Menjadi Blogger Kreatif Untuk Mendukung Program Menuju Indonesia Maju - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Thursday, 1 February 2018

Menjadi Blogger Kreatif Untuk Mendukung Program Menuju Indonesia Maju


Assalamualaikum Sahabat. Menjadi Blogger Kreatif Untuk Mendukung Program Menuju Indonesia Maju. Gimana, udah merasa jadi Blogger yang kreatif kah? Bukan sekedar blogger yang share info hoak. Sedih loh, karena sebaik-baiknya umat adalah yang bisa memberikan manfaat pada sesama.

Nah, senangnya hari ini, tanggal 2 Februari 2018 saya bersama teman-teman blogger hadir dalam acara #FlashBlogging. Temanya keren loh, yaitu Menuju Indonesia Maju.

Sebelum acara dimulai, kami menyanyikan lagu Indonesia Raya. Wajib ini ya. Bangga loh saya sebagai warga negara Indonesia. Tiap kali menyanyikan lagu ini, selalu ada getar khusus di hati. 

Berikutnya adalah Ibu Evi Sulistyo yang mewakili Kepala Dinas Kominfo Jawa Tengah. Beliau menuturkan bahwa kemajuan bangsa tidak bisa diusahakan oleh pemerintah pusat semata. Namun juga pemerintah daerah dan seluruh masyarakat. Terutama blogger juga memiliki peran penting menginformasikan hal positif pada era digital ini.

Oiya, kemarin Bapak Ganjar Pranowo launching Jateng WOW. Tujuannya adalah meningkatkan potensi wisata Jawa Tengah yang dilaksanakan selama bulan Februari hinga Maret 2018. WOW itu merupakan Wonderful World. Maksudnya, kalo ingin melihat dunia, datang lah ke Indonesia. Sebagai blogger, kita diharapkan sering-sering berbagi info wisata di Jawa Tengah. Seperti Candi Borobudur, Sangiran, dan Semarang City.

Sesi Sharing Bapak Anto Prabowo : Tips Menulis Kreatif


Jurnalis senior ini pernah menjadi wartawan di Harian Suara Merdeka dan Bisnis Indonesia. Juga menjadi dosen di dua universitas swasta terkenal di Jawa Tengah.

Beliau menuturkan tentang Tips Menulis Kreatif yang mesti dilakukan oleh penulis. Ada dua tipe penulis :

- Penulis Zaman Now, Era Media Cetak dari berita, artikel, opini, foto-foto, tulisan, cerpen dan lainnya. Semua artikel ini diseleksi dan diolah di ruang redaksi. Redaksi lah yang jadi juri bagi tulisan yang pantas dimuat atau tidak.

- Penulis Zaman Noow : Era Digital
Penulis di dunia maya ini banyak sekali, jadi harus bersaing dengan 

* Butuh KREATIVITAS 

- KREATIVITAS itu Istilah yang dicetukan oleh Alfred North Whiteheas untuk menunjukkan suatu daya di alam semesta yang memungkinkan hadirnya entitas aktal baru berdasarkan entitas aktual-entitas aktual yang lain

. Dalam kreativias harus ada kebaruan (novelty). Daya kebaruan ini lah yang memperlihatkan adanya eragam entitas aktual yang ada di dalam semesta

Kreativitas itu terjadi di banyak RANAH :

- Arsitektur, sentuhan kreativ selalu memunculkan sesuatu yang berbeda dan unik. Seperti yang dilakukan di Sendang sono, sungai yang di bantarannya dibentuk seperti undakan bisa untuk tempat duduk. Tempat ini mendapatkan penghargaan di tingkat internasional.


- Film Life is Beautiful. Film ini menceritakan tragedi yang terjadi pada orang Yahudi di Italia pada era kekuasaan Nazi. Disajikan dalam bentuk komedi. Keluarga Guido yang diciduk Nazi, mengatakan pada anaknya. Bahwa ini bukan siksaan tapi bagian dari permainan. Meski komedi, namun penonton tetap menangis pada akhir cerita.



- Karya Sastra

a. Contohnya SAKSI MATA

Buku kumpulan cerpen ini lumayan menggempatkan pada saat terbit. Banyak perbincangan di berbagai forum, termasuk forum-forum akademik. Seno gumira menuliskan, saat itu Pemred Jakarta-Jakarta. Dia bertugas di Timtim, tapi tak bisa menuliskan hasilnya. Lalu mencullah kumpulan cerpen ini yang menuangkan penderitaan orang Timor Timur.

b. Cerpen berjudul LISTRIK

c. Romo Mangun, menulis Esai

Judulnya Puntung-Puntung Rara Mendut

Buku ini berisi berbagai gaya tulisan yang luar bisa. Dengan menjelaskan suatu konsep yang mudah dimengerti. Banyak cara dan taktik yang dituliskan oleh beliau di buku ini.

Romo Mangun adalah penulis yang piawai mengolah hal-hal sulit untuk mudah dimengerti. Buku ini menyajikan berbagai cara beliau menulis. Ada kalanya menirukan suara musik, menampilakn percakapan anak-anak, dialog di warung kopi, dan sebagainya. Itu lah cara Romo Mangun berkreativitas. 

PERLUKAH TIPS Menulis Kreatif?

- Tips itu ibarat template atau bumbu sachet.

