Tips Cerdas Memilih Hotel Bila Ingin Mewujudkan Liburan Impian Saat Akhir Tahun - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Jumat, 30 September 2016

Tips Cerdas Memilih Hotel Bila Ingin Mewujudkan Liburan Impian Saat Akhir Tahun

www.hidayah-art.com

Assalamu'alaikum. Akhir tahun udah punya rencana liburan? Atau justru ingin mewujudkan liburan impian yang selama ini hanya tersimpan dalam hati? Saya punya pengalaman pahit liburan saat akhir tahun. Iyaa, pengalaman pahit yang bikin kaki lelah dan hati meringis pedih. Tapi saya bakal berbagi cerita, agar teman-teman tidak mengalami peristiwa yang menyedihkan seperti keluarga kami. Saya bagikan tips cerdas memilih hotel bila ingin mewujudkan liburan impian saat akhir tahun.

Semua gara-gara saya terlalu pede bakal mendapat hotel sesuai keinginan kami. Jadi akhir tahun 2013 kami berempat berangkat menuju Jogja. Karena usai libur hari Natal, pasti hotel punya kamar kosong. Nggak mungkin semua hotel full penghuninya.

Ternyata oh ternyata, dugaan saya salah besar.

Memasuki kota Jogja nyaris menjelang waktu Maghrib, kami mampir shalat dulu di Pom bensin. Baru kemudian makan dan dilanjutkan dengan memilih hotel yang ada dekat dengan kawasan Malioboro. Rencananya malam itu kami akan makan malam di pempek yang ada di dekat toko oleh-oleh bakpia. Kami pengen makan makanan yang segar dan pedas.

Namun sudah ada empat hotel yang menjawab pertanyaan saya bahwa tak ada kamar kosong. Empat hotel sudah menolak namun saya masih tegar. Turun dari mobil ditemani si sulung dan bertanya apa masih ada kamar yang kosong.

Pertahanan saya mulai lemah ketika hitungan hotel makin bertambah. Si sulung sudah mulai bete. Iya lah, kami mesti naik turun mobil sekedar bertanya dan mendapat jawaban yang meruntuhkan semangat. Bayangan kami bakal tidur di mobil mulai tampak di depan mata.

Mengapa kami nggak nelpon aja dari mobil? Jadi kaki nggak capai, pasti ada yang nanya gitu.

Sudaaah dooong. Suami sudah menghubungi hotel yang ada tanda room available. Tapi ternyata susah menghubungi telpon hotel. Kalo nggak nada dering sibuk, pasti nggak ada yang nerima. Malam itu bikin bete kami semobil.

Karena saya dan si sulung udah bosan dan lelah, kami memutuskan tidur di mobil. Suami memilih pom bensin yang ada di tengah kota Jogja untuk parkir mobil. Alhamdulillah kondisi mobil bisa sih buat tidur meski cuma untuk tiga orang aja. Itu pun berdesakan, hahaha. Ya udah kami mesti prihatin semalam.

www.hidayah-art.com
Tidur miring pun tak mengapa
asal bisa merebahkan tubuh yang lelah
Jadi di dalam mobil ini lah kami bermalam. Saya bersama anak-anak berjejalan di kasur yang sudah dirapikan suami menjelang berangkat. Suami sendiri tidur di kursi depan, dengan kursi dipasang agak mendatar.

Bagi kami berempat, pagi datang lebih awal. Tubuh lelah karena tidur kurang nyaman seperti bila di bed di ruangan. Tapi kami tetap semangat. Pagi tiba, kami siap mandi dengan numpang di kamar mandi pom bensin. Setelah ganti baju bersih dan wangi, kami siap bermain air di pantai Indrayanti.

www.hidayah-art.com
Ada wajah ceria, ada pula yang ngantuk kurang tidur

Akhir tahun ini kami berencana liburan di Malang. Ini sebenarnya liburan impian saya dan anak-anak. Padahal mereka berdua sudah pernah wisata ke Malang bersama teman-teman sekolah masing-masing. Tapi pengen lagi liburan ke Malang. Alasannya masih ada banyak tempat wisata alam dan kuliner yang belum disambangi.

