Percantik Hunian dengan Sentuhan Batu Alam - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Jumat, 01 Maret 2019

Percantik Hunian dengan Sentuhan Batu Alam




Assalamualaikum Sahabat. Percantik Hunian dengan Sentuhan Batu Alam saat ini menjadi pilihan pemilik rumah. Rumah pertama saya pun menggunakan batu alam untuk dinding luar. Rumah jadi nampak alami dan menyatu dengan tanaman di teras depan yang rimbun.
Batu alam diketahui merupakan material bangunan yang banyak digunakan dalam menghias dan memperindah tampilan hunian di Indonesia. Tidak hanya untuk menampilkan kesan yang tematik dan mewah, penggunaan alam juga memberikan nuansa yang menyejukkan pada hunian anda.

Seperti halnya memasukkan elemen kayu ke dalam eksterior atau interior rumah Anda, penggunaan batu alam juga merepresentasikan bangunan rumah Anda yang mengadopsi sentuhan dari alam .
Banyaknya ragam serta kemudahan untuk memilikinya menjadi salah satu alasan batuan alam dijadikan opsi termudah dalam mendukung visualisasi sebuah hunian, baik dari sisi eksterior maupun interior.



Jika Anda tertarik untuk mengadopsi batuan alam sebagai elemen dalam mempercantik hunian Anda, berikut adalah beberapa batu alam yang paling populer untuk digunakan.

Marmer

Identik dengan corak dan warna putihnya, marmer diketahui merupakan batu alam yang paling umum digunakan dalam sebuah bangunan. Penggunaan marmer diketahui dapat memunculkan nuansa yang bersih serta mewah.

Sangat mudah untuk ditemui dan banyak yang memperjualbelikannya, membuat marmer kini diadopsi oleh beragam tipe hunian. Tidak hanya terbatas pada rumah tapak, sejumlah interior apartemen dijual hingga hotel yang disewakkan pun menggunakan marmer sebagai elemen dekoratif untuk mempercantik ruangannya.

Jika dahulu penggunaan marmer hanya digunakan oleh hunian-hunian mewah, saat ini pun ada jenis marmer buatan dengan banderolan harga yang cenderung murah untuk dimiliki.

Batu Kali


Selain marmer, batu alam yang telah lama diadopsi untuk menghias hunian yakni batu kali. Batu yang disebut juga bernama batu sabak atau slate stone ini diketahui paling banyak digunakan pada eksterior/luar rumah. Namun tidak menutup kemungkinan juga digunakan pada ruangan-ruangan di dalam rumah, pada kamar mandi kering misalnya. Salah satu kelebihan dari batu kali adalah daya tahan tinggi batuan terhadapa cuaca dingin.

Warnanya pun tergolong beragam dibanding warna putih tegas dari batu marmer. Jika biasanya batu kali berwarna abu-abu tua atau abu-abu muda, masih ada warna lainnya misalnya hitam, coklat, bahkan berwarna ungu.

Granit

Terbentuk dari pendinginan magma di dalam bumi, batu granit ini memiliki sejumlah kelebihan dalam hal ketahanan materialnya. Selain tahan terhadap berbagai macam cuaca dan goresan, batuan granit juga tidak mudah kotor karena peran dari pori-pori kecil di permukaannya yang tidak mudah menyerap noda.

Warnanya yang beragam membuat granit dapat digunakan baik dalam interior maupun eksterior rumah. Untuk hasil yang maksimal dalam pengaplikasiannya sebagai elemen penghias, granit perlu diasah dan dihaluskan mengingat teksturnya yang masih tergolong agak kasar.

Zeolit

Dikenal juga bernama batu hijau Sukabumi, batuan Zeolit merupakan batuan original yang hanya dapat ditemukan di Indonesia. Batuan alam langka ini biasanya digunakan sebagai lantai dasar dari kolam renang karena keajaibannya yang dapat memantulkan warna hijau saat diisi oleh air.

