Bersenang-Senang di D'Pongs Wisata Alam dan Petualangan di Gunung Pati Semarang - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Saturday, 29 September 2018

Bersenang-Senang di D'Pongs Wisata Alam dan Petualangan di Gunung Pati Semarang

Wisata Alam D'Pongs
Picture by Erina
Assalamualaikum Sahabat. Bersenang-Senang di D'Pongs Wisata Alam dan Petualangan di Gunung Pati Semarang. D'Pong seperti tagline nya, boleh dibilang juga menjadi wisata keluarga yang terletak di lereng Gunung Ungaran. 

Kalo kalian ingin menikmati petualangan di D'Pongs, datang aja rame-rame. Bersama teman-teman kerja, teman se-genk saat ngampus, atau ngajakin keluarga agar suasana jadi seru dan ramai.

Seperti yang saya lakukan bersama dengan beberapa teman kemarin. Dari landmark Sam Poo Kong, kami berangkat bersama menuju D'Pongs di kawasan Desa Pongangang, Gunung Pati, Semarang.

Tentang D'Pong, Wisata Keluarga

Nama unik D'Pongs sendiri diambil dari nama desa setempat, yaitu Desa Pongangan. Juga agar anak kecil bisa dengan mudah mengingat dan menyebut nama D'Pongs. 

D'Pongs merupakan wahana wisata keluarga yangmemiliki lahan total seluas 4 hektar. Sementara ini baru sekitar 1,5 hektar yang sedang dalam tahap pengerjaan untuk wahana kolam renang dan jalur off road.

Begitu memasuki lahan parkir, kita akan disambut dengan tulisan berwarna orange cerah : D'Pongs, Wisata Keluarga. 


wisata alam
picture by Erina

Tiket masuk sebesar 5 ribu rupiah. Dan itu sudah termasuk bonus air mineral untuk bekal berpetualang bersama keluarga.

Saya langsung jatuh cinta begitu menginjakkan kaki di wahana wisata keluarga ini. Pepohonan masih tumbuh menjulang tinggi. Sebagian kayaknya pohon Durian, karena terlihat buahnya yang masih muda saat saya mendongak ke atas.

Angin sejuk sesekali berhembus, mengusir gerah yang terbawa dari Semarang bawah.

Semarang itu unik, memiliki dua kawasan yaitu wilayah bawah yang dekat dengan laut. Dan wilayah atas yang merupakan kawasan perbukitan dan dekat dengan gunung Ungaran.

D'Pongs yang terletak di kawasan gunung Pati berada di ketinggian. Ibu Lia, owner D'Pongs menuturkan bahwa Rumah Pohon nantinya bisa untuk menikmati pemandangan. Kalo menatap bagian utara, pengunjung bisa menyaksikan kawasan pelabuhan dan laut Semarang. Sementara bila pengunjung menatap ke Selatan, akan tampak Gunung Ungaran.


Sebuah tempat yang tentunya bisa menjadi pengunjung relaks bersama keluarga. Karena tak hanya wahana permainan, di D'Pong juga sesekali diadakan kegiatan wisata budaya. Bahkan D'Pongs juga membuka lebar ajakan kerjasama bila ada yang ingin mengadakan lomba fashion show, lomba menari, ataupun lomba mewarnai. Terdapat anjungan yang cukup luas untuk tempat gelar acara lomba.

Fasilitas seperti toilet, mushola dengan mukena dan sarung, sajadah, serta kedai tersedia di lokasi. Jadi kalian nggak perlu bawa bekal dari rumah. Karena ada ketentuan larangan untuk membawa makanan dan minuman bila ingin menikmati wahana di D'Pongs.

Kedai yang berjajar rapi dikelola oleh D'Pongs dengan memberdayakan warga desa Pongangan. Jadi jangan cemas karena harganya pun wajar. Jenis makanan yang ditawarkan juga beragam dan kekinian.

Apa Saja Sih Wahana Wisata Alam dan Petualangan yang ditawarkan D'Pongs?

