Laman

  • Beranda
  • Jalan-jalan
  • Inspirasi
  • Review
  • Disclosure
  • About Me
  • Achievement

11 Sep 2016

Me Time Favorit Cukup Di Home Sweet Home


www.hidayah-art.com

Assalamu'alaikum. Bagi perempuan sibuk, ibu rumah tangga ataupun yang juga bekerja di luar rumah, penting nih sesekali refreshing. Atau kata mamah-mamah muda, Me Time yang berkualitas. Me Time katanya bisa mengembalikan kembali semangat kerja. Me Time juga katanya bakal bikin perempuan kembali tersenyum bahagia. Nah, ada yang mesti Me Time di cafe, nyalon, nonton film di bioskop, bahkan plesiran hingga ke negeri tetangga. Kalo saya sih nggak pernah muluk-muluk ngomongin Me Time. Me Time favorit saya cukup di home sweet home dan nggak harus keluar rumah.

Baca home sweet home ala saya juga yuk :


Ya siiih, saya mudah banget merasa bahagia. Karena saya selalu melihat sisi positif dari setiap masalah yang menghadang, enggak mau juga baper berkepanjangan.

Lantas seperti apa sih Me Time ala saya? Bener nih cukup di rumah?

Seperti yang saya tulis di atas, Me Time menurut saya enggak perlu keluar rumah dan merogoh kantong sampai bolong. Karena menciptkan bahagia itu mudah. Bahagia bagi saya adalah dengan menciptakan satu kondisi yang menyenangkan tanpa perlu menyusahkan suami dan anak-anak. Saya sayang mereka. Dan saya tetap bisa bahagia dengan Me time yang sederhana. 

Me Time ala saya memang sederhana. Sesederhana pikiran saya tentang arti kata bahagia.

1. Baca Buku di Rumah

www.hidayah-art.com
gambar dari pixabay,indonesia
Koleksi buku bacaan saya di rumah banyak banget. Kalo beberapa penyuka buku ada yang menjual koleksi buku bacaan yang udah selesai dibaca, saya sayang banget melakukannya.

FYI, saya kalo udah suka sama buku dan isi ceritanya, bisa banget membacanya ulang hingga dua atau tiga kali. Bahkan ada beberapa novel dan buku non fiksi yang saya baca hingga ada sepuluh kali. Saya sampai hapal isi per bab dan kalimat yang menarik dalam buku tersebut.

Saya maniak buku? Enggak lah. 

Ada yang menyebut penimbun buku adalah Tsundoku. Istilah ini muncul di Jepang yang menyorot mereka yang suka koleksi buku. Belanja buku gak berhenti sementara di rumah masih banyak buku dengan bungkus plastik yang belum dibuka. 

Apakah saya punya buku baru yang masih terbungkus plastik? Iya, ada banyak. 20an ada kayaknya, hahaha.

Nah, belanja buku bisa juga jadi Me Time. Tapi saya sedang puasa belanja buku nih. Saya udah berniat menyelesaikan dulu buku-buku yang masih bersampul plastik. Meski tiap ngantar anak ke toko buku, pengen banget membeli satu atau dua buku aja, hahaha.

Iyesss, Me Time saya sederhana, baca buku koleksi yang masih bertumpuk-tumpuk di depan TV, di lemari pakaian di kamar, di meja coklat di ruang keluarga. Entah lah saya juga heran, kenapa ada buku di mana-mana. Eh, ini komentar suami, melihat tumpukan buku yang masih bersampul plastik.

"Masih pengen beli buku lagi? Yang itu, yang di lemari, yang di laci plastik, kapan mau dibaca?"

Dan saya cuma ngakak aja menanggapi pertanyaan itu. Saya kan cuma penikmat buku, beruntung loh punya istri memilih Me Time yang sederhana. Cukup baca buku sambil selonjoran di rumah. Yes, sesederhana itu.