Selain itu, batuan tersebut berperan dalam menyerap mikroorganisme dalam air dan membuat dasar kolam renang menjadi tidak licin sehingga membuat kolam renang menjadi aman dan nyaman saat digunakan.



Nah, itulah beberapa pilihan batu alam yang bisa kalian gunakan sesuai dengan kebutuhan. Menggunakan batu alam untuk mempercantik tampilan rumah atau bangunan bisa diterapkan untuk rumah dengan model apapun. Gimana, tertarik memasang batu alam untuk rumah kalian? Wassalamu'alaikum.

Dokumentasi :
Lamudi.co.id

30 komentar:

  1. Semenjak dahulu saya selalu menyukai granit, Mbak. Kesannya adem aja, gitu. Entah kenapa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya granit memang bikin adem, harganya tapi juga mahal

      Hapus
  2. Ini rumah impian suamiku dan aku mba. Pengen dominan konsep kayu dan batu. Aah kereeen ��

    BalasHapus
  3. Menarik sekali konsepnya Mbak Wati. Aku sendiri di rumah pake batu alam juga tapi hanya setengah dinding. Sementara di rumahku yang sekarang, belum ada modifikasi batu alamnya. Besok saja kalau sudah resmi jadi rumahku, hihihi.

    BalasHapus
  4. Marmer tuh ya, rumah kalau pakai keramik itu, jadinya adem... Tapi ya emang ada harga ada rupa. Dibanding lantai dengan keramik biasa, lantai dengan marmer memang harganya lebih wah.

    BalasHapus
  5. Marmer itu kesannya sederhana tapi elegan loh yaaa.. Berasa mahal aja kalau pake batu marmer ini. Sekarang sih cari yang tiruan juga ada demi menyesuaikan dengan budget.

    BalasHapus
  6. Rumah yang dipercantik dengan batu alam terlihat adem dan natural mbak. Saya senang ketika bertamu ke sebuah rumah yang eksteriornya dihiasi bebatuan, jadi betah berlama-lama bertamu hehehe

    BalasHapus
  7. Pengen bgt nanti klo udah punya rumah sendiri, ada nuansa batu alam nya yg rasanya bikin teduh rumah. Semoga terkabul :)

    BalasHapus
  8. dirumah saya juga memakai batu alam, kayaknya termasuk batu zeolit. Waktu beli gak tau namanya taunya batu aja buat tempel di tembok hihihi. Tapi emang bikin jadi tambah cantik kalau pakai batu.

    BalasHapus
  9. Semoga suatu saat kelak saya ada rezeki untuk beli tanah dan bikin rumah tembok yang bisa dihiasi dengan batu alam. Sudah lama saya naksir rumah demikian.
    Aneka batu alam yang Mbak paparkan bisa nambah referensi saya, ternyata banyak juga, ya. Naksir pada marmer juga meski tiruan, bagus untuk dapur dan kamar mandi bagian untuk becermin. Kalau nonton drakor, saya kerap mupeng lihat interior dalam kamar mandi atau dapur yang menggunakan marmer.
    Dinding luar eumah yang dihiasi batu alam kesannya lebih elegan. Yah, meski rumah bukan rumah mewah dan dana pembuatan pun tak besar, namun jika dipercantik batu alam memberi kesan teduh dan nyaman. Batuan demikian seakan menyerap unsur sekitar agar tampak harmonis dan meneduhkan. Saya suka!

    BalasHapus
  10. Memang rumah dgn sentuhan baru alam tampak lebih asri dan cantik ya mba.. terlihat menyatu dg alam..

    BalasHapus
  11. Kalau mau bangun rumah sendiri pengen deh ditambah batu alam soalnya keliatannya lebih artistik dan cantik, tapi harganya yang lumayan mesti menyiapkan budgetnya dengan matang

    BalasHapus
  12. Ya ampuuun. Ini bisa jadi inspirasi banget. Kemarin kepikiran kalau kamar mandi dikasih sentuhan batu granit juga. Karena dengan membawa unsur alam itu memang membuat hawa rumah terasa lebih adem ya

    BalasHapus
  13. Rumahku ada sentuhan batu alamnya, walau cuma sedikit.. Hehehe.. Tapi emang bener sih, kesannya jadi tambah cantik dan kelihatan lebih mewah yaa..

