Laman

  • Beranda
  • Jalan-jalan
  • Inspirasi
  • Review
  • Disclosure
  • About Me
  • Achievement

26 Aug 2016

Belajar Kreatif Mengubah Barang Bekas Menjadi Benda Berkelas

www.hidayah-art.com
Assalamu'alaikum. Bagi perempuan, waktu bagai berlari setiap hari. Bangun tidur trus shalat dan ngurus dapur, siapin sarapan untuk keluarga. Masih belum selesai, ngurus rumah seharian sambil dengerin gosip di teve. Ihhh siapa yang dengerin gosip? Lu aja kali, hahaha. Eh tapi sebenarnya sih dengerin gosip sambil nyuci piring, jadi nggak ndomblong di depan layar kaca. #masih dibahas

Meski sok sibuk, sesekali perempuan bahkan masih punya waktu untuk upgrade pengetahuan. Banyak tuh teman-teman saya yang rajin ikut seminar, workshop, dan entah apa lagi namanya. Saya sesekali juga kena virus sok rajin ikutan workshop. Apalagi workshop kali ini gratiiiiis, favorit nih, hahahaa.


Tiba-tiba aja Radio Best FM nyolek saya di linimasa FB. Info tentang workshop dengan tema Mengubah Barang Bekas Menjadi Benda Berkelas. Saya penasaran dong, pengen ikut workshop dan langsung aja daftar lewat sms. 

Dan hari Jumat, tanggal 29 Juli 2016, menjadi hari yang sangat mengesankan bagi saya. Aslinya tuh saya bukan orang yang suka mengerjakan ketrampilan ala wanita. Seperti bikin sulam pita, craft, rajut, dan yang lainnya. Namun sejak bertambahnya usia dan kesibukan mengurus anak yang mulai berkurang, saya jadi penasaran. Masa iya sih saya bener-bener nggak suka dan nggak bisa bikin ketrampilan khas wanita?   

Oke deh, saya coba juga akhirnya dengan ikut workshop Bekas Berkelas dengan Beranda Wanita Best FM Radio dan LAQUINNA di Resto Pappagallo. Mungkin aja tangan ini bisa trampil bikin sesuatu yang berharga. Who's know?

Mba Alfa adalah owner LAQUINNA, dan sore itu berbaik hati sharing bikin tempat pensil dari kain perca dan kardus bekas susu.


www.hidayah-art.com


Barang bekas berupa sisa kain perca dan kardus bekas susu ini nantinya bisa menjadi wadah pensil yang cantik. Penasaran nggak sih? Saya sih penasaran banget, gimana caranya. Meski udah membayangkan caranya, paling juga ditempel-tempel aja. Tapi beneran nggak sih caranya nempel seperti yang saya bayangkan? Yuk lanjuttt.

Ini bahan-bahannya :
- Kardus bekas susu, ukuran bebas. Digunting jadi dua
- Kardus berupa lembaran ukuran sesuai besar keempat sisi dan bagian bawah 
  kardus. Siapkan sejumlah 4 ukuran sisi terkecil, 2 untuk alas, 2 untuk sisi 
  paling besar. Kemudian siapkan pula lembaran  kartus berukuran agak besar
  untuk alas.
- Kain perca, kalo bisa katun Jepang/biasa
- Lem Fox
- Karet elastis ukuran 12cm.


www.hidayah-art.com
Tiap peserta mendapat satu set bahan dari Mba Alfa
Oh iya, sore itu Mba Alfa baik banget udah siapin bahan-bahannya. Jadi kita tinggal eksekusi aja. 

1. Langkah pertama adalah mengolesi tiga sisi kardus bagian luar dengan lem. Agar mudah, gunakan kwas panjang untuk membantu oles-mengoles ini. Bagian bawah dan muka biarkan saja.

www.hidayah-art.com
Olesi tiga sisi kardus aja. Bagian lebar satu sisi, bagian kecil 2 sisi
2. Ambil kain katun dan tempelkan di kardus. Kain yang atas menutup rapat, sementara sisakan di bagian bawah. Rapikan kainnya, dan nanti akan jadi seperti berikut ini.


www.hidayah-art.com
Cara melekatkan kain katun pada kardus
3. Nah, sekarang bagian bawah kardus, rapikan dengan mengolesi lem pada kain katunnya. Dan letakkan kain pada kardus. Bikin yang rapi yess.

www.hidayah-art.com
Sisakan kain katun sedikit di bagian bawah, lekatkan dengan lem
4. Lakukan hal serupa dengan kardus yang satu sesuai dengan langkah penempelan kain seperti kardus yang pertama. Nanti kalo udah jadi dua kardus dengan penempelan sama, sisihkan.

5. Lembaran kardus bekas semuanya dilekatkan kain katun. Dibungkus seperti cara menyampuli cover buku. Kerjakan untuk semua lebar kardus dari ukuran kecil hingga yang besar yang untuk alas.

6. Ambil kain katun yang agak panjang dan lebar, rekatkan dua kardus bersisian. Kasih jarak 3 milimeter, rapikan.

www.hidayah-art.com
Baru jadi satu bagian kardus
7. Bila sudah selesai pelekatan kain katun pada seluruh kardus dan lembaran kardus. Sekarang bagian finishing ya. 

