Laman

  • Beranda
  • Jalan-jalan
  • Inspirasi
  • Review
  • Disclosure
  • About Me
  • Achievement

5 Sep 2016

Cara Cerdas Merencanakan Liburan Yang Aman dan Nyaman Bersama Sun Life

www.hidayah-art.com

Assalamu'alaikum. Minggu tanggal 28 Agustus 2016 yang lalu, saya bersama teman-teman blogger Semarang dan kota terdekat, hadir dalam salah satu Seminar & Exhibition Roadshow bersama Sun life Financial. Tema seminar di Semarang adalah Wujudkan liburan terbaikmu! Ada dua pembicara yang keren akan sharing dengan topik seputar liburan. Siapa sih yang nggak pengen liburan? Yup, semua pengen. Nah, saya tuliskan artikel Cara Cerdas Merencanakan Liburan Yang Aman dan Nyaman Bersama Sun Life.

Usai makan dan registrasi, kami menempati kursi di Meeting Room Papandayan. Sambil menanti peserta workshop yang lain, kami tentu tak lupa selfie, welfie, dan foto narsis sepuasnya. Kopdar blogger tanpa foto bagai sayur asam tanpa garam. Hahaha.

MC yang ramah dan cantik, Charisma membuka workshop dengan candaan yang renyah dan lucu. Mata jadi melek kalo lihat yang bening nih peserta workshop siang itu.


www,hidayah-art.com

Sesi pengenalan tentang asuransi Sun Life Financial oleh Bapak Ahmad Emir Farabi. Menurut Bapak Fabi, panggilan akrab beliau, Sun Life hadir dengan komitmen membangun Indonesia ke arah yang lebih baik. Salah satu caranya adalah dengan meningkatkan tingkat literasi keuangan masyarakat terlebih dulu. Maksudnya adalah agar dapat menumbuhkan minat masyarakat pada asuransi, investasi, dan kewirausahaan.

www.hidayah-art.com

Bapak Fabi menjelaskan tentang Bright Advisor, yaitu portal online yang dikembangkan oleh Sun Life sebagai media penyedia informasi seputar asuransi jiwa, kesehatan, pendidikan, investasi, dan perencanaan keuangan. 

Masyarakat bisa menggunakan portal online ini tanpa dikenakan biaya ataupun harus menjadi nasabah Sun Life terlebih dulu. Kalo teman-teman pengen tahu tentang Bright Advisor, bisa langsung aja klik http://brightadvisor.co.id.

_________

Pameran dan seminar di Semarang menghadirkan dua narasumber yang kece badai prestasinya. Yang pertama adalah Mba Dona Imelda, seorang Lecturer, Travel Writer, dan co-founder Indonesia Corners. 

www.hidayah-art.com

Mba Dona sharing tentang pengalaman travelingnya yang udah menjelajah di berbagai tempat di dalam dan luar negeri. 

Merencanakan perjalanan itu penting. Apa aja yang mesti disiapkan?

- Destinasi atau kota tujuan perjalanan
Apakah perjalanannya di desa atau kota? Apakah perjalanan liburan bakal memilih di pantai atau pegunungan? Penting banget nih direncanakan sejak awal sebelum hari H. 

- Kapan perjalanan akan dilakukan

Kapan perjalanan akan dilakukan? Apakah sekarang, atau tahun depan?

- Berapa dana yang dimiliki sekarang?
- Berapa dana yang dibutuhkan selama perjalanan?

Mba Dona cerita tentang pentingnya asuransi perjalanan. Karena asuransi perjalanan akan mengganti bila terjadi :

Terjadi kecelakaan saat dalam perjalanan. Sakit, terutama karena pengobatan itu mahal terlebih bila mesti rawat inap. Belum lagi bila kita sendiri, tentunya butuh pendamping saat dirawat di rumah sakit. Dan tentu saja evakuasi medis.

Nah, ada teman mba Dona yang kehilangan uang dan barang berharga saat liburan di Vietnam lalu. Karena seluruh uang disimpan di satu tempat yang sama, tentu saja nggak ada sisa duit dong. Asuransi perjalanan juga mengganti resiko yang terjadi karena tindak kejahatan, baik itu kehilangan atau pun karena pencurian.

Asuransi perjalanan juga mengganti penundaan atau pembatalan penerbangan atau perjalanan.