Nah, agar liburan akhir tahun nanti tidak berakhir seperti tiga tahun lalu, saya udah punya rencana.

Kebetulan saya sudah mencari informasi dan menemukan Promo Wisata Tixton di internet. Pucuk dicinta ulam tiba. Saya butuh promo wisata untuk liburan akhir tahun, ada Travel Wish Tixton di depan mata.

Mumpung masih tiga bulan lagi, saya segera daftar di website Tixton agar bisa mudah mencari harga hotel termurah di kota Malang. Liburan impian kami bakal tenang dan tak ada lagi prahara tidur di jalan.

Saya sharing yuk, waktu kemarin daftar member di Tixton. Saya pengen mendapatkan harga hotel termurah dengan mencari info Travel Wish.

Berikut langkahnya :

-  Langkah pertama tentu saja mesti memiliki akun di Travel Wish Tixton.
-  Daftar dengan dua pilihan. Dan kemarin saya daftar menggunakan email.
- Saya langsung mendapatkan email verifikasi dan diminta mengisi untuk mendaftar dengan kode verifikasi yang dikirim via email.

- Begitu sudah terdaftar, saya mendapatkan email balasan seperti berikut.

- Langsung saja ya, isi data di Info Travel Wish
  - kolom email
  - kolom nama
  - kolom nomer kontak
  - pilih kota tujuan
  - pilih tanggal check-in dan check-out
  - pilih satu satu jawaban hotel idaman spesifik
    kemarin saya minta rekomendasi hotel dan jumlah kamar saya isi : 2
  - pilih biaya maksimum per hari untuk kamar yang diinginkan
  - klik : BUAT TRAVEL WISH

www.hidayah-art.com

Rupanya kamar yang saya inginkan tidak muncul di layar. Saya pun memilih : cek kamar yang ada di daftar hotel dengan harga termurah. Yang muncul adalah kamar dengan tanggal yang tersedia pada bulan Oktober. Pilihan kami bulan Desember tidak muncul.

Saya pun melihat-lihat dan mempertimbangkan pilihan hotel yang ada dalam daftar.

Wahhh, saya senang banget bisa menemukan harga hotel termurah yaitu El Hotel Malang. Meski menurut keterangan foto promo ini bukan fisik hotel El Hotel Malang. Namun dari detil keterangan sudah dijelaskan bahwa secara fisik, ruangan kamar mirip dengan contoh ilustrasi foto berikut.

www.hidayah-art.com

Ah, sekarang saya bisa duduk manis menanti liburan impian akhir tahun nanti. Saya sudah menuliskan Travel Wish Tixton untuk liburan impian akhir tahun keluarga kami. Saya tinggal menanti email dari Tixton di mana hotel yang sesuai idaman saya.

Nah, seperti yang sudah saya ceritakan saat membuat akun di Tixton, ada keterangan kalo saya bisa ajak teman-teman juga. Saya nggak hanya pengen berbagi info tentang Travel Wish Tixton. Tapiiii ... ada event yang bakan bikin teman-teman surprise pastinya.

Apa sih surprise dari Tixton?

Ada even Promo Wisata Tixton dengan cara yang mudah. Hanya dengan memesan hotel di Tixton untuk memenangkan kesempatan meraih dua tiket pesawat ke tujuan yang kamu idamkan serta uang saku lima juta rupiah.

www.hidayah-art.com

Wowww, bikin mata langsung melek lihat hadiahnya.

Cara berpartisipasi agar menang mudah sih. Yuk lihat langkah-langkahnya :

Klik : Cara Partisipasi

www.hidayah-art.com

- Masukkan hotel pilihan dan tanggal perjalanan kamu ke Tixton Travel Wist. Lalu share ke sosial media, boleh Facebook atau Twitter setelah selesai mengisi form Travel Wish.

- Dalam 24 jam, Tixton akan memberikan penawaran dengan harga lebih rendah kepada kamu. Tentu saja tergantung ketersediaan kamar dari pihak hotel.

- Lakukan pembelian kamar sebelum periode promo berakhir.

- Like Facebook dan Twitter @TixtonAsia dan simak terus pengumuman pemenang yang akan diundi dan diumumkan setiap bulan!