Terus terang ini adalah kedatangan saya yang pertama kali. Jadi saya sempat ragu dengan jenis wahana petualang yang bisa dicoba. Apa iya wahana petualangannya cukup banyak? Bagaiman pula dengan wisata alamnya? Penasaran dong, wahana apa aja sih yang ditawarkan D'Pongs?

Daaaan ... ternyata, banyak bangeeeet!

Beberapa Wahana Permainan yang sempat kami coba kemarin adalah :

Hammock Tower

Saya agak telat gabungnya karena asik foto bagian depan, jadi nggak tahu cara menaiki hammock tingkat kedua dan ketiga.

Karena ternyata nggak semudah seperti tutorial yang ditunjukkan si mas penjaga. Yaitu melakukan teknik terbalik dengan konsen dan fokus. Jadi hati-hati kalo menaiki hammock, karena kalo salah teknik bisa terjatuh dan terkilir.

Jadi ketika akhirnya Diko bisa naik dengan cara mengaitkan kedua tangan dan diikuti kakinya ke atas hammock, langsung dapat tepuk tangan.

Saya sendiri memilih hammock di bagian terbawah. Tinggal duduk dan memosisikan rebahan aja, udah kelar deh. 😉



Rebahan di hammock gini baru saya nikmati di D'Pongs. Semilir angin yang berhembus, bikin mata saya mengantuk. Menikmati udara pegunungan yang sejuk, bisa saja saya tertidur karena lokasi hammock di bawah rimbunnya pepohonan.

Archery


Bergaya bagai ksatria dengan peralatan memanah, sudah pernah saya lakukan. Namun karena jaraknya cukup lama, saya pun lupa gimana cara memanah, hahahaa.

Mata saya sudah fokus dengan membidik sasaran. Namun apa daya, anak panah pertama malah melenting ke bawah dekat kaki. Kemudian saya ulang lagi. Dan tarikan tangan saya mengantarkan anak panah melenting jauh melampaui sasaran panah. Semoga nggak hilang deh, kasihan si mas yang mendampingi kami. Mesti lari-lari mencari anak panah yang menghilang.

Mini Trail dan ATV

Sebenarnya saya nggak tertarik nyoba permainan ini. Saya lebih suka main bom-bom car di mall, hahahaa. Jalannya kan rata dan bagus. Nggak kayak naik Mini Trail atau ATV yang lokasinya berupa tanah yang tidak rata.

Namun menyaksikan teman-teman saya menaiki Mini Trail dan ATV, saya pun tergoda. Akhirnya nyoba naik ATV. 

Di sinilah dibutuhkan kecermatan menguasai ATV yang saya naiki. Fokus saya seperti mengendarai motor. Satu kaki masih di bawah, sementara yang benar adalah fokus pada jempol kanan untuk mencet tombol gas.



Ngegas pun nggak boleh asal, harus dengan perasaan. Iyaaa, bawa perasaan deh mestinya. Dan harus fokus juga kapan harus belok kanan atau kiri. Akhirnya selama naik ATV, saya ngakak tak berkesudahan. Karena control antara pengen ngegas, belok, dan melihat medan itu susah jeeeuung.

Pengen ngegas, malah tangan kanan saya memuntir setang kanan. Hahaha, nggak ada fungsinya lah. Karena tombol gas ada di bagian dalam setang kanan.

Tapi serunya tuh karena saya masih konsen pengen ngegas, di belakang saya ada ATV milik Diko yang maunya jalan terus. Jadi selama seseruan di wahana Mini Trail dan ATV, kami ngakak tak berkesudahan.

High Rope

Bahkan saya nggak punya kesempatan nyoba wahana High Rope dan Horse Ridding. Karena oleh mas-mas yang menemani kami selama di D'Pongs, petualangan High Rope dibagi dalam dua kelompok.

Tiap kelompok terdiri dari lima orang. Jadi akhirnya kelompok pertama yang sudah siap dengan perlengakapan pengamanan, seperti carabiner dan harness.

