Kasus Kebaya Merah Jadi Ingat Film Tema Kepribadian Ganda - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Kamis, 17 November 2022

Kasus Kebaya Merah Jadi Ingat Film Tema Kepribadian Ganda

Assalamu'alaikum. Sahabat mengetahui video viral tentang si kebaya merah beberapa waktu lalu? Saya cukup kaget saat membaca kebaya merah menjadi trending topic di Twitter. Tak saya sangka kalo viral kasusnya adalah menyalahi moral yang ada di masyarakat kita. Tidak seperti info dari media sosial yang kebanyakan hanya menyoroti masalah tindak amoral si kebaya merah, saya ingin melihat sisi lain kasus ini.


Menurut informasi dari portal berita, si kebaya merah (AH) yang membuat video viral tersebut memiliki kepribadian ganda. Saya ambil kutipan dari Detik Health, bahwa menurut Direktur Reskrimsus Polda Jatim Kombes Pol Farman, AH merupakan pasien rawat jalan di RSJ Surabaya.

Penyidik siber dari kemarin sudah melakukan pemeriksaan terhadap tersangka dan juga melakukan upaya paksa penggeledahan. Informasi yang kami terima dari penyidik, yang bersangkutan (AH) merupakan seorang yang berkepribadian ganda. Ditunjukkan dari hasil penggeledahan di tempat singgah AH dengan ditemukan kartu kuning, dan beberapa faktur-faktur tanda berobat di salah satu RS kejiwaan yang ada di Surabaya

Kepribadian Ganda atau Gangguan Identitas Disosiatif 

Bagi kalian yang belum memahami apa itu kepribadian ganda, ada penjelasannya di sini. Kepribadian ganda disebut juga gangguan identitas disosiatif adalah suatu kondisi kesehatan mental,  ketika seseorang memiliki dua atau lebih kepribadian yang berbeda antara satu dengan lainnya. 


Yang perlu diketahui juga pengidap gangguan ini mengalami kepribadian yang berubah-ubah, namun dia tidak menyadari apa yang terjadi dalam dirinya. Gangguan yang muncul bisa ditandai dengan terganggunya memori, kesadaran, dan kepribadian yang seringnya dipicu kejadian traumatis saat masih kecil. Bentuk trauma bisa karena kekerasan fisik atau verbal yang dialaminya dan terjadi secara berulang-ulang.


Dalam istilah medis sendiri kepribadian ganda disebut dengan gangguan identitas disosiatif (DID) dan termasuk kondisi kesehatan mental yang terganggu. Bahkan bisa saja mereka ini memiliki lebih dari dua kepribadian, atau kepribadian yang berlapis-lapis.


Bayangkan bertemu dengan orang berkepribadian ganda, kadang emosinya labil, berubah-ubah sesuai kepribadian yang mana yang muncul. Namun dia sendiri tidak menyadari dengan kepribadian ganda yang tersemat dalam dirinya. Satu orang dengan dua atau lebih kepribadian yang bertolak belakang.


Setiap identitas yang ada di dirinya memiliki sejarah pribadi, ciri-ciri khusus, suka dan tidak suka, yang berbeda. Bahkan DID ini menimbulkan si kepribadian ganda mengalami halusinasi atau gangguan dalam memorinya. Dia meyakini sesuatu itu nyata meski aslinya tidak demikian dengan yang orang lihat.


Contoh Kepribadian Ganda Bisa Nonton Film Genre Thriller Secret Window

Bagi penyuka novel Stephen King, pasti kenal dengan Secret Window, Secret Garden. Novel thriller ini kemudian diadaptasi menjadi film dengan atmosfer thriller. Film dengan plot twist yang mengejutkan menyajikan sisi kesehatan mental dari karakter utamanya yang diperankan oleh Johnny Depp.


Film dengan judul mirip novelnya, Secret Window dengan durasi tayang 90 menit cukup seru dan menegangkan di beberapa bagian. 


Morton "Mort" Rainey (Johnny Depp) adalah penulis novel dengan genre misteri yang cukup populer. Suatu hari Mort memergoki sang istri, Amy yang berselingkuh dengan seorang pria bernama Ted di sebuah motel.


Kejadian itu membuat Mort memutuskan untuk menyendiri di rumah kabinnya yang ada di di Danau Tashmore, New York. Sementara Amy memilih tinggal bersama Ted.


Beberapa bulan kemudian, Mort gelisah karena mengalami “writer's block” dan masih belum bisa menulis cerita yang baru. Di sisi lain juga, ia memutuskan untuk menunda proses perceraian yang diajukan oleh Amy sejak lama.


Di tengah kebuntuan menulis, seorang pria misterius bernama John Shooter muncul di depan pintu kabin Mort. Ia menuduh Mort melakukan plagiat atas tulisannya yang berjudul Sowing Season.


Shooter hanya datang dan menyerahkan naskah cerita tersebut kepada Mort. Lalu ia pergi dengan menatap tajam kepada Mort. Sepeninggal Shooter, Mort membaca karya Shooter. Ia cukup kaget karena ternyata mirip dengan novel yang ia buat yakni Secret Window.


Hanya bedanya ada di bagian akhir tulisan Shooter yang memiliki ending tak sama dengan karya Mort. Esok harinya Mort bertemu dengan Shooter, dan memberitahunya kalo tulisan yang ia buat sudah dicetak di sebuah majalah misteri tahun 1994. Sedangkan Shooter menulis Sowing Season di tahun 1997.


Mort sebenarnya memiliki masalah mental yaitu kepribadian ganda. Ia seperti mengalami halusinasi dan yang lebih gawat yang dilakukan Mort akhirnya justru membunuh orang-orang yang menghalangi langkahnya. Mantan istrinya, Amy dan Ted dibunuh Mort.


Ia lalu mengubur mayat Amy dan Tedd tepat di bawah kebun yang berada di samping rumah kabinnya. Kebun tersebut pun dapat dilihat melalui “Secret Window” yang berada di lantai atas tempatnya bekerja.

Ending cerita rasanya mengganjal karena Sheriff kesannya membiarkan kejahatan terjadi. Mort bersikap biasa dan seolah tidak ada yang terjadi. Sheriff Dave Newsome, yang sebenarnya mengetahui kejahatannya Mort, datang ke kabinnya, dan berjanji akan mengungkapkan kebenarannya. 

Sungguh berhubungan dengan orang berkepribadian ganda itu melelahkan atau bisa aja nyawa taruhannya. Saya sendiri belum pernah bertemu dengan orang berkepribadian ganda. Apakah kalian punya kenalan dengan kepribadian ganda? Hati-hati ya, ajak ke psikiater untuk berobat agar tidak melakukan hal-hal yang mengerikan. Wassalamu'alaikum.

2 komentar:

  1. Kasus kebaya merah padahal hindari banget baca kasus satu ini di google dan enggak mengikuti, eh malah muncul di fyp videonya. Jadi, kepoin dan mengikuti pada akhirnya. Ternyata di balik itu ada bipolar atau kepribadian ganda, enggak nyangka kadang sama kesehatan mental begini. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus