6 Atraksi Wisata Seru dan Tidak Biasa di Manila - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Senin, 10 September 2018

6 Atraksi Wisata Seru dan Tidak Biasa di Manila


Picture by common. wiki
Apa kabar Sahabat? 6 Atraksi Wisata Seru dan Tidak Biasa di Manila ini, sudah lama menjadi destinasi impian yang ingin saya kunjungi. Meski hingga hari ini saya belum punya kesempatan kesana juga. Namun saya selalu update info tempat wisata yang unik dan menarik ini.
Manila adalah kota cosmopolitan yang tak ubahnya bunglon. Kota ini memiliki banyak kontras yang dapat ditemui dengan mudah di dalamnya. Namun bagi banyak orang, Manila kerap menjadi kota yang jarang dilirik. Alasannya dikarenakan segudang daya tariknya dikaburkan oleh berbagai masalah khas perkotaan di negara-negara berkembang.
Padahal kota ini memiliki budaya Gumbo, yang merupakan karakter perkotaan yang dipengaruhi unsur Melayu, Spanyol, Amerika, China, dan Arab. Hal itu tentu akan memabukkan banyak orang karena kekayaan budayanya yang melimpah. Dan terkadang membutuhkan waktu beberapa saat untuk sepenuhnya menyesap setiap keindahan dan keunikan budaya lokal.
Seperti di banyak kota di dunia yang sedang berkembang, lalu lintasnya mencekik, keruwetan di mana-mana, dan setumpuk masalah perkotaan lainnya. Tapi itu sangat elusif ibukota Filipina yang memberikannya keunggulan atas tempat-tempat yang siap mengungkapkan kekayaan histori mereka. Rangkullah kekacauan yang tampak dari sudut pandang keindahan. Meski hanya untuk sehari, dan kamu akan mengerti sekaligus kagum setelah larut dalam pengalaman itu.
Menuju Manila sangatlah mudah dari kota-kota besar di Indonesia, terutama melalui jasa penerbangan low cost carrier, yang salah satunya dilayani oleh Jetstar. Penerbangan melalui Singapura ini dikenal memiliki layanan prima untuk harga tiket yang bersaing.
Berikut adalah enam destinasi utama yang wajib kamu kunjungi saat bertandang ke Manila.

1. Intramuros

Picture by common.wiki
Benteng batu seluas 64 hektar, yang didirikan oleh Spanyol pada 1571. Benteng ini telah bertahan dalam perang, bencana alam dan gelombang penjajah kolonial berturut-turut. Dengan demikian kehadiran benteng itu sebagai metafora untuk Manila itu sendiri.

Jelajahi sebelum pukul 10 pagi, sementara suhu di luar masih dapat ditoleransi. Kemudian berhentilah sejenak di Ilustrado, sebuah vila bergaya olonial, untuk sarapan mentega ensaymada (brioche gurih) dan cokelat panas Spanyol.

2. Greenbelt Chapel

Manila dikenal sebagai kota Katolik Roma terbesar di Asia Tenggara. Sehingga tidak heran jika kamu cukup mudah menemukan gereja di berbagai sudutnya, termasuk hingga di Greenbelt 3. Ini merupakan kompleks perbelanjaan mewah, yang menyatu dengan situs-situs penting umat Katolik setempat. Kamu bakal menciptakan pengalaman yang unik saat mengunjunginya.

Sepelemparan batu adalah Greenbelt 5. Di sini umat Katolik bisa menebus dosa-dosa dengan mendukung bakat desain lokal; seluruh sayap lantai atas, yang didedikasikan untuk negara.

3. Museum Konglomerat

Konglomerat Manila dimiliki oleh klan kuat yang sejarahnya tidak dapat dipisahkan dari perkembangan Manila. Dua museum, yang menghadap kurang dari satu blok jauhnya satu sama lain, menawarkan wawasan tentang bagaimana mereka hidup dan bekerja.

Picture by common.wiki

The Ayala Museum didirikan oleh keluarga Zóbel de Ayala yang memiliki sebagian besar distrik bisnis Makati, termasuk sebuah karya anggota keluarga Fernando Zóbel, seorang seniman terkemuka di Filipina.

Ada pula Museum Yuchengco, yang didirikan oleh mantan duta besar PBB, termasuk galeri yang didedikasikan bagi  sejarah keluarga, serta koleksi potret kekasih dan gundik pahlawan nasional Filipina José Rizal.