    BalasHapus
  14. Konsep batu kali dan granit untuk rumah minimalis juga mantap banget mba. Dulu pengen banget buat rumah dengan konsep batu alam, cuma suami bilang agak mahal dan perawatannya susah hehe, jadi ya modelnya biasa aja semoga next bisa buat yang lebih bagus pakai batu alam.

    BalasHapus
  15. Di rumahku juga pakai batu mb
    Emang sih jadi kelihatan lebih rapih dan elegan dan yang pasti indah dipandang

    BalasHapus
  16. Bebatuan alam di rumah itu bikin udara di rumah jadi lebih adem dan sejuk, dilihatnya juga cakep. Terus kita jadi punya spot foto cantik buat bikin konten di rumah, hahaah namanya juga pemburu konten, mikir desain rumah pun harus yang ramah konten :))

    BalasHapus
  17. Ibuku banget nih mba yg suka ngasih sentuhan batu alam untuk rumah. Tapi memang bagus ya hasilnya, dan kerap jadi andalan untuk dekor rumah.

    BalasHapus
  18. Pengen nih nambahin fasad rumah dengan ornamen batu. Malah pengennya batu alam yg ga dipotong jadi batu bulat2 aja di pajang hahahaha

    BalasHapus
  19. Banyak ya jenis-jenis batu alam yang digunakan untuk mempercantik hunian, aku gak hapal nama-namanya mbak paling cuma granit & marmer aja. Kalau harga aku juga gak ngerti mbak, rumahku yang RSSSSSSSS (Rumah Sangat Sederhana Sekali Sampai Selonjoran Saja Sulit Sekali) belum pakai batu-batuan mbak. Rumahnya Mbak Wati asri banet banyak tanamannya.

    BalasHapus
  20. Kalau ada batu alam di rumah itu kenapa ya aku ngerasa rumahnya jadi adem gitu.

    BalasHapus
  21. Cantik ya rumah dengan perpaduan batu alam, ini dulu aku temui di rumah-rumah zaman Nyaiku di Palembang. Kalau sekarang mulai unik ya rumah pakai batu alam ini

    BalasHapus
  22. Rumah dengan batu alam terlihat lebih mewah menurutku, Mba. Kami kebetulan dalam proses membangun rumah nih, jadi kepikiran mau pake batu alam juga :)

    BalasHapus
  23. Zeolit ini pasti mahal banget yaa, Mba? Soalnya dia termasuk batuan langka gitu kan yaa :)

    BalasHapus
  24. Saya termasuk yang paling suka lihat rumah dengan sentuhan batu alam. Terlihat begitu natural kalau menurut saya. Lagi pula ada kesan lebih adem.

    BalasHapus
  25. Aku paling suka deh dengan rumah yang pake batu-batu alam. Cantik dan asri. Kalo punya rezeki buat renovasi rumah, aku pun kepengen pake batu-batu alam di rumah.

    BalasHapus
  26. rumahku juga pakai aksen batu alam nih mba..soalnya memang terlihat beda dan bagus juga. I love it. Ada sentuhan khas alam yang cantik

    BalasHapus
  27. Penampilan rumah kalo ada sentuhan batu alamnya jadi beda ya Mba Hiday
    kapan-kapan pengen main ke rumahmu ya Mba hehehe asik adem gitu. Aku juga pengen ih, punya rumah impian yang ada sentuhan batu alamnya

    BalasHapus
  28. Keren banget ya mbak klu hunian ada sentuhan batu alam seperti ini. Bisa jadi rumah impian saya nih kalau mau bangun rumah.

    BalasHapus
  29. Aku juga bayangin nih kalau punya rumah nanti ada batu-batuannya. Rasanya unik dan kalau dipegang itu adem gitu

    BalasHapus