2. Nonton Film di Rumah

www.hidayah-art.com
gambar dari pixabay.indonesia
Kami pakai Indihome untuk wifi internet di rumah. Fasilitasnya selain untuk internetan, juga ada paket channel tv yang menarik. Nggak semua sih kami pilih sebagai tontonan. Namun ketika saya jenuh dengan pekerjaan ngeblog, misal abis kena tekanan DL beberapa job artikel atau lomba, saya pilih nonton film di TV. 

Sembari memulihkan pikiran agar segar kembali, saya akan memilih channel dengan tontonan menarik. Apalagi saya juga bisa belajar dari jalinan cerita yang tayang karena film pilihan saya genre Mystery-Drama-Thriller. Susah loh nulis cerita genre Thriller tapi mesti masuk dalam logika penontong. 

3. Merajut

Nah, biasanya saya merajut saat pagi hari, ketika urusan pekerjaan rumah sudah beres. Suami dan anak-anak juga udah sibuk dengan kegiatan masing-masing. Trus mau buka laptop masih pagi, hihii. Saya biasanya memulai aktifitas ngeblog atau menulis artikel pesanan mulai pukul 9 pagi. Saat saya udah sarapan buah dan minum teh panas. 

www.hidayah-art.com
gambar dari pixabay.indonesia
Nah, saya kadang butuh menghabiskan waktu pagi hari dengan kegiatan Me Time yang sederhana. Seperti merajut, bikin tas. Ini memang Me Time terbaru saya. Karena saya juga baru bisa merajut. Dan saat ini kalo saya jenuh ngeblog, tinggal ambil jarum dan benang rajut, beres deh. Oh iya, jangan menanti kapan tas rajut saya selesai ya. Karena saya jadikan merajut sebagai Me Time. Jadi... entah kapan deh bisa selesai rajutan saya, hahaha.

4. Bikin Masakan Favorit Keluarga

Kalo ada yang menyebut kegiatan masak sebagai hal yang menjemukan, ya nggak apa-apa sih. Kan tidak semua orang suka memasak? Begitu juga tidak semua orang bisa memasak.

Kebetulan sejak menikah, saya belajar banyak masakan rumahan. Apalagi suami dan anak-anak selalu menyukai karya masakan saya. Suami paling suka kalo saya masakin Pepes Ikan, Cap Jai sayur, Ikan Bakar, Bestik Daging Kambing, Tongseng, dan segala macam tumisan.

www.hidayah-art.com

Saya memang tak mungkin masak tiap hari. Di samping masih sibuk bekerja, saya menghargai bantuan Ibu soal masakan. Kebetulan saya udah tinggal dekat rumah orang tua sejak lima tahun yang lalu. Tinggal dekat dengan Ibu, bikin saya memilih yang praktis. Sambil memberi kesibukan buat Ibu, juga membantu agar dapur Ibu tetap ngebul. Apalagi dengan tambahan duit belanja yang tak seberapa, Ibu bisa memasak untuk dua rumah. 

Namun sesekali, ketika anak-anak dan suami kangen masakan saya, Ibu akan memberi kesempatan. Saya pun masak menu pesanan anak-anak dan suami. Ini jadi Me Time bagi saya karena saya bisa berekspresi di dapur. Mengolah bahan masakan menjadi satu hidangan penuh cinta untuk keluarga. 

5. Melamun dan Bermimpi

Saya adalah perempuan yang senang kalo bisa punya waktu sesekali sendirian dan melamun. Memang sih setiap hari sejak resign, saya sendirian di rumah. Namun karena tinggal di dekat rumah orang tua, sesekali juga ada saudara yang mampir sambil ngobrolin banyak hal.

Nah, saya yang suka melamun, butuh Me Time untuk melakukannya di rumah. Asik loh melamun di kasur atau duduk di ruang tamu. Apalagi kalo tengah hujan gerimis, melamun jadi kegiatan yang menyenangkan hati. 

Seperti juga saya yang senang bermimpi tentang sesuatu. Bisa mewujudkan mimpi pasti akan menyenangkan. Saya punya banyak mimpi yang masih terawat dalam kotak rahasia. Hanya orang tertentu yang mengerti impian saya. Melamun dan Bermimpi adalah Me Time saya di rumah. 