Waaaah, saya ikutan mupeng lihat hadiahnya. Yuk langsung bikin Travel Wish Tixton segera, teman-teman. Siapa tahu liburan impian kita di satu kota yang sama. Ntar bisa jelajah tempat wisata dan kuliner barengan ya. Seru pastinyaaa.

Nahhh, itu tadi sharing saya tentang tips cerdas memilih hotel bila ingin mewujudkan liburan impian saat akhir tahun. Keledai tidak jatuh untuk kedua kali. Apalagi saya yang udah cerdas menemukan Travel Wish Tixton dan ngajakin kamu juga untuk mencoba keberuntungan. Sampai jumpa dalam tips cerdas berikutnya ya teman-teman. Wassalamu'alaikum.

Travel Wish Tixton

55 komentar:

1. Pengalaman yang mengharukan mba,bener-bener jadi pelajaran yaa. Semoga liburan yg di malang lebih membahagiakan yaa mba.

Balasan
    1. Iyaa, aamiin, moga lancar rencana liburan nanti, makasih yaaa mbak Icha :)

Hapus
  2. Beru tau ni tentang Tixton. makasih ya infonya kebetulan bulan depan ada rencana mau ke Jogja...

Balasan
    1. Wahhh ayo mbak, segera cek di Tixton yaa. Kemarin ada yang murah harga hotel di Jogya dari pada aku booking untuk bulan April lalu.

3. Aku baru tahu loh mbak ttg tixton ini, thanks infonya
    Bdw kl kr jogja, jawil aku, aku cuma boyolali...

Balasan
    1. Sama-sama Witri, makasih juga.
      Okee, ntar kalo pas lewat dan bisa mampir aku colek ya :)

Hapus
  4. Itulah indahnya liburan mbak...malah berkesan kan? :)

1. Berkesan banget, kaki pegel dan hati pedih nyampur jadi satu, hihiii

5. ayok liburan bareng mba Hiday :-D
    umpel2an asal bersama itu nyenengin

1. Wkwkwkkk... iyooo, tidurnya nggak bener malah asik, hihiii

Hapus
  6. menarik banget mbak wati pengin nyoba...sampe tidur dimobil ya gegara engga kebagian hotel

Balasan
    1. Itu lah kecerobohan saya mbak Ningrum, dan jangan sampai lagi terulang karena anak-anak udah gede tubuhnya. Jadi desek-desek kemarin itu, hahaha

Hapus
  7. Wah, harus mesan duluan ya mbak. Apalagi kalau musim liburan. Saya juga was2 kalau liburan tanpa persiapan. Pengin sih nyoba yang jalan aja tanpa rencana. Tapi tetap aja pikiran ga enak. Hehehe...

Balasan
    1. Harus loh mbak Hairi, ntar kalo nggak booking dulu malah nambah pikiran, hehehe

Hapus
  8. Hemm... Iya sebentar lagi libur panjang. Harus buking dari sekarang nih biar gak keteteran ��

1. Ayuk booking sekarang teh Okti, ntar keburu kehabisa hotel kalo long weekend

Hapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

BalasHapus
  10. semoga gak kejadian kayak dulu ya Mb...pakai Tixton kan ? salam kenal :))

Balasan
    1. Salam kenal kembali Indri, makasih ya.
      Iya mulai kenal Tixton jadi enak nih, bisa direncanakan jauh hari

Hapus
  11. Bentar lagi akhir tahuuun. Hayuk rencanakan liburan Mba :). Aku diajakin temen ke Lombok. Mudah-mudahan bisa terlaksana. Belum prepare apa-apa sih Mba. Padahal kalau akhir tahun pasti banyak yang penuh ya.
    Nanti coba-coba liat Tixton, mudah2an bisa dapet yang cocok :D

Balasan
    1. Aduuuh, Nyaaak.. mupeng deh ke Lombok. Ntar deh tahun depan, mesti nabung dulu kalo rombongan keluarga, hahaha.