Ada mba Ika, emak setrong, juga Mara Soo, Handiko, Dini Lintang, dan Zain. Sementara saya, Erina, Mba Untari, Koko, dan Nia, menanti giliran selanjutnya. Tapi etapi, karena udah sore, kami pun gagal ikutan High Rope. 

High Rope di D'Pongs terdiri dari meluncur ala flying fox dengan jarak pendek. Kemudian melangkah di atas papan, melintasi seutas tali, melewati jaring laba-laba. Seru nih, saya jadi pengen nyoba kapan-kapan. Permainan seperti ini sudah pernah saya ikuti saat masih kuliah dan mengikuti pendidikan latsarmil di Magelang.

Extreme Flying Fox

Usai memainkan High Rope, kami beranjak menuju lokasi menara untuk wahana Extreme Flying Fox. Flying Fox dengan ketinggian yang bikin adrenalin terpacu kencang.

Kelima teman kami sudah siap di atas. Sementara yang lain kebagian mengabadikan pengalaman mereka via kamera.

Saya pernah uji adrenalin serupa di Sidomukti. Jadi kembali saya penasaran seperti apa rasanya uji adrenalin di D'Pongs.

Feeding Deer & House Ridding

Nggak hanya wahana permainan yang bisa pengunjung nikmati selama di D'Pongs. Kemarin saya dan teman-teman sempat berkunjung di beberapa kawasan wisata alam. 

Terdapat  kebun binatang mini yang berisi rusa. FYI, Rusa yang ada di sini awalnya cuma ada 2 ekor. Rusa ini pemberian dari bapak Jokowi, yang tadinya ada di Istana Bogor. Ternyata krasan juga menghuni di D'Pong hingga beranak pinak.

Saya dan teman-teman bisa memasuki area kandang dan berinteraksi langsung dengan memberi makan rusa. 

Lucunya adalah mulut Rusa itu mendongak ke arah kita. Matanya menatap si pemberi seakan-akan memohon untuk tidak berhenti menyuapinya. Hahahahaa. 

Dari takut-takut hingga penasaran, bikin kami berseru tiap kali makanan, yaitu potongan singkong berpindah dari tangan kami ke mulut rusa.

Sementara yang lain istirahat, Dini Lintang dan Diko nyoba berkuda. Dengan didampingi petugas yang setia di samping kuda, mereka berdua mengelilingi kasawan wisata alam.

Paintball


Wahana terakhir yang kami coba adalah Paintball. Arti sebenarnya adalah main perang-perangan. Huwaaa, kembali jadi anak kecil deh. Main sambit-sambitan pakai peluru biji-bijian. Hayoooo, siapa yang dulu sering main ini?!

D'Pongs memiliki koleksi senjata Paintball terbaik dan paling canggih di Jawa Tengah. Senjata seberat antara 2 kg itu memang terlihat keren di tangan kami, sang pemburu tangguh.😁

Kami juga mengenakan pakaian khusus agar nantinya kalo kena peluru yang ditembakkan, tidak mengenai baju secara langsung.

Ada satu stel atasan dan bawahan berwarna hitam. Dengan rompi pilihan warna biru dan merah. Jadi nantinya kami dibagi dua kelompok, tim biru dan tim merah. Kemudian kami juga mengenakan helm pengaman agar bagian muka tidak terkena peluru lawan.

Hati-hati ya kalo main Paintball, jangan sampai melukai teman satu tim, hihiii.

Makan Siang dan Relaksasi

Nggak terasa udah beberapa jam kami bermain di semua wahana yang ada. Perut lapar udah mengajak untuk makan siang. Karena waktu itu pengen makan yang mengenyangkan, saya pun memilih nasi goreng. Porsi nasinya banyak dan bikin kenyang.

Kemarin saya sempat nyoba minuman yang merupakan produksi dari D'Pongs. Minuman yang ditawarkan ada beragam. Kalian bisa nyoba dan pilih sendiri ya. Ada rasa Choco Mint, Red Velvet, Chocolate, dan Green Tea. 



