Kolaborasi Absensi Online dan Aplikasi HR untuk Meningkatkan Kinerja HRD - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Rabu, 30 September 2020

Kolaborasi Absensi Online dan Aplikasi HR untuk Meningkatkan Kinerja HRD



Assalamualaikum Sahabat. Saya pernah menjadi karyawan selama lebih dari 25 tahun. Meski aslinya udah pengen resign sejak tahun ke-15, tapi apa daya perusahaan belum memberikan ijin. Pengalaman bekerja di luar rumah ini saya jalani dengan hepi karena lingkungan tempat kerja yang nyaman. Hubungan dengan teman dan pimpinan juga udah baik saking lamanya saya bekerja. Suasana harmonis memang dibutuhkan bagi setiap karyawan agar bisa bekerja dengan hasil optimal.


HRD adalah salah satu kunci dari hubungan perusahan yang harmonis dengan karyawan. Mengapa demikian? Hal itu dikarenakan HRD berhubungan langsung dengan karyawan dan perusahaan di saat yang bersamaan. Nah, absensi online dan aplikasi HR juga berhubungan erat dengan kinerja HRD. Seperti apa hubungannya? 


Apa Itu Absensi Online dan Aplikasi HR? 

Dalam kinerja sehari-hari, HRD diharapkan bekerja lebih fokus untuk melakukan strategi pengembangan dan pengelolaan kinerja karyawan. Namun, sayangnya HRD masih memiliki tugas lain yaitu tugas administrasi yang memakan waktu lama seperti mencatat kehadiran, penggajian, pengolahan cuti, dan lainnya.


Absensi online dan aplikasi HR pasti tak lagi asing bagi sebagian besar praktisi HRD. Sederhananya, absensi online adalah sebuah sistem pencatatan kehadiran karyawan yang terintegrasi secara online. 


Sementara aplikasi HR adalah sebuah perangkat lunak yang membantu HRD dalam mengelola administrasi HR. Keduanya sama-sama dapat membantu kinerja HRD lebih cepat dan efektif. 


Apakah Absensi Online dan Aplikasi HR Membantu Kinerja HR? 

Setiap harinya, HRD dihadapkan dengan berbagai tugas yang bersifat repetitif seperti penggajian, mengelompokkan komponen gaji, pencatatan kehadiran, approval cuti dan lembur, rekrutmen, dan lainnya. Semua proses tersebut terkenal memakan waktu yang cukup lama, khususnya bagian administratif seputar penggajian dan pencatatan kehadiran. 


Jumlah HRD yang terbatas harus menangani banyak karyawan di perusahaan, membuat HRD asering kali sulit fokus atau terdistraksi. Akibatnya, kinerja menjadi kurang efektif dan banyak melakukan kekeliruan. 


Untungnya perkembangan teknologi kini kian pesat. Banyak perusahaan sudah memanfaatkan teknologi seperti absensi online dan aplikasi HR untuk mengatasi segala hambatan dan masalah dalam kinerja HRD. 


Contohnya dalam pencatatan kehadiran. Jika dilakukan dengan cara manual, pencatatan kehadiran akan memakan waktu lama dan beresiko terjadi manipulasi karena tidak adanya keamanan yang memadai. Namun, dengan absensi online, kehadiran karyawan bisa tercatat dan dilacak secara real time. Karena data yang masuk real time dan terlihat oleh HRD, validitas dan keamanannya pun lebih terjamin karena tidak bisa dimanipulasi dengan mudah. 

Contoh lainnya dapat dilihat dari rekrutmen. Semakin besar perkembangan perusahaan membuat perusahaan butuh dukungan Sumber Daya Manusia (SDM) semakin besar. HRD sebagai penjaring kandidat harus selektif dalam memilih mana yang paling cocok dan tepat untuk perusahaan. 


Aplikasi HR mampu membantu HRD untuk menyimpan dan memproses data para kandidat, sehingga proses rekrutmen berjalan lebih praktis. Data kandidat serta perkembangannya dapat diakses oleh staf-staf HRD yang terkait. Jadi, lebih mudah untuk memantau proses masuknya si kandidat tersebut serta siapa yang harus mempertanggung jawabkan si kandidat. 


Penjelasan diatas hanya sebagian besar contoh bagaimana absensi online dan aplikasi HR dapat membantu kinerja HRD. Tentunya agar kinerja HRD jauh lebih efektif dan efisien. 


Mungkin kamu yang pernah menjadi staf atau manager HRD mengalami hal lain. Bisa loh sharing di kolom komentar. Terima kasih. Wassalamualaikum.      

