Tips Jitu Makin Menjual Lewat Media Sosial Bareng Chef Willgoz dan Homecredit - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Jumat, 02 Oktober 2020

Tips Jitu Makin Menjual Lewat Media Sosial Bareng Chef Willgoz dan Homecredit


Assalamualaikum Sahabat. Saat pandemi seperti ini, bagi kalian yang ingin memulai usaha terutama jualan makanan, jadi maju mundur gak sih? Kondisi memang serba susah ya. Ada banyak orang terdampak pandemi, kena PHK, pengurangan jam kerja. Namun jangan menyerah, tetap semangat ya sob.


Memulai bisnis jualan di tengah krisis ekonomi memang tak mudah. Namun bisnis kuliner itu nggak ada matinya. Bisnis jualan makanan atau minuman itu menjadi pilihan yang cerdas karena orang membutuhkannya setiap hari. Tahu dong kalo makanan merupakan kebutuhan dasar yang harus dipenuhi. Jadi bisnis ini memang menjanjikan pasar yang masih terbuka luas.


Kebetulan banget saya nonton live Instagram @homecreditid tanggal 30 September 2020 pukul 19.00 WIB. Acara bertajuk Fun Talk ini rutin diadakan setiap Rabu malam dengan menghadirkan tema dan narasumber yang beragam. Nah Live IG yang kemarin saya ikuti bertemakan "Makin Menjual Lewat Media Sosial" yang pasti menjadi topik seru dan banyak disukai oleh netizen.




Kenalan dulu dengan Narasumber Live IG William Gozali

Kalo kalian dulu pernah nonton reality show cooking, tentu tahu dong dengan chef nyentrik ini. Yup, William Gozali adalah pemenang MasterChef Indonesia sesion 3. Dia memiliki channel YouTube dengan subsriber satu juta lebih. Akun IG-nya sendiri telah memiliki ratusan ribu followers.

Chef yang memilih pendidikan dii bidang kuliner di Le Cordon Bleu Austaralian dan menyandang gelar Diploma de Cuisine untuk jurusan Cooking and Related Culinary Arts. 




Kalo kalian suka nonton video di channel YouTube Willgoz Kitchen, bakal ngiler dengan resep yang dibagikan. Lebih gampangnya bisa buka video di playlist karena kalian bisa memilih yang paling ingin ditonton terlebih dulu. Sejak pandemi, Willgoz pun membuat playlist baru yaitu STAY AT HOME. Coba deh dilihat dan dieksekusi resep-resepnya yang rata-rata bahannya mudah ditemukan di store bahan kue dekat rumah.


Willgoz juga memiliki channel R4W Project yang isinya seputar tips editing foto atau gimana cara bikin video makanan. Ada video di balik cara bikin review juga. Temukan insight yang kece abis deh. 


Bersama Bernard dan chef Willian Gozali yang super inspiratif 

Nah, balik lagi ya cerita saat saya ngikutin live IG kemarin. Bersama Bernard yang menjelaskan di awal, bahwa sebelumnya chef Willgoz udah pernah jadi narasumber dalam Fun Talk. Namun temanya beda pasti.


Bagi sobat yang belum denger obrolan sebelumnya, saya tuliskan aja ya di sini. Jadi Willgoz waktu itu ngebahas gimana bikin usaha yang tidak butuh investasi tinggi.  Lakukan observasi sebelum meluncurkan produk makanan yang akan dijual. Dan ketiga adalah fokus bikin kemasan yang menarik dan pilih marketing yang murah.


Bincang seru kemarin membahas tentang gimana supaya lebih menjual produk di media sosial. Karena mengingat saat ini bisnis kuliner lagi marak. Willgoz mengingatkan agar produk harus solid dulu. 


Ini hal yang paling mendasar sih sebelum kalian mikir packaging dan marketing-nya. Apa sih yang harus dilakukan untuk mempromosikan jualan di media sosial :


Menentukan Produk Yang Akan Dijual

Jadi sebelum memilih marketing dengan cara apa, Kalian harus maksimalkan dulu produknya. Sebelum diluncurkan, lakukan tes pasar dengan membagi produk pada teman, tetangga, kalo perlu musuh kalian untuk menyicipinya. Hahahaa. Gak pernah ketemu masa mau dikasih tester?

Minggu kemarin udah dibahas bahwa produk itu harus siap dulu. Marketing itu butuh biaya yang banyak, butuh effort, jadi produk harus solid. Percuma sih kalo kalian keluar biaya banyak untuk promosi sementara produknya masih berubah rasanya.