8. Gabung dua kardus yang udah  rapi, bersisian. Kemudian kardus yang udah dibungkus kain katun - langkah no 6 - lekatkan pada dua kardus. Satu sisi lekatkan pada kardus 1, sisi lain lekatkan pada kardus yang ke 2.

9. Setelah jadi, tempelkan dua kardus yang bersisian itu di atas alas kardus yang udah tertutup kain katun. Kemudian agar makin rapat, ikatkan karet elastis. 

Tadaaaa, udah jadi nih tempat pensil hasil workshop bareng Mba Alfa.



www.hidayah-art.com
yang saya pegang belum dikasih alas
Sementara yang Mara pegang udah selesai, cantiiikkkk :D
Kalo masih bingung dengan penjelasan di atas. Nanti deh saya buatkan versi slide foto agar bisa diikuti langkah demi langkah pembuatannya. Belajar kreatif mengubah barang bekas menjadi benda berkelas ini ternyata mudah banget. Yang penting telaten dan mengikuti petunjuk dari yang ngajari. Ikuti caranya dengan hati riang, jadi pulang ke rumah makin hepi. Dapat ilmu baru plus teman baru. Alhamdulillah. Sampai jumpa pada belajar kreatif berikutnya yess. Wassalamu'alaikum.

26 comments :

  1. Asline kalo kreatif bisa jadi apaaa sajaaa yaa mbak walaupun dari barang bekas

    ReplyDelete
  2. Waah, crafting sebenarnya kalo dikerjakan mudah yaa. Yg susah buat aku adlh melawan rasa malas. Hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju mbak, ini aja karena penasaran aku jadi rajin, mau ikut bikin, hihii

      Delete
  3. kalau ornag sudah punya fikiran yang kreatif, apapun itu bisa dirubah menajdi berharga dan bisa menjadi nilai jual...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas, yang penting ada niat dan langsung kerjakan

      Delete
  4. Hihihihi bagus ya, kotakq q bwt tempat pensil alis dan lipstik wkkkkk

    ReplyDelete
  5. Hihihihi bagus ya, kotakq q bwt tempat pensil alis dan lipstik wkkkkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wooo, keren lah, aku jadi pengen juga buat wadah lipstik

      Delete
  6. Kreatif dari barang bekas jadi barang baru yang bernilai

    ReplyDelete
  7. Hasilnya bagus ya mbak Wati, asal dikerjakan dengan sabar dan telaten pasti bisa ya mbak. Itu kalau dijual lumayan juga loh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini gampang bikinnya kok, yang penting bahan2 siap aja mbak Anjar, tinggal eksekusi

      Delete
  8. Dengan kreatifitas, barang bekas pun jadi ada manfaatnya~ :D

    ReplyDelete
  9. Cantiiik Mba Wati. Selalu salut sama yang bisa menyempatkan waktu bikin gini-ginian. Bener kata Mba Wati, bagi ibu rumah tangga waktu rasanya berlari. Perlu manajemen yang bagus.

    ReplyDelete
  10. jadi cantiik..! aku sering ngumpulin barang bekas, rencananya mau buat mainan hasna atau apalah.

    Tapi sekarang sdh nggak kek dulu lagi, baru megang sudah 'dibantuin' Hasna, lama2 males duluan
    Moga ntar kalau udah gedean bisa bikin kreasi2 lagi ;) ntar ajarin ya Mba.. ^^

    ReplyDelete
  11. Paling seneng kalo bw, temanya dengan DIY-an. Makasih mbak sharingnya. :)

    ReplyDelete
  12. Duuh senengnya kalau main ke postingan blog seputar DIY, belakangan aku juga lagi seneng main ginian hehe, btw aku lagi ngadain giveaway soal DIY lho Mbak, mampir ke bit.lyga-diywithacipa deh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh ralat Mbak, ini link-nya hehe http://www.asysyifaahs.com/2016/08/tutorial-diy-mini-notebook-giveaway.html

      Delete
  13. Kreatif dan bermanfaat ya mbak. Selain mengurangi sampah jg bisa jd barang bernilai lbh ekonomis lg klo dijual :D

    ReplyDelete
  14. thanks postingannya mba..bisa dicoba tuh DIY nya di rumah nanti..

    ReplyDelete
  15. senang mbak bikin karya. saya paling suka main kertas. eh padahal cuma bisa bikin amplop doang hihi

    ReplyDelete
  16. Ach cakeeep, seneng dech jadi ada bahan untuk berkreatifitas ya. Gak ndomblong aja di rumah, bisa bikin wadah yang berguna

    ReplyDelete
  17. Kalau lagi ada lebih waktu (read: nggak malas :D ) emang asyik juga sih bikin2 kreasi kayak gini :D

    ReplyDelete
  18. keren aktifitasnya mengubah barang - barang bekas menjadi sesuatu yang bisa digunakan lagi :)

    ReplyDelete
  19. cantik ya, padahal cuma dari bekas kotak susu aja

    ReplyDelete
  20. Kadang suka ngiri deh dgn orang yg punya imajinasi tinggi dan bisa berkreasi dari barang bekas menjadi barang berkelas, mupeng bisa spt itu juga :D

    Ayooo Mbak, buatin video tutornya boleh banget tuh #gaknolak :D

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...