Three In One, Tour Tiga Cafe ala #BloggerSemarang - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Rabu, 28 September 2016

Three In One, Tour Tiga Cafe ala #BloggerSemarang


Photo taken by Archa Bella
Photo taken by Archa Bella
Assalamu'alaikum. Three in one day tour tiga cafe ala #BloggerSemarang minggu lalu masih terekam jelas dalam memori. Sehari kulineran di tiga cafe di Semarang bareng teman blogger? Iya pasti nggak bakal tenggelam dalam ingatan saya. Apalagi kami menjelajahi tiga aneka kuliner di tiga cafe berbeda yang memiliki keunikan masing-masing. Di mana aja sih jelajah kuliner kami? Yuk, cap cusss.


Kamis pukul 11 siang, saya janjian bareng mba Ika dan Marita, berangkat bareng menuju lokasi #BloggerNyicip di Candi View Hotel. Tepatnya sih di Rinjani View Lounge yang interiornya eklektik dan cantik. Candi View Hotel menjadi tempat pertama #BloggerNyicip ngumpul siang itu. Lumayan loh, Semarang hari itu nggak panas. Jadi kalo nanti kami mesti touring ke dua cafe lain, santai aja. Eh gayaaa, touring, hahaha.

Sebagian besar yang hadir siang itu merupakan teman blogger yang tinggal di kota Semarang. Iyaaa, di Semarang tuh udah lumayan sering kegiatan blogger datang saat gathering produk brand atau dapat undangan resto untuk nyicip menu. Hari ini spesial karena ada tiga cafe yang bakal menjadi tempat singgah #BloggerNyicip. Lumayan nih, perut udah kosong sejak pagi.

Menu Istimewa di Rinjani View Lounge

Seperti apa sih ruangan di Rinjani View Lounge? Apakah semenarik namanya? Gimana menu yang disajikan pada pengunjung? 

Ahhh, banyak amat ini pertanyaaannya. Iya, kemarin sempat ada yang nyolek, asyiiik tuh kulineran bareng-bareng. Alhamdulillah, ini berkah silaturahmi dengan teman blogger. Jadi kalo ada berita kulineran, tinggal saling colek.

Begitu memasuki Rinjani View Lounge, serasa dejavu karena pernah berada di sini dua tahun lalu. Saat acara kuliner bareng Ari Parikesit bareng Bango.

Siang hari itu, Obin Robin yang merupakan pengundang dan MC keren, menjadi PJ dengan mengawal acara #BloggerNyicip dari awal hingga terakhir. 

Oh iya, kemarin saya udah sharing tentang Candi View Hotel dalam blogpost berjudul :


Saya sisipkan beberapa foto aja ya, karena di dalam artikel di atas udah komplit banget dokumentasinya.

www.hidayah-art.com

www.hidayah-art.com
www.hidayah-art.com
www.hidayah-art.com

Kami juga menikmati beragam menu yang unik dan menggoda lidah untuk bergoyang. So, blogpost berikutnya adalah #BloggerNyicip kopi dan menu unik lainnya.

#BloggerNyicip Menu dan Ngopi asyik di STRADA Cafe

Aroma kopi menguar begitu pintu terbuka. Ada sensasi yang udah lama banget saya lupakan. Dulu, setiap pagi sebelum beraktifitas saya mesti ngopi dulu. Ibarat kata, belum bisa ngapa-ngapain kalo belum nyesep kopi segelas. 

Bertahun kemudian karena alasan anak-anak ikut ngopi tiap pagi, saya pun mengubah kebiasaan menjadi nge-Teh. Iyaaa sih, anak balita kok ikut-ikutan ngopi. Masih mending minum teh pagi hari, hahaha.

Nah, saya juga mengurangi kopi karena takut sakit lambung seperti suami. Abis ngopi tubruk sachetan, perutnya langsung kolik. Nggak bisa kegiatan nyaris seminggu.

Eh ternyata, kopi kemasan itu kopi abal-abal dan kandungannya perlu dicermati loh. Bener nggak sih itu kopi semua, atau ada bahan kimia apa aja dalam kemasan tersebut? Dan sejak lama saya udah move on dari kopi kemasan.

Strada Caffe menyajikan 7 macam kopi, yaitu kopi Gayo, Mandhailing, Jawa Barat, Bali, Flores, Toraja, dan Papua. Dengan proses penyeduhan manual brewing, dan bisa menyaksikan sang barista bekerja.

|Let the Barista do or Do it yourself!

www.hidayah-art.com

www.hidayah-art.com

Kemarin kami mempelajari seputar kopi dan proses penyajiannya. Bisa aja dalam satu proses menjadi dua jenis kopi yang berbeda. Dari satu jenis minuman berbasis expresso, bisa menghasilkan Cappucino dan Latte. Untuk Cappucino bisa dibedakan dari ketebalan cream saat proses penyeduhannya. Dan lebih mudah juga dibikin hiasan yang variatif. Sementara Latte seduhannya lebih tipis dan hiasannya juga biasa.

www.hidayah-art.com

www.hidayah-art


Trus jangan cemas karena Strada Cafe tak hanya menyajikan kopi. Bagi yang waswas dengan lambungnya, ada minuman lain yang nggak kalah enak. Yaitu Red Velvet Choco dan Matcha Latte. Eh ada juga Choco original, cuma saya enggak menyicipinya. 

www.hidayah-art.com

Masih ada pilihan minuman Special Tea, yaitu Jasmine Tea, Lemon Tea, Oolong Tea, English Breakfast, Organic Tea, dan House Tea. Pengen Orange Juice, Avocado Juice, atau Mineral Water, komplit!