Saya langsung tertarik pengen nyicipi rasa Red Velvet. Ternyata setelah saya buka dan cicipi sedikit, ada rasa manis yang menyegarkan.  Luruh sudah lelah dan haus usai nyoba wahana bareng teman-teman. 

Bener deh, nyoba wahan permainan itu nggak terasa ketika tengah berlangsung. Yang ada adalah teriakan dan tertawa yang tak henti meluncur dari mulut kami. Tentu saja setelah itu tenggorokan jadi haus. Jadi minuman original milik D'Pongs ini cocok dijadikan penutup kegiatan selama eksplore di sana.

Jarum jam menunjuk pukul setengah lima sore. Ingatan tentang rumah yang kami tinggalkan seharian, memanggil pulang.

Rasa puas telah menikmati me time bareng teman-teman, mampu mengusir kejenuhan karena rutinitas pekerjaan. Pelayanan pegawan dan seluruh staf di D'Pongs sangat memuaskan kami. 

Bersenang-senang di D'Pongs sepertinya menjadi salah satu kegiatan yang bisa kalian coba bila sedang di Semarang. Datang yuk, dan coba langsung ya, Sahabat. Wassalamualaikum.  

38 comments:

  1. Semarang makin ramai dan banyak destinasi wisatanya, ya, Mbak. Baru tau D 'pongs ini. Sudah lama sekali tak menginjakkan kaki di Semarang. Banyak kenangan di sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, ayo ke Semarang dan main-main di D'Pongs, ajakin anak-anak. Nostalgia sambil liburan seru

      Delete
  2. Tiket masuknya terjangkau sekali, ya, 5000 sudah dapat air mineral juga, areanya juga luas, kayaknya puas deh seru-seruan di sana

    ReplyDelete
  3. Asyiknya yang lagi outbound.
    Saya tuh jarang banget berwisata alam kayak gini... Kalo liburan, lebih sering city tour, maklum...ada ABG yang malas kena panas lah, ada yang pengen shopping di mall lah, ada yang ogah ke luar kota lah, hihiii.
    Padahal wisata alam mengasyikkan banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sesekali ajak anak-anak ke wisata alam. Dari yang tidak suka semoga jadi favorit kalo udah merasakan kesenangannya

      Delete
  4. Ajak aku kesana mbak kalau mudik nanti :) duh aku belum mudik ke Semarang tahun ini mudah-mudahan akhirtahun ini bisa ke sana

    ReplyDelete
  5. Seru banget, kadang emang perlu ya main main out bond gini untuk emak emak like me. Ehhehehee, soalnya kek memanah, perlu fokus dan tangan yang kuat ya, masak saja butuh fokus dan kekuatan tangan. D'Pongs keren, lengkap dan asyik banget Mbak,

    ReplyDelete
  6. Bagussss... murah lagi tiket masukknya dan dapat bonus air meniral pula.

    ReplyDelete
  7. Aku pingin main paintball dan memanahnya...mahal nggak? Keduanya seru

    ReplyDelete
  8. Wah, tiket goceng dpt air minum. Mumer banget. Tempatnya seru pulaa. Pingin ngerasain hamoknya

    ReplyDelete
  9. wah tempatnya rekomended banget, banyak Wahana permainan yg bisa menguji adrenalin

    ReplyDelete
  10. Seru keliatannya ya mba.. besok kalo main ke semarang kudu sempetin ke sini ah :)

    ReplyDelete
  11. wha keren yaa makin banyak wisata outbound di jawa tengah, bisa buat ngabisin weekend bareng keluarga atau kolega

    ReplyDelete
  12. Kok aku kayaknya gak berani ya naik hammock. Takut kejungkal kebelakang. Tapi penasaran juga hehehe

    ReplyDelete
  13. wahhh seru yaa, Mba Wati. Buat orang-orang yang suka memacu adrenalinnya, sepertinya tempat ini cocok banget

    ReplyDelete
  14. waaah, Semarang sudah lama banget ga ke sini. Semoga suatu saat bisa ke Semarang lagi bareng keluarga besar. BTW seru yah mba...

