Laman

  • Beranda
  • Jalan-jalan
  • Inspirasi
  • Review
  • Disclosure
  • About Me
  • Achievement

29 May 2015

BERANI MENERIMA TANTANGAN XL FUTURE LEADERS?


Mbak Anita tengah menjelaskan program XL Future Leaders
Anak muda generasi sekarang banyak yang cerdas dan berprestasi di bidang akademik. Bagi mahasiswa pun gampang banget meraih IP di atas 3. Seperti si sulung yang mampu meraih IP 3,4. Kata Milzam, udah biasa tuh IP segitu. Sekelas aja ada satu gerbong a.k.a nyaris semua IP nya di atas 3. Tapi saat saya bertanya, yang berani ngomong di depan kelas ada satu gerbong juga nggak? Jawabannya: Ada, tapi cuma beberapa orang.

Nah, stereotipe anak muda Indonesia memang seragam. Banyak mahasiswa yang pintar, tapi saat diminta ngomong di hadapan publik jadi gagu. Alasannya beragam, ada yang tidak percaya diri. Ada juga yang tak menguasai materi, apa nih yang mau dibicarakan di depan publik. Atau, ada juga yang gemetar karena malu. 


Gambar diambil dari sini

  
Di sini lah XL hadir dalam program XL Future Leaders. Program yang sudah diluncurkan sejak tahun 2012 ini memasuki tahun keempat.  Setiap tahun XL Future Leaders merekrut 120 peserta dari 5 kota besar di Indonesia. Program CSR XL ini menjadi bukti komitmen dan konsistensi XL mendukung pemerintah dalam meningkatkan prestasi dunia pendidikan di negeri ini. XL memberikan fasilitas bagi talenta muda untuk dididik menjadi calon pemimpin masa depan yang berani dan mampu berkompetisi di dunia internasional.

Dengan mengikuti program XL Future Leaders, anak muda dibimbing dan dilatih agar memiliki jiwa kepemimpinan melalui pendidikan soft skill. Dengan bekal kecerdasan akademik dan kemampuan soft skill, diharapkan anak muda Indonesia lebih siap menghadapi tantangan yang akan menghadap di masa depan. Terutama, mereka mampu bersaing dengan menduduki posisi penting di berbagai bidang profesi.


Mas Dipta menjelaskan tiga kompetensi utama yang bakal dibagi pada mahasiswa penerima program XL Future Leaders ini. Yaitu :

1. Komunikasi Efektif, yaitu kompetensi yang mampu menjadi kunci sukses bagi pemimpin dalam menyampaikan pendapat dan bernegosiasi. Peserta XL Future Leaders dibimbing agar berani berbicara di hadapan publik, menyampaikan presentasi kemampuannya, serta membantu mengatasi masalah sosial di masyarakat lingkungannya.

2. Kompetensi Memiliki Jiwa Kewirausahaan dan Inovasi, termasuk memiliki kepekaan melihat peluang yang akan mengantar mereka pada keuntungan ekonomis. Menjadi mahasiswa tidak hanya cerdas dalam bidang akademik, tapi juga memiliki semangat menjadi wirausaha muda mandiri yang mampu menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat di lingkungannya. Jadi pecahkan stereotipe lulus kuliah menjadi karyawan atau PNS.

3.Kemampuan Mengelola Perubahan, dengan mengikuti program XL Future Leaders diharapkan bagi mahasiswa agar mampu beradaptasi dalam pesatnya perkembangan teknologi dan menjadikan hal ini sebagai peluang emas untuk dapat memanfaatkannya. 

Para mahasiswa yang terpilih program ini bakal diterbangkan di kota terdekat, untuk mendapatkan mentoring tiap sabtu dan minggu. Misalkan mahasiswa kota Semarang, akan diberangkatkan menuju kota Yogya yang terpilih sebagai tempat pendidikan diadakan. Program XL Future Leaders ini tak seperti beasiswa umumnya yang memberikan donasi dalam bentuk materi. Namun program beasiswa yang setara dengan biaya pendidikan S2 ini memberikan pelatihan agar mahasiswa memiliki 3 kompetensi utama tersebut. 

Sistem mentoring-nya pun berbeda dengan umumnya. Tidak ada dosen yang berdiri di depan kelas dan memberikan materi semata. Namun program ini dibimbing oleh mentor yang disebut fasilitator. Salah seorang fasilitator adalah Cipto Junaedy, pakar strategi memiliki banyak properti tanpa utang. 

Nah, ada juga program BOD Challenge. Yaitu program tantangan menjadi jajaran direksi di XL selama satu minggu. Bagi mahasiswa yang terpilih, tugasnya adalah menggantikan tugas direktur sehari-hari, termasuk bila jadwal minggu itu adalah dinas ke luar negeri. Artinya, si mahasiswa juga bakal dinas keluar negeri. Asik sekali ya, bisa jjs sambil meeting bareng klien atau melakukan perjalanan bisnis. Tentu saja peserta BOD Challenge ini bakal menikmati semua fasilitas layaknya direktur perusahaan. Seperti pakaian kerja, naik mobil dinas yaitu Alphard hingga fasilitas istimewa lain. Nah, siap kah anda menjadi peserta program BOD Challenge ini?