Efisien Dalam Marketing Produk

Sebelum menuju marketnya, kenali produk ini bakal ditujukan di pasar seperti apa. Kamu harus tahu produk itu bakal ditujukan pada konsumen yang seperti apa.  Jadi kamu bisa mengunakan marketing yang efisien tanpa banyak keluar biaya.


Lakukan Inovasi

Nah kalo terjun di bisnis makanan, lakukan inovasi pada produk tapi gunakan make sense. Karena agar bisa bersaing di dunia digital, harus bisa inovasi, nggak hanya menjual experience tapi yang penting harus rasa. Karena makanan itu kan menjual rasa, yang dipikirkan banget adalah rasanya. Jadi rasa itu nomer satu, experience nomer sekian.


Lakukan Survey Target Market Produk 

Nah, kemudian mempromosikan produknya juga sama. Media sosial itu punya analitik yang gak sama. Sosial media banyak, ada IG, FB, dan twitter, yang bisa digunakan untuk promosi bisnis jualan makanan.  Yang paling cocok adalah, sebelum memilih sosmed yang mana, perhatikan dulu analitik sosmed, target market kita kemana. 

Willgoz memilih IG ads dan FB ads. Tapi FB ads belum pernah makai meski banyak temannya yang bilang bagus. Sementara dia selama ini menggunakan IG ads dan hasilnya efektif. Willgoz menyarankan untuk kalian yang memulai usaha online, agar naik level bisa mempormosikan di dua sosmed ini. 


Visual Harus Bagus

Untuk mempromosikan makanan di IG ads, harus memasang foto yang bagus. Makanan kelihatan natural tapi versi terbaik, jangan lebai. Misal ayam di foto ukurannya besar tapi begitu didatangi ternyata kecil banget. Jauh dari realita dan ekspektasi konsumen. Konsumen bakal kapok beli deh.

Gunakan juga story telling yang detil, atau kepsyennya bagus agar konsumen tertarik utuk membeli.


Tools Yang Harus Digunakan Untuk Promo Produk

Yang pertama kembali lagi tetep produk dulu harus solid. Kemudian pilihan berikutnya adalah jualan di media sosial ibaratnya bikin etalase di Instagram.


- Kamera

Nggak harus pakai kamera mahal. Kamu bisa menggunakan kamera hape. Jangan takut karena sekarang hape dengan harga 2-3 jutaan udah cukup. Kamu tinggal maksimalkan aja tools-nya.

Manfaatkan kamera hape yang bagus, apalagi udah ada wifi yang murah. Manfaatkan untuk mempromosikan jualan kalian. Paling bagus tuh foto makanan dengan cahaya alami, dekat jendela atau pintu misalnya.


- Kunjungi IG publik figur yang rame. Gunakan account makanan kalian, dagangan kalian, dan berikan komentar yang sopan, baru selipkan dengan promosi produk. Hindari menitipkan komentar spam misalnya promosi produk sampai berderet-deret. Ujung-ujungnya, nanti malah akun IG kalian bakal di-report. Saran Willgoz adalah bikin komentar yang manusiawi, dan juga yang sopan.




Ada Tips Untuk Jualan Produk Makanan dengan Media Sosial :

- Produk solid dari rasa, tekstur, dari kenalan, tetangga, teman, musuh kalian juga suka.

- Packaging ini harus tidak mengubah rasa produk.  Bisa dicoba misal produk frozen food, disimpan dulu di frezzer hingga sebulan. Kemudian dicoba, apakah rasanya masih sesuai dengan standar kalian. Make sure lakukan itu.

- Pilih jualan di ecommerce, jangan ojek online, untuk awal wilgoz saranin jualan di ecommerce. Karena tidak ada bagi hasil seperti ojek online. 

- Gunakan marketing tools, mau pakai sosmed ads, endorsement, boleh juga sebar komentar di publik figur. Tapi sebelumnya sebarkan di WA pertemanan kalian, di sosial media, di lingkaran pertemanan dulu.

- Buat brand kalian lebih sustainable, dengan cara mempromosikan tapi tidak merugikan kalian tapi membuat value untuk konsumen. Bikin produk yang tetap dikenang oleh konsumen kalian.

- Jangan jualan di ojek online dulu, mending di e-commerce. Gunakan foto yang bagus, hindari jangan blur atau buram, gelap. 

- Bagaimana cara membuat story telling yg tidak membosankan:

Wilgoz selalu menyelipkan jokes receh karena audien media sosial itu tidak semua serius. Pasti ada sebagian dari mereka yang menyukai konten yang receh. Tapi nggak harus sih ya, sesuaikan atau temukan keunikan brand kalian. 

