Make Up Flawless Yang Cocok Untuk Perempuan Usia 50 Tahun - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Friday, 14 September 2018

Make Up Flawless Yang Cocok Untuk Perempuan Usia 50 Tahun




Assalamualaikum Sahabat. Make Up Flawless Yang Cocok Untuk Perempuan Usia 50 Tahun ini bisa dipakai untuk menghadiri resepsi. Baik acaranya saat siang atau malam hari.

Menjadi tua itu pasti, asal berumur panjang. Ye kaaan?! Nah, menjadi tua namun tetap tampil menarik? Bisa dooonk.

Sebagai perempuan yang dulunya tomboi, saya jarang bersentuhan dengan alat make up. Memoles wajah bagi saya bukan hal mudah. Apalagi sejak belia saya juga jarang pakai lipstik. Bedakan aja kalo ingat. 

Duhhh ... gitu kok paksuami bisa tertarik sama sayaaah? Hahahahaa.

Jaman masih jadi mahasiswi, saya dan teman segenk pernah disindir sama dosen Bahasa Inggris. 

"Jangan beli bakwan sambel terus. Ditabung tuh duit jajannya buat beli lipen,"

Ya Allah, buuu ... duit jajan saya mah sedikit. Kalo ditabung ntar saya lapar. Jadi nggak konsen kalo bertemu ibu eh, mata kuliah Inggris.

Beranjak jadi pekerja di salah satu perusahaan swasta, saya mulai mengenal bedakan dan pakai lipstik. Itu pun kadang-kadang aja, kalo ingat. Hihiii.

Sebenarnya saya kurang suka pakai lipstick. Kesannya bibir jadi nggedibel. Kayak ada yang nempel, risih aja gitu.

Sejak bekerja pula, saya jadi sering dapat undangan resepsi nikah atau gathering perusahaan. Dari sepupu lah saya disuruh mulai belajar dandan. Dari yang dasar aja. Seperti pakai pelembab, bedakan, eyeshadow, dan lipstick.

Dandan Wajar Tanpa Terlihat Pakai Topeng

Ternyata dandan itu mudah kalo udah tahu trik nya. Tampil cantik saat-saat tertentu seperti pesta juga nggak harus dandan tebal. 

FYI, saya sering banget jadi among tamu ketika tetangga mantu. Terutama sejak menempati rumah yang sekarang, sekitar tahun 2010. 

Baru juga pindahan, udah diminta bantuan jadi among tamu. Sebagai tetangga yang baik, saya tentu saja menerima dengan agak berat. 

Bukan saya enggan menolong. Tapi saya paling nggak suka kalo wajah saya didandanin orang lain.

Bahkan saya paling nggak suka ketika ada yang make over wajah saya dengan riasan tebal. Saya merasa seperti menggunakan topeng muka. Make up terasa berat di muka saya. Trus hasil akhirnya juga kelihatan tua. 

Tahu sendiri kan, kalo jadi among tamu itu kesannya kerjaan ibu-ibu yang udah senior. Make up nya pun terkesan tebal untuk nutupi bopeng di wajah. Iyaa, kamu aja kali, Wat. *nutupinmukakayakkulitjeruk

Saya sering pesan pada tim rias agar make up wajah nya nggak usah tebal. Cukup yang tipis, enggak pakai cukur alis, enggak pakai bulu mata cetar badai.

Saya nggak peduli dianggap rewel karena banyak permintaan. 

Tips Make Up ala Saya Saat Kondangan

Saya paling suka kalo jadi among tamu tapi boleh make up wajah sendiri di rumah. Meski nggak pintar dandan tapi saya yang tahu model riasa muka seperti apa yang cocok untuk saya.

Beberapa waktu lalu saya sempat kondangan acara ngantenan saudara jauh. Kami seragaman dan asiknya adalah boleh dandan sendiri.

Kondangan pakai kebaya modern tentu pengen foto selfie dong. Maka, saya pun minta suami untuk foto dengan berbagai pose. Ada yang sendiri, dengan paksuami, dengan kakak sepupu, dan juga pengantinnya.

Salah satu foto saya unggah di Instagram. Lalu ... heboh deh jagad dunia maya saya. 


Dari beberapa komentar di post foto di Ig itu, banyak yang pangling lihat wajah saya. Hahahaa.

Ahhh jadi ge er karena ternyata bisa ya tampil syantiiik. Itu hasil make up ala saya. Ada yang bilang kalo make up saya flawless. Trus ada juga yang minta tips nya, agar bisa tampil cantik namun natural.

Saat saya memandang wajah di cermin, cukup kaget juga. Itu pun setelah melihat reaksi paksumi ketika pertama kali menatap hasil make up. 