Bapak Anto Prabowo menuturkan bahwa ia belajar dari Romo Mangun, tentang gaya penulisannya yang panjang dengan SPOK. Namun tetap menyajikan tulisan yang menarik dan informatif.

Penutup:

"Membangsa itu beda dari Menegara. Membangsa lebih sulit karena menjadi agenda tak pernah berhenti bagi semua negara. Tidak cukup dengan cara-cara standar seperti, uang, peta, bahasa, perayaan, kemerdekaan, bendera, lagu, dan lainnya. Membangsa itu perlu cara-cara kreatif seperti dengan menggunakan film yang dilakukan oleh negara Amerika Serikat. Contohnya film Rambo, AS diceritakan menang dalam perang Vietnam. Padahal dalam kenyataannya, AS kalah dengan Vietnam dalam perang" 
Sesi tanya jawab yang saya catat adalah dari Diyanika. Pertanyaannya adalah gimana agar bisa nulis kreatif?

Jawabannya : Penulis atau blogger memang mestinya banyak membaca tulisan orang lain agar bisa lebih kreatif. 


Pesan Bapak Anto Prabowo :

Nulis lah dengan hati bahagia, dan terus lah menulis, terus lah membaca untuk menemukan gaya kita sendiri.

Kesimpulan dari Moderatornya : Tulisan untuk menyemai kebangsaan

___________________________

Sesi kedua : Tema Sudut Istana

Bapak Andoko dari Tim Komunikasi Presiden

www.hidayah-art.com

Bangsa Indonesia ini bangsa yang besar bukan karena jumlah pulaunya, tapi karena bangsa ini bisa merdeka dan tetap bersatu hingga puluhan tahun. Tugas kita sebagai warna negara bisa mempertahankan kesatuan dari Aceh hingga Papua.

Peran kita sangat diharapkan untuk Indonesia bersatu. Blogger punya peranan besar terutama harus bersuara. Karena kalo tidak, lama kelamaan persatuan ini bisa terancam.

Kita dalam perjalanan pemerintahan tahun keempat 

- Tahun pertama membangun pondasi yang besar
- Tahun kedua : Percepatan Infrastruktur
Dalam  dua tahun masa kerjanya, Bapak Jokowi sudah menciptakan infrastrutur yang sangat banyak. Niat Pak Jokowi adalah menginginkan KEADILAN (Equity). Bukan Kesamaan Perlakuan (Equality).

Berikut ini Kebijakan Pemerataan Yang Berkeadilan :


www.hidayah-art.com


Pembangunan infrastruktur ini kebanyakan di luar pulau jawa. Bangsa indonesia adalah bangsa yang menjadi pemenang dengan kerja nyata

Pembangunan infrastruktur seperti jalan tol bukan hanya untuk orang kaya. Namun yang sebenarnya adalah, terbukanya lapangan pekerjaan saat pembangunan jalan tol dan bandara.


www.hidayah-art.com


Sharing dari Bapak Amin, salah seorang pekerja di proyel jalan tol :

"Orang-orang kecil kan sebulan ngganggur, sebulan kerja. Sekarang ada harapan, bisa bekerja yang penting sehat, tinggal nunggu gajian. Emang harus dibesarkan lapangan kerja ini untuk kesejahteraan yang merata."

Salah satu kunci memenangkan pembangunan adalah dengan menyiapkan jalan tol dan penataan  bandara yang lebih bagus. Di balik itu ada kontribusi yang besar dari tenaga kerja yanag handal, trampil.

Eh tahu kan ya kalo pak Jokowi suka bagi-bagi sepeda. Nah, kali ini sih beda. Bapak Sukardi menitipkan payung-payung yang digunakan oleh Bapak Jokowi saat menjumpai para aksi damai 212.

Pemenang payung sesi pertama adalah, peserta yang bisa menyanyikan lagu daerah Aceh dan Papua. Serta menceritakan keunikan dari dua daerah tersebut. 

Dan saya pun mendapat hadiah payung karena menjadi peserta tertua. Kalo kayak gini, saya bersyukur sekali memiliki semangat yang tak kalah dengan blogger usia muda, hihiii.


www.hidayah-art.com



Masih ada dua payung lagi untuk kuis, bagi dua tercepat yang subscriber youtube KemKominfo. Kemudian share video Pemerataan Pembangunan via Twitter dengan hastag #FlashBlogging. Berikut ini pemenangnya, Erina dan Vitri.


www.hidayah-art.com

Ahhh, senangnya bisa menghadiri acara hari ini. Semoga saya dan teman-teman blogger bisa tetap istiqomah menuliskan artikel yang bermanfaat. Lebih kreatif, lebih bertanggung jawab, dan tetap semangat ngeblog. Wassalamualaikum.

9 comments:

  1. Trm ksh partisipasinya yaa sist. Smg kita bisa ketemu lagi di acara lainnya. Sukses.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, semoga makin banyak acara yang bermanfaat seperti ini

      Delete
  2. Yeee ... yang dapet payung ya, alhamdulillah :-D

    ReplyDelete
  3. Payungnya mmg keren bgt mbak.
    Mancyapppp 😉

    ReplyDelete
  4. Mari menulis dgn hati bahagia, mba Wati.. senang ya bisa ikut di acara keren ini..

    ReplyDelete
  5. Menulis dengan bahagia lewat blog, itu aku banget hehe

    ReplyDelete