Gerakan #BeraniBaik Ikhlas Memulai Wakaf Bersama Dompet Dhuafa - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Rabu, 24 November 2021

Gerakan #BeraniBaik Ikhlas Memulai Wakaf Bersama Dompet Dhuafa

 

Assalamualaikum. Semoga saat ini kondisi teman-teman dalam keadaan baik. Mari terus berdoa agar ikhtiar yang kita lakukan bisa meredakan pandemi. Dan kita pun terbiasa dengan virus ini. Saya yakin Allah SWT tidak akan menurunkan penyakit tanpa ada obat penyembuhnya. Dan kita hanya perlu bersabar menghadapi setiap musibah ini.


Yang menjadi perhatian saya sejak pandemi, tingkat kemiskinan makin meningkat. Bahkan orang yang tadinya hidup dengan standar cukup, bisa beralih menjadi tidak mampu. Karena mereka terdampak pandemi, kena pemutusan hubungan kerja. Namun orang yang terbiasa melatih kesabaran, berpikir kreatif, dan semangat untuk pantang menyerah yang mampu melewati ujian ini.


Dan saya mengenal beberapa orang yang tangguh selama pandemi. Salah seorang dari mereka adalah adik kandung saya sendiri. Tadinya dia adalah supervisor di sebuah pabrik meubel yang produksinya selalu diekspor ke beberapa negara, terutama ke Timur Tengah. Namun pandemi membuat perusahaan tempatnya bekerja melakukan PHK besar-besaran. Bahkan perusahaan itu pun menutup usahanya. 


Jangan Menunggu Kaya, Mulai Sisihkan Duit Untuk Wakaf

Namun yang saya salut dari adik saya adalah dia tetap semangat dan tidak pernah mengeluhkan kondisinya. Dia selalu bercerita pada ibu dan bapak (waktu itu masih sehat, sekarang udah almarhum), bahwa nggak perlu khawatir dengan keuangan keluarganya. 


Kebetulan adik kami ini memiliki bakat merawat burung. Dia pun mengembangbiakkan anakan dari hasil telur burung-burung koleksinya. Dari sini lah dia bisa menjual burung yang udah remaja dari hasil ternak yang dikelolanya di sangkar di belakang rumah.


Saya sendiri sebagai kakaknya tidak pernah mengkhawatirkan kebutuhan keluarganya. Adik saya rutin bersedekah setiap hari Jumat. Di luar hari itu saya kurang tahu. Namun saya yakin pertolongan Allah SWT pada hamba yang gemar bersedekah akan selalu hadir.


Salah satu janji Allah SWT bagi orang yang gemar bersedekah. Dari Rasulullah SAW bersabda :


Harta tidak akan berkurang dengan bersedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kebaikan baginya (HR. Muslim)


Keyakinan ini telah ditanamankan oleh orang tua dan simbah leluhur sejak usia kami masih kecil. Kami bukan golongan orang kaya atau memiliki harta berlimpah. Namun kami meyakini ada hak orang miskin dari setiap rejeki yang kami miliki. 


Sedekah juga tidak harus menunggu punya harta banyak. Karena dari harta yang kita miliki, meski sedikit disedekahkan akan membantu orang yang membutuhkan. Sedekah seikhlasnya mampu meringankan beban orang lain dan membuat mereka tersenyum.  Setiap perbuatan baik akan dibalas dengan perkara yang baik juga. Allah akan melapangkan dada, membuat kita gembira, melegakan perasaan dan mensejahterakan seluruh hidup kita.


Bayangkan bila dari 1 juta penduduk Indonesia rutin bersedekah tiap hari Jumat sejumlah 10 ribu saja. Berapa jumlah nominal yang berhasil terkumpul dan bisa meringankan beban kaum dhuafa. Dan saya yakin penduduk negeri ini yang mampu sedekah rutin satu minggu sekali ini jumlahnya bahkan lebih dari satu juta.


Ajakan BeraniBaik Dompet Dhuafa dan Komunitas

Ada yang bertanya-tanya ajakan BeraniBaik apa yang Dompet Dhuafa lakukan? Awalnya saya juga bertanya dalam hati saat menjumpai berita tentang kegiatan Dompet Dhuafa bersama beberapa komunitas. Yuk siapin cemilan sehat untuk membaca cerita saya.


Hari Minggu tgl 7 November 2021, berbagai komunitas berkontribusi dalam donasi kemanusiaan lewat Community Festival 2021 #BeraniBaik di Kawasan Terpadu Zona Madina, Parung, Bogor, Jawa Barat.




