Wisata Edukasi di Coffee and Cocoa Science Techno Park Jember - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Sunday, 25 March 2018

Wisata Edukasi di Coffee and Cocoa Science Techno Park Jember

coffee-and-cocoa-science-techno-park

Assalamualaikum Sahabat. Wisata Edukasi di Coffee and Cocoa Science Techno Park Jember yuk. Ada apa saja di Coffe and Cocoa Science Techno Park Jember? Baca lebih lanjut yaa.

Di antara banyak pusat kopi dan cokelat di negeri ini, hasil dari perkebunan di Jember adalah salah satu yang terbaik. Kopi dan cokelat dari Jember pun sudah melanglang buana, baik kopi petik biasa maupun kopi luwaknya yang sudah melegenda.

Dulu, menikmati kopi dan cokelat Jember hanya bisa lewat bubuk yang bisa dibeli dan dibawa pulang ke rumah. Tapi sekarang ada cara baru buat menikmati dua komoditas utama dari Jember, yaitu dengan berkunjung ke Coffee and Cocoa Science Techno Park.

Apa sih Coffee and Cocoa Science Techno Park?


 
sumber: Anton Muhajir - mongabay.co.id

Awalnya ini adalah tempat penelitian teknologi dan pengetahuan milik Universitas Jember yang mengkhususkan bidang bioteknologi dan pangan. Mulai diresmikan pada tahun 2016, tujuan semula dari taman ini adalah sebagai pusat penelitian. Tujuan penelitian ini untuk membantu para petani kopi dan cokelat dan komoditas perkebunan dan ladang lainnya di kawasan Jember. Karena itulah, tempat ini juga disebut sebagai Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia.

coffee-and-cocoa-science-techno-park
sumber: Anton Muhajir - mongabay.co.id

Namun seiring dengan waktu, Science Techno Park berubah menjadi tempat wisata edukatif buat masyarakat. Tidak hanya menjadi tempat penelitian yang bermanfaat untuk petani dan juga pendidikan mahasiswa, Coffee and Cocoa Science Techno Park juga menjadi tempat pembelajaran yang menyenangkan buat anak-anak dan juga orang dewasa yang berkunjung ke sana.

Wisata Edukasi Murah Meriah

coffee-and-cocoa-science-techno-park
sumber:@rayfa - steemit.com

Coffee and Cocoa Science Techno Park (CCSTP) buka setiap hari mulai pukul 09.00 – 15.00 WIB. Harga tiket masuknya terjangkau, hanya Rp 10 ribu saja per orang buat keliling kebun kopi, cokelat, cek pabrik dan melihat satwa yang hidup di sana.

Nggak perlu bingung bagaimana cara keliling kebunnya. Karena CCSTP menyediakan mobil terbuka yang lucu buat mengantar wisatawan keliling ke tempat-tempat seru di dalamnya. Kapasitas mobil yang mirip dengan kendaraan milik Flinstones ini bisa mengangkut sampai 15 orang. Jadi kalau kalian bawa rombongan, bisa seru barengan. Eh tapi jalan-jalan emang paling asik kalo bareng teman atau kerabat. Bisa bikin foto bareng dengan tema tertentu. Bisa tuh seragam warna OOTD nya. Asik nih pastinya.

Ada tour guide buat pengunjung

sumber:steemit.com

Untuk mendapatkan pengetahuan yang lengkap tentang kopi dan cokelat, seorang tour guide akan mengantar kamu dan memberikan penjelasan tentang apa saja yang ada di dalam kebun ini. Semua pertanyaan yang bikin kamu penasaran, bakal dijawab oleh guide. Nah, asik dong ya, kalian nggak usah bingung selama di lokasi wisata. 

Lokasi Coffee and Cocoa Science Techno Park

CCSTP berada di Jl Kebun Renteng, Jenggawah, Nogosari, Rambipuji, Jember. Cukup jauh dari pusat kota, namun kamu bisa menempuhnya dengan mudah menggunakan kendaraan pribadi.

Cara gampang menuju Jember

Setelah sampai Jember, gampang saja untuk menuju CCSTP. Nah kalo kalian dari luar kota, gimana dong? Bagaimana cara yang paling gampang buat menuju Kota Jember?

Jawabannya adalah dengan menumpang kereta api Logawa. Kereta ini melayani rute Jakarta – Purwokerto lewat Surabaya dan beroperasi setiap hari. Jika kalian berangkat dari Jakarta, bisa menumpang kereta api Logawa dengan menggunakan Kereta Lanjutan yang tiketnya bisa dibeli dengan sekali transaksi di Traveloka.com. Nggak perlu susah nyari tiket di stasiun. 

Kereta api Logawa tiba di Jember pada pukul 19.21 malam. Jadi kalau kalian ingin menuju CCTSP, sebaiknya cari penginapan di Kota Jember, baru kemudian keesokan harinya lanjutkan perjalanan menuju CCTSP.

kereta-api-logawa
Taken by Railway
Dengan berbagai edukasi menarik yang diberikan oleh Coffee and Cocoa Science Techno Park, tempat wisata baru di Jember ini langsung menarik minat banyak pengunjung. Tapi kamu nggak perlu khawatir tempatnya bakal penuh, karena kebun dan pabriknya sangat luas.

Pulang dari Coffee and Cocoa Science Techno Park, kamu bisa membawa oleh-oleh kopi dan cokelat asli Jember yang kualitasnya sudah mendunia. Dijamin, nggak bakal nyesel liburan di Coffee and Cocoa Science Techno Park. Kapan nih ajakin saya wisata edukasi ke Coffee and Cocoa Science Techno Park? Jangan lupa colek saya ya. Wassalamualaikum.

9 comments:

  1. wah di Jember nih, deket dong sama kota saya.

    ReplyDelete
  2. Mauu.. Ada produk kopi n cokelat yg bisa dibeli ga di sana?

    ReplyDelete
  3. Belum pernah wisata ke Jember aku mbak, tapi kalo pengen lihat atau makan coklat langsung dari pohonnya biasanya aku ke rumah guruku waktu jaman SMK dulu. Nice sharing mbak Wati.

    ReplyDelete
  4. jember makin kece ya, dulu terakhir ke sana pas masih kuliah lamanyaaaa

    ReplyDelete
  5. Logawa ngliwati Semarang ndak ya? Klo lewat, asyik nih bisa ajak Faris mengunjungi CCTSP dan belajar soal kopi dan coklat sekaligus jalan2.

    ReplyDelete
  6. Baru tau aku mba sama tempat ini. Bagus untuk ajak anak-anak ya

    ReplyDelete
  7. Ada cerita tentang Jember lagi,, lah pertanda nih kalo sebaiknya piknik ke Jember

    ReplyDelete
  8. wah, asyik bener ya mbak Wat :)
    baru tau juga kalo di Jember ada coffee and cocoa park, seru nih bisa masuk bucket list kalau main ke sana.

    Makasih buat sharingnya ya Mbak Wats.

    ReplyDelete
  9. Wih mantap banget kopi sama coklat, harus nyempetin ke sana nih kalo ada kesempatan ke Jember. :D

    ReplyDelete