4. Marikina Shoe Museum



Siapa yang tidak kenal dengan Imelda Marcos, mantan ibu negara Filipina yang dikenal gila belanja. Bahkan ibu negara yang terkenal kecantikkannya ini juga mengoleksi hingga tiga ribu lebih sepatu. Koleksi yang dia lakukan selama menemani suaminya, Ferdinand Marcos, menjabat sebagai presiden negara itu selama 21 tahun. Sebelum kemudian jatuh atas praktik korupsi yang dilakukannya.

Museum ini memiliki sebagian besar dari koleksi sepatu berukuran 8 ½ milik mendiang ibu negara. Koleksi sepatu ini dipastikan akan membuat banyak wanita betah berlama-lama mengagumi, sekaligus iri ingin memilikinya.

5. Mencoba Halo-Halo

Picture by common

Ini bukanlah sepenggal lirik dalam lagu ‘Halo-Halo Bandung’. Melainkan nama dari sajian manis yang terkenal di Filipina.

Secara harafiah, dessert ini diterjemahkan sebagai ‘campur aduk’. Yang merupakan racikan minuman segar terdiri dari es serut dan susu. Kemudian dicampur dengan kombinasi kacang manis, manisan buah , nata de coco, leche flan (Filipino crème caramel), ube (ubi ungu), dan jeli.

Sekilas terlihat seperti es campur, tapi sejatinya halo-halo memiliki keunikan rasa yang begitu kompleks. Daan tentu menjadikannya sajian segar untuk dinikmati di siang hari.

6. Momen Matahari Terbenam



Salah satu aset utama Manila adalah senja. Nikmatilah di teras Swish di Whitemoon Bar, yang terletak di Manila Ocean Park. Kamu bisa duduk santai sambil mendengarkan DJ memainkan musik musik trip-hop dan soul.

Atau kamu bisa juga mengambil jus calamansi yang menyegarkan dan berjalan-jalan di sepanjang San Miguel by the Bay, kawasan pejalan kaki sepanjang 1,5 kilometer tepat di tepi Mal Asia yang lapang.

Yuk tentukan jatah cuti kamu agar bisa menikmati enam atraksi wisata seru dan tidak biasa di Manila yang keren ini. Sampai jumpa Sahabat.

15 komentar:

  1. Wah kelihatannya seru sekali ya, terimakasih telah membuat blognya.

    BalasHapus
  2. Saya tertarik melihat matahari terbenamnya, pasti indah sekali.

    BalasHapus
  3. Lucu ya nama sajian manis yang terkenal di Filipina, kelihatannya rasanya juga lezat. Jadi ingin ke sana deh jadinya hehe

    BalasHapus
  4. Saya tidak bisa membayangkan, bagaimana isi di dalam museum konglomerat itu.

    BalasHapus
  5. Terimakasih sudah membuat blognya, sangat bermanfaat sekali informasinya.

    BalasHapus
  6. Blognya sangat menarik sekali.

    BalasHapus
  7. Wah pengen juga nih melihat 6 atraksi seru ini..ajak2 aku ke sana ya mbaaa...

    BalasHapus
  8. Mupeng es halo halo nyaaaa... tyta dsna ada ubi ungu juga ya bu wati.. baru tau 😅

    BalasHapus
  9. Aku juga ada rencana mau ke Filipina nih,, pas banget ada bisa pake Jetstar buat kesana ya. Aku langganan newsletternya dulu ah,, siapa tahu dapet harga murah meriah.

    BalasHapus
  10. Aku boleh tambahin yaaa :D Kalo ke manila, sekalian aja singgah ke villa escudero. Di sana ada reaort yg walopun ga nginap, tp semua orang bisa dtg utk menikmati pemandangannya, daaaaaan waterfall restaurantnya yg terkenal :). Jd kita makan di tengah2 air terjun. Sepatu wajib dilepas. Pengalaman unik sih. Pas ke filipina dulu, tujuan utamaku ya merasakan waterfall restonya itu. Juga di sana ada museum budaya, yg sebagian sepatu imelda marcos ditaro di sana :). Jarak lokasi 2 jam dr manila by bus :). Worth it kok.. :)

    BalasHapus
  11. Wah penasaran sama museum konglomerat & sepatuny imelda marcos..

    BalasHapus
  12. Popularitas kayaknya masih kalah sama Singapur ya mba, padahal cukup menarik dikunjungi Manila ini.

    BalasHapus
  13. sepertinya halo-halo ini pengen deh kucicipi

    BalasHapus
  14. kapan hari saya lihat di tv, di Amerika lagi hits es krim ubi yang katanya asli dari filipina. Mungkin sejenis hola hola disini

    BalasHapus