6 Manfaat Baik Mendengarkan Musik, Bukan Cuma sebagai Hiburan! - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Jumat, 09 Oktober 2020

6 Manfaat Baik Mendengarkan Musik, Bukan Cuma sebagai Hiburan!


Assalamualaikum Sobat. Saat sedang bosan, suntuk, dan jenuh,  mendengarkan musik menjadi salah satu kegiatan yang sering dilakukan banyak orang untuk menghibur diri dan menghilangkan rasa bosan. Setiap orang memiliki selera musik yang berbeda-beda. Banyak berbagai genre musik yang ada saat ini, mulai dari pop, hip hop, jazz, rock, blues, metal, dan masih banyak lagi. 


Musik memang dikenal sebagai media hiburan. Tapi, tau gak sih, mendengarkan musik ternyata punya banyak manfaat baik untuk diri kita lho, terutama untuk kesehatan. Ada banyak penelitian yang sudah membahas hal ini dan berhasil membuktikan dampak baik dari mendengarkan musik. Ingin tahu apa saja manfaat mendengarkan musik selain sebagai hiburan? Yuk, simak selengkapnya!


1. Menghilangkan Stres

Sumber: pinterest.com

Musik gak hanya jadi teman saat lagi santai, namun juga bisa menjadi obat untuk mengurangi tingkat stres yang dialami. Sebuah penelitian di Universitas Gothenburg Swedia, menyarankan kita untuk mendengarkan musik setiap hari agar bisa mengurangi stres. Supaya hasilnya lebih positif, pilihlah lagu yang kamu sukai dan sesuaikan dengan kondisi mood saat itu.


Kalian bisa juga nonton drakor, baca review Drama Korea Forest of Secrets  yuk!


2. Meningkatkan Mood Jadi Lebih Baik

Sumber: pinterest.com

Mendengarkan musik favorit terbukti ampuh memperbaiki mood yang buruk jadi lebih baik. Ini karena mendengarkan musik favorit bisa mengeluarkan dopamine di dalam tubuh. Dopamine merupakan komponen kimia yang dapat menimbulkan rasa bahagia dan senang. Sehingga mood yang buruk bisa jadi lebih baik saat mendengarkan musik favorit.


3. Menurunkan Tekanan Darah

                                    

Manfaat mendengarkan musik satu ini sangat baik buat penderita darah tinggi. Sebab musik ternyata bisa mengurangi tekanan darah. Menurut penelitian dari American Society of Hypertension, mendengarkan musik selama 30 menit dapat menurunkan tekanan darah. Buat penderita darah tinggi disarankan untuk mendengarkan lagu yang tenang setiap pagi hari dan malam hari. Hal ini karena mendengarkan musik  yang begitu kencang dalam waktu yang lama bisa membuat tekanan darah meningkat sepuluh persen lebih cepat. 


4. Memperkuat Daya Ingat

Sumber: pinterest.com

Bukan cuma mempengaruhi mood saja, hormon dopamine yang dikeluarkan saat mendengarkan musik dipercaya dapat memperkuat daya ingat seseorang. Tak heran, jika banyak orang yang sering mendengarkan musik di HP VIVO Y50 sambil belajar, karena memang dapat mengingat topik mata pelajaran dengan mudah. Tapi, hal ini juga tergantung dengan jenis musik yang didengarkan orang.  


5. Tidur Jadi Lebih Nyenyak

Sumber: pinterest.com

Mendengarkan musik yang klasik atau slow selama kurang 45 menit sebelum tidur bisa membuat otak jadi lebih rileks. Inilah yang membuat kita tidur dengan nyenyak dan pulas. Tentunya mendengarkan musik bisa jadi salah satu terapi yang efektif untuk mengurangi gangguan tidur semacam insomnia. 


6. Meningkatkan Stamina

Sumber: pinterest.com

Mendengarkan musik sambil berolahraga bisa membuat kita jadi lebih bersemangat dan berstamina. Misalnya saat lagi olahraga lari, pilih lagu yang irama ketukannya mudah diikuti. Tidak hanya jadi lebih semangat lari, stamina juga akan semakin baik. So, kita bisa melakukan olahraga dengan waktu yang lama sambil mendengarkan musik di smartphone  Redmi Note 7 dengan headset favorit. Cocok banget buat kamu yang ingin melakukan olahraga seorang diri. 