_______________

Me Time bagi saya nggak perlu meninggalkan rumah. Saya bisa melakukannya di rumah dengan bahagia. Saya bisa menikmati Me Time di rumah tanpa merogok kantong jadi bolong.

Meski begitu saya juga suka menikmati Me Time di luar rumah sesekali. Bersama teman perempuan, sesekali saya Me Time juga di lua rumah.

Nah, kalo saya sih Me Time favorit cukup di Home Sweet Home, gimana dengan teman-teman? Apakah juga seperti saya, cukup Me Time di rumah dan tetap berbahagia? Yuk sharing di sini ya. Wassalamu'alaikum.

17 comments :

  1. wah, bermanfaat banget me time nya mbak merajut :)

    me time kadang perlu banget ya mbak ^^

    ReplyDelete
  2. Sama Mba, saya Tsundoku hehe. Tapi tahun ini niat untuk babat timbunan buku belum terealisasi huhuhu.. karena waktu buat baca lagi tersingkir nih, cuma bisa baca 10 halaman paling, kalo sehari.

    #curhatsesamapembacabuku

    ReplyDelete
  3. me time buatku banyak cara mbak :).. memang sih kebanyakan me time nya di luar rumah semua, ato traveling berdua ama suami, dan anak2 titip ama babysitternya.. tapi pernah juga kok me time-an di rumah aja, main game ato baca buku biasanya :D.. kalo udh kena 2 hal itu, bisa berjam2 lupa deh ama anak ;p.. intinya mah, me time itu utk hilangin jenuh kan ya... jd ga harus mahal, yg ptg bisa bikin kita lupa ama rutinitas sejenak

    ReplyDelete
  4. Saya juga Tsundoku xixixi.... menjahit atau merajut paling gak suka... Me time saya mah ngeblog ajah :) Atau jalan2 sendirian :) Asyik masak bisa jadi me time, bagi saya itu rutinitas deh :)

    ReplyDelete
  5. bukunya pinjemin ke saya ajah, punya banyak waktu buat baca..tapi maunya gratisan :)

    ReplyDelete
  6. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di rumah. Tentu tak kalah menyenangkan, bukan.
    Membaca buku menambah ilmu dan wawasan.
    Masak juga menyenangkan
    Salam hangat dari Jombang

    ReplyDelete
  7. me time saya adalah tidur siang dan menonton drama korea & film india favorit Mba Wati :)

    ReplyDelete
  8. Me time ku biasanya baca buku, bangun agak siangan dan nyantai di rumah (beres2 rumah bye bye dulu) :D

    ReplyDelete
  9. Iya mbak me time saya juga sederhana dan cukup di rumah saja : Makan coklat isi almond sambil nonton film TV favorit (meski sudah diputar berulang-ulang), tanpa gangguan siapapun :)

    ReplyDelete
  10. Melamun dan bermimpi, aku bgt hahaa

    ReplyDelete
  11. baca buku di rumah itu "me time" aku banget mbak :)

    ReplyDelete
  12. Toss..aku juga penimbun buku dan hobi nonton di rumah..khususnya drakor sih

    ReplyDelete
  13. Saya juga suka baca buku, Mbak. Tapi masih banyak PR yang belum beres, hehe. Buku ditengah-tengah belum kelar bacanya. Me time saya ya ngobrol sama istri atau nonton di rumah. Atau kalau memungkinkan nonton bareng di bioskop. Mantab :)

    ReplyDelete
  14. Rumah itu memang Awesom bagi yang bisa menikmati
    Kayaknya Introped nih

    ReplyDelete
  15. Betuullll...,masak emang bisa jadi me time yang seru!

    ReplyDelete
  16. sejak ada Arkaan, Me Time yang bener2 Me Time adalah nyalon atau hengot sama the gengs tanpa bawa dia, hihihihi

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...