Dalam kesempatan ini, Mbak Dona pesan boleh aja menggunakan kartu kredit. Namun dengan catatan gunakan kartu kredit secara bijak :

- Pay first, play later
- Untuk kemudahan pembayaran
- Siapkan juga uang tunai
- Memanfaatkan periode promo dan kerja sama penerbit kartu kredit
- Untuk belanja dan membatasi jumlah pembelanjaan
- Ketersediaan dana untuk membayar penuh tagihan

Jadi kesimpulannya adalah, rencanakan yang cerdas agar perjalanan liburan menyenangkan. Jangan sampai pulang liburan dan senang-senang, duit abis utang pun belum terbayar.

"Nah, saatnya rencanakan liburan, teman-teman," tutur Mbak Dona dengan senyum mengembang.
________

Sesi berikutnya ada peserta Stand Up Comedy Fuad Foo, sharing cerita perjalanannya yang kocak dan menarik. Gayanya bercerita bikin peserta seminar jadi semangat menanti sharing berikutnya.

Iya, siang itu kami akan mendengarkan sharing kedua dari Muna Sungkar. Travel Blogger yang juga penulis buku dan Dosen ini akan berbagi pengalamannya seputar perencanaan keuangan.


www.hidayah-art.com

Muna menjelaskan tentang dua versi traveler. Yang pertama adalah Family Traveling dan Solo Traveling.

Family Traveling itu meski menemukan kesulitan, tak ada yang tak bisa diatasi selama mau berusaha. Dengan perencanaan yang matang, terutama dalam segi keuangan bakal bisa teratasi. Semua ribet, lelah, dan biaya yang dikeluarkan akan menghasilkan kenangan indah. Dan tentu saja kualitas hubungan keluarga makin meningkat, makin erat dan saling menguatkan. Yang terakhir, beautiful memories itu priceless, tak ternilai harganya.

Nah, pemilik blog momtraveler.com ini sharing agar Liburan Efektif :

1. Planning

Siapkan kapan tanggal yang cocok untuk liburan dengan cek jadwal libur sekolah anak-anak. Sesuaikan dengan liburan orang tua tentunya agar bisa mengambil cuti. Diskusi bersama untuk menentukan tanggal liburan.

2. Budgeting

Tentukan budget liburan sejak awal. Apakah akan menggunakan paket liburan dari travel agent atau merencanakan sendiri. Manfaatkan asuransi perjalanan untuk seluruh anggota keluarga. Liburan tak mesti keluar negeri. Bisa loh nginap di hotel bintang lima di dalam negeri yang pasti tak kalah menyenangkan. Buat juga perincian anggaran sedetil mungkin, mulai dari tiket pesawat, akomodasi, transportasi, uang makan, oleh-oleh, dan lainnya. 

Oh iya, Muna menyarankan agar menyusun anggaran perhari dengan menggunakan aplikasi Ms. Excel.

3. Browsing Tiket Murah

Mulai sejak jauh hari, luangkan waktu browsing tiket murah. Subscribe member dari beberapa maskapai penerbangan. Biasanya maskapai sering menawarkan tiket murah sebatas beberapa kursi dengan waktu yang terbatas.

4. Menyusun Itinerary

Diskusi dengan suami dan anak-anak tentang agenda liburan yang diinginkan. Cari informasi sebanyak mungkin mengenai tempat yang akan kita kunjungi. Termasuk hitung juga jarak antara hotel dan tempat wisata, info transportasi umum, dan lainnya. 

Kemudian pilih tempat wisata yang ramah anak. Pilih dan susun agenda kegiatan harian serta berapa budget yang dibutuhkan. Usahakan pengeluaran tidak melebihi budget yang sudah ditetapkan bersama. Dan yang terakhir adalah Be Flexible. Artinya, buat rencana B bila memungkinkan. Jadi liburan tetap asyik meski melenceng dari agenda.

5. Buat Daftar Barang

Buat daftar barang yang akan dibawa dalam perjalanan. Jangan lupa, amankan duit dengan menyimpan dalam beberapa tempat yang berbeda. Begitu juga dokumen pribadi harus disimpan di tempat yang terpisah. Jangan sampai terjadi kehilangan semua benda berharga karena menyimpan dalam satu tempat.

Jangan lupa juga persiapkan obat-obatan bagi anggota keluarga. Terutama bila ada yang mesti rutin minum obat, jangan sampai tertinggal.

