Menyiasati Aktivitas 1 Week 1 Post Bersama Komunitas Gandjel Rel - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Jumat, 25 November 2022

Menyiasati Aktivitas 1 Week 1 Post Bersama Komunitas Gandjel Rel

Menyiasati Konsisten Nulis di Blog 

Assalamualaikum Bestie. Menyiasati Tantangan 1 Week 1 Post Bersama Komunitas Gandjel Rel selama 8 periode ini, bagi saya cukup mudah. Hanya kembali pada niat awal saat ingin mengikuti tantangan menulis 1 week 1 post.


Tips Nulis Blog


Nah dalam kesempatan ini saya ingin berbagi tips agar tetap bisa konsisten menulis artikel untuk blog. Yaahhh minimal memenuhi aktivitas 1 week 1 post dari komunitas Gandjel Rel Semarang. 


Silakan baca : Tragedi Kanjuruhan


Sebelumnya saya akan bercerita kalo tantangan menulis 1 Week 1 Post Periode bukan satu-satunya yang saya ikuti saat ini. Jadi sebelum ikut aktivitas 1 Week 1 Post, saya sedang mengikuti tantangan menulis di grup blogger berbeda. Terasa banget kan effort-nya kalo udah lama nggak posting blog. 


Memang sebelumnya postingan blog isinya konten berbayar dan malas banget update konten organik. Efeknya dari DA, view, jadi menurun banyak. Nah jangan tiru ya, kamu tetap harus konsisten ngeblog yagesyaa. Karena saya pun udah sejak 5 bulan ini mulai menyemangati diri sendiri agar rajin posting artikel organik di blog. 


Alhamdulillah udah 5 bulan pula blog ini rutin posting minimal 6 tulisan, bahkan pernah sampai 13 tulisan pada bulan Oktober. Yaampun bangga banget dengan diri sendiri. Apalagi usia saya udah 54 tahun lebih, merasa produktif jadinya. Masya Allah. Semoga Allah azza wa jalla senantiasa memberikan keberkahan dalam setiap tulisan di blog ini.

Tips Menyiasati Konsisten Nulis di Blog 

Sebenarnya tips konsisten menulis artikel di blog itu bisa dilakukan oleh blogger pemula ataupun yang udah lama ngaku blogger tapi nggak update, wkwkwk. Gampang kok yang penting nulis dan posting, udah gitu aja.  Berikut ini tips konsisten menulis untuk blog :

Tentukan Niat Awal Ikut Aktivitas 1 Week 1 Post

Entah tantangan menulis model seperti apa yang kamu ikuti, pastikan kamu menentukan niat awal. Jangan karena ikut-ikutan, gengsi karena banyak yang ikutan, ataupun alasan lainnya.

Saya sendiri sejak awal udah berniat ikut karena memang ingin konsisten ngeblog. Melakukan tantangan sendiri nggak asik. Lebih asik dan seru dengan gabung komunitas yang memiliki batasan deadline posting artikel. Jadi mau nggak mau ya mesti ikut aturan dan jangan sampai terlambat. 


Niat ikut tantangan menulis agar blog selalu update artikel dan mesin pencarian Google bakal senang bertemu url blog kita. Hahahaa. Ya misal kamu jadi anggota suatu kelompok arisan, nggak pernah muncul, nggak menyapa, otomatis anggota yang lain bakal melupakanmu. Begitupun dengan mesin pencari Google yang senang dengan website yang selalu posting artikel baru. 

Hilangkan Hambatan

Kalo udah gabung tantangan menulis, hilangkan hambatan. Jangan sampai ada alasan dari sakit kepala, sibuk arisan atau kerjaan numpuk. Jangan yagesyaa. Setiap orang memiliki kesibukan yang berbeda, nggak hanya  kita. Setiap orang juga mungkin tengah sakit perut melilit saat berjuang merampungkan tulisan.
 

Nah kalo udah niat ikut tantangan menulis ya, begitu tema ditentukan, langsung kerjakan. Jadi jangan samapi mepet detlen gitu. Takutnya ntar ada kegiatan dadakan dan dijadikan alasan lagi piknik RT, isshhhh.


Atau mendadak hari terakhir setor malah listrik mati seharian. Blaiiiisss, mau alasan listrik mati? Tapi kan 6 hari sebelumnya listrik nggak mati, hihiii. Sekarang udah bukan jamannya lagi nyari alasan. Yuk hilangkan kebiasaan terlambat setor pekerjaan apapun yang menjadi tanggung jawab kita. Termasuk setor artikel 1 week 1 post di komunitas menulis mana pun yang kamu ikuti.

Skala Prioritas

Tahu sih kalo kamu itu pekerja kantoran, nyambi jadi blogger, nyambi jualan, dan di rumah jadi ibu anak-anak. Belum lagi ngurus suami yang minta dibikinkan mie rebus cabenya lima dan nggak pakai telur. 

Kembali lagi ke urutan paling atas tips konsisten tantangan menulis setiap minggu satu artikel. Apa niat kamu saat gabung tantangan menulis? Nah itu aja yang diingat-ingat, yang menjadi penyemangat agar konsisten melanjutkan hingga etape terakhir.


Kemudian tetapkan skala prioritas, urusan keluarga tentu taruh paling atas. Kemudian beberes rumah, baru deh nulis artikel. Nah kalo masih kerja kantoran yang masuk dari jam 9.00-17.00 gimana dong? Saya dulu sempat nguli juga sebelum akhirnya resign. Dan saya biasanya kalo ingin nulis ya abis shalat subuh bentar, lanjut istirahat siang di tempat kerja. Kemudian lanjut lagi malam jelang tidur. Banyak kok blogger yang masih kerja kantoran dan tetap produktif nulis di blognya. 


Cari Ide Menulis

Siapa yang sering bingung dan bilang nggak ada ide menulis? Nggak ada ide meski udah ada tema yang ditentukan pemenang arisan atau pengurus tantangan nulis. Hehehee, saya juga jadi bingung kalo begini.


Menurut pengalaman selama 7 periode ikut aktivitas menulis setiap minggu dengan tema yang udah ditentukan, saya nilai seru. Tema juga sederhana dan bisa dieksekusi dengan lancar. Saya open mind, mencari sudut pandang penulisan dari berbagai sisi. Seperti misal tema ke-7 tentang kebaya merah. Tahu kan kontennya gimana? Namun saya eksekusi menulis dengan mengambil sudut pandang kepribadian ganda. Karena menurut penyidik si pemilik video kebaya merah memang mengidap kepribadian ganda. 

Yuk Mulai Menulis

Kalo tema dan ide udah ada, nggak usah kelamaan ya, langsung aja menulis. Saya cukup duduk di kursi depan meja dengan laptop yang udah tua usianya (7 tahun), dan alhamdulillah bisa posting di blog. 


Saya berusaha langsung menayangkan artikel sesuai tema ketika nggak ada pekerjaan penting di hari pertama. Namun ketika saya tengah keluar kota seperti saat tema periode ke-6 tentang film favorit, saya cicil di jalan. Jadi saya menggunakan ponsel untuk ngeblog. Karena udah terbiasa malah lebih cepat karena untuk pelengkap gambar juga bisa dilakukan dengan ponsel ini.


Jadi sebenarnya tipsnya hanya satu, kerjakan segera. Karena saya nggak pernah tahu kan bila hari pertama tidak langsung mengerjakan, mendadak hari berikutnya sampai hari terakhir ada kegiatan penting. Misalkan begitu tema digulirkan, saya sedang sibuk seperti tema periode ke-8 (artikel ini), ya saya tulis dulu idenya. Kemudian sub judul isinya apa aja, semua saya tuliskan. Jadi begitu saya punya waktu luang, bisa segera dituliskan dalam sekali duduk, eh gimana maksudnya, hahahaa.


Nah tentang kesan saya ikut aktivitas 1 week 1 post bersama komunitas Gandjel Rel, seru sih. Saya hepi bisa ikut aktivitas menulis rutin seperti ini. Blog saya jadi rutin update artikel terbaru setiap minggu. Saya juga jadi makin semangat menulis karena udah ada tema yang ditetapkan setiap minggu. Pokoknya pengen tantangan nulis ini lanjut sih. Jangan berhenti sampai minggu ke-8 aja. Tapi misalkan akhirnya hanya sampai di minggu ke-8, saya tetap akan konsisten posting tiap minggu dengan mencari tema sendiri. 


Gitu yagesyaa tips menyiasati agar saya bisa tetap konsisten menulis 1 week 1 post. Ngga ada yang rumit, semua sederhana aja dan bisa kamu lakukan juga. Mungkin kamu bisa menambahkan tips lainnya agar tetap konsisten menulis? Boleh loh tulis di kolom komentar. Wassalamualaikum.

2 komentar:

  1. wah, ibu masih aktif ngeblog ya. kirain uda nggak aktif lagi bun :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insyaa Allah tetap ngeblog, yang penting tubuh sehat harus terus menulis

      Hapus