Bikin Istri Betah di Rumah, Ini Rahasianya! - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Kamis, 02 Desember 2021

Bikin Istri Betah di Rumah, Ini Rahasianya!

Assalamualaikum, Moms. Ada yang bilang, buat lah perempuan bahagia, niscaya hidupmu bakal berwarna. Aihhh kayaknya ini cuma alasan saya sebagai perempuan, istri, dan ibu dari dua anak laki-laki. Etapi kalian setuju gak sih? 


Bilang setuju juga nampaknya pilihan terbaik. Karena baik kalian perempuan atau laki-laki, pastinya pengen memiliki kehidupan yang bertabur bahagia. Meski saya tahu bahagia asalnya dari diri sendiri, dari hati yang paling tulus. Iya kaaan?!


Laki-laki yang peduli dengan perempuan kesayangannya, tentu ingin tahu gimana cara membahagiaka mereka. Perempuan itu makhluk yang sederhana, nggak pengen sesuatu yang berlebihan. Mereka hanya butuh perhatian, memahami impiannya, memberikan kesempatan menikmati kesendirian. 


Saya nggak akan mengulas kebutuhan perempuan dari sisi materi. Namun tetap ada korelasinya karena memang orang yang hidup pasti butuh materi. Namun perempuan tidak memuja materi, kecuali ada sebagian yang melakukannya. Atau bisa jadi memang saya bukan jadi bagian ini. 


Masih ingat dengan kebutuhan dasar manusia? Ya, pangan, sandang, dan papan. Entah itu urutannya kebolak balik atau bebas, biarkan aja. Intinya manusia hanya membutuhkan tiga kebutuhan hidup yang dasar selain bernapas. Untuk pangan dan sandang biasanya tidak terlalu susah dipenuhi. Asalkan hidup sederhana tentu semua orang bisa menjalaninya.


Sementara kebutuhan papan menjadi sesuatu yang sulit bagi sebagian orang. Meski dengan tekad kuat, orang juga bisa mendapatkannya. Seperti contohnya suami saya yang udah punya papan a.k.a rumah saat masih lajang. Keren ya, Masya Allah saya beruntung memilikinya.


Jadi ketika menikah, kami bisa menempati rumah milik sendiri tanpa numpang atau menjadi kontraktor. Rumahnya belum jadi sempurna, namun di mata saya itu rumah impian pengantin baru yang ingin menikmati kebahagiaan berdua aja. Yang setuju boleh deh mengaminkan doa saya, semoga segera memiliki rumah impian tahun ini atau tahun depan.


Kriteria rumah impian kalian seperti apa? Boleh dong cerita nanti ya. Sekarang giliran saya dulu cerita rumah impian. 


Suami tidak pernah menjanjikan rumah megah untuk saya. Namun dia menjanjikan kehidupan yang kami jalani bakal berwarna dan penuh keberkahan. Rumah impiannya adalah tempat yang bisa menjadikan istri dan anak-anaknya betah. 


Saya sendiri memiliki kriteria rumah impian. Tidak perlu rumah dengan bangunan yang besar. Namun ada sepetak atau sehasta, boleh juga sehektar tanah untuk menjadikan rumah asri dengan tanaman hijau. Hehee, ngelunjak yaa. 


Oke lah ya, saya sharing aja rumah impian versi saya. Rumah bagi saya adalah tempat untuk pulang setelah pergi ke satu tempat. Saya udah beberapa kali jalan-jalan, yang masih seputar Jawa, sebagian Sumatera, Lombok dan Bali. Dan saat di akhir perjalanan terbit rasa kangen dengan kasur di rumah. Kangen dengan suasana rumah, meski kecil tapi bikin betah.


"Kadang heran kalo lihat kamu yang dulunya bekerja di luar rumah, sekarang betah banget di rumah,"

Suami saya pernah ngomong gitu. Karena saya kadang menolak saat diajak nongkrong di laur rumah bareng teman-teman kami. Kebetulan kami adalah teman satu sekolah saat SMP. Tapi kami baru akrab sejak bertemu lagi di usia yang udah dewasa.


Balik lagi ya dengan suami yang penasaran dengan kondisi istrinya. Betah di rumah sampai akhirnya mesti dirayu-rayu ketika ingin ngajak jajan di luar rumah.


 Mau tahu mengapa saa betah di rumah? Ini rahasianya :

- Buat Rumah Tanpa Banyak Sekat

Tidak masalah memiliki rumah kecil, sempit, karena bisa disiasati. Rumah kecil agar terlihat lapang solusinya adalah ruangan tanpa sekat. Ruang keluarga, ruang makan, dan dapur saya jadikan dalam satu ruangan tanpa sekat. 

Kurangi penggunaan benda yang tidak perlu. Pilih perabot rumah sesuai fungsi bukan karena estetik aja. Misal untuk kursi bisa memilih model dudukan dengan storage di bawahnya. Fungsinya untuk menyimpan barang agar rumah terlihat lebih rapi.

Direktur Utama Aoyama Style Mizuho Dorothea Machida, memberi saran pada pemilik rumah untuk membuat desain minimalis. Pemilihan warna lebih baik batasi pada tiga warna yang serasi, bukan warna kontras.

Untuk mempercantik ruangan, gunakan karpet dan tirai yang senada dengan warna cat dinding. Selain itu bisa menempatkan cermin besar di salah satu sisi dinding untuk menciptakan efek ruang yang lebih luas secara visual.


- Ciptakan Ruang Transisi di Rumah

Sejak pandemi kita membatasi kunjungan orang di rumah. Kita tidak lagi menerima tamu di ruang tamu. Apalagi bila itu orang asing yang tidak kita kenal. Perlengkapan disinfektan pun menjadi salah satu benda penting yang wajib ada di luar rumah. 

Di sini lah fungsi ruang transisi, tempat penghuni rumah meletakkan jaket, sepatu, dan benda yang dibawa dari luar. Di rumah saya ada lorong penghubung yang ada di samping rumah. Sejak pandemi lorong ini difungsikan kembali menjadi jalan utama masuk ke rumah. Saya meletakkan sabun cuci tangan di dekat kran air yang ada diteras rumah. Paling tidak ketika masuk rumah udah membersihkan tangan dan kaki. Jadi kita udah meminimalkan kontak dengan virus dari luar rumah.


- Menciptakan Desain Tempat Kerja di Rumah

Bagi pekerja yang mesti WFH (Work From Home), memiliki ruang kerja di rumah berasa impian. Karena perempuan pekerja saat WFH kadang tidak bisa maksimal. Jam kerja mesti harus ada penyesuaian dengan kondisi rumah. Ada selingan a.k.a. gangguan dari orang rumah yang mau nggak mau memang harus diterima. Terutama anak-anak yang menganggap kehadiran sosok ibu di rumah sebagai teman bermain. 

Saya sendiri sudah tak memiliki anak kecil. Tapi tetap aja butuh meja kerja karena ingin fokus ngerjain pekerjaan saya sebagai content writer. Akhirnya saya memilih ruang tamu sebagai tempat kerja. Seperti yang saya tulis di atas, ruang tamu sudah tidak lagi digunakan untuk menerima tamu. Jadi dialih fungsikan sebagai tempat saya kerja. 

Enaknya kerja di ruang tamu adalah saya tidak perlu menambahkan pencahayaan. Karena meski pintu ditutup pun cahaya dari luar ruangan tetap bisa masuk hingga ke dalam.


- Menciptakan Ruangan Yang Hijau


Saya sejak pandemi makin betah di rumah karena menciptakan ruangan yang hijau dan adem. Caranya dengan memasukkan unsur hijau dari tanaman hidup. Sebelum pandemi saya udah ingin menghias ruangan di dalam rumah dengan tanaman. Karena sempat melihat interior rumah orang bule yang menggunakan tanaman nampak seger banget. 

Terutama sejak pandemi, orang makin menciptakan hutan mini di dalam rumah. Tapi ada catatannya nih, pastikan siapkan terlebih dulu lokasi untuk meletakkan tanaman. Kalian bisa contek gaya penataan tanaman di pinterest. Jadi jangan asal taruh tanaman di dalam ruangan. 

Seperti yang saya lakukan, ngintip di website dan pinterest milik orang bule atau orang lokal. Saya memilih tanaman yang ada di teras depan. Dan memindahkannya ke dalam ruang tamu dan dapur. Saya pilih lokasi untuk menempatkan pot dengan tanaman di tempat yang jarang diakses. 




- Setiap Perempuan Butuh Me Time

Bagi ibu pekerja maupun tidak, me time itu penting banget. Seharian selama kurang lebih 18 jam dan 7 hari dalam seminggu, seorang istri atau perempuan udah sibuk dengan aktivitasnya. Ada saat tertentu mereka merasa suntuk, jenuh, lelah, dan perasaan negatif lainnya bisa saja muncul. Untuk menetralisir dan mengusir perasaan negatif itu butuh penghiburan. Me time menjadi salah satu solusi untuk memberikan perubahan suasana hati dan pikiran. 

Alhamdulillah kalo memiliki support system yang mendukung keinginan kita. Misalnya suami, orang tua, keluarga atau sahabat terdekat, jadi kita bisa nitip anak-anak dulu dan me time. Saya bersyukur memiliki previlegde itu dan semoga kalian pun juga. Meski me time ala saya juga bukan dalam bentuk kemewahan, namun tetap saya syukuri. 


- Butuh Asisten Yang Tak Kenal Ribet

Sehat itu sebuah kemewahan. Kalo kita sehat tuh mengerjakan pekerjaan rumah juga semangat. Alhamdulillah saya memiliki dua anak yang udah beranjak dewasa. Jadi sesekali saya mendapat bantuan tenaga saat membersihkan rumah. 


Namun seiring dengan kondisi yang saat ini mulai pulih dari penyebaran virus, mereka mulai sibuk dengan kegiatan masing-masing.  Jadi saya kembali mengatur waktu agar pekerjaan rumah dari beberes, nyiapin makanan untuk keluarga, bisa kelar semuanya. Dan saya jadi punya waktu lebih untuk me time kaan.


Untuk urusan masak sih saya nggak kerepotan karena setiap awal minggu udah prepare menu dan belanja. Begitu juga untuk nyuci pakaian dan nyetrika, nggak menyita waktu karena udah ada yang bantuin. Namun kalo untuk kebersihan ruangan di rumah baik di dalam maupun di luar, cukup menyita waktu dan tenaga. Meski rumah kami berukuran kecil tetap aja butuh effort.


Apalagi rumah saya terletak di hook atau pojok, di mana setiap hari dari mulai pagi hingga malam selalu ada motor yang lewat. Belum lagi penjual makanan yang menggunakan kendaraan roda 5, atau mobil milik tetangga ataupu yang sekadar lewat. Bisa dibayangkan debu yang mampir ke dalam rumah lumayan juga. Meski beberapa kali saya bersihkan tetap aja debu akan masuk lagi dan lagi.


Selama ini di rumah udah ada vacuum cleaner yang juga membutuhkan tenaga untuk mengoperasikannya. Itu lah sebabnya saya hanya menggunakannya saat ada anak-anak. Saya pengennya punya vacuum cleaner seperti milik salah seorang youtuber Indonesia yang tinggal di Korea. Perempuan berasal dari Sunda yang bersuamikan oppa Korea itu sedang nyoba produk vacuum robot untuk membersihkan lantai di rumahnya. Wah saya jadi mau juga punya vacuum robot seperti itu. Bakal jadi asisten kebersihan rumah anti ribet.


Avaro Laser Robotic Vacuum Cleaner

Ternyata saya baru tahu kalo sekarang udah ada produk vacuum cleaner kayak gitu di Indonesia. Avaro laser Robotic Vacuum Cleaner adalah produk pembersih lantai yang mampu memenuhi kebutuhan rumah tangga modern. Sehingga ibu rumah tangga ataupun ibu pekerja terbantu saat membersihkan lantai dari virus dan bakteri. 



Avaro Laser Robotic ini juga bisa mengidentifikasi sudut ruangan, dari tangga, di bawah meja atau perabot. Kemampuan membersihkan lantai dari menghisap debu, dan mengepel juga. Teknologi 2 in 1 yang menjadikan alat ini multifungsi membantu para ibu agar tidak lagi ribet beraktivitas mengurus rumah.


