Lakukan 11 Cara Ini Untuk Meningkatkan Traffic Website - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Jumat, 16 Agustus 2019

Lakukan 11 Cara Ini Untuk Meningkatkan Traffic Website

Cara Meningkatkan Traffic Website

Meningkatkan Traffic Website

Assalamualaikum Sahabat. Lakukan 11 Cara mudah untuk Meningkatkan Traffic Website kamu. Karena buat apa coba nulis artikel dan menayangkannya di website kalo bukan untuk dibaca jutaan pengunjung.

Eciyeee jutaan pengunjung niiiyyy.

Tapi bener juga yak, harapannya artikel kamu kan pengennya dibaca jutaan pengunjung. Saya pernah menuliskan, bagaimana blogpost setiap hari dipublis dari seluruh web di dunia. Sehari ada berjuta konten postingan yang berebut perhatian dari ratusan juta mata pengunjung di fitur pencarian Google.

Apalagi kalo kamu pemilik website yang memasang adsense untuk menjaring dolar. Pengunjung yang banyak berkunjung otomatis diharapkan ngeklik iklan yang kamu pasang, kaaan? 

Atau kamu adalah pengusaha bisnis online yang menggunakan website sebagai tempat mempromosikan produk. Pasti kunjungan calon konsumen sangat kamu harapkan.

Ada banyak langkah yang bisa dilakukan oleh pebisnis online untuk meningkatkan traffic website nya. Enggak hanya promosi di sosial media, tapi ada beberapa langkah yang harus dilakukan agar pengunjung datang ke website kamu.


Berikut ini 11 Cara Untuk Meningkatkan Traffic Website :

Meningkatkan Traffic Website
Pict by Pexels


- Riset Keyword

Saya pernah menuliskan langkah pertama ini juga saat sharing tips mengoptimalkan website dengan SEO. Nah saya tulis lagi Riset Keyword dan menempatkannya di urutan pertama karena, langkah ini penting banget dilakukan.

Riset keyword ini memudahkan kamu untuk membuat konten yang paling sering dicari para pengunjung situs. Langkah ini juga untuk memahami kebutuhan para pencari berita, melacak keberhasilan konten, serta berusaha meningkatkan pengunjung website. Semua ini tentunya bermuara dengan meningkatkan trafik ke situs kamu.

Ada beberapa pilihan tool yang bisa kamu gunakan untuk melakukan riset keyword. Seperti KWFinder, SEMRush, dan Google Keyword Planner. Nah, selama ini saya selalu menggunakan tool Google Keyword Planner.  

Untuk lebih jelasnya, baca yuk :

9 Langkah Optimasi Website dengan SEO


- Gunakan Long Tail Keyword

Ada yang pernah menuliskan bahwa kata kunci jenis short tail cenderung memiliki volume pencarian tinggi. Namun kata kunci pendek juga memiliki persaingan yang tinggi pula. Untuk memenangkan persaingan di short tail keyword biasanya lebih sulit karena hampir semua website menargetkannya.

Langkah cerdas yang bisa kamu lakukan adalah dengan penggunaan long tail keyword. Long tail keyword adalah kata kunci yang terdiri lebih dari tiga kata. Misalnya, cara optimasi website, atau Tips SEO Sederhana.

Jenis kata kunci ini tingkat persaingannya lebih rendah. Kamu bisa menjadikan long tail keyword ini sebagai pilihan dengan target yang lebih tinggi. 

 - Pilih Judul Yang Menarik

Selalu ya kalo pilihan judul yang menarik bakal menjadi magnet bagi pencarian di Google. Pengunjung selalu tertarik dengan judul yang bombastis. Tentunya harus sesuai ya antara judul dengan isi artikelnya. Jangan sampai pembaca website kecewa dengan ketidaksesuai judul dan isi artikelnya.

Jangan lupa, sertakan keyword dalam judul yang kamu tentukan. Ini salah satu teknik SEO yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan traffic website.

- Tambahkan Visual Yang Menarik

Artikel yang menarik bukan hanya pilihan kontennya. Namun juga adanya visual sebagai satu elemen penting dalam artikel. Ada kan banyak pengunjung website yang segera meninggalkan artikel begitu melihat tampilannya membosankan. Karena tidak adanya visual yang menarik.