Dompet Dhuafa menginisiasi gerakan Humanesia dengan mengusung #BeraniBaik bersama beberapa komunitas se-Jabodetabek. Jargon #BeraniBaik merupakan sebuah pesan mengajak masyarakat khususnya generasi muda untuk berani memulai, berani bertindak, dan berani dalam berbuat kebaikan, mulai dari sekeliling dan yang terdekat.


Nah gerakan #BeraniBaik ini dilakukan menjelang akhir tahun dengan alasan khusus. Biasanya penghujung tahun menjadi waktu rawan terjadinya bencana alam. Terutama yang sdisebabkan oleh curah hujan tinggi maupun pergantian siklus alam lainnya. Namun teman-teman tetap boleh kok donasi tiap saat dan tidak menunggu akhir tahun. Tidak harus menunggu ada bencana dulu baru donasi.


Community Festival 2021 merupakan penanda 'kick-off' campaign Humanesia 2021 dari Dompet Dhuafa, diniatkan dengan semangat bersama untuk sesama. Beberapa program yang dijalankan adalah :

- Keluarga Tangguh



Bantuan modal usaha yang dimaksudkan untuk menguatkan keluarga dan orang-orang yang terdampak pandemi Covid-19. Terutama pemimpin keluarga yang menyandang disabilitas.

Energi untuk bersedekah harus selalu ada karena  masih banyak keluarga yang terdampak pandemi. Terutama penyandang disabilitas yang juga pemimpin keluaga yang kehilangan pekerjaannya. Sedekah untuk pejuang keluarga terdampak pandemi berupa bantuan uang tunai sebesar 2 juta rupiah sebagai modal usaha. Atau bisa juga untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.


- Kado Akhir Tahun 

Salah satu bentuk kepedulian pada sesama di akhir tahun. Untuk berbagi kebahagiaan, senyuman menjelang pergantian tahun. Program Kado Akhir Tahun ini ditujukan untuk janda tua, anak yatim, dan guru mengaji yang mengabdikan dirinya untuk masyarakat. Juga ditujukan untuk lansia yang hidup sebatang kara tanpa adanya famili yang mendampinginya.




Program ini biasanya dilakukan oleh relawan Lembaga Pelayan Masyarakat (LPM), dari tanggal 26 - 31 Desember 2021. Dan untuk wilayah pembagian kado akhir tahun di antara nya Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan lainnya.


- Hangatkan Jiwa dan Raga Warga Palestina

Musim dingin sudah tiba, warga Palestina mesti melewatinya dengan segala keterbatasan. Hanya bisa berlindung di rumah semi permanen seperti bedeng atau tenda plastik. Anak-anak, kaum dhuafa, dan pengungsi harus merasakan tinggal di tempat yang tidak layak. 


Sementara musim dingin masih panjang waktunya. Tak ada dinding yang menjadi penghangat tubuh, hanya dinding plastik yang udah compang camping. Tak ada karpet hangat sebagai pijakan kaki dan tempat tidur, hanya tanah basah karena cuaca dingin.


Bantuan Dompet Dhuafa bagi warga Palestina diharapkan meringankan dan menghangatkan jiwa dan raga mereka. Melalui Foodbank atau dapur siap siaga untuk memenuhi asupan gizi dan ntrisi para penyintas Palestina. Bantuan lainnya adalah fasilitas air bersih sebagai kebutuhan dasar warga. Dan menyiapkan logistik dan Shelter Kesehatan untuk para korban perang. Serta mendistribusikan obat-obatan kebutuhan dasar para korban yang harus mengungsi.


Talkshow Bersama Super Volunteer Domept Dhuafa Chiki Fawzi

Kegiatan Community Festival 2021 dikemas dalam nuansa meriah namun tetap mematuhi protoko kesehatan. Ada talkshow dengan salah satu Super Volunteer Dompet Dhuafa yaitu Chiki Fawzi.


Chiki mengajak agar masyarakat berbagi kebaikan wakaf 10 ribu rupiah di Dompet Dhuafa.

“Sepuluh ribu rupiah jika dilakukan oleh satu juta orang akan menjadi rumah sakit yang manfaat dan pahalanya akan terus mengalir,"



Hadir dalam acara adalah Yudha Andilla selaku Manager Retail Fundraising Dompet Dhuafa, Udhi Tri Kurniawan sebagai Direktur Zona Madina Dompet Dhuafa, juga Bobby P. Manullang selaku General Manajer Wakaf Dompet Dhuafa.


Dalam talkshow tersebut General Manajer Wakaf Dompet Dhuafa, Bobby menjelaskan bahwa ada banyak kemudahan untuk wakaf. Masyarakat yang tidak memiliki rekening bank, namun punya dompet digital, bisa ikut wakaf. Kalian pemilik rekening tidak perlu pergi ke ATM, bisa transfer melalui barcode, QRS, atau donasi.tabungwakaf.com.


Udhi Tri Kurniawan sebagai Direktur Zona Madina Dompet Dhuafa, menjelaskan tentang #BeraniBaik. 


#BeraniBaik bukan hanya niat, bukan pula rencana saja. Tapi berani melakukan yang efeknya adalah kebaikan. Dengan menggerakkan #BeraniBaik yang intinya semangat berani baik lahir perbuatan baik yang pastinya merupakan kebaikan. Dampak kebaikan tidak hanya untuk diri sendiri, tapi juga untuk orang lain.


Setuju ya teman-teman, ayo #BeraniBaik mulai dari wakaf 10 ribu. Yang kemarin udah jajan skinker atau bajuk di Hargolnas. Sisihkan juga sedikit dari duit jajan untuk berdonasi di HARDOLNAS



Alhamdulillah saya ingin berbagi info tentang kemudahan #BeraniBaik wakaf mulai 10 ribu rupiah. Cukup  mudah kok teman-teman, klik donasi.dompetdhuafa.org atau bisa lansung transfer ke rekening Dompet Dhuafa.



Mengapa saya share foto donasi yang saya lakukan? Bukan untuk riya' ya teman-teman. Tapi karena saya ingin mengajak teman-teman ikut melakukan #BeraniBaik wakaf.  Seperti yang dituturkan Yudha, Manajer Retail Fundraising Dompet Dhuafa. 


#BeraniBaik mulai dari diri sendiri. Dan ayo berpikir luas bahwa jangan masuk surga sendirian. Ajak teman-teman, tetangga, kerabat, untuk ikut donasi.


Semangat mengumpulkan kebaikan, inshaa Allah akan meringankan hati kita berbagi kebahagiaan pada sesama. Wassalamualaikum.

27 komentar:

  1. Terima kasih mba Wati..tulisan ini menginspirasi dan mengingatkan saya utk #beranibaik .. Yg ada norek2 itu sdh sy save..hehe..

    BalasHapus
  2. Semakin banyak orang baik diluar sana, dan diri ini harus bisa mencontohnya.. #beranibaik, siapa takut?

    BalasHapus
  3. aku percaya banyak orang baik di dunia ini, karena itu berbuat baik gak akan membawa kerugian dalam hal apapun. Makasi mba buat tulisannya

    BalasHapus
  4. Mbaaaa, wakaf mulai 10 ribu rupiah ini gerakan yg ajiibb banget siik.
    ha wong beli ayam geprek aja ga boleh 10 ribu :D
    Manfaatnya banyaaakk bgt.
    dan pahalanya insyaALLAH tetep mengalir walo pewakaf udah tiada ya.

    BalasHapus
  5. mulai dari 10.000, semoga makin banyak yang terbuka niatnya untuk berbagi, dan semakin banyak tersalurkan kepada yang membutuhkan, semoga berkah sukses buat dompet dhuafa..

    BalasHapus
  6. Wakaf menjadi salah satu cara kita untuk bisa menebar kebaikan pada sesama ya mbak
    Dompet Dhuafa membantu kita berbuat baik
    Senang, sekarang makin mudah untuk #BerbuatBaik

    BalasHapus
  7. Aku pernah mba wakaf lewat dompet dhuafa. Aku sangka yang namanya wakaf itu nilainya harus gede atau punya aset besar gitu. Tapi ternyata ga. Lewat dompet dhuafa aku bisa berwakaf cuma 10 aja. MasyAllah bkin aku ngerasa jadi orang yang makin berarti ikh karena bisa membantu orang lain. MasyAllah terima kasih Dompet Dhuafa

    BalasHapus
  8. Beberapa waktu lalu sempat heboh berita penyalahgunaan bantuan lewat kotak amal kan mba... Nah, dengan kasus seperti itu, makin bersyukur karena sudah sejak dulu kenal Dompet Dhuafa. Kalau menyalurkan dana baiknya lewat Dompet Dhuafa aja, insya Allah amanah dan tepat sasaran

    BalasHapus
  9. MAsyaAllah selalu senang dengan DOmpet Dhuafa ini. Kemudahan wakaf sehingga hanya Rp 10 ribu saja sudah bisa wakaf ini menunjukkan bahwa Dompet Dhuafa adalah yang terbaik. Sudah terpercaya juga selama ini

    BalasHapus
  10. Terima kasih sudah diingatkan, Mbak Wati. Benar sekali sedekah seikhlasnya mampu meringankan beban orang lain nantinya. Meski 10.000 nominalnya bisa, lewat Dompet Dhuafa , Insya Allah amanah akan memberikan kepada yang berhak menerima

    BalasHapus
  11. Betuul.. sekarang untuk wakaf ga harus kaya, asal niat. Soalnya di DD udah ada wakaf 10rb rupiah yaa. Saya pernah ikut disana. Memudahkan banget deh untuk kita berbuat baik lewat dompet dhuafa

    BalasHapus
  12. Wakaf 10ribu Aja udah bisa. Ooo trus pembayarannya Makin mudah pakai dompet digital. Pastinya banyak yang Punya ya. Kalau rekening bank kadang ga punya mobile banking jadi kudu ke ATM. Cuss lah berani baik bersama Dompet Dhuafa

    BalasHapus
  13. Membantu sesama dan memwakafkan harta itu gak harus nunggu kaya, Mbak. Setuju banget, deh. Apalagi kita bisa berbagi melalui program Dompet Duafa yang bisa mulai dari Rp 10.000, mudah banget itu.

    Sebentar lagi akhir tahun, cocok nih untuk turut serta berdonasi untuk program akhir tahun bareng Dompet Duafa.

    BalasHapus
  14. Sedekah memang akan membuka banyak pintu rezeki ya mbak.
    Sedekah melalui Dompet Dhuafa gampang banget, bisa langsung ke kantornya atau bisa juga memanfaatkan akses digitalnya. Tak perlu nunggu kaya, seberapapun bisa asalkan ikhlas ya mbak. InsyaAllah berkah. TFS

    BalasHapus
  15. Hardolnas, wah kreatif nih dompet dhuafa mengajak masyarakat untuk bersedekah dengan cara yang mudah. jadi nggak cuma belanja aja yang dikencengin di akhir tahun ini, sedekahnya juga harus dikencengin

    BalasHapus
  16. Setuju banget, walau nominalnya kelihatan kecil tapai dilakukan oleh banyak orang maka hasilnya akan jadi luar biasa. Aku juga mau ikut beranibaik ah.

    BalasHapus
  17. Bantuan modal usaha penting banget ya, apalagi bila kepala keluarganya disabilitas. Sungguh bantuan yang berharga banget buat mereka. Sukses terus Dompet Dhuafa, Baru tahu adanya hardolnas, hari donasi nasional

    BalasHapus
  18. Bener bgtbak, sedekah itu enggak harus nunggu kaya, dan sedekah itu enggak mengurangi justeru membersihkan dan menambah. Dompet Dhuafa ini program2nya bener2 bermanfaat, bisa ya wakaf mulai 10 ribu saja. Dulu tuh aku mikirnya wakaf itu dalam bentuk tanah.

    BalasHapus
  19. MashaAllah~
    Bila sebuah perbuatan diniatkan untuk saling membantu, maka langkahnya akan semakin ringan dan dimudahkan.
    Bersama Dompet Dhuafa, mari saling #BeraniBaik untuk sesama.

    BalasHapus
  20. Sepakat mbak, sedekah itu ga perlu nunggu kaya dan ga harus banyak. Yang penting ikhlas maka akan lebih bahagia. Alhamdulillah ya ada gerakan #beranibaik dari DD jadi bisa membantu banyak pihak

    BalasHapus
  21. Nah, pas nih program kado akhir tahun,udah jelang akhir tahun kan ini. semoga bisa ikutan berbagi buat sesama dengan bergabung bersama dompet dhuafa yah

    BalasHapus
  22. Senang banget baca tentang Bantuan modal usaha yang dimaksudkan untuk menguatkan keluarga dan orang-orang yang terdampak pandemi Covid-19. Terutama pemimpin keluarga yang menyandang disabilitas.

    BalasHapus
  23. alhamdulilah ya mba dengan 10000 sudah bisa berdonasi dan berbagi kebaikan makasih inspirasinya dari dompet dhuafa

    BalasHapus
  24. KEren banget ini program Dompet Dhuafa.. makin kesini programnya makin banyak dan pastinya bermanfaa untuk banyak orang. Sekarang itu wakaf nggak perlu nunggu kaya ya, sama Dompet Dhuafa semua dipermudah, salah satunya dengan wakaf mulai dari 10.000..

    BalasHapus
  25. MasyaAllah banget sama orang yang belum sangat berkecukupab tapi selalu inget bersedekah. Sementara ada beberapa orang yang materinya sangan berlebih tapi lupa sedekah.

    BalasHapus
  26. Tetap melakukan kebaikan sesederhana apapun
    Berani baik juga bisa mengajak kita berani untuk menanggung risikonya sering didatangi keberkahan melimpah

    BalasHapus
  27. Bagaimana kita harus mudah dalam berbuat kebaikan terhadap sesama.
    Semoga gerakan uang diinisiasi oleh Dompet Dhuafa ini bisa menggerakkan hati para generasi muslim Indonesia.

    BalasHapus