Jadi penasaran ya keunggulan apa aja yang dimiliki Avaro Laser Robotic Vacuum Cleaner. Ini di antaranya ya :




- A.I Sensor Anti Benturan dan Anti Jatuh



Dibekali dengan 23 sensor, robot vacuum ini mampu membersihkan setiap sudut ruangan. Sensor laser dapat memindai dan mengidentifikasi setiap benda yang ada di dalam rumah. Jadi alat ini bisa bergerak bebas, cerdas, dan aman tanpa terjatuh ataupun terbentur. Jadi lebih optimal membersihkan area rumah hingga yang sulit dijangkau.


- Daya Hisap Dengan Kekuatan 1800PA

Alat ini memiliki daya hisap yang kuat, dengan kekuatan maksimum 1800pA. Sehingga lebih efektif menghilangkan debu dan kotoran di lantai ataupun karpet dengan lebih optimal.  


- Auto Schedule With App

Produk Avaro ini mudah digunakan dan terkoneksi dengan smartphone melalui Avaro App. Sehingga kita bisa menyalakan, mematikan, maupun melakukan pengawasan secara real time. Bahkan untuk mengganti mode cleaning pun bisa lebih cepat dilakukan. 


- Menggunkan Baterai Lithium 3000 MAH 

Avaro Laser dengan baterai berkapasitas 3.000mAh, mampu membersihkan area rumah selama 200 menit dalam sekali pengecasan. Yang artinya bisa  untuk membersihkan area hingga 120m2 dengan mudah. Alat ini secara otomatis kembali ke charging dock begitu selesai membersihkan. Atau ketika daya baterai sudah lemah.


Senang ya kalo udah punya Avaro Laser ini, apalagi harganya juga terjangkau yaitu Rp. 2.499.000,-. Worth it lah ya dengan kemampuannya yang udah saya tuliskan di atas. 


Udah deh sekarang para ibu, baik pekerja di kantor maupun di rumah, tidak lagi stres mengerjakan aktivitas sehari-hari. Ada asisten yang anti ribet membersihkan rumah. Kita jadi punya lebih banyak waktu untuk me time. Iya nggak sih? Iya dong pastinya. Yuk sharing kalo kalian udah punya Avaro Laser ini, Moms. Wassalamualaikum.

35 komentar:

  1. rumah yang nyaman, rumah yang bisa menjadi tempat home base teman-teman alumni yang sudah berkeluarga .

    BalasHapus
  2. Naah ini yang meringankan beban bersih-bersih rumah apalagi masalah debu kadang yang buat kita harus nyapu berkali-kali, hehe.

    BalasHapus
  3. Rumah tanpa sekat bikin lebih luas ya, jadi kelihatan plog gitu. Adudu ini sih asisten rumah idaman banget, Avero Laser. Pingin punya satu, lumayan banget ya ngebantu bersihin lantai

    BalasHapus
  4. Kepikiran kolong ranjang tempat tidur nih jadinya. Banyak debu dan saya paling sering bersihinnya kalau pas ganti seprei saja. Padahal bagusnya kan setiap hari kaya nyapu gitu ya.
    Melihat harganya hemm... Harus nabung dulu nih untuk memilikinya

    BalasHapus
  5. Rumah memang harus dibikin nyaman biar semua anggota keluarga betah di rumah ya mbak. Nyaman suasana baik lahir maupun batinnya. Maksudnya selain penataan perabot dan pernak-pernik, juga hubungan yang terjalin diantara penghuni rumah.

    Eh, saya mau bikin proposal ah ke pak suami. Alokasikan 2,5 juta buat meminang si Avaro

    BalasHapus
  6. semenjak pandemi aku makin betah ada di rumah, bisa tuh berhari-hari di rumah, ngerjain apapun dari rumah, karena udah se pe we itu sama rumah

    BalasHapus
  7. Wah, senangnya ya kini kita bisa punya waktu luang lebih banyak berkat asisten canggih Avaro Laser Robotic Vacuum Cleaner ini :) Bisa disetel pula on dan off, durasinya, sehingga kita bisa hangout haha biarkan dia bekerja otomatis tanpa bantuan tenaga manusia.

    BalasHapus
  8. Aku juga mau, Mbaaa... Wah kalau punya ini, bersih-bersih rumahnya bisa disambi kerjaan lainnya ya, Mbak.. Kerjaan cepet beres, trus waktu untuk me time-nya jadi lebih banyak, jadi ngga kecapean sama kerjaan sebagai ibu-ibu. Kalau ngga kecapean, insya Allah bakal lebih produktif dan punya lebih banyak waktu untuk keluarga juga.