- Tip bila ingin kerjasama dengan influencer

Wilgoz memosisikan sebagai public figure, yang sering terima produk dari brand secara gratis. Tapi dia nggak mau produk yang masih baru, belum ada namanya, karena artinya dia belum ada usaha. 

Hindari keluarkan promo yang belebihan, kesannya memunculkan antara kurang laku atau kayak ngabisin produk. Lebih baik kalian bikin harga yang ekonomis tanpa diskon. Misal promo beli 3 harga sekian, 4 harga sekian. Kalo beli 2 dapat 3, atau beli 4 dapat 5, nantinya konsumen malah beli saat ada promo aja. Tahu dong bedanya kedua promo ini?


Nah, kemarin juga ada TEKATEKIKUIS LIVE yang hadiahnya berupa voucher belanja. Serunya tuh karena teka teki kuis ini adalah Tebak Makanan Viral. Ngakak deh sepanjang kuis karena jari kalah cepet dengan otak, huhuhueee. Ya udah lah belum beruntung. Selamat ya kepada semua pemenang kuis dan juga pemenang komentar atau pertanyaan terbaik.


Nyesek tuh kalo nulis
jawaban benar tapi kalah cepat :D


Pesan terakhir dari chef William Gozali, stay health, jaga jarak, dan 
jangan lupa pakai masker. Buat kalian yang mau mulai usaha, ingat lah bahwa produk harus solid, gunakan marketing tools yang seusai dengan sasaran hingga tidak mengeluarkan dana marketing yang besar.


Nah, Jangan lupa stay tune tanggal 14 Oktober 2020 bakal hadir kembali fun talk yang juga seru dengan topik dan narasumber yang berbeda. Sampai jumpa sahabat. Wassalamualaikum.

55 komentar:

  1. Seneng banget bisa ikutan live instagram gini, jadi makin banyak ilmu.

    BalasHapus
  2. Setuju banget ini, untuk mempromosikan makanan di IG ads, harus memasang foto yang bagus, natural tapi tetep kece dan keren (ini mendeskripsikannya piye yaa hahahaha)

    Pernah beli makanan yang cantik tapi rasanya jauuuuh dari realita! Kapok beli lagi....

    Aku juga sering baca story telling yang lucu lucu

    BalasHapus
  3. Chef Willgoz menjalani rofesinya karena passion ya. Benar2 bersungguh-sungguh beliau. Tips yang dibagikan sesuai dengan yang dialaminya, kalau mau ngikutin beliau bisa sukses.

    BalasHapus
  4. Di usia bunda seperti sekarang ini bundapdrnsh coba jualan online via grup tp karena mindset kurang mantap bukan untung mzlahan balik modal aja gak, hehehe...soalnya bikin makanan buat jualan wuenak seperti buat kel sendiri. Jualan abis modal gak balik. Kenapa? Pasti karena blm tau trikd berjualan online. Harus baca ulsng postingan ini. Banyak yg hrs dipelajari supaya sukses.

    BalasHapus
  5. Minggu depan harus standby buat nonton acara FunTalk lagi. Yg bareng Wilgoz ini saya juga nonton. Bermanfaat banyak ya pembicaraannya.

    BalasHapus
  6. aku bolak/i mau mantengin IG HomeCredit kok lupa melulu :D
    Untunglaaahhh, konten bergizi ini bisa aku baca d blog Mba
    Makasiii L)))

    BalasHapus
  7. Tema Fun Talk emang selalu aja seru dan menarik buat di-kepo-in yah mbaaak!

    Berasa mendapat pencerahan banget deh baca tulisan ini, bisnis kuliner memang lagi nge-heits banget di media sosial. Tapi tetap harus tepat strateginya yah mbaak

    BalasHapus
  8. Benar-benar ampuh ya tips dari Chef Willgoz, apalagi cara pemasaran pakai media online. Kita memang perlu menyusun strategi selain memiliki cita rasa produk yang bisa tergambarkan di foto��

    BalasHapus
    Balasan
    1. panutan banget dah chef WillGoz ini
      kalo ngajarin masak juga bikin enjoyy!

      Hapus
  9. bermanfaat banget yaaa ini eventnya hihihi, info infonya bener bener ngebantu nih buat temen temen yang punya usaha kuliner di tengah kondisi pandemic kaya gini

    BalasHapus
  10. Tul banget ini. Berjualan secara online ini gampang2 susah deh. Emang kudu ngerti teknik pemasaran yg tepat ya

    BalasHapus
  11. Waaah mau ah ikutan fun talk sepertinya seru banget dan bisa dapat ilmu banyak. Jadi pengen intip channel YT nya William Gozali mbak, pengen eksplore resep2 masakan mumpung di rumah saja...terimakasih tipsnya mbak...jadi pengen nyobain menerapkannya untuk membuka usaha baru.