Paksuami menyempatkan kerja dulu saat mau resepsi itu. Trus dia balik ke rumah mau persiapan mandi dan ganti baju. Begitu masuk rumah ... dueeeeeeng! Dia berdiri dan terdiam. 

Saya yang merasa ditatap jadi salah tingkah. 

Bukan ... bukan tersipu malu. Tapi saya salah tingkah karena merasa ada yang salah dengan riasan di wajah. Hahahahaa. Suwer, waktu itu saya langsung lari ke depan cermin karena penasaran dengan tatapan terdiam paksuami.

Ahhh, setelah saya bercermin dan merasa tidak ada yang aneh, lega deh. Trus saya nanya pada suami, mengapa dia bengong menatap wajah istrinya yang udah tua ini?!

"Kamu belum pernah dandan secantik ini,"

Duuuhhhh, jawaban yang bikin saya melayang sesaat.

Meski senang namun saya bukan termasuk perempuan yang gampang menerima pujian. 

"Aku cuma pakai bedak sama ini, sama ini..." Saya menunjuk sembarang pada perlengkapan ngelenong yang jarang terpakai.

Sebenarnya saya nggak pede sharing cara make up yang flawless. Apalagi saya nggak pernah ikut kelas kecantikan. Tapi karena ajakan untuk sharing dalam rangka #KEBLoggCollab yang bikin saya mesti pede melanjutkan artikel ini.


Langkah-Langkah Make Up Flawless :



Pelembab Dasar Make Up

Sebelumnya saya bersihkan wajah dari kotoran karena debu dengan menggunakan pembersih dari Luvital. Illuminating Facial Gentle Cleanser ini memiliki kandungan soft peeling gel yang mampu membersihkan wajah dari sisa make up, debu, dan kotoran lain. 

Saya memilih Luvital Facial Gentle Cleanser juga karena efek setelah pemakaian terasa ringan. Wajah pun jadi siap untuk didandanin.

Yang pertama adalah dengan menggunak an Pelembab Wardah Lightening Daycream step 2. Saya aplikasikan secara merata di seluruh permukaan wajah. Cukup tipis sih pemakaiannya. 

Langkah berikutnya saya menggunakan Foundation Wardah. Saya hanya menggunakan sedikit dan meratakannya ke seluruh wajah. Sambil ditepuk-tepuk dengan menggunakan ujung jari tengah dan jari telunjuk.


Kombinasi Alas Bedak dan Bedak Padat


Setiap hari saya biasanya cukup mengenakan Wardah Luminous Face Powder. Bedak tabur ini sangat saya sukai karena ringat di wajah. Nah, untuk lebih merapikan rias dasar di wajah, saya kombinasikan dengan Wardah Luminous Compact Powder nomer 4 yang Natural.

Karena nggak ingin terlihat tebal dan berat di wajah, saya mengaplikasinnya tipis namun merata.

Riasan Mata dengan Warna Natural

Untuk riasan bagian mata memang sebenarnya menjadi pemikat tersendiri. Saya pun mengakui hal ini. Terlebih saya memiliki kekurangan di bagian kelopak mata. 

Namun saya juga memiliki kelebihan di bagian alis yang tidak membutuhkan riasan berlebihan. Modal alis yang lebat, bagi saya cukup dengan merapikannya. Namun saya masih suka mengoleksi Eyebrow Pencil. Biasanya saya gunakan untuk menambah volume alis bagian ujung. Cuma sedikit sih, tapi lumayan bisa jadi rapi alisnya. Tapi sebelumnya saya rapikan dulu dengan menggunakan sikat alis.

Nah untuk memulas kelopak mata dengan Eyeshadow, saya sukanya warna-warna netral. Seperti coklat muda, warna tanah, pokoknya agar tidak terlihat pucat saja sih. 




Untuk eyeliner, saya jarang menggunakannya. Kalo pun saya pakai, biasanya ketika kondangan malam hari. Karena riasan mata untuk malam hari mesti lebih tegas lagi. 

Seperti juga penggunaan mascara yang bagi saya cukup penting. Saya suka maskara produk Wardah, Ultima II, dan Maybelline. Namun memang saya lebih sering membeli mascara Maybelline. Dibanding Ultima II yang harganya nyaris dua kali lipat harga mascara Maybelline, hahahaa.



Maybelline seri Express Hypercurl Mascara ini saya sukai karena aplikatornya simpel. Seperti model sisir namun yang tertulis di kotak kemasannya, mengklaim bisa lima kali menebalkan bulu mata. Juga mampu melentikkan bulu mata hingga terlihat alami.