Banyaknya pengunjung website yang langsung meninggalkan website atau blog bikin menaikkan bounce rate. Bounce rate menjadi salah satu faktor penilaian Google di hasil pencariannya. Bounce rate yang tinggi menandakan konten kamu tidak cukup membantu pembaca. Akibatnya ranking website menurun di hasil pencarian dan traffic pun menurun.

Tentunya kamu bisa menambahkan visual menarik di artikel blog. Seperti infografik, foto, atau gambar ilustrasi. Visual menarik tidak hanya membuat pengunjung lebih betah membaca, tetapi juga membantu mereka memahami konten yang kamu tulis. Saya biasanya pakai gambar milik sendiri, atau dari stok foto gratis di Pexels.

Meningkatkan Traffic Website

- Tambahkan Video Pendukung Artikel

Artikel panjang katanya disukai Google, meski akhir-akhir ini oleh pakar SEO lain menampiknya. Namun menulis artikel panjang kalo relevan masih tetap dicari. Agar tidak bikin bosan pengunjung website, sisipkan video yang mendukung artikel kamu.

Saya biasanya posting video terlebih dulu di channel Youtube, baru menyisipkan di dalam artikel di website.

- Pasang Tombol Share Media Sosial

Nah, salah satu cara agar semakin banyak pembaca yang membagikan artikel blog di media sosial, pasang tombol share media sosial di website. Langkah ini untuk memudahkan pengunjung berbagi website kamu. 

Salah satu caranya adalah dengan menambahkan tombol share di semua artikel blog Anda. Terdapat berbagai macam pilihan tombol share media sosial yang dapat kamu gunakan.


- Pasang Plugin Newsletter

Kadang kamu suka mendapat kiriman di email tentang penawaran promo suatu produk dari toko online, kan?

Nah mereka mengirimkan pesan penting ke email kamu, karena dulunya pernah menulis alamat email untuk meminta info dari toko online ini. Nah, kamu bisa pula melakukan langkah serupa. Pasang plugin newsletter untuk mendatangkan kembali pengunjung menuju website awal. Mereka akan subscribe newsletter dengan isian alamat email. Pasang plugin ini bisa dilakukan di hosting Indonesia yang lebih mudah dan murah.

Dengan mendapatkan email, kamu bisa mengirim kepada subscriber email newsletter tersebut berupa artikel, produk, promosi dan lainnya. Ini bisa menjadi cara yang tepat untuk meningkatkan trafik website bisnis kamu.

- Ikut Komunitas Blog Walking

Bagi blogger yang mengandalkan konten website nya, gak ada ruginya juga menjadi member komunitas blogger. Biasanya ada hari tertentu bagi member untuk sharing artikel terbaru di komunitas tersebut.

Yang sedang ngehits adalah WAG blog walking komunitas atau memang diadakan oleh sesama blogger. Tentunya ada maksud tertentu agar kolom komentar bisa ramai dan menjadi ajang diskusi tentang topik yang dituliskan.

Meski awalnya dulu suka blog walking karena ingin mengenal lebih dekat teman blogger di Indonesia. Namun ikut grup Blog Walkng ternyata menyenangkan juga. 

- Website Responsive

Setiap hari ada jutaan blogpost yang masuk dalam daftar pencarian pengunjung di Google. Dan yang paling banyak adalah pengunjung mengakses website menggunakan ponsel pintar.

Jadi pastikan aja bahwa website kamu bisa diakses oleh setiap pengunjung. Jadi website kamu bisa dengan mudah diakses dari laptop maupun smartphone tanpa kesulitan. Kamu bisa menggunakan template yang ramah dengan menggunakan hosting murah di QWords.

- Sisipkan Link Internal Website 

Saat membuat dan mempublikasikan content, pastikan kamu gunakan kesempatan yang ada untuk menyisipkan link internal. Jadi ketika kamu membaca artikel di salah satu website, ada link yang kalian klik membuka artikel lain di website yang sama. Itu adalah link internal yang disisipkan dari website itu.

Ini juga bisa meminimalkan bounce rate, karena pengunjung berlama-lama di website kamu. Ini juga menjadi keuntungan lain, nggak hanya meningkatkan trafik pengunjung. 

Contohnya seperti ini :

Silahkan baca artikel : Cloud Hosting Mendukung Bisnis Online

- Share Link Artikel di LinkedIn

LinkedIn bukan hanya sebagai tempat untuk menemukan pekerjaan baru. Jaringan sosial profesional terbesar di dunia saat ini merupakan platform publishing yang berharga.


