Laman

  • Beranda
  • Jalan-jalan
  • Inspirasi
  • Review
  • Disclosure
  • About Me
  • Achievement

13 Jan 2016

Tips Dan Info Wisata: Pantai Bersih Bebas Sampah




Liburan akhir tahun kemarin telah mengukir kenangan yang beragam. Kenangan yang tak mungkin terhapus meski bilangan waktu akan menggerusnya.

Apalagi liburan bareng keluarga suami ini sudah beberapa kali kami agendakan. Meski tidak direncanakan dengan detil, tetap saja ada printilan tugas bagi masing-masing keluarga. Ada yang kebagian bawa bekal buah, snack ringan, atau pun mencari info tempat wisata. Setiap anggota keluarga berkontribusi menyukseskan acara liburan ini.

Kali ini destinasi kami adalah kota YOGYA. Halaaah.... udah berapa kali saya dan keluarga kecil ke kota ini, nggak usah dihitung lah. Ini kan jalan-jalan bareng keluarga besar. Pasti beda suasananya. Seru dan banyak tawa.

Hari yang dinanti tiba. Tanggal 24 Desember 2015, kami berangkat berombongan dalam dua mobil. Tujuan pertama adalah wahana permainan YOGYA BAY. Sudah saya tuliskan di artikel : Berlibur ke Yogya, Ngapain Aja?

Karena kami sudah mendapat tempat menginap di rumah saudara yang kosong, nggak perlu lah mikir reservasi hotel. Lumayan ya, jadi bisa ngirit. Alhamdulillah rezeki silaturahim.

Pagi hari Jumat, tanggal 25 Desember 2015, kami langsung berbenah dan mempersiapkan barang bawaan sekaligus check out dari penginapan gratis, hahaha.

Rencananya pagi itu kami akan sarapan di jalan menuju obyek wisata Pantai Wedi Ombo. Pantai yang terletak di wilayah Wonosari, Gunung Kidul itu masih dalam satu garis pantai dengan Pantai Siung, Pantai Baron dan banyak lagi pantai berpasir putih lainnya.

Butuh waktu dua jam menuju Wonosari. Tambah satu jam lagi karena kami mampir di salah satu warung makan yang menyediakan menu Soto dan Ayam Goreng Kampung. 

Kurang lebih pukul 10.00 kami tiba di lokasi wisata pantai Wedi Ombo.  Tiketnya murah, seperti di pantai lain di kawasan Wonosari, Gunung Kidul. Per orang hanya dikenakan tarif Rp. 4.500. 

Yang diluar dugaan, pengunjung mesti meniti anak tangga yang cukup curam untuk mencapai bibir pantai. Lumayan pegel deh untuk pengunjung yang sudah tua. Terutama bagi pengunjung perempuan yang memiliki kelemahan pada lutut dan persendian. Harus hati-hati untuk menuruni puluhan anak tangga ini. 
 
www.hidayah-art.com
Siapkan fisik yang bugar buat meniti anak tangga

Namun begitu tiba di dekat pantai, kelelahan bakal terbayar lunas. Indera penglihatan segera disambut dengan deburan ombak dan aroma air laut yang khas. Dijamin deh, pengunjung bakal segera ingin mencelupkan kaki ke dalam beningnya air Pantai Wedi Ombo.

www.hidayah-art.com
Pantai harus aman bagi anak-anak
yang bermain pasir dan air
Tetaplah memperhatikan kondisi di sekeliling tempat wisata. Apalagi Pantai Wedi Ombo ini termasuk dalam deretan laut pantai selatan, yang terkenal dengan ombak yang ganas. Air yang biru jernih, pasti menarik minat pengunjung untuk mandi atau berenang. Namun tetap harus memperhatikan peringatan dari penjaga pantai yang tak lelah menginformasikan larangan mandi di air ketika ombak mulai tinggi.


www.hidayah-art.com
Tetaplah menuruti peringatan dari penjaga pantai

Siapa sih yang mau bermain air di pantai yang kotor karena sampah? Enggak asik juga rasanya mengijinkan si kecil membangun istana pasir bila di dekatnya ada ceceran sampah. 

Di Pantai Wedi Ombo ini, saya melihat sampah ada di beberap lokasi. Memang sih saya tidak menemukan tempat sampah yang seharusnya tersedia di lokasi wisata. Bagaimana pengunjung mau membuang sampah, kalo tidak ada tempat sampah. Tentunya pihak pengelola harus menempatkan tong sampah di beberapa titik lokasi wisata di sekitar pantai.

Bagi pengunjung yang sadar dengan kebersihan, pasti sudah mempersiapkan tas kresek untuk menyimpan sampah. Seperti yang kami lakukan bila bepergian. Menyimpan terlebih dulu bungkus jajan di tas kresek, kemudian memasukkannya ke dalam tas ransel. 

www.hidayah-art.com
Tas ransel multi fungsi

Menjadi pengunjung tempat wisata alangkah bijaknya bila memperhatikan kebersihan, kenyamanan dan keselamatan. Semakin banyak pengunjung tentu saja memungkinkan bakal banyak sampah bertebaran, bila tak ada kepedulian dari semua pihak.

Dari pengelola tentu harus menyadari pentingnya menyediakan tempat sampah, agar kebersihan tetap terjaga. Menghimbau pada pengunjung agar menjaga kebersihan, dengan mengenakan denda bila diketahui membuang sampah sembarangan.

Ada pepatah yang mesti selalu diingat dan dilakukan oleh setiap pengunjung tempat wisata, di manapun dan kapanpun.

www.hidayah-art.com

Mestinya hanya gambar yang bisa diambil di obyek wisata. Namun mengambil gambar pun, perlu peduli dengan keselamatan. Memilih tempat untuk mengambil gambar, dengan mengajak seluruh anggota keluarga harus di tempat yang aman. Bila di pantai, tentu saja jangan menaiki batu karang yang tinggi dan terjal. Atau, jangan menanti deburan ombak setinggi dua meter agar bisa mendapatkan gambar yang terkesan seperti uji nyali.

Cukup lah memilih batu yang rendah, dengan posisi duduk yang nyaman. Atau di bibir pantai yang aman dari hempasan ombak yang ganas. 

Tak perlu menantang nyawa demi mendapatkan gambar yang bagus. Keselamatan dan keamanan harus tetap diutamakan.


www.hidayah-art.com
kami memilih foto di atas batu karang yang lebar
dengan ketinggian 100cm dari atas permukaan tanah

Sekian informasi untuk teman-teman yang akan berkunjung di pantai, terutama Wedi Ombo. Persiapkan bekal yang cukup, fisik yang bugar dan memperhatikan keselamatan selama berwisata. Semoga artikel Tips Dan Info Wisata : Pantai Bersih Bebas Sampah ini bermanfaat. 



 Peduli Kata Kunci


23 comments :

  1. Iya terkadang pengunjungnya sadar mau buang sampah eh pengelolanya nggak menyediakan tempat sampah. Iya yang bisa bawa pulang sampahnya kalau yang enggak bisa dibuang sembarangan. Penting banget loh Mbak ngasih tau pengelola tempat wisata kalau gak ada tempat sampah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, kemarin itu nyari kesana-sini enggak terlihat tempat sampah. Sempat juga protes pada pengelola, kok nggak disediakan tempat sampah, hehehe,,,

      Delete
  2. nah itulah kalau di pantai kadang gak ada tempats ampah, shg orang seenaknya buangs ampah. Ada tempats ampah saja suka buang sampah semberangan apalagi gak ada.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo lihat orang buang sampah sembarang, pengen banget aku samperin, aku ceramahin gitu, gemes aja lihatnya.

      Delete
  3. dimulai dari kita sendiri ya mbak untuk menjaga kebersihan ditempat wisata

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita bisa menjadi pemberi contoh kebaikan yang sederhana, mbak

      Delete
  4. Wah tempatnya menantang ya mbak Wati, harus naik turun tangga segala. Dan tiketnya murah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih, tapi asik kok karena sepadan dengan pemandangan pantai yang cantik :)

      Delete
  5. pulangnya bikin capek kayaknya karena harus naik tangga :D

    ReplyDelete
  6. Terima kasih mbak Hidayah sudah turut mendukung gerakan LPKK Warung Blogger

    Artikel sudah tercatat sebagai peserta ya

    Salam PKK

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih juga, senang bisa ikut berpartisipasi dalam gerakan PKK :)

      Delete
  7. Wah mba asik makan soto dan ayam kampungnyaa yaa hehe. Itu liburan keluarga emang paling seru yaah. Enaknya mba di semarang klo ke yogya lumayan dkt... Jadi kangen semarang &yogyaaaa

    ReplyDelete
  8. kalau pantai bersih kita juga nyaman ya mba, kalau ke jogja lagi harus ke sini nih

    ReplyDelete
  9. kalau pantainya bersih pengunjung juga nyaman, kalau balik ke jogja lagi bisa kesini

    ReplyDelete
  10. senang banget kalo melihat pantai bebas dari sampah :)

    ReplyDelete
  11. suka lihat pantai bersih, kadang gak imbang kalau pengelola sediakan tempat sampah masyarakat gak peduli tapi sebaliknya juga tanpa tempat sampah makin banyak sampah dimana-mana #sedih

    ReplyDelete
  12. Pas tahun baru kemarin aku liburan di Gili Labak mbak, pantainya bersih banget pas selesai acara langsung jadi kotor. Eman banget rasanya :( semoga semakin banyak orang yang sadar pentingnya menjaga kebersihan tempat umum terutama aku dulu deh :D

    ReplyDelete
  13. paling sebel lihat pengunjung yg buang sampah sembarangan di tempat wisata :(

    ReplyDelete
  14. Wajib bawa kantong plastiiiik. Habis makan dibawa pulang sampahnya. -,- Geregeten kalo banyak sampah di dekat tempat sampah. Padahal deket lho.

    ReplyDelete
  15. Setuju banget Mba, dengan ketiga kalimat untuk menjaga keberlangsungan tempat wisata. Kalau kita ngga mau jaga, maka anak cucu kita tak akan dapat menikmati alam seperti sekarang ini

    ReplyDelete
  16. Iya memang ya. Kadang banyak pengunjunh yang kurang sadar dg kebersihan. Kalau mereka sadar, ngga ada sampah, bisa dikumpulkan di kantong plastik, baru dibuang pas nemu tempat sampah

    ReplyDelete
  17. Iya Bund. Paling sebel kalo berwisata tpi liat sampah di mana2. Jd pengingat juga supaya kita lebih jaga kebersihan.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...