Itulah manfaat baik yang bisa didapat dari mendengarkan musik. Ternyata bukan cuma sebagai hiburan doang ya geng, mendengarkan musik juga punya manfaat baik buat diri kita. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan kalian semua, ya. Terima kasih! Wassalamualaikum.

34 komentar:

  1. Ahaaa! Aku kan hobi karaoke Mba :D
    Jadii musik beneran merasuki hidupku wkwkwkw
    Kalo zumba juga asyik bgt pake musik nan rancak!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asik nih zumba, jadi denger musik tetep berkeringat ya mba

      Hapus
    2. Betuull!
      Sambil zumba, joget nyanyi jugak wkwkwkwk

      Hapus
  2. untuk anak, bermain musik bisa meningkatkan kecerdasan mbak

    karena itu , anak2 saya masukin les musik, tergantung minatnya

    ada yang suka drumb.piano, biola, gitar

    Alhamdulilah emang ada hasilnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah ya jadi banyak manfaatnya juga buat anak-anak. Bahkan sampai ada yang dapat duit dari musik

      Hapus
  3. Kalau daku dengerin musik sambil kerja ketak-ketik mbak, haha. Asik memang jadi moodbooster banget, dan bikin ide jadi lebih mengalir

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku pun juga sama, enak memang dengerin musik saat kerja

      Hapus
  4. Wah iya ... kadang terlupa ya manfaat dari mendengarkan musik selain jadi berisik. Hehe... Kalau saya juga buat berlatih bahasa, kak... dari lagu yang kita dengar pengucapan kata oleh native speaker akan sangat membantu lebih cepat bisa

    BalasHapus
  5. Sambil olahrag aenak banget dengar musik mbak atau dalam perjalanan aku suka. Tapi kalau lagi depan laptop aku susah aku konsentrasi tapi jadi fresh gak stres

    BalasHapus
  6. Musikan sambil ngegalau, hahaha. Setuju kalau mendengarkan musik itu banyak manfaatnya. Aku pun kadang sambil apa gitu ya pakai musik

    BalasHapus
  7. Wah..aku banget nih. Bahkan aku lebih suka mendengarkan musik daripada nonton, eh tapi nonton juga suka sih wkkwkwk. pOkoknya udah paling enak mendengarkan musik pake handsfree dan anak pas lagi tidur. Hihii

    BalasHapus
  8. Ah benar, musik itu bikin good mood...
    Aku tiap cari inspirasi selalu dgrin musik dulu

    BalasHapus
  9. aku setiap hari itu masih mendengarkan musik, mulai dari bikin draft, masak, beberes rumah dan main sama anak hijau pun dengerin musik.

    BalasHapus
  10. Ternyata bisa menurunkan tekanan darah ya mbak, mungkin juga karena terasa lebih fresh saat mendengarkan sebuah lagu yang kita suka. Saya lebih suka mendengar lagu pada saat mau berangkat kerja di dalam mobil kak. Asyik banget nambah gairah semangat untuk ke kantor. Salam ya mbak.

    BalasHapus
  11. Musik jadi temen kalau olahraga sendiri, cari playlist lagu-lagu yang semangat biar olahraga makin semangat.

    Kalau pas kerja biasanya playlist yang ngepop sambil bisa dinyanyiin

    BalasHapus
  12. Saya kalo lagi sedih atau nggak mood suka dengerin lagu yang ngebeat gitu mbak. Setelahnya jadi semangat lagi, semacam ada suntikan energi. ^^

    BalasHapus
  13. HP saya udah termasuk jadul nih, Redmi Note 4. Wkwkwk. Penasaran euy sama Redmi yang terbaru. Pasti asyik tuh dipakai dengerin OST Crash Landing On You dan lagu-lagunya Peterpan/NOAH.

    BalasHapus
  14. wah ternyata manfaatnya banyak ya...Aku suka banget nih dengerin musik..Tapi emang kudu pilih2 musik yang pas sesuai mood biar jadi lebih fresh...