25 komentar:

  1. Jadi ingat waktu masih kerja 14 tahun yang lalu, absensinya manual. Kedatangan dan waktu pulang dicatat oleh resepsionis atau office boy, mana aja yang duluan datang. Baru diakhir bulan direkap oleh HR. Kalau sudah ada absensi online waktu itu pasti lebih praktis ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku udah pakai absen elektronik, tapi tetep aja belum menggunakan teknologi digital, hehee

      Hapus
  2. aku bukan stad atau manager HRD tapi punya beberapa teman yang menggeluti profesi tersebut jadi sering mendengarkan pengalaman mereka terkait absensi online

    BalasHapus
  3. Nah iya, memang sudah zamannya ya menggunakan absensi online, Mbak. Sayang kalau masih offline terus sistemnya.

    BalasHapus
  4. Bagus juga ada aplikasi HR - walau kalau aku dulu diajarkan di perusahaan, merekrut orang (manusia) - human being ga bisa kalo tidak bertemu muka

    ada cara berjalan - cara berbicara - cara menatap lawan (ada yang berani, penakut, ketakutan bahkan menantang) dan itu tidak bisa dilakukan dengan aplikasi sih..

    BalasHapus
  5. Kayaknya kantor suamiku pakai deh nih aplikasi HR, karena tiap hari minta ijin sama aku buat isi absen kantor :) tapi aku tau sih bentukan aplikasinya gimana, belum nanya2 :) hihi...

    BalasHapus
  6. Semakin canggih ya sekarang, absensinya bisa online. aku terakhir kerja masih absen jari jadi gak bisa bohong tapi kebetulan untuk divisiku jamnya gak ngikutin office hour karena kita bisa ngerjain dari luar juga.

    BalasHapus
  7. Apalagi kalau perusahaannya semakin besar. Di mana jumlah karyawannya sangat besar. Tentu butuh bantuan teknologi untuk mempermudah kerjaan

    BalasHapus
  8. Semenjak pandemi ini, mesin absen manual jadi tidak dipakai lagi karena dibuat sistem absensi online sekarang...Yang pastinya harus disambungkan ke sistem HR untuk evaluasi proses lainnya

    BalasHapus
  9. Wah ntar bisa di rekomendasikan ke kantor nih. Kebetulan seperti ini sangat dibutuhakn selama pandemi ini ya

    BalasHapus
  10. Iya lebih efektif ya mba absen online, bisa dilacak pula..kalau absen manual rawan Corona huhu gantian pegang alatnya..

    BalasHapus
  11. Kayakny perlu banget nih digunakan di perusahaan-perusahaan yang kerap melakukan penerimaan karyawan seperti di tempat kerja saya.

    BalasHapus
  12. Kalau online gini apa sistemnya jg memungkinkan misal si karyawan gak ngantor tapi dia pas dinas ke luar/ ke klien gtu jg gak ya?
    Yg pasti skrng emang banyak sekali aplikasi yg memudahkan pekerjaan HRD ya mbak

    BalasHapus
  13. Aplikasi HR ini bisa memudahkan HRD dalam mengerjakan tugasnya ya. Dan sepertinya cocok sekali diberlakukan di masa seperti sekarang yang mengharuskan karyawannya WFH

    BalasHapus
  14. Aplikasi online emang paling cocok buat saat ini ya mbak...
    Lebih sesuai dgn perkembangan zaman

    BalasHapus
  15. Adanya aplikasi online data yang ada juga menjadi lebih akurat. Tidak bisa memajukan waktu kedatangan, atau memundurkan waktu pulang. Penilaian jadi lebih objektif.

    BalasHapus
  16. Keren banget nih ada aplikasi yang bisa membantu pekerjaan hrd...

    BalasHapus
  17. hopefully HRD can work optimally and can maximize employee potential

    BalasHapus
  18. Wah teknologinya menjawab tantangan zaman yang sedang berubah sekarang ya mba...

    BalasHapus
  19. Lebih efektif yaa mbak jadinya dengan adanya absensi online. Pekerjaan HRD pun jadinya lebih terbantu.

    BalasHapus
  20. Jadi kerja lebih efisien yaa..
    Aplikasi HR sangat membantu kinerja para HRD.

    BalasHapus
  21. Pas kebetulan udah gak kerja pas jaman online-online gini, jadi kurang tahu perkembangan dunia absensi. Tapi sempat dengar dari kakak ipar ttg kemudahan absen online.

    BalasHapus
  22. Jd keinget suami. Absensi online beliau tuh ckm, cek kesehatan. Jd kalo telat isi, dipotong gaji. Wkwkw. Membantu sih, jd gak ribet antre dan gak satu pintu untuk absen kehadiran

    BalasHapus