6. Saat Liburan

Sehari sebelum keberangkatan, ceritakan pada anak-anak tentang agenda yang akan kita lakukan agar mereka antusias. Cek barang bawaan dan dokumen yang diperlukan. Jangan lupa berdoa agar perjalanan aman dan nyaman. Pilih keberangkatan lebih awal agar mood setiap anggota keluarga terjaga. Dan yang tak kalah penting adalah, STAY CALM AND HAVE FUN.

Nah, Muna pun menyelipkan tips seninya Family Traveling, yaitu :
- Kerja sama suami dan istri itu penting banget
- Jika ada masalah, diskusikan bersama dan cari jalan keluar terbaik untuk semuanya.
- Perencanaan matang harus memang, tapi jangan berekspektasi terlalu tinggi. Karena anak-anak itu makhluk ajaib, apapun bisa terjadi selama perjalanan. So enjoy every second of it.
- Kumpulkan memori sebanyak mungkin dengan mengambil foto lokasi, kejadian yang unik, orang-orang di lokasi, foto anak-anak, kuliner lokal, dan sesuatu peristiwa yang mungkin terjadi.

____________


www.hidayah-art.com

Sesi berikutnya merupakan saat yang dinanti, yaitu tanya jawab karena ada bonus hadiah berupa merchandise dari Sun Life. Saya pilihkan yang menarik ya. 


www.hidayah-art.com

- Tentang Tip Nulis Perjalanan

Mbak Dona menjawab, untuk menuliskan artikel perjalanan, bikin draft saat di lokasi. Caranya bisa dengan bikin catatan di kertas, menggunakan smartphone, atau dengan mengumpulkan sebanyak mungkin foto-foto yang cakep. Nanti ketika waktu kita sudah longgar, tinggal edit aja. Lakukan sesegara mungkin, karena semakin cepat menuliskan perjalanan kita akan dapat feel-nya.

- Tentang Asuransi Perjalanan 

Bapak Fari memberikan alternatif bagi Solo Traveling, yaitu Single Pay yang bisa membayar asuransi perjalanan dengan periode tertentu dalam satu tahun dan bisa menyesuaikan kebutuhan masing-masing.

- Tentang Traveling Murah

Nggak harus mewah kalo pengen liburan. Bisa dengan liburan di kota sendiri. Seperti yang dilakukan oleh Mbak Dona Imelda, yang mengajak anak-anaknya liburan tematik. Yaitu One Day Trip dengan menaiki kereta berkeliling Jakarta.

Nah, saran terakhir dari Mbak Dona untuk blogger yang pengen banget mendapat job dengan endors hotel dan travel agent :

Menulis lah yang terbaik, lakukan yang terbaik, kemudian tawarkan pada brand dengan bahasa yang santun.

Kalo dari Bapak Fari selaku perwakilan Brand :

Tips nya agar brand melirik blogger untuk endors adalah, bikin tulisan yang unik. Misal jalan-jalan di kota Semarang yang belum pernah dilakukan dan dituliskan oleh banyak blogger.

Yes seminar yang mengasikkan ditutup dengan pembagian hadiah bagi pemenang livetwitt dan penanya terbaik.

www.hidayah-art.com


www.hidayah-art.com
Photo courtessy by Lestari si pemilik blog Jejaksematawayang.com
Saya senang bisa mendapatkan pencerahan dari sharing hari ini. Saya bisa memilih cara cerdas merencanakan liburan yang aman dan nyaman bersama Sun Life akhir tahun nanti. Pas kan dengan liburan anak-anak saya. Terima kasih atas kesediaan teman-teman membaca artikel ini. Wassalamu'alaikum.

37 comments :

  1. Wahhh...komplitnya..pdhl pasti lelah dari jogja.
    Mmg acara kmrn seru abis dan berkesan ya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dipaksa-paksa mata kudu melek, body mesti sabar menanti istirahat nih mbak, demi Sun Life ^_^

      Delete
  2. Nice artikel, mbak. Yuk wujudkan liburan terbaikmu. Thanks for sharing.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih juga sharing kemarin itu bikin mata saya melek, Mbak Dona. Pengen liburan jadinya.

      Delete
  3. aku belum pernah nawarin diri ke pihak yang mau bayarin. gak pede wkwkwk. nunggu ditawari aja lebih enak *eh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah iya tuh mbak, aku juga mau lah kalo ditawari untuk endors brand :D

      Delete
  4. waaahhhh, adaa mbk dona ya mbk, duuuhhh sennegnyaaaa,
    btw tengkiu ya mbk sh berbagi ttg cara cerdas merencanakan liburannya, dipraktekin ah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senang juga kalo artikel ini bermanfaat buat semua pembaca. Ayok lah langsung dipraktekkin mba Inda. Liburan segeraaa yaaa :))

      Delete
  5. waa pembicaranya expert nih, mba Donna dan mba Muna. Jadi pengen jalan-jalan lagi deh ;p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, iya buruan liburan lagi dengan lebih cerdas ya mbak, having fun :)

      Delete
  6. Wuih, tulisannya komplit banget. Mbak Hidayah penyimak yang baik nih. Pasti karena duduk di depan ya? Hihihi. Btw, acara ini keren banget. Gak nyesel jauh-jauh dari Jakarta bablas ke Semarang buat ikutan. Bikin pengen traveling jadinya, gak peduli umur. Hahaha.

    Eh, di foto terakhir ada aku. Asyik! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai perekam plus foto-foto ini, jadi bisa komplit nulisnya. Aku suka lupa kalo nggak gitu, ntar ada yang kurang nulisnya, hehehe

      Weehhh, ikutan foto juga ternyata ya :D

      Delete
  7. Seru banget bacanya apalagi pas sesi sharing dari Mbak Donna dan Mbak Muna. Memang kalau mau travelling harus mempersiapkan semuamuanya biar perjalanannya jadi lancar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ternyata persiapannya mesti komplit yaa, ayo liburan ama pakbojo mbak Ratna, hanimun gitu, hihii

      Delete
  8. Komplit banget mbak liputannya... seru... jadi nyesel nggak ikutan :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, agar yang baca dapat banyak manfaat dari tulisan ini, mbak.

      Nanti kapan2 ikut kalo ada lagi yaa

      Delete
  9. sharingnya komplit nih :D
    lebih mudah tentunya ya mengatur kegiatan travelling bersama sunlife?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi berasa aman juga kalo traveling ya mbak

      Delete
  10. Bener banget ya mba. Sekarang liburan ga cuma butuh destinasi bagus tapi juga perlu persiapan bagus biar aman dan nyaman. Setuju tips2 mba deh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mbak Ira. Iya sih yang diperhatikan tuh kenyamanan selama liburan, hati jadi puas dan senang

      Delete
  11. wah berasa ikutan nyimak sharing mba donna n mba muna.
    makasih liputannya mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seneng deh kalo baca artikel ini berasa hadir di acara :)

      Delete
  12. Haha.. yg diceritain mba Donna kehilangan brg di vietnam itu akuu :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Owalahhh, lain kali disebaaaarrrr dong mbak, duuuhhh eman duitnya

      Delete
  13. Lengkap sekali tulisannya mbaaa
    Setuju banget kalau mau perjalanan jauh, persiapannya harus lebih matang ya mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya tuh kemarin dapat pencerahan, selama ini kalo jalan-jalan nggak pernah ada perencanaan. Paling cuma memilih destinasi wisatanya aja :)

      Delete
  14. Budget memang harus diprioritaskan ya mbak biar ada gambaran, nice share mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan bisa bikin prediksi kurang atau udah cukup, hihii

      Delete
  15. Dan saya juga sudah membuktikan kalau liburan bareng keluarga itu memang melatih kekompakan brg suami. Ehm...jadi pengen liburan lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, langsung liburan aja, eh nunggu tanggal merah ya

      Delete
  16. Seru ya ketemuan dan dapat ilmu dari para praktisi langsung. Mbak Muna dan Mbak Donna memang para pejalan yang mumpuni.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru banget mba Lina, jadi komplit deh kemarin itu. Dapat ilmu dan kopdar bareng, hehehe

      Delete
  17. Aku ga sempat ikutan karena masih jualan di kendal Expo, semoga bisa bergabung di acara-acara ke depan. Seru banget ya acaranya, makasih sharingnya mba Hiday :D

    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan waktu acara BCA, aku lupa mau ngajakin foto :(

      Delete
  18. Saya belum pernah bikin daftar barang. baru kepikiran, ternyata penting bgt ya

    ReplyDelete
  19. lengkaaaap. Enggak bisa ikut jadi tahu isinya, tengkyuuuu

    ReplyDelete
  20. Kecelaaah mamak satu ini repotasenyaaa. Menang ini mah menang. Yuk nabung dan piknik *eh modus

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...