    BalasHapus
  15. wah ternyata mendengarkan musik pun bisa menaikkan / menurunkan tekanan darah juga ya. Bisa jadi sarana terapi juga kalau gitu ya. Terapi murah meriah

    BalasHapus
  16. Musik emang punya banyak manfaat ya, Mbak. Aku tu suka dengerin musik kalau lagi jalan pagi atau lagi ngetik, bikin lebih rileks sekaligus semangat.

    BalasHapus
  17. Saya akui 1000% betul sekali. Kalo saya sendiri ngerasanya musik itu salah satu kebutuhan hidup saya. Lagi sedih diluapkan ke musik, lagi bahagia diekspresikan lewat musik, lagi boring pun larinya ke musik. Suka nyanyi-nyanyi sendiri, kalo ada temen nyanyi bibir terasa gatal pengen langsung nyambar. Apalagi kalo ada orang main gitah, hmm rasanya saat itu juga pengen konser.

    BalasHapus
  18. Salah satu kegiatan rutin pagiku saat masak, kalo nggak dengwrin radio ya dengerin playlist lagu di hp ahahaha. Kadang kalo lagi stres, dengerin musik lumayan reda lo hehe. Terapi lewat lagu hehe

    BalasHapus
  19. kadang kalo lagi ngerjain kerjaan rumah, kayak bebenah, nyetrika, nyuci baju aku juga suka dengerin musik mba

    BalasHapus
  20. Ternyata mendengarkan musik juga bisa menurunkan tekanan darah,ya, Mbak. Kalau saya yang punya darah rendah, berarti gak boleh sering-sering dengerin musik, ya?

    BalasHapus
  21. Kalau dulu saya mendengarkan musik untuk belajar bahasa Inggris mbak, lumayan juga cepat ingat kalau pake nyanyi nyanyi hehe

    BalasHapus
  22. Musik yang halus dan lembut biasanya untuk merangsang perkembangan otak anak juga katanya. Tapi belakangan saya sedang mengurangi untuk medengarkan musik. Dialihkan ke yang lain.

    BalasHapus
  23. Aku pas nyuci ama beresin rumah aja sambil dengerin lagu, mbak. Bener sih bikin kita semangat. Nggak kerasa tau2 kerjaan udah selesai semua. Jadi nggak capek ngerjainnya.

    BalasHapus
  24. Ahaha aku kadang karaokean gtu kalau lagi stress, jd gak sekadar mendengarkan wkkw. Abis itu ya udah ngrasa legaan. Emang penghilang stres banget sekaligus hiburan deh kalau mendengarkan musik ya mbak :D

    BalasHapus
  25. aku banget niiihhh, dengerin musik pas lagi stress.. hihi. Musik tuh emang berguna banget untuk naikin mood juga yaaa.. apalagi buat temen pas nulis..

    BalasHapus
  26. Jadi maluuu....hihii....aku dengerin musik kalau lagi di jalan aja..dulu.
    Karena sekarang dirumahaja, jadi dengerin musik dilakukan kapan aja kalau lagi baper.
    Heuheu....kaya mau mens itu kan baper-sebaper-bapernya yaa...

    BalasHapus
  27. Ternyata fungsinya banyak ya mba dari aktivitas mendengarkan musik ini. Aku sih senang mendengarkan musik, bikin hati gembira. Nggak ngeh kalau ternyata jarang bersedih karena senang dengerin musik.

    BalasHapus
  28. iyes, aku dengarkan musik untuk bangkitkan mood jadi ya pilih lagu-lagu yang bersemangat. Eh tapi kalau lagi galau juga dengerin lagu mellow biar makin uwuwuw ... hahahah

    BalasHapus
  29. Nggak terlalu suka mendengarkan musik sebenarnya tapi kalau pas live streaming di aplikasi ya musik jadi dibutuhkan biar nggak sepi hehehe

    BalasHapus
  30. Waktu awal penemuan aku juga sering mendengarkan musik dan nyanyi buat menghilangkan rasa stress

    BalasHapus