Dengan mengikuti program XL Future Leaders ini diharapkan lulusannya kelak menjadi manusia yang memiliki jiwa Social Worker. Pekerja keras yang berjiwa sosial, mampu memberikan solusi bagi masalah-masalah sosial yang ada di tengah masyarakat di lingkungan masing-masing. 

Program ini juga mendidik mahasiswanya menjadi anak muda yang mampu bekerja dalam tim yang kompak dan saling mendukung. 

Berikut testimoni salah seorang peserta XL Future Leader dari Universitas Diponegoro, Semarang. Mas Teddy ini dari fakultas Teknik, menuturkan pengalamannya selama mengikuti program beasiswa dari XL. 

"Anak muda banyak yang berani ngomong di hadapan publik, tapi serombongan. Seperti dalam demonstrasi itu. Tapi, apa mereka berani melakukan presentasi di hadapan General Manager perusahaan? Apa mereka tak gugup saat melamar pekerjaan usai lulus kuliah? Nah, setelah ikut program XL Future Leader ini, saya menjadi berani ngomong di muka umum. Saya bahkan berani bicara dengan merepresentasikan program di hadapan CEO perusahaan. Saya juga mendapat banyak manfaat dengan bertemu lebih banyak orang penting di Indonesia ini."

Nah, bagi kalian yang masih menjadi mahasiswa tahun pertama atau kedua, ikuti segera proses seleksinya. Tinggal dua hari ya, jangan sampai ketinggalan, klik saja link XL Future Leaders ini.

Tak lupa saya mengucapkan terima kasih pada XL yang telah mengundang kami, blogger Gandjel Rel. Terima kasih juga hidangan yang telah disajikan, serta tempat yang nyaman di Pesta Keboen jalan Veteran Semarang. 



Dan sesi terakhir ada foto bareng bagi yang hadir dan mendapatkan reward karena berani bertanya *minta ditoyor* Alhamdulillah, hadiahnya XL Tunai. Bisa buat belanja belanji ntar ya.

Foto courtesy by Dedew

Terima kasih XL atas kesempatan yang indah ini :D

18 comments :

  1. "Anak muda banyak yang berani ngomong di hadapan publik, tapi serombongan. Seperti dalam demonstrasi itu. Tapi, apa mereka berani melakukan presentasi di hadapan General Manager perusahaan? Apa mereka tak gugup saat melamar pekerjaan usai lulus kuliah?" <=== pas denger ini rasanya jleb :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihiii, iya ya, bagai kena sentil nih sama si Teddy :D

      Delete
  2. Apa mereka juga berani ngelamara pacar ke orang tua? Hihihi. *nggaknuambung :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nahhh, pacar siapa yang gak berani ngelamar ke orang tua siapa nih, qiqiiqiiii

      Delete
  3. Ah andai aku masih mahasiswa, kenapa program ini ngga dari dulu yaa hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihiii, iyooo telat hadir programnya #eh

      Delete
  4. Iya.. yuk kita minuskan umur kita ***sensor*** tahun biar bisa ikutan.. hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaaa... enggak lah, biar anak-anak kita aja yang ikutan ya Wind, aamiin :D

      Delete
  5. saya juga pakai XL kebetulan .. harusnya ikutan ginian yaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak harus punya XL kok syaratnya, klik aja sekarang dan daftar yaaa :D

      Delete
  6. Ngomong di depan umum? Aku beraninya juga rombongan, klo sendiri bisa gemeteran hihihi. Btw programnya keren banget ini yah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa, hahaa
      Nah, harus ikut tuh anak mudanya, biar kelak jadi pemimpin sukses :)

      Delete
  7. Duh, aku juga hadir ke acara XL Future Leader barengan sama blogger Bandung mbak :)
    Emang keren lah programnya, untunglah para perusahaan besar masih mau peduli sama potensi anak muda yah mbaaak...

    Padahal emak2 kayak aku juga banyak potensi sih sebenernya...*plak*..hehehe..

    ReplyDelete
  8. keberanian tampil dihadapan orang banyak terutama di depan para petinggi perusahaan memang tidak lah mudah dengan demikian pelatihan dan tantangan haruslah dihadpi demi sebuah kemajuan

    ReplyDelete
  9. Programnya bagus ini. Coba ada yg buat emak-emak :) hi..hi...

    ReplyDelete
  10. Kalo saya kurang pede kalo ngomong depan banyak orang

    ReplyDelete
  11. mas milzam suruh daftar mba watiiii....kereen ya programnya...

    ReplyDelete
  12. Baca ini jadi ingat saya jaman dulu, Mbak. Dulu paling takut deh disuruh ngomong di depan orang. Tapi saya sesekali melatih diri karena tahu kekurangan. Eh, sekarang ternyata beberapa kali dapat tantangan harus ngomong di depan orang banyak :)

    Mas Milzam, daftar juga gak?

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...