Saya dulu rajin sharing content ke LinkedIn secara rutin begitu artikel tayang di website. Ini juga merupakan cara jitu untuk meningkatkan traffic website kamu. Nah, kenapa sekarang jarang sharing di LinkedIn? Banyak lupanya saya, hihiii. Meski sesekali tetep masih sharing di media sosial ini.

Nah, itu yang biasanya saya lakukan untuk meningkatkan traffic website. Pasti senang dong kalo traffic website meningkat dan banyak pengunjung. Jadi makin rajin juga menulis artikel dan post di website. Terlebih kalo artikel yang saya tulis bisa menjadi manfaat bagi pengunjung website.

Mungkin kamu bisa juga melakukannya, atau punya tips lain yang belum ada di atas? Sharing aja di kolom komentar, teman-teman. Saya bakal menambahkannya di artikel ini. Terima kasih, wassalamualaikum.

18 komentar:

  1. Linkedin ini mayan efektif utk nambah traffic ya Mak?
    Mau aku optimize lagi ahhh akunku
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  2. Nah, punya akun tapi kurang paham main linkedin hihihi
    Saya juga udah mulain masukkin video youtube di artikel, kak. Mayan, pengunjung web dapat, pengunjung youtube juga dapat.

    BalasHapus
  3. Penting nih. Sukanya nulis ya nulis aja, sering males share. Jadinya udah lama ngeblog tapi traffic masih segitu2 aja. Kudu semangat lagi :)

    BalasHapus
  4. Saya masih suka kurang tekun riset keyword nih, Mbak. Kayaknya harus lebih disiplin lagi

    BalasHapus
  5. Aku musti rajin - rajin nih terapkan langkah - langkah SEO ini. Banyak lupanyaaa teh hehehe

    BalasHapus
  6. Ajiib baneget ini.. kalo semuanya.. ke 11 nya dilakukan secara konsistenkhasilnya pasti jozjbanget loh mba. Aku meluu ah

    BalasHapus
  7. Riset keyword tuh hrs diingetin terus sama suami aku..begitu nanya2 pasti ditanyain keyword yg mau umi tulis apa..baru gelagapan .. kelupaan padahal sdh nulis panjang kali lebar hahaha

    BalasHapus
  8. Wah... Banyak ya yg bisa dioptimasi untuk meningkatkan traffic website kita.
    Jadi pingin terus belajar nih

    BalasHapus
  9. Beberapa tips yang ada di atas udah aku coba. Ada beberapa yang belom, dan kadang lupa. Kudu mulai diinget nih tiap kalo posting artikel. Biar traffic rameee :D

    BalasHapus
  10. Baru beberapa hari ini aku galau soal menurunnya traffic blog, jadi sedih sih. Alhamdulillah dapat tipsnya di sini, makasih banyak kak sharingnya

    BalasHapus
  11. Ealaahh... aku tuh punya LinkedIn sudah dari jaman tahun baheula mba, malah ga kepikiran untuk sharing artikel. Kupikir hanya untuk sarana kenal dengan para pekerja lainnya. Dulu bikin LinkedIn juga pas masih jaman awal-awal kerja hihiii...

    BalasHapus
  12. Wihiiyy makasih sharingnya mba. Aku udah ikutan grup BW dan share di sosmed. Tinggal jalanin option lainnya nih.

    BalasHapus
  13. Mau tanya donk, kak..
    Kalau embed dari IG kemarin katanya ada efeknya. Bener gak, kak...jadi gak terindeks google?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Katanya sih bikin loading nya agak berat. Karena bukan di bawah manajemem Google. Mending kasih video kita yang diambil dari channel Youtube dan sesuai dg artikel

      Hapus
  14. Iya mbak kerasa sih artikel yang d-SEO-kan dengan yang gak?Kalay ada keyword khusus biasanya tanpa banyak diikutkan BW atau share2 dia akan naik sendiri bahkan evergreen :D

    BalasHapus
  15. Asyiiik makasih tips SEO-nya yaa Mbak. Aku tuh masih kesulitan membuat judul yang menarik. Kadang cari inspirasi dari website yang viral.

    BalasHapus
  16. Share link tulisan di LinkedIn ini nih yang masih sering lupa, hehehe... kebanyakan share di twitter dan facebook aja sih...

    BalasHapus
  17. Keren nih tips buat ningkatin trafik blog. Mau coba satu-satu ah biar kunjungan ke blog saya juga meningkat. Terima kasih sudah menuliskannya ya kak

    BalasHapus