Bisnis Digital Agency dan Startup: Apakah Sama? - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Tuesday, 10 July 2018

Bisnis Digital Agency dan Startup: Apakah Sama?


Startup

Assalamualaikum Sahabat. Masihkah ada yang bingung dengan Digital Agency dan Startup? Saya dulu menganggap Startup itu nggak sama dengan Digital Agency. Namun saat berdiskusi dengan beberapa teman, ada dua anggapan yang berbeda. Kedua pendapat ini sebenarnya nggak salah. 

Belakangan ini di dalam dunia bisnis, sedang terjadi fenomena banyaknya bermunculan perusahaan yang disebut startup. Meskipun demikian, istilah startup sendiri telah ada sejak tahun 90-an.



Apa itu perusahaan startup?

Berbicara tentang hal tersebut, sebenarnya apa arti dari perusahaan startup itu sendiri? Kebanyakan orang mengartikan startup sebagai perusahaan teknologi. Hal itu bukanlah sesuatu yang salah sih,  akan tetapi sedikit kurang tepat.

startup

Berpedoman pada Wikipedia, kata startup berasal dari kata serapan dari bahasa Inggris dengan ejaan start-up. Kemudian, pengertian dari perusahaan startup adalah sebuah perusahaan yang baru saja merintis dan merujuk pada semua perusahaan yang baru saja didirikan dan beroperasi belum lama.

Sebagian besar perusahaan-perusahaan startup masih berada dalam fase pengembangan dan melakukan berbagai pendekatan dalam penelitian untuk menemukan target pasar mereka. Namun demikian, ada beberapa startup yang sudah lama diketahui dan dikenal namanya oleh banyak masyarakat, salah satu yang populer di Indonesia khususnya yakni Kaskus.

Mengikuti kesuksesan pendahulunya, kemudian banyak bermunculan situs-situs serupa. Setelah itu, dengan semakin mudahnya melakukan sesuatu dengan akses internet, semakin banyak pula pengusaha startup yang mendirikan platform untuk menawarkan hal tersebut. 

Contoh dari yang sering ditemui di kehidupan sehari-hari adalah situs e-commerce yang digunakan untuk berbelanja, seperti lazada, shopee, buka lapak atau yang lain-lainnya.

startup

Melihat dari banyaknya para pengusaha yang memilih ranah internet ataupun situs web sebagai perusahaan startup mereka, tidak heran bila orang-orang memiliki pandangan bahwa perusahaan startup adalah perusahaan teknologi.

Internet dan teknologi memang dua hal yang berbanding lurus. Untuk semakin mudah dipahami, berikut karakteristik dari perusahaan startup yang perlu diketahui:

1. Perusahaan baru berdiri dan berusia kurang dari 3 tahun
2. Pegawai yang dimiliki perusahaan kurang dari 20 orang
3. Pendapatan perusahaan sekitar $ 100.000/tahun
4. Masih dalam tahap berkembang
5. Beroperasi di bidang teknologi
6. Kebanyakan produk perusahaan startup dalam bentuk digital
7. Biasanya menggunakan website dalam pengoperasiannya

Lalu apakah Digital Agency dan startup adalah hal yang sama?


Apabila berbicara mengenai Digital Agency, hal yang tentu akan dikait-kaitkan adalah istilah startup. Apakah Digital Agency dan startup sama, mungkin  sering dipertanyakan oleh banyak orang.

Digital Agency juga bergerak di bidang teknologi, misalnya yang dilakukan adalah menawarkan produk dalam bentuk jasa, yang memanfaatkan kemajuan di era digital. 

Seperti Digital Product Design & Development yang memberikan pelayanan desain dan pengembangan produk. Atau Application Maintenance & Management yang membantu mengelola dan menjaga performa aplikasi dari perusahaan klien. 

Produk-produk tersebut dapat membantu perkembangan perusahaan startup yang sedang melebarkan sayapnya, namun demikian perusahaan besar sekalipun akan sangat menjadi pilihan yang tepat bila menggunakan produk tersebut.

Sebenarnya untuk menjawab pertanyaan apakah Digital Agency dan startup sama akan mudah bila sudah memahami penjelasan tentang apa itu startup yang telah dibahas di atas. 

Apabila Digital Agency memenuhi karakteristik perusahaan yang tergolong startup, tentu saja sebuah agensi yang bergerak di bidang teknologi digital ini termasuk pula perusahaan startup

Namun demikian, meskipun sebuah perusahaan adalah perusahaan startup, tidak menutup kemungkinan memberikan pelayanan dan produk yang sangat baik serta memiliki peluang untuk terus berkembang hingga menjadi perusahaan besar.

Sekarang tentunya sahabat udah lebih memahami bisnis Digital Agency dan Startup itu memiliki karakteristik yang hampir sama. Bahkan bisa saja perusahaan Startup yang telah berkembang, tak bisa lagi disebut dalam nama tersebut. Jangan bingung ya, sahabat. Next time mungkin saya bisa sharing kedua bisnis ini lebih mendalam. Wassalamualaikum.

Photo : pixabay

19 comments:

  1. Jadi tahu nih sekarang bedanya digital agency dengan startup. Ditunggu sharingnya lagi ya, mbak Wati

    ReplyDelete
    Replies
    1. Idem...jd makin paham. Maacih kakak pencerahannya

      Delete
    2. aku juga baru baca2 nih, nanti deh aku share lagi ya

      Delete
  2. Kirain semua perusahaan dengan teknologi itu namanya start up. Makasih mba, jadi tahu sekarang.

    ReplyDelete
  3. perusahaan startup memang cenderung berhubungan dengan teknologi. padahal sebuat usaha rintisan bisa disebut dengan startup. jadi lebih tahu setelah memabca artikel ini. makasih mbak wati untuk pencerahannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama-sama, jadi aslinya udh tahu dong ya sebelum baca artikel ini

      Delete
  4. Udah pernah kerja dikeduanya, dan berbeda sistematika bekerja antara Digital Agency dan Start up. Pusing mana? Keduanya pusing :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah yang udah pengalaman, sharing juga di sini. Gak apa pusing, duitnya gak bikin pusing, hahahaa

      Delete
  5. Wah... Dapet insight yang bagus nih, thanks for share ya mbak

    ReplyDelete
  6. aku pernah baca buku, tulisannya sih start up itu kek UKM tapi yg pakai teknologi juga

    ReplyDelete
  7. wah akhirnya jadi makin paham nih. makasih buat penjelasannya.

    ReplyDelete
  8. Oh, mirip2 gitu ya. Aku sendiri sering dengarnya kata start-up, Mbak. Kalau digital agency ya yang sering ngasih2 job untuk bloger itu. Aku ngertinya ya gitu. Ternyata...

    ReplyDelete
  9. Apa cuma aku yg baru pernah denger Digital Agency? ��

    ReplyDelete
  10. Kebetulan aku pernah jadi moderator acara start up dan pada saat itu mengupas abis tentang start up itu bisnis yang bagaimana.

    Ini keren bu wati

    ReplyDelete
  11. Iya mba, sering rancu yaa..tfs..

    ReplyDelete
  12. startup ga harus di bidang digital kan ya, sebenarnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. eee... baru baca lbh teliti lagi. ternyata memang biasanya pake digital ya :P

      Delete