    Ya Allah, bayanginnya aja udah bahagia, gimana kalau udah punya beneran, yaa.. Hihihi.. Semoga suamiku mau beliin Vacuum Cleaner Avaro ini. Aaamiin...

    BalasHapus
  9. Dari dulu saya ga pengen punya rumah yang besar. Pengennya malah rumah yang kecil aja, tapi halamannya luas. Bukannya apa-apa, malas bersihinnya kalo rumahnya kegedean. Tapi kalo bersihinnya pake Avaro Laser, ga bakal capek sih ya kayaknya?

    BalasHapus
  10. Pengen banget deh punya vacum cleaner kayak Avaro, jadi bisa nambah waktu rebahan hehe.. kalau punya rumah besar dan luas Avaro ini sangat berfungsi ya. Kalau rumah kecil banyak barang takut mentok terus hihi..

    BalasHapus
  11. Ntar artikelnya aku suruh suami baca ya haha sekalian request buat beliin AVARO. Lumayan banget meringankan kerjaan beberes istri di rumah

    BalasHapus
  12. Cita-cita banget punya robot vacuum cleaner kayak gini, secara aku tuh kadang mageran nyapu-nyapu rumah, apalagi kalau ada kerjaan yang buru-buru dan nggak sempet beberes. Kalau punya ginian kan jadi lebih efisien gitu, kerjaan kantor beres, kerjaan rumah juga beres. Haha.

    BalasHapus
  13. wenaakkk...pakai robot pembersih gini kita tinggal mantau aja ya, aku pengen banget sih tapi rumahnya masih banyak perabotan nanti dia nabrak-nabrak terus, hehe

    BalasHapus
  14. Bikin istri betah di rumah ternyata simple aja yah mbaaak, gak perlu ribet hehe

    Duh, kayaknya syik banget tuh kalo di rumah ada Avaro Laser Robotic Vacuum Cleaner, pastinya rumah makin nyaman dan bikin betah yaah

    BalasHapus
  15. Sekarang mau gak mau gmn caranya supaya lbh betah di rumah ya mba, krn aktivitas msh lbh banyak dilakukan dr rumah hehe.
    Wah asyik banget punya robot pemberih kyk gtu seperti di drakor2 hehehe, kita gk usah capek2 membersihkan kotoran di lantai lg biar robtonya bekerja :D

    BalasHapus
  16. Sekarang mau gak mau gmn caranya supaya lbh betah di rumah ya mba, krn aktivitas msh lbh banyak dilakukan dr rumah hehe.
    Wah asyik banget punya robot pembersih kyk gtu seperti di drakor2 hehehe, kita gk usah capek2 membersihkan kotoran di lantai lg biar robotonya bekerja :D

    BalasHapus
  17. Yah ampun udah liat iklan ini dan baca review blogger jadi pengen sih, tapi karena rumah kami kecil, sekali dayung pel aja kelar, hahaha. Lain wkatu deh beli impian ini. Cocok banget deh buat lantai vinil rumah kami. Biar rumah bersih dan gak capek

    BalasHapus
  18. Setuju mbak, rumah kecil tak apa, yang penting nyaman dan kebutuhan kamar untuk anak-anak terpenuhi. Meniadakan sekat salah satu solusi supaya rumah terasa lapang dan hanya gunakan barang yang benar2 berfungsi.

    Avaro canggih ya, remote via app berarti harus selalu terkoneksi dengan internet. Produk smart home zaman now memang benar2 membantu kita memiliki waktu luang yang bisa kita gunakan untuk hal lain. Soal bersih2 biar si Avaro yang kerjakan :D

    BalasHapus
  19. robot vacuum cleaner gini cocok banget buat aku yang pengennya lantai bersih terus tapi suka males mau nyapu. Apalagi robotnya bisa dikontrol pakai smartphone. Praktis amat itu. Bisa hemat waktu dan hemat tenaga

    BalasHapus
  20. Sepakat mbak, rumah di masa pandemi ini harus ada ruangan transisinya ya. ALhamdulillah sekarang saya juga begitu mbak. Kita semua kalau abis dari luar, masuk ke rumah lewat jalan belakang. Terus ke dapur dan langsung mandi di kamar mandi. Mesin cuci ada di luar rumah jadi langsung nyuci sekalian heuheu. btw idaman banget ya punya Avaro, bakalan bersih semua kolong rumah ya