Koleksi Maybelline saya yang sebelumnya adalah seri Maybelline Volum' Express The Colossal. Model aplikatornya melengkung dan gampang bikin lentik bulu mata.  

Agar Sempura, Pulas Wajah dengan Perona Bibir dan Pipi


Langkah berikutnya adalah memberikan perona pipi. Biasanya saya menggunakan perona pipi tipis-tipis aja. Kemudian saya juga menyapukan sedikit eyeshadow di tepi hidung yang kiri dan kanan. Kemudian saya sapu menggunakan kuas perona pipi.

Langkah terakhir adalah memulaskan Wardah Lipgloss yang setiap hari selalu saya pakai. Jadi meski nggak keluar rumah saya selalu memulaskan di bibir untuk memberikan nutrisi dan melembabkan bibir agar tidak pecah-pecah.

Baru setelah itu saya memulas bibir dengan Wardah Intense Matte Lipstick nomer 60. Dan saya tambahkan lagi pakai Wardah Exclusive Lipstick nomer 32 Sheer Brown. 

Daaaan ... ini lah tampilan saya yang bikin paksuami pangling pada istrinyaaaah 😄


Udah tahu kan ya, mana before mana after

Nggak ada yang ajaib sih sebenarnya. Mungkin karena saya memang jarang dandan komplit meski kondangan. Kadang malah malas aja pakai eyeshadow. Apalagi kalo eyeshadow nya pas abis. Ini malas atau pelit?? Hahahaa. 

Saya memang kurang rajin juga belanja make up. Sekalinya beli make up juga lebih memilih warna netral. 

Kalo eyeshadow, saya masih lebih menyukai produk Wardah, Mustika Ratu, atau Pixy. Sementara kalo untuk lipstick, selain Wardah, saya suka produk dari brand Pixy, Ultima II, Revlon, atau Purbasari. Yang harganya lumayan mahal, saya simpan untuk saat tertentu.

Kalo melihat reaksi paksuami, juga komentar famili waktu kondangan hari itu, saya kudu lebih rajin lagi latihan dandan yang natural. Yang natural itu bisa jadi komplit namun memilih warna-warna yang pastel.  

Ah entah lah apa yang bikin suami saya pangling sama istrinya sendiri, hahahaa. Coba deh kalian kasih komentar yang bikin mata saya melek gitu. Agar terbuka juga pikiran saya untuk lebih aware dengan tampilan make up. Semoga cerita saya tentang make up flawless yang cocok untuk saya ini bisa bermanfaat. Aseliiii saya kurang pede cerita ini, hahaha. Wassalamualaikum.

Tulisan ini merupakan post respon dari Grup #KEBlogging Butet Manurung terhadap tulisan tentang Tips Make Up untuk Hari Raya dari Mak Edelyn seorang MUA sekaligus Blogger yang menulis di http://www.everonia.com  



Artikel yang sama untuk post respon dari Grup #KEBlogging Butet Manurung bisa juga dibaca di bawah ini :

Ophi Ziadah : 4 Item Kosmetik Yang Setia Saya Pakai

30 comments:

  1. Eeaa.. Mantap memang hasil polesannya ��

    ReplyDelete
  2. Hahaha.aku ngikik ngebaca saran dosen nyuruh beli lipen. Mirip dosenku dulu yang nyuruh mahasiswinya touch up sebelum kuliah biar fresh kuliah siang. Btw. Mba mah emang syantiek. Dipoles makin kece hhe

    ReplyDelete
  3. Penting banvet nih dandan fawles taoi ga kaya topeng. Harus belajar banyak nih

    ReplyDelete
  4. Mbaa, aku juga suka kalau dandanan flawless gitu mba. Jadi klliatan segar dan simple ya mba. Aplagi produknya mudah diperoleh pula :)

    ReplyDelete
  5. Mbaaa...aku nyontek tips nya ya..secara aku pengen syantiek seperti mba tapi ga bisa dandan..hihi.. TFS Yo mba..

    ReplyDelete
  6. Mba usianya udah 50an? Keliatan awet muda lho. Dan emang beda banget waktu dandan dan tidak.

    Btw, sama donk kita, masih aktif di #KEBloggingCollab. Saya dari grup Raisa ��

    ReplyDelete
  7. Galfok sama Foto mbanya Manis bangeeettt... thanks tipsnya mba mau nyobain jugaaa.

    ReplyDelete
  8. Duuhh jadi pengin belajar mekap juga nih. Secara dulunya tomboy dan sekarang cuma tau alat lenong sedikit ajah.