Siang itu #BloggerNyicip berkesempatan menikmati beberapa sajian menu Cube Mixed Grill, yaitu sajian daging sapi, ayam, dengan saus dan kentang serta toping saus lada hitam.

www.hidayah-art.com

www.hidayah-art.com
Philly Burger made from burger bun, strip beef steak
topped with saus mushroom, onion, blackpepper
and melted mozzarella cheese, hmmm yummy
Saya sempat nyicip Lasagna Strada, dengan saus yummy dan keju yang ngejuuu banget. Ahhh, Lasagna Strada-nya lembut bangeeet.

www.hidayah-art.com
Lasagna Strada, fresh pasta layer
with ground beef & cheese
Masih ada pilihan kuliner khas kota Semarang bagi pengunjung dengan lidah njawani. Jangan cemas, ada Pindang Dori Serani yang seger kuahnya. Daaan, siang itu sajian Petis Bumbon dengan nasi nampak mantap di piring saji. Yuk, makaaaan.

www.hidayah-art.com
Petis Bumbon ala Strada Caffe
Kalo di daerah saya, Petis bumbon biasa disajikan bersama lontong dan tambahan sayur lodeh. Kuah petis bumbon ini khas banget, dan bikin saya ketagihan.

Nah, udah kenyang tapi masih pengen nyicip desert ala Strada Caffe?

Yuk, saya pilihkan dua macam desert yang pasti kamu suka. Meski ada tujuh pilihan desert lain yang tak kalah menggoda, seperti Ice cream, Banana Steak, atau Fried Banana.

Siang itu sajian #BloggerNyicip ditutup dengan desert yang menggoda selera. Ada Apple Pie yang rasa manisnya pas, dengan kepadatan bagian kue yang empuk. Aroma khas kayu manis dan cengkehnya mengingatkan saya pada kue nastar. 

www.hidayah-art.com

Pilihan menu desert lain adalah Banana Foster dengan coklat grilled, caramel, cinnamon, dan coklat crispi. Rasanya seperti apa? Hmmm, pisangnya empuuuk, dipadu coklat yang melted, bikin nagih pastinyaaa.

www.hidayah-art.com

Strada Caffe terletak di jalan S. Parman no. 47 A Semarang. Yuk kopdar di sini, teman.

#BloggerNyicip Pizza Garing ala Italy di Rustico

Nahh, abis icip-icip kuliner yang beragam, saatnya kami melangkahkah kaki ke satu sisi ruko yang sama. Yaitu di Rustico Kitchen & Bar dengan fasad gedung yang tampak gagah. Rustico terletak di lantai 4, jadi kita mesti naik lift dulu. Ada fasilitas mushola di basement bagi pengunjung yang mampir saat waktu shalat tiba.

Begitu keluar dari pintu lift, saya berhadapan dengan tempat makan dengan hiasan gear berukuran besar. 

www.hidayah-art.com

Penataan ruangan dan tempat nongkrong ada banyak pilihan. Pengen menyaksikan sang cheff melakukan atraksi mulai bikin bahan roti hingga mengoleskan toping? Bisa loh disaksikan di sini. Karena model open kitchen, pengunjung bisa menyaksikan langsung proses pembuatan pizza dengan roti tipis dan garing ala Italy.

www.hidayah-art.com

Anak-anak pasti suka banget kalo diajak menikmati pizza di Rustico. Sambil menyaksikan cheff memeragakan pembentukan adonan roti pizza hingga memberikan toping segala macam sesuai selera.

www.hidayah-art.com

Masih pengen tahu gimana atraksi cheff saat membentuk adonan menjadi roti pizza yang tipis dan lebar? 

Yuk, saksikan dalam video berikut :

www.hidayah-art.com


Udah komplit deh saya tuliskan artikel Three in One, Tour Tiga Cafe ala #BloggerSemarang. Sampai jumpa jalan-jalan kuliner berikutnya ya. Wassalamu'alaikum.