    BalasHapus
  12. Baru baru ini aja sih aku suka nonton masterchef Indonesia dan australia. ternyata chef wiliam gozali pemenang master chef Indonesia yaa. Memang sih keliatan dari perfomanya skrg yaa. Keren banget tips yang disodorkan chef wilgoz, patut dipake sama pelaku usaha yaa

    BalasHapus
  13. Bagus nih tema-temanya bermanfaat banget ya..tips-tipsnya juga oke nih bisa diaplikasikan yg membutuhkan... :D

    BalasHapus
  14. kuliner ini kan barrier to entry-nya kecil jadi banyak yang mudah masuk berbisnis kuliner. AKu setuju bahwa inovasi itu penting, buat produk yang berbeda dari pasaran bahkan create trend.

    BalasHapus
  15. NaH pas kuis funtalk itu gemesnya entah mengapa yang lain bisa udah jawab sebelum pertanyaan dilontarkan. Jebul to mba, kita yang di sini yang lambat or delay videonya. Kalah mulu deeehh :))

    BalasHapus
  16. Semakin banyak tips yang diberikan untuk para pelaku usaha kuliner di masa pandemi.
    Aku suka sekali tipsnya. Gamblang dan mudah dipahami bahkan hal terkecil seperti ini, cuma bisa diberikan yang bener-bener menekuni bidang kuliner.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tipsnya sebenarnya bisa diterapkan untuk usaha lain juga yaa..
      Saat ini, siapa yang gak punya sosmed?
      Pasti punya dan memaksimalkan di sosmed untuk marketing.

      Hapus
  17. Aku sampai sekarang belum pernah komen2 di akun yg rame. Masih gayakin boleh apa nggak. Hehehe

    BalasHapus
  18. Aku kadang suka nonton YouTube Willgoz buat lihat masak-masak. Ikut kaya gini tuh seru, nambah ilmu. Kalau jual makanan memang kudu berinovasi, gak yang biasa aja

    BalasHapus
  19. Nah bener promo yang kadang jor2an juga ga baik, kesannya cuci gudang dan ngabisin stok.
    Banyak bnget pembelajaran di medsos ini yaa.

    BalasHapus
  20. oke banget mba tips dan tricks nya. Layak untuk dicoba dan dipraktikkan ya mbaaa. Sukses selalu

    BalasHapus
  21. Tips nya mantuuul..kasih lihat ke teman yg lagi butuh ini ah.. Thx sudah sharing tips Willgoz ini ya mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Chef Willgoz mah sudah berpengalaman ya Mbak ... patut ditiru tipsnya.

      Hapus
  22. wah tips nya berguna banget ini buat aku, aku baru merintis usaha kuliner online. aku belum riset market, masih uji coba kualitas produk. terimakasih infonya ya, harus jeli juga ya memilih marketing tools ternyata ^^

    BalasHapus
  23. huaaa baca aja seruuu bangettt, jadi pengen nonton live nya deh, thanks for sharing mba, aku dapet banyak insight abis baca artikel ini, selama ini aku bisnis ngejer marketingnya mati2an, padahal bener kata diatas, Rasa harus nomer 1, dan riset alias pengembangan produk itu harus!

    BalasHapus
  24. Coba coba saya terapkan ah
    Siapa tahu bisa mendulang rupiah lebih banyak lagi agar anak bisa sekolah tenang

    BalasHapus
  25. wah beneran deh..media sosial skr bisa jadi andalan banget untuk ikut jualan yak...tapi tetep yaa harus teliti dan jeli...gak ngasal upload/ngiklan ya...

    BalasHapus
  26. yah, sayang aku kemarin ga ikutan nih acara. PAdahal acaranya bagus gini, maklum sedang belajar dagang hehehe

    BalasHapus
  27. Suka banget tips dari Willgoz ini jadi bahan buat intropeksi berbisnis, terutama bisnis makanan. Kuisnya juga kerenbanget ya.