Iya, lihat Tixton aja, ada kok. Kemarin udah lihat juga hotel di Lombok :)

Hapus
  12. Emang kurang nyaman ya tidur berdesakan dalam mobil kalo tujuannya buat istirahat mah. Tapi, dulu aku sama adek-adek selalu minta digelar kasur gini di mobil ayah. Dasar anak-anak, mikirnya main aja terus ✌

Balasan
    1. Kalo cuma sebentar sih asik aja, tapi ini semalaman bikin capek malah. Apalagi anak-anak udah tinggi tubuhnya, sesek deh, hihii

Hapus
  13. Susah nyari hotel di Yogya pernah juga, sampe keselll deh ... tapi belum sampe harus nginep di mobil mba :D
    Untung sekarang banyak kemudahan ya

Balasan
    1. Sebenarnya ada famili, tapi nggak enak juga numpang tidur mendadak tanpa pemberitahuan

Hapus
  14. Kalau sedang musim liburan gitu, memang ada baiknya pesan online jauh2 hari ya. Sudah praktis, ngga perlu khawatir juga ngga dapat hotel saat hari H

Balasan
    1. Nah, kalo liburan udah direncanakan pasti mudah pesan hotel jauh-jauh hari. Tapi kami kadang liburan suka mendadak, hehehe

Hapus
  15. Liburan yg ga terlupakan ya...
    Br tau nih tentang tixton...

Balasan
    1. Tixton enak sih mbak, bisa jual kamar yang udah kita pesan bila mendadak batal nginap.

Hapus
  16. Wajib dicoba nih tipsnya mbak wati.

BalasHapus
  17. Mobilnya asyik bisa dipakai buat tiduran rame2 gitu ya mba. Hihii. Kalau mobilku hanya bisa tidur smabil duduk :p. Seru petualangannya mba

Balasan
    1. Mobilnya kan model blind van, jadi bisa digelarin karpet dan kasur buat tidur. Tapi cuma buat tiduran aja sih enak, kalo semalaman ya capai, hehehe

Hapus
  18. saat liburan saya kurang memperhatikan tips2 di atas.. makasih atas tips2nya...

BalasHapus
  19. seru mbak sampai bsa tiduran di mobil, aku pernah via darat juga dengan bus ke sumatera tapi nggak bisa gelar kasur :D

1. Iya, mobil kami model blindvan, jadi bisa gelar tikar, hahaha

Hapus
  20. saat High session emang kadang susah cari hotel ya mba.. makasih ya utk tipsnya.. sukses mba wati utk liburan impiannya

Balasan
    1. Pengalaman yang berharga buat pelajaran. Aamiin, makasih ya mba Hapsari. Sukses juga buat mba Hap ^^

Hapus
    2. Pengalaman yang berharga buat pelajaran. Aamiin, makasih ya mba Hapsari. Sukses juga buat mba Hap ^^

21. Nyobain ah. Nunggu anak-anak libur panjang sekolah

Balasan
    1. Ayo Nis, ajakin keluarga liburan, seseruan bareng bikin hepi deh :)

22. nice tips mba

Budy | Travelling Addict
    Blogger abal-abal
    www.travellingaddict.com

BalasHapus
  23. Kalau dimobil saya juga suka bawa bedcover mbak,tapi buat tidur anak-anak doang, si Bapak istirahat di rest area. Malang tempatnya adem dan banyak tempat wisatanya mbak, selamat piknik yaaa.

24. Kalo akhir tahun hotel-hotel biasanya penuh. Dulu pernah dengan pedenya nggak pesan hotel dulu, tiba di tempat baru telpon-telpon, yg masuk budget penuh semua, yg ada yg mihil-mihil. Untung nemu satu penginapan yg masih kosong 1 kamar waktu itu, ya wis nginep disitu daripada nggak ada :D

25. Kalau pesennya mepet biasanya gak kebagian kecuali ada yg cancel ya mbak? KAlau pakai tixton gak takut rugi misal pesen jauh2 hari lalu cancel sebab bisa dijualin lg...

BalasHapus
  26. Haha, saya pernah tuh ngalamin kayak gitu Mba. Gara-gara menyepelekan. Saya udah booking 1 malam. Tadinya saya pikir nanti saja diperpanjang disana. Eh, tahunya ngga bisa karena full book. Terpaksa deh kami cari-cari hotel lain. Padahal itu hotel strategis banget dan harganya murah meriah.

27. Pas banget untuk gaya liburan kami yang senang staycation.. Terima kasih mba :)