Avalaible at :
Rusti.co.id Bar & Resto
Jalan S. Parman no. 47 
Semarang

45 komentar:

  1. asik banget kalau blogger blogger dikumpulin terus icip icip makanan dan suruh ngereview seperti ini ya bu.. di solo masih jarang banget, mungkin temanya terlalu banyak yang dibahas oleh blogger

    Salam
    mysukmana.net

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada komunitas blogger kan di solo? Coba aja dikumpulkan dan deketin yang biasanya suka icip-icip menu resto saat gathering. Semarang lumayan sering sih ngumpul gini, komunitas blogger banyak :)

      Hapus
  2. Semua fotonya bikin mupeng eh. Paling penasaran sama pizzanya, mau dong.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo jajan ke Semarang, Ika, nyicip pizza bagi berdua ama aku, hehehee

      Hapus
  3. Aku ketagihan kesini lagi.
    Kopi sama Pizzanya mmg bikin ingin balik dan balik lg.
    Dessertnya menggiurkan tp aku blom sempet nyicip..huhu

    BalasHapus
  4. Ya ampunnn foto-fotonya menggoda banget...mupeng euyyy haha.

    BalasHapus
  5. aih seneng banget kalo bisa ikutan turnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa, seneng banget karena bisa ikut nyicip menu enak-enak seharian :)

      Hapus
  6. Ngeliat kopinya jadi pengen ngopi malam - malam gini mba hihi

    BalasHapus
  7. Kepingin semuaaah haha. Aku penasaran mau ikutan lihat barista deh mba, blum pernah lihat lagi bikin langsung...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo gitu ayo deh hangout di Strada Caffe kalo ke Semarang :)

      Hapus
  8. Lihat makanannyaaa, lihat minumannya,pengen semuanya mba. Alhamdulillah banget bisa ikut kegiatan ini ya mbaa 😇

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, seneng bisa nyicip menu asik bareng teman-teman seperti ini, mba Lida :)

      Hapus
  9. Walah seharian gitu. Kenyang atau kekenyangan Mba?
    Walaupun gak suka kopi tapi saya penasaran proses menyeduh kopi ala Barista gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kekenyangan banget sampai malam tinggal ngantuk dan pengen selonjor, hahaha

      Hapus
  10. Senengnya ngumpul bareng teman-teman Gandel Rel, apalagi dalam rangka makan-makan, pasti seru ya mbak.

    Makanannya enak semua, bikin laperrr

    Pengen ikutan namun apalah daya, saya hanya bisa bergerak di hari Minggu :(

    BalasHapus
  11. itu menu-menu yang tersedia memang bikin lidah bergoyang Mba Wati, melihat fotonya aja udah ngiler gimana melihat makanan aslinya yah? hehe :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya aja nulis ini jadi ngiler, mupeng nyicip lagi :)

      Hapus
  12. Waduh ini tempat yang dikunjungi enak enak semua kulinernya..bikin ngences

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo ke Semarang ntar kopdar di sini ya mbak Ade :)

      Hapus
  13. Pizza tuh entah mengapa, dimanapun tempatnya, selalu enak ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget, mungkin karena jajanan yang udah cocok dengan lidah orang Indonesia

      Hapus
  14. Sampe ketemu di acara blogger nyicip berikutnyaaa...mbak say :D

    BalasHapus
  15. Waaah, boleh juga neh kalau suatu saat saya ke Semarang; siiippp... kemecer rasanya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Monggo mampir nyicip, Pak Ustadz. Tinggal pilih menu, nggih :)

      Hapus
  16. Duh saya pengen kopinya mbak, tapi sayang sekali jarak dari rumah saya jauh sekali dan kayaknya kalau kesanan musti sambil liburan deh kayanya.

    BalasHapus
  17. Mas2 baristanya..ajarin coffee art dong #eh

    BalasHapus
  18. pizzanya menggoda...etapi yang lain juga menggoda si, aku juga mau kok diajak nyicip-nyicip hihihi

    BalasHapus
  19. Ini yang beberapa hari lalu memenuhi temlenkuuu.
    Bikin ngences dan laper Mba, hahaha

    BalasHapus
  20. Pizza-nya itu bikin laper deh! hihihi...
    ngomong- ngomong soal kopi, katanya kopi dingin lebih aman buat lambung, Mbak.
    Saya juga demen ngopi dan sekarang lagi suka kopi dingin^

    BalasHapus
  21. Paling seru emang kalo udah kongkow2 bareng temen2 sefrekuensi, apalagi kalo hidangannya yummie, eh gratis lagi :D

    BalasHapus
  22. Wah kulineran di tiga cafe..?? Serunya....apalagi ngeliat makanan-makanannya, wah mupeeng

    BalasHapus
  23. Ya Allah... aku salah buka ini
    Pagi2 liat makanan.... kopinya menggoda, tp nggak minum kopi

    BalasHapus
  24. Menu-menu yang disajikan menggoda mbak untuk dinikmati. Pasti yang ikutan tour kenyang2 tu hehe

    BalasHapus
  25. Sukaaa banget lihat para barista bekerja. keren hasil latte artnya

    BalasHapus
  26. Haduuh...bikin kemecer semuaa... Jempol, mba Wati.. Andai ku dekat, bisa ikut ngicip2 bareng deh..hiks.. Blm rejeki kali, mudah2an lain waktu ada lagi...

    BalasHapus
  27. seru ya... kapan nih yuk yang di jogja bikin acara serupa...

    BalasHapus