    BalasHapus
  28. sosial media menjadi marketing channel buat siapapun yang memiliki bisnis dalam bidang apa aja ya

    BalasHapus
  29. Iya seringkali ekspetasi jauh dari realita. Memang penting banget menampilkan visual ynag bagus. Tetapi, juga harus apa adanya. Jangan berlebihan visualnya

    BalasHapus
  30. Inovasi emang wajib banget sebagai penjual. Kalau nggak ya ketinggalan terus ama yang lainnya. Keren bisa ikutan langsung mba

    BalasHapus
  31. Dengan panduan marketing jadi semuanya bisa terorganisir, bisa menuntun kita lebih maju dalam berdagang

    BalasHapus
  32. Iya, jualan makanan di medsos memang modalnya foto yang bagus, terang, dan menggiurkan ya...kudu belajar motret..

    BalasHapus
  33. wah ini acara yg seru dan bermanfaat
    jadi tahu bagaimana optimalkan sosial media untuk marketing ya mbak

    BalasHapus
  34. Tipsnya mantap banget. Adek saya juga lagi usaha kuliner online. Beberapa saran sudah diterapkan sih, cuma beberapa harus ditingkatkan seperti stabilitas rasa. Nanti aku share artikel ini ke adikku biar belajar lagi.

    BalasHapus
  35. Aku nyimak Funtalk bareng Willgoz yang pertama, dan so inspiring!! Dan nyambung bahasannya di sini, masih tentang bisnis makanan dan lebih fokus ke menjual lewat sosmed. Aku pun setuju dengan poin-poinnya. Termasuk bikin paket ekonomis...karena kalau promo pas gak promo gak beli konsumennya, contohnya aku juga ...:D. Wah keren bahasan Funtalk-nya

    BalasHapus
  36. Kemarin ikut nyimak juga funtalk ini. Seru banget, sayang pas kuis kurang beruntung. Keduluan terus sama yang lain. Hihi...

    BalasHapus
  37. Karena jualan online point penting visual bagus itu asli banget mba
    kalau yang diunggah produknya nggak menarik ya langsung deh pembeli melengos kabur

    BalasHapus
  38. Tips yang saya garis bawahi yaitu produk itu harus siap dulu karena marketing itu butuh biaya yang banyak, butuh effort, jadi produk harus solid.

    BalasHapus
  39. Anakku rajin lihat channel youtubenya chef Willgoz nih mbak :-D cowo tapi pada suka lihat masak=masak. Boleh juga ya bisa dijadiin lahan bisnis padahal ini kalau masak. Cara jualan onlinenya bisa intip tipsnya chef

    BalasHapus
  40. i am like follow this project at IG Homecredit because the thema is unique and update, there is some gift, voucher with us too. so is cool

    Next i want join again

    BalasHapus
  41. Di tengah pandemi gini bisnis makanan malah laris manis yaaa, bener banget nih kata chef wilgoz, harus memaksimalkan penggunaan sosmed ya untuk berjualan jaman sekarang..

    BalasHapus
  42. Aku pun sedang memulai usaha mbak, tapi bukan kuliner. Kalau persiapannya kurang lebih mirip ya sama yang di atas. Harus bener-bener fokus memang. Lumayan buat tambah-tambah penghasilan. Hehe.

    BalasHapus
  43. senang banget dapat ilmu baru ya setiap ikut live IG Homecredit, apalagi pas sesi Willgoz, seru banget tipsnya

    BalasHapus
  44. Packaging yang bagus dan menarik sangat membantu bagi penjual online untuk menarik konsumen sehingga dia bisa kembali memesan lagi ya Mbak.

    BalasHapus
  45. Aih besokbesok kalau ada niatan buka usaha makanan. Wajib banget nih menerapkan tips dari Willgoz di atas.

    BalasHapus
  46. Wah Makasih mbak Watiek tipsnya akan aku bagikan ke anakku. Fia sedang jualan snack kecil kecilan lewat sosmed. Kayaknya pas banget buat Dia nih

    BalasHapus
  47. Ko..aku malah jadi penasaran sama Channelnya si cheff
    Wah pasti banyak menu hidangan yg bisa diaplikasikan selama dirumah aja.
    Tips2 yang dibagikan juga mantap nih.. bermanfaat infonya

    BalasHapus
  48. Justru Wilgoz malah enggak menyarankan untuk kerja sama dengan ojek online ya saat memulai usaha? Bisa jadi insight tersendiri nih untuk segera membuat akun di e-commerce ya mba.

    BalasHapus
  49. Baca tulisan mba jadi menemukan hal-hal baru bagaimana menjual di sosmed secara maksimal, semoga bisa membantu usaha berkembang sesuai harapan

    BalasHapus
  50. Sekarang yang namanya belajar apapun sudah menjanjikan melalui sosial media ya Mba. Lebih baik memanfaatkan medsos.

    BalasHapus