    Udah gitu belom berani coba2 ngegambar muka sendiri 😂

    Btw hasil dandannya manis mba 👍

    ReplyDelete
  9. Cantik hasilnya Mbak. Saya juga lagi pengen belajar make up flawless nih, Mbak. Paling gak kalau datang ke acara formal jadi bisa dandan sendiri, lah

    ReplyDelete
  10. Hihihi.. toss kita mba, kuliah mah kenalan dengan kuliner yah hihi, kenal bedak dan lipen semenjak kerja itupun tuntutan kerjaan..

    wahh inimah awet mudaaa namanyaaa.. lovee bangettt

    ReplyDelete
  11. cantik beneran kok mbak dan ga terlihat lebay. Suka deh so natural!

    ReplyDelete
  12. MasyaAllah, dasarnya udah cantik, kalo dandan ya jadi tambaaaaahh cantiknya.

    ReplyDelete
  13. Mbaa, ajarin aku dong dandan yqng benerr. Pangling ih liat before afternya

    ReplyDelete
  14. Sebagai perempuan yang dulunya tomboi, saya jarang bersentuhan dengan alat make up...

    Tosss mba, ngantor make up langsung jerawatan. Aku pake bedak juga baru-baru ini sih, dulu hanya daily cream dan lipstik. Btw cantiiik itu fotonya pakai baju merah

    ReplyDelete
  15. wah bisa aku share ke ummi dan tante2ku inih ,, baguss deh before afternyaa

    ReplyDelete
  16. Dengan dandan mba ikut menjaga kecantikan diri sendiri, hadi look fresh and young... Wah mba pecinta wardah juga sama donk

    ReplyDelete
  17. pinter dandannya, langsung lari ke depan cermin, hehehee saya bacanya sembari senyum senyum dan malah ikut tersipu manja. Produk produk wardah yang dipakai, says juga pakai Mbak, bedak taburnya bikin nyerep keringet kalau di saya

    ReplyDelete
  18. Sepakat bagi org yg mengatakan.petemouan itu harus cantik. Ya.. namanya juga perempuan ya, identik dengan keindahan. Makasih sharenya ya mba, aku juga suka dandan hahahaa... dan, produkx ini aku save duku deh. Ntar jelang 50 mau pake yg ini. Terilhat di fotox mba cantik sekali...

    ReplyDelete
  19. Iya mbak, flawless banget, cantiknya ala2 no make up gitu. Aku mau belajar ah :)

    ReplyDelete
  20. Memang udah cantik dari sananya :))
    Wardah juga andalanku, foundienya gak gampang meleleh buat dibawa piknik hehee

    ReplyDelete
  21. Wah iya Mba. Bikin pangling tp ga berlebihan apalagi menor. Seumur2 dirias cm berapa kali ya, 4x. Dan cm 1 yg saya suka, yaitu pas jd penganten hehe. Yg 3 lainnya, 1 pas msh smp jadi penjaga buku tamu. Tp msh mending. 2xnya pas dirias pas adik ipar nikah, dan saya ga suka banget sama hasilnya. Cm krn ga enak sm adik aja. Kelar acara lgs buru2 sy hapuss.

    ReplyDelete
  22. Penting banget step by step ini buat ak Mba Hiday. Apalagi yang masih belajar make up kaya aku ini. Makasih banyak tipsnya lho Mba.

    ReplyDelete
  23. Gak dandan itu paling nikmat...kok memang, mba.
    Hahhaa...saya juga gak bisa dandan.
    Lalu mulai merhatiin biuty blogger youtube saat kasih tutorial.

    Lama-lama bisa, dikit-dikit...
    Tapi tetep yang paling nikmat adalaaah tampil jadi diri sendiri.
    hihii...

    ReplyDelete
  24. Make upnya bagus mbak, pantes pada heboh hehe. Mungkin jg mereka jarang lihat mbak makeupan jd pas dandan pangling. Btw kalau ada tutorial videonya makin oke tu mbak :D

    ReplyDelete
  25. Hahahahaha pakdhe bisa aja ngegombalnya aku ngikik ki mbak bacanya. Tapi mbak Wati cantik kok

    ReplyDelete
  26. aku suka liatnya mbak...natural banget make upnya..

    ReplyDelete
  27. Samaan mba kita mba. Haha kadang merasa bedak lipstik sama alis sdh cukup padahal sekali2 komplit selain bikin suami senang jg nyenangin diri sendiri

    ReplyDelete
  28. Cakeepp. Saya jg jarang bgt make up kumplit, apalgi eyeshadow, sya blm berhasil2 bikinnya...hiks

    ReplyDelete
  29. Aaahh besaaaannn....cantiknyaaa... Pantes paksuami sampai terkaget-kaget gitu. Soalnya dirimu kan jarang dandan ya mba.

    ReplyDelete