    ReplyDelete
  15. Baru tauu mbak di Gunungpati ada kayak ginii. Pengen ke sana ah kapan-kapan. Seruu kayaknya

    ReplyDelete
  16. Ini aku lihat Mbak Hidayah sama Mas Handiko yang nyoba manjat hammock, di IG stories.... seruuuuuu!!!

    ReplyDelete
  17. Banyaaaak ya kegiatan yang menyenangkan buat anak-anak ya mba. Itu horse riding seruuu

    ReplyDelete
  18. Wah tiket masuknya murah ya hanya Rp 5000 tapi wisata alam kayak gini nih benar benar aku pengen tapi belum terwujud nih mba

    ReplyDelete
  19. Asyik, bisa piknik ngga jauh2 ya mba. Btw infokan harga2nya dong mba ��

    ReplyDelete
  20. Bisa banget nih jalan2 jarak dekat tapi tetap seru. Lumayan lengkap kalau buat main seharian

    ReplyDelete
  21. Konsep tempat bermain seperti ini emang lagi ngehits yaa... di tempatku jg ada 2 yg seperti ini.

    ReplyDelete
  22. pengennn.. Belum pernah nyobain paintball :D

    ReplyDelete
  23. Wow keren banget. Saya penasaran dengan ATV. Kayak apa ya mengendarainya di tempat seperti di foto di atas?

    ReplyDelete
  24. tiket masuknya... murah banget, apalagi masih dapat air mineral Btw baru tau berat senjata paint ball, lumayan juga ya...

    ReplyDelete
  25. Ahahhaha seru yaaa naik ATV! Minggu lalu aku juga sempat naik ATV di pantai. Ngeliat rang-orang naik ATV belok sana-sini tuh kayak enak banget, tapi pas nyetir sendiri, ya Allah gak kuaaattt :D :D

    ReplyDelete
  26. ucet deh mba tiketnya murasida bangetssss jadi pengen diajakin jg kesana mba haahaa

    ReplyDelete
  27. ihh ada hamooknya.. pengen ngerasaain itu hehehe

    Kereenn euy dengan HTM se-murah itu dapat pengalaman seruuuuuu.. semoga bisa kesini jugaa...

    ReplyDelete
  28. Wuah ada panahan sama paintball. Semoga bisa kesana sama keluarga :D

    ReplyDelete
  29. Wuih, seru. Tempat wisata yang kayak gini yang disukai anak-anak saya. Sayangnya DPongs jauh. :D

    ReplyDelete
  30. Wah seru banget. Noted. Kudu ke sini segera. Terimakasih infonya mbak ��

    ReplyDelete
  31. Serruu....seru niih...
    Liburan jadi banyak rasa.
    Hiihii...karena selama ini kalau liburan, cenderung milih tujuan area bermain.

    Kalau dikenalkan dengan alam, pasti lebih berkesan.

    ReplyDelete
  32. Wah Semarang makin banyak ya objek wisatanya

    ReplyDelete
  33. Paling suka sama wisata yang berbau alam.
    Meski hanya berjalan-jalan menikmati alam, mampu bikin perasaan nyaman bukan kepalang.

    Sudah selayaknya memang, kita beranjak dari rutinitas agar bisa menghasilkan karya penuh kreativitas.

    ReplyDelete
  34. mbak wati, ini tempatnya sebelah mananya unes mbak? duh jadi kangen gunung pati. pingin napak tilas ke sana

    ReplyDelete
  35. Kalo gitu kita ulang lagi yuk mainan high rope di d'Pongs :D

    ReplyDelete
  36. Wah jadi pengen ke sana kayaknya asyik buat keluarga ya mba makasih banyak artikelnya

    ReplyDelete