    BalasHapus
  21. wah iya, klo rumahnya nyaman dan bersih pasti bikin betah ya mbak
    Iya, rumah tanpa sekat bikin terasa lebih luas ya. Jadi bebas beraktivitas gitu

    BalasHapus
  22. Mbaaak hihi ...aku tuh juga lagi membahas Avaro laser dengan suami. Masih belajar manajemen waktu sebagai ibu rumah tangga. Kewalahan juga urusan bersih-bersih. Ada Avaro kan jadi membantu.

    BalasHapus
  23. Mbak Wati aku maulah punya robot kayak gini. Hahaha. Semakin betah di rumah kalau punya asisten yang bantuin bersihin rumah tanpa rewel kayak gini

    BalasHapus
  24. Kalau punya vacuum cleaner gini enak, ya. Jadi bikin rumah lebih bersih. Kadang suka susah juga beresin pojok rumah, kalau pakai ini makin praktis dan hasilnya lebih bersih

    BalasHapus
  25. sama dibanyakin di rekening pasti betah banget maaak
    cuma enak ya bersiin ini kayak di drakor2 gitu alatnya
    praktis tinggal diemin aja bisa kemana2 alatnya bersiin rumah

    BalasHapus
  26. ini pake teknologi laser gimana ya mak? aku lagi cari-cari emang robot vacum buat beresin kamar sama ruang kerja nge blog yang aku ga bolehin ART bersihin takut salah buang properti foto wkwkwk,, cuma kan ribet bersihin sendiri, kalo ga dibersihin banyak debu hehehe

    BalasHapus
  27. Praktisnyaaa..
    Dengan mengandalkan Avaro Laser Robotic Vacuum Cleaner, rumah jadi bersih, bebas debu. Pas banget bagi yang belum punya khadimat.

    Misalnya..
    Terjadi kerusakan, apakah service center dari Avaro Laser Robotic Vacuum Cleaner ini ada di setiap kota besar?

    BalasHapus
  28. Ini sih robot dambaan emak-emak nih ya, meski gegoleran tapi rumah tetap rapi dan bersih hihihi

    BalasHapus
  29. Seneng banget ada asisten secanggih ini bisa memperingan kerjaan kita banget yak... jadi pengen punya nih... hehe

    BalasHapus
  30. Mba, terimakasih tips2 bikin rumah yg membuat betah ya..juga info alat pembersih keren ini. Ih..jadi pengen punya juga euy..

    BalasHapus
  31. Debu di rumahku tuh juga ga ada henti-hentinya mba. Maklum, meskipun jalan kecil, tapi banyak digunakan untuk jalan pintas dari segala arah. Belum lagi area belakang rumah kan terbuka, jadi debu bisa dengan manisnya melenggang terus masuk ke segenap penjuru rumah. Butuh asisten andal kayak si Avaro ini deeehh...

    BalasHapus
  32. Biasanya lihat robot ngepel ini di drakor sekarang sudah ada yang jual ya termasuk di Tokopedia jadi praktis bisa beli online dan para istri pun bisa rebahan sejenak karena ada asisten siap siaga nih

    BalasHapus
  33. Aku juga tim rumah tanpa sekat. Jadi meski mungil tetep terlihat luas.. nggak perlu ada banyak barang juga.. seperlunya aja.

    Nah kalau masalah bersih2 nih aku paling mager...apalagi kalau dah kadung depan laptop.. dari pertama kali lihat robot vacuum di drakor udah kepengen.. lucu hehe. Ternyata dah banyak yang masuk Indonesia ya.. beli nggak yaa..

    Keknya kudu punya sih.. biar rumah tetep nyaman tanpa perlu ribet.

    BalasHapus
  34. Waah cocok nih buat bantu pekerjaan bersih-bersih rumah apalagi ukuran rumahku lumayan gede dan bikin ngos-ngosan...

    BalasHapus
  35. Emak emak dan anak anak bakal seneng dengan acara bebersih rumah nih.
    Pastinya karena dibantu si Avaro, robot vacuum nan praktis.

    BalasHapus