada beberapa varian dari ultrabook ini yang ditenagai oleh chip grafis NVIDIA GeForce MX250 dengan VRAM sebesar 2GB. Cocok nih buat kamu yang suka menikmati konten hiburan ataupun menjalankan aplikasi yang butuh pendukung grafis. Ada RAM DDR4 serta penyimpanan yang menggunakan M.2 SSD, VivoBook Ultra A412 ini bakal bekerja lebih kencang.



Tentunya dengan makin gencarnya dunia digital saat ini, VivoBook Ultra A412 juga dilengkapi dengan konektivitas nirkabel. Artinya ada koneksi WiFi dual-band 802.11ac (2x2), yang tetap dapat terkoneksi dengan internet secara lancar. Untuk Blutooth 4.2 bikin berbagai aksesoris nirkabel dapat terhubung secara lebih leluasa.


Untuk lebih detilnya, berikut spesifikasi ASUS VivoBook Ultra A412 :



Main Spec.
ASUS VivoBook Ultra A412F
CPU
Intel Core i3-8145U Processor
Intel Core i5-8265U Processor
Intel Core i7-8565U Processor
Operating System
Windows 10
Memory
4GB DDR4 RAM
8GB DDR4 RAM
Storage
512GB M.2 PCIe Gen3X2 NVME SSD
Display
14.0" (16:9) LED backlit FHD (1920x1080) Anti-Glare, NTSC 45%
Graphics
NVIDIA GeForce MX250 with 2GB GDDR5 VRAM
Integrated Intel HD Graphics 620
Input/Output
1x USB 3.1 (Gen1) Type-C, 1x USB 3.1 (Gen1) Type-A, 1x USB 2.0 Type-A, 1x HDMI, 1x Audio Jack, 1x MicroSD card reader
Camera
HD Web Camera
Connectivity
Dual-band 802.11ac Wi-Fi (2x2), Bluetooth 4.2
Audio
Sonic Master audio, Array Microphone
Battery
37WHrs, 2S1P, 2-cell Li-ion Battery
Dimension 
32.2(W) x 21.2(D) x 1.90 ~ 1.95 (H) cm
Weight
1.5Kg
Colors
Transparent Silver, Slate Grey, Peacock Blue, Coral Crush
Price
Start from Rp7.599.000
Warranty
2 tahun garansi global

Nampaknya VivoBook Ultra A412 ini bakal cocok banget menjadi teman saya berkarya sebagai content wroter. Tinggal milih warna apa nih yang paling saya sukai. Meski kemarin waktu di event saya tertarik dengan warna abu-abu yang elegan. Karena notebook saya sebelumnya udah berwarna merah yang bisa jadi pertanda semangat, hahahaa. Iya saya sesemangat itu kerja dengan notebook hasil sebagian uang pesangon dari bos di tempat saya kerja sebelumnya.

Saya udah nabung dan semoga tahun ini bisa mewujudkan impian mengadopsi VivoBook Ultra A412 yang mungil, colourfull namun memiliki performa powerfull. Udah nggak sabar deh cerita pada paksuami untuk ngajakin ke store ASUS dekat rumah. Wassalamualaikum.

32 komentar:

  1. Wah...rekomended bgt ya mbak utk menggantikan yg kemarin ngglogok jeniper. Speknya ok punya dan warna coral crush aku mupeng..nih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaaa, ngglogok jeniper... itu aku yang salah naruh gelas isi jeniper deket laptop, nyeselnya masih terngiang

      Hapus
  2. yaa ALlaaah bisa itu selamat dari terjangan air jeniper? PUnyaku ga selamat samaaaaa sekaliiiiii itu pake laptop VAIO

    duh sedihnya luar biasa deh .. alhamdulillah ya Iday langsung dapat ganti yang lebih keceeee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah selamat mbak, servisnya di tempat ASUS juga. Jadi teknisinya paham banget dengan drama keguyur minuman kayak punyaku itu.

      Aku belum punya yang VivoBook Ultra A412 ini, masih nabung dulu semoga segera terkumpul sebelum akhir tahun, aamiin

      Hapus
  3. Wuah, Mbak Wati dulu beberapa kali menikmati kesenangan terima duit via wesel dari majalah remaja ya ternyata. Saya dulu tidak pernah, yang pernah nerima duit menang kuis. Duit 10.000 rupiah, diambil di kantor pos hihi.

    Untung ya emak-emak macam kita ini dimudahkan dengan teknologi sekarang, bisa ngeblog. Tinggal pilih perangkat yang tepat asalkan ada duit, langsung saja. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah ada beberapa kali, sampai ketagihan karena masih kuliah. Seneng kalo dapat wesel dari redaksi majalah, hihii

      Hapus
  4. Asyiknya jadi emak2 digital ya Mbaaa
    Apalagi ada ASUS Vivobook, content creator kayak kita ngga perlu bingung deh
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngebantu banget produk ASUS ya mbak, jadi ingat jaman kuliah dulu mau ngetik aja pakai ngangkat mesin ketik dulu. Belum lagi kalo ada yang salah, kudu dihapus dengan cairan khusus, hikss

      Alhamdulillah sekarang semua dipermudah dengan hadirnya laptop

      Hapus
  5. wahh ASUS emang top deh ya produknya tahu banget sama kebutuhan kita yang biasa mobile...laptopnya ringan, tahan banting, dan cerdas. Buat partener kerja asik banget.

    BalasHapus
  6. Asus ini keren banget ya mbak. tapi aku pengen beli yang direview sama Raditya Dika itu sama anaknya. Yang ada pen dan bisa dilipat 180 derajat. Mupeng banget aku sama yang itu, hahaha

    BalasHapus
  7. Soal laptop saya pernah ngalamin juga, kalau punya mbak kena jeniper, punyaku kesiram susu hiks... Dan akhirnya nggak selamat. Ini asus speknya bikin mupeng amat sih... Jadi pengen ��

    BalasHapus
  8. waaah ASUS lama Mba Wati juga mau diet dan FC yaaa biar ikutan langsing juga...smp ikutan minum jeniper juga hahaha

    BalasHapus
  9. Semoga kesampaian punya Asus VivoBook A412 ini ya mba. Ringan dan fleksibel dibawa kemana aja karena ringkes bodynya.

    BalasHapus
  10. Wah, performa laptop impian ini menakjubkan ya. Semoga terkabul bisa memilikinya mba :)

    BalasHapus
  11. Waah.. Notebooknya sampai nyesep jeniper juga. Mungkin dia penasaran rasanya. 😑😑😑

    Kalau saya yang begitu udah pasti nangis kejer 😭😭 tapi kebanyakan para suami akan bilang, "Ya udah beli aja yang baru,"

    Tapi kali ini saya doakan, Mbak Wati bisa punya ViboBook Ultra A412. Specnya mumpuni banget, bisa nyimpen data banyak, terus ringan pula, bisa dibawa ke mana-mana tanpa berat yang berlebih.

    BalasHapus
  12. Aku suka yang warna birunya si ASUS ini deh mbak, apalagi untuk Vivobook memang enteng banget ya. Jadi kalau dibawa kemana-mana gak bikin pundak pegel juga ya.

    BalasHapus
  13. Kalau service biasanya berapa hari mbak? Kalau sudah lewat masa garansinya, nggak apa kan langsung ke service center?

    BalasHapus
  14. Laptop ASUS ku pun sepertinya sudah minta ganti mba, tapi sayang banget liatnya karena itu laptop yang banyak sejarahnya hihii..tapi kalo ganti ASUS juga keknya bolehlah ya kan masih sodaraan haha..apalagi sm ASUS vivobook speknya kece banget dan warnanya colorful..mupeng akuu

    BalasHapus
  15. Aku juga naksir vivobook yang seri A412 ini. pengen yang warna merah tuh. Kemaren sempet nyobain dan langsung jatuh cinta, udah tampilan cakep, ringan. Bener2 cakep dah

    BalasHapus
  16. wuih cm 1.5Kg, enteng banget. kalau gini mah kemana3 nenteng vivobook hayuk ajah. saya sih naksir Coral Crush ... duh kapan ya kebeli

    BalasHapus
  17. Keren nih Vivobook A412, sekarang aku pakai yang A407 dan masih 1,9 kg. Beda 0,4 kg pastinya jauh lebih ringan dan portable dong. Warna juga ciamik. Jadi pusing pengin upgrade lagi, kekek

    BalasHapus
  18. Alhamdulillah notebooknya masih bisa diselamatkan setelah ikut minum jeniper ya, Mbak. Kerjaan masih bisa diselamatkan.
    Dan semoga keinginan untuk bisa punya Asus Vovibook Ultra A412 bisa terwujud ya ...

    BalasHapus
  19. Dengan VivoBook, meskipun di rumah, tetap bisa produktif ya, mbak..
    Liat entengnya, duh pengeeennn..

    BalasHapus
  20. Banyak banget kelebihannya ya Asus yang tipe ini. Selain ringan, ramping juga performanya yang mumpuni.

    BalasHapus
  21. Keren ya asus. Saya memang duka banget sama laptop merk asus. Sudab terbukti awet dan tahan lama

    BalasHapus
  22. Pengem banget nih, yang seri ini. Warna-warnanya keren, performanya mumpuni. Ringan lagi. Semoga suatu saat nanti bisa dalam genggaman..

    BalasHapus
  23. Pernah diberi nasehat sama mas kalau bawa laptop mesti apik, soalnya kalau kebentur, gak hanya bodynya yang lecet, tapi juga bisa jadi laptopnya gegar otak.
    Hhaha...
    Gak perlu khawatir kalau pakai Asus Vivobook Ultra yaa, kak...

    BalasHapus
  24. Duh Asus ini, selalu aja sukses bikin ngiler. Bikin kepengen ngelembiru laptop jadul di rumah dan menggantinya dengan Asus. Tampilannya cakep, fitur-fiturnya keren, performanya juga patent

    BalasHapus
  25. Laptop macam ini cocok bgt buat dibawa travelling
    Bisa sekalian nulis sambil jalan2 y

    BalasHapus
  26. Laptop idamannn. Slim. Stylish. Powerfull. Uwww

    BalasHapus
  27. Laptop aku mau nambah satu karena sering dipakai mba Lintang buat tugas, Mas Pijar juga mulai pakai. Mau merek ASUS ini tapi Insallah nabung dulu. doain ya mba lancar rejekiku aamiin

    BalasHapus
  28. Salah satu laptop yang masuk daftar nih, kapan ya uang nya terkumpul? :D

    BalasHapus