Rekomendasi 7 Bekal Untuk Anak Sekolah - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Rabu, 05 Oktober 2022

Rekomendasi 7 Bekal Untuk Anak Sekolah

Assalamu'alaikum. Pagi hari menjadi waktu istimewa bagi Ibu yang udah sibuk menyiapkan sarapan dan bekal. Cumaa, kadang seorang ibu bisa aja tengah ngedrop fisiknya karena sesuatu. Jadi meski tubuh sakit pun ibu tetap akan menyiapkan bekal bagi suami dan anaknya.




Dulu saya kalo sedang kurang enak body, memilih bekal yang praktis. Siapin sarapan juga yang praktis seperti nasi goreng plus telur dadar. Untuk bekalnya yang mudah dibikin dan nggak butuh waktu lama.


Tapi bisa juga bekal yang saya kasih untuk anak-anak adalah buatan beberapa hari sebelumnya. Saya terbiasa bikin menu frozen atau yang bisa disimpan di freezer gitu. Jadi ketika malas masak yang ribet ya udah tinggal ambil aja bahan yang udah siap di freezer.


Saya punya rekomendasi bekal untuk anak sekolah yang bisa dibikin di dapur rumah. Saya sengaja bikin bekal tuh yang kayