Tips Berburu Buku Murah di Big Bad Wolf Jogja 2019 - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Sabtu, 10 Agustus 2019

Tips Berburu Buku Murah di Big Bad Wolf Jogja 2019

Tips Berburu Buku Murah di BBW 

Tips Berburu Buku di Big Bad Wolf

Assalamualaikum Sahabat. Sejak Maret 2019 begitu tahu bahwa Big Bad Wolf bakal hadir di kota Jogja, langsung saya lingkari tanggal nya di kalender. Saya bahkan udah booking suami agar menyisihkan waktu sehari atau dua hari untuk mengantar ke Jogja dari kota tempat kami tinggal di Semarang.

Sebenarnya saya udah berniat ke BBW yang sedang berlangsung di BSD awal bulan Maret 2019. Tapi karena saat itu saya dan suami juga baru pulang dari jalan-jalan, capek pasti lah. Apalagi hari terakhir BBW di BSD itu kebetulan saya juga harus nemeni suami kondangan di Bekasi. 

Udah bisa membayangkan dong, dari Bogor ke Bekasi, mau mampir ke BSD, dan pulang lagi ke Bogor. Punya tenaga buat berburu buku, Wati? Lelah dari jalan-jalan di Kuala Lumpur aja belum pulih. Jangan-jangan malah pingsan di BBW, hahahaaa.

Akhirnya niat ke BBW di BSD pun saya hempaskan dari hati. Oke deh, nyari bukunya ditahan dulu ya, sampai Big Bad Wolf hadir di Kota Jogja. Apalagi tumpukan buku juga masih dua bukit yang belum saya baca.

Galau Gagal Ke Big Bad Wolf Jogja 2019

Menjelang bulan Agustus, saya udah senang saat di sosial media bersliweran info tentang BBW Jogja. Ahhh, kayak menanti kekasih datang dari jauh. 

Tak disangka rencana berburu buku di BBW buyar semua. Suami mendadak nggak bisa pulang dari Bandung. Pekerjaannya sedang butuh perhatian ekstra, jadi saya mesti ngalah. Ya udah lah, saya iyain aja waktu suami ngabari hal tersebut.
  
Kebetulan ada teman yang juga bakal berburu buku, jadi saya pun nitip padanya. Meski saya juga udah pesan beberapa buku pada si sulung yang kerja di Jogja. Pokoknya ada tiga orang deh yang saya titipi untuk nyariin buku favorit di area BBW. 

Nggak apa gagal berburu buku import langsung di lokasi BBW. Seperti kata pepatah, ada banyak jalan menuju Roma. Ada banyak cara mendapatkan buku di BBW Jogja.

Meski aslinya sih tetap enak datang langsung ke arena BBW dibanding nitip beli. Tapi gimana dong, masa iya saya memaksakan diri kesana sendiri?! Ogah, saya jelas enggan merepotkan diri demi berburu buku murah di Big Bad Wolf Jogja 2019.

Hellooo Big Bad Wolf Jogja, I'm Coming!

Mendadak hari Sabtu sore ada telpon dari suami.
"Jadi nggak besok ke Jogja?"
"Enggak usah, Be. Enggak apa-apa kalo babe nggak bisa pulang,"
"Ini aku mau pulang,"
Hahhhh?!

Terus terang saya kaget, karena sebentar lagi maghrib. Ya udah saya cuma menitipkan pesan agar suami hati-hati membawa mobilnya selama dalam perjalnaan. 

Dan alhamdulillah karena ngantuk dan istirahat cukup lama, suami tiba di rumah pukul 2.30 dinihari. Saya tentu aja udah ngorok di kamar. Duhhh, istri apaan ini enggak nungguin suami nyampe rumah.

Abis shalat Shubuh, suami udah nanya tentang rencana ke Jogja. Saya bilang enggak usah aja lah ke Jogja, takutnya dia kecapaian. 

"Enggak lah, ntar Naufal aja yang nyetir mobil sampai Klaten. Aku tidur aja di mobil."

Si bungsu bersedia menjadi sopir dari Semarang sampai Klaten. Baru nanti digantikan suami dari Klaten ke Jogja. Oiya kami akhir-akhir ini kalo ke Jogja lebih suka lewat jalur Semarang - Jatinom, Klaten - Jogja. Dibandingkan lewat daerah Jambu, Ambarawa. Alasannya karena sedang dalam perbaikan. Bulan Juli pertengahan itu kami di jalan ada 6 jam, cuma menuju Jogja aja. Hufff, capek banget kaan. Kasihan yang nyopir juga. 

Akhirnya setelah suami istirahat dulu, baru lah jam 11.00 kami berangkat dari Semarang.

Perjalanan lancar cuma 3 jam dan itu udah pakai mampir shalat Dhuhur serta makan siang di Boyolali. Tepat jam 14.00 mobil udah memasuki area parkir gedung JEC yang jadi lokasi Big Bad Wolf Jogja 2019.

Ternyata Mba Untari mau balik lagi dan ngajak bareng masuk ke area BBW Jogja. 



Padahal dia udah kesana jam 6 pagi dan borong buku abis berapa ratus ribu loh. Kayaknya tersihir dengan ribuan buku murah di BBW deh, hahahaaa.

Saya masih menunggu Milzam, si sulung yang rencana nyusul ke area BBW. Tapi karena udah ketemu sama mba Untari, Diko, dan Koko, saya pun memilih masuk dulu bareng mereka dan si bungsu. Milzam yang tinggal di Jogja, saya suruh masuk begitu sampai di JEC nantinya.


Tips Berburu Buku Murah di BBW Jogja

Oiya, saya punya tips agar sukses berburu buku murah di Big Bad Wolf. Karena kebetulan saya memang berburu buku di BBW Jogja, ya tips nya tentu yang berkaitan di kota ini ya.

Saya nggak tahu beda ukuran ruangan yang digunakan untuk pameran buku BBW di Jogja, Surabaya, atau BSD Tangerang. Tapi katanya, BBW di Jogja lebih kecil areanya dibanding dua tempat sebelumnya. Dan saya setuju sih, karena untuk ukuran Big Bad Wolf itu sepengetahuan saya biasanya memang menempati area yang luas. 

Di Jogja kemarin saya menganggap luas ruangan untuk pameran nggak begitu besar. Apalagi untuk buku terjemahan bahasa Indonesia juga cuma ada space dua meja. Masih kalah sih kalo dibandingkan dengan pameran buku umumnya. 

Tapi saya juga sadar kalo BBW itu kebanyakan memang buku impor yang dipamerkan. Tentu saja space untuk buku terjemahan hanya diberikan sedikit ruang untuk tempat memamerkannya.

Nah, kalian yang suka baca buku berbahasa Inggris pasti berasa di surga. Anak-anak saya biasanya kalo diajakin ke pameran buku yang diincar buku impor. 



Jadi kemarin mereka kayak ketemu sesuatu yang istimewa. Karena ada banyak pilihan buku impor yang bisa dijadikan referensi bacaan. Kayak si bungsu yang nemu buku desain karya penerbit negeri Sakura, satu lagi buku desain dari Inggris, dan 3 novel favoritnya, yaitu karya Sherlock Holmes. 

Sementara si kakak dapat tiga buku, salah satu nya adalah karya milik penulis favoritnya yaitu Pramoedya Ananta Toer. 

Trus apa saya mendapatkan buku favorit karya penulis idolak? Enggaaakkk. Kasihan ya emak anak-anak ini, cumba dapat novel penulis Indonesia. Tapi ada 6 buku sih, lumayan lah ya sebagai pengganti patah hati nggak dapat buku karya John Grisham.

Nah dari pengalaman berburu buku pertama kalinya di BBW yang juga baru pertama kali hadir di Jogja, saya punya sedikit catatan. Memang sih nggak bisa juga dipadankan dengan pengalaman orang lain. Tiap pemburu buku di BBW pasti punya tips yang berbeda.

Tips Asik Berburu Buku Murah di BBW : 

Tips 1. Pakai Outfit Yang Nyaman


Sebenarnya nggak hanya berburu buku di Big Bad Wolf aja kudu pakai outfit yang nyaman. Kalo sedang nyari buku di tokbuk atau pameran buku, saya pasti memilih outfit yang enak buat jongkok, berdiri, ataupun duduk.


Iya kan, kalo nyari buku tuh pasti ada beragam posisi tubuh seperti di atas. Jongkok sambil nungging pun pernah saya jalani. Karena tumpukan buku di bagian bawah rak di pameran buku sungguh menggoda untuk diulik. Kalo outfit nya nggak nyaman, nggak bakal krasan deh berlama-lama ngintip satu persatu judul buku.

Tps 2. Gunakan Pintu Prioritas

Karena pengalaman berburu buku BBW baru sebatas di Jogja, saya hanya bisa menjelaskan kondisi di sana ya.

Kemarin sebelum tiba di lokasi pameran buku terbesar di tanah air ini, saya udah dapat bisikan kalo ada pintu khusus bagi anak-anak di bawah 5 tahun. Eh yang nggak ngajak anak-anak usia segitu, boleh berbesar hati kalo ngajakin orang tua di atas usia 50 tahun.

Asiiiik, ini nih keberuntungan yang saya rasakan karena bisa melenggang masuk ntar kalo ke BBW. Namanya pintu prioritas. Meski ketika tiba di lokasi, mas yang jaga pintu prioritas menatap saya seakan nggak percaya kalo usia saya udah di atas 50 tahun. Wkwkwkkk. 

Peduli amat, yang penting saya jalan santai aja lewat pintu prioritas. Misal ditanya KTP pun saya bakal tunjukin deh.

Tips 3. Bawa Troli Untuk Tempat Buku



Begitu memasuki pintu, jangan langsung kalap melihat tumpukan buku. Apalagi sampe takut keabisan gara-gara menatap ratusan pengunjung di dalam gedung JEC.

Sabar ya sist. Ambil troli dulu buat tempat buku-buku pilihan kamu. Dua tangan kamu nggak bakal muat untuk bawa buku-buku sambil memilih lagi.


Tips 4. Share Foto di Sosial Media


Nah sambil milih buku yang udah kamu incar, jangan lupa foto selfie. Perlihatkan suasana sesama pengunjung yang berburu buku. Atau pamerkan buku pilihan kamu saat selfie. 

Kemudian share foto kamu yang sedang di lokasi BBW ke sosial media. Siapa tahu kan foto kamu mendapatkan like dari banyak follower dan ending yang asik. Yaitu terpilih menjadi pemilik foto yang beruntung mendapatkan voucher 150K. 

Asik kaaan, kayak saya yang share di linimasa Facebook hingga dapat voucher 150K. Mayaaan, bisa untuk belanja buku lagi. Alhamdulillah.


Tips 5. Ajakin Teman Untuk Berburu Buku

Oiya, kalo ke BBW tuh jangan sendirian. Lebih asik ngajakin teman, bisa sahabat, keluarga, atau pasangan kamu.

Jadi kamu punya tenaga ekstra buat berburu buku murah selama berada di BBW. Ngajak teman ini juga bisa jadi tenaga bantuan kalo kamu pengen foto dengan buku pilihan, hihiii. *ingat poing 4 yaa.

Oiya, video selama saya dan anak-anak berburu buku di BBW, udah tayang di channel YouTube saya. Silahkan klik gambar di bawah ini :



Sebenarnya ada banyak tips yang bisa kalian ikuti agar berburu buku murah di Big Bad Wolf berjalan sukses. 

Di antaranya adalah, pilih waktu dinihari karena biasanya pengunjung yang datang cuma dikit. Jadi kalian nggak perlu antri untuk masuk dan berburu buku. Tapi jangan khawatir juga, kemarin saya kesana saat weekend dan sore hari. Namun karena punya keistimewaan usia kepala lima, jadi nggak perlu antri untuk masuk gedung.

Bawa koper kalo memang udah niat borong buku sebanyak-banyaknya buat stok bacaan selama setahun. Atau udah ada niat mulia untuk berbagi buku saat ultah teman, ponakan, tetangga, atau mantan pacar. *ups

Yang penting sih kalo saya adalah, bawa kartu debet dan make sure saldonya ada banyaaaak. Karena kamu bakal kalap kalo udah masuk ke ruangan dengan tumpukan buku keren. Apalagi kalo teman berburu tuh kayak anak-anak saya, yang hobi bacanya menurun dari emaknya. Mereka seperti kuda lepas kekangan. Berpencar dengan emaknya, padahal dari rumah janjinya mau nemenin emak belanja buku. Eh sampai di lokasi mereka nyari buku pilihan masing-masing.

Alhamdulillah, emak hepi, anak-anak pun senang karena mendapat buku favorit semua. Si babe yang nungguin di mobil juga hepi karena bisa numpang tidur selama tiga jam. Terima kasih babe sayang, udah memenuhi impian istrinya yang katanya cantik ini berjumpa event keren Big Bad Wolf di Jogja. Semoga babe sehat selalu agar bisa setia menemani istrinya yang doyan dolan ke toko buku. Amiinkan ya teman-teman. Wassalamualaikum.

39 komentar:

  1. sampai sekarang, aku belum berani ke BBW langsung, biasanya nitip, kan pernah beberapa kali di surabaya dan untung pas nggak mudik, takut kalap, habisnya bukunya kece semua ya hahaha

    BalasHapus
  2. Wah seru banget nih Mbak keliahatannya acaranya. Bisa memborong semua buku nih hihi

    BalasHapus
  3. Berburu buku di big bad wolf ini memang seru banget nih ya Mbak. Jadi pingin nih

    BalasHapus
  4. Hadir di Jogja nih ya Mbak. Kapan ya bisa hadir di Malang ini nih hihi

    BalasHapus
  5. Mantap banget persiapannya sampe pake booking suami segala hahaha.. Dengan tips ini, hasilnya dapat berapa tumpuk buku, bu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang big bad wolf ini event yg selalu dinanti para pecinta buku, ya

      Hapus
  6. Aku tuh sebenernya kepengeenn banget ke BBW twpi aku takut gq bisa ngontrol soalnya kalo udh ketemu buku lupa daratan

    BalasHapus
  7. Duuuh...senangnya... Sungguh berharap BBW di Semarang deh..hehe.. Nah iya..mestinya kemarin tuh bawa koper ya mba..hehe..

    BalasHapus
  8. Aku gagal mba ke bbw, perih deh hatiku hehe..lagi butuh banyak dana untuk bayaran ini itu anak sekolah, semoga nanti ada di Semarang aamiin

    BalasHapus
  9. Waaa aku iriii.... Pingin banget ke BBW. Selama ini jastip terus hehe

    BalasHapus
  10. Aku padahal udah ada rencana buat ke BBW Jogka tapi apa daya kemaren jadwal weekend ku full nggal bisa disela jadinya gagal deh
    Padahal pengen banget hunting buku langsung disana hikz :(

    BalasHapus
  11. Wah beneran senang ya bisa share di medsos dapat voucher juga. Bisa beli buku lain lagi kan ya hehehe asyik pastinya.

    BalasHapus
  12. Yeayyy....mau aku praktekin bln september ntar aahhh.
    InsyaAllah mau ada BBW d sby

    BalasHapus
  13. Duhduh... Udah kebayang aja kalo ke sana aku bakal kalap saking banyaknya buku yang bagus2 banget apalagi buku anak.

    Kemarin nitip Mba Arinda boardbook biasa harga 80rb, bukunya bagus banget asli.. Aku seneng banget puas belinya. Apalagi bacaannya tuh berima. Seaenang itu aku lihat anak-anak senang punya buku baru.

    BalasHapus
  14. Waduh ngebayangin bawa koper untuk borong buku hahaha, heboh banget.
    Sayang di kotaku nggak ada BBW, kalo ada bisa ikutan kalap kali liat buku-buku itu. Harus ke kota terdekat yang ada yaitu di Surabaya nih kalo mau datang ke BBW.

    BalasHapus
  15. Buk, kecewa tapi dapat 6 buku pengganti, nggak papalah, ya. Hihihi. Bisa ke BBW Jogja kemarin pasti sangat menyenangkan. Aku hanya bisa ngiler buk. Semoga nanti kalau sampai di Semarang, kubisa berburu buku juga.

    BalasHapus
  16. Aku yang titip aja kalap apalagi kalau kesana sendiri ya huaaaa... bisa bayangin seberapa jebol rekening deh :)) Tapi kayaknya asyik juga ya kalau bisa hadir langsung di lokasi BBW. Bisa lihat langsung buku-buku keren tersebut.

    BalasHapus
  17. Mupeng banget bu Wati. Aku udh ngerencanain jauh2 hari, eh gagal. Blm jodoh keknya. Gapapa deh baca tipsnya dulu. Semoga taun depan bisa di Semarang, Solo, atau Jogja lg boleeh. Dan bs borong byk buku hahaha

    BalasHapus
  18. Seneng banget ya mba Wati bisa BBW yogya. Aku tiap tahun cuma baca cerita temen2 yang berburu buku murah berkualitas pas ada BBW di jakarta. Smoga thn depan ada di Semarang.. Aamiin

    BalasHapus
  19. Hahahaha iya kadang suka kalap nih niat hunting buku murah malah salah. Keren nih BBW udah sampai Jogja

    BalasHapus
  20. Ah, kebayang senengnya ya, aku bsa kalap kalau lihat buku murah, hahaha. Kalau bawa krucil pasti makin seru ya

    BalasHapus
  21. ga sempet datang waktu ada BBW di Bandung padahal deket dari Rumah tinggal masuk tol ser sampe tapi apadaya kutaksanggup liat update yang pada ngantri mba hahaha

    BalasHapus
  22. Kalau suka buku impor memang bagusnya ke acara seperti BBW. Karena lumayan banget harganya dibandingkan harga normal.

    BalasHapus
  23. aku belum pernah euy berburu buku di BBW, setiap kali event ini dibuka selalu adaaaaa saja halangannya… hiks, semoga tahun depan bias ikut hadir juga di sana...

    BalasHapus
  24. Bazzar buku emag bikin ngiler aduhhhh kalap kalap deh bukunya bagus-bagus apalagi bbw bazar internasional

    BalasHapus
  25. Aku pikir kemarin juga seluruh hall JEC kepake, ternyata cuma separo. Jadi ya jauh dari bayangan, nggak terlalu luas tempatnya & nggak terlalu banyak bukunya. Aku kesana malam takbiran, jadi selo banget. Nggak rame. Pas Jogja gempa tu tapi nggak ada yang ngrasa. Cuma beli buku 5 tapi habisnya 500rb wkwkwkw, buku science impor pilihan anak2. Aku nggak beli :)

    BalasHapus
  26. Ada temanku di Jogja dan dia open jastip hehe kalo gitu titip ke mbak ajak yak hehe.. emang berburu buku murah yang berkualitas itu paling enak di bbw.. tapi ya gitu deh.. bakalan banyak teman berburunya hehe tipsnya boleh aku terapin nanti saat bbw jakarta deh..

    BalasHapus
  27. Wahhh seru banget, Mba. Seandainya dekat, saya juga pasti gak ketinggalan datang ke event keren ini

    BalasHapus
  28. Baru ngeh kalau ada pintu priotitas. Kayaknya ini iplihan deh biar emang jadi lebih nyaman saat ke BBW

    BalasHapus
  29. Sampai dibela2in ke Yogya buat beli buku di BBW weeew.
    Emang lebih puas ya mbak kalau berburu langsung dibandingkan jastip, kepuasaan milih2nya itu lho, walau kadang terdistraksi eh beli buku yg gk ada di list haha. Yg penting dibudgetin xixixi

    BalasHapus
  30. Alhamdulillah.. hepi banget ceritanya, Mbak.. semoga babe dan mb Wati sehat-sehat selalu yaa.. jadi bisa dolan-dolan dan jajan buku lagi kapan-kapan.
    Btw thanks Mbak tipsnya. Saya belum pernah ke BBW meski deket sama rumah. Bingung bawa empat krucils dan parkir yang jauh.. hehe.

    BalasHapus
  31. banyak cara berburu buku murah dan sesuai dengan harapan yaaa mba. Aku juga brutal kemarin di BBW Jakartaaa hehehe

    BalasHapus
  32. Nah, blogger pejuang big bad wolf, kudu bookmark nih postingan mba Hidayah

    ... dan eksekusi, lalu bagi di blog ya^^

    BalasHapus
  33. Wkt Bdg ada aku ga sempat datang malah huhu..hanya si sulung aja yg sempat..bukan rezeki banget..

    BalasHapus
  34. Berburu buku di BBW memang luar biasa. Aku kapan itu belum apa-apa nyerah dan akhirnya titip teman-teman yang berhasil masuk. Kayaknya next mau terapin tips di artikel ini aja deh.

    BalasHapus
  35. Aku belum pernah ke BBW nih meski udah beberapa kali diadain di banyak kota termasuk di jabodetabek...huhuhu kasihan deh akuh

    BalasHapus
  36. Serunyaa BBW perdana di Jogja ya Mbak.. aku nungguin sesi mereka di Surabaya nih, kok luamaaa banget ��

    BalasHapus
  37. Bbw emang surganya pecinta buku ya mbaaa. Di jogja juga ga kalah rame dengan yg di bsd yakk ternyata. Warbiasa dehh 😍

    BalasHapus
  38. Event BBW ini bener-bener bikin mupeng pecinta buku banget ya. Untuk masalah bawa-bawaan koper emang biasa dipakai sih apalagi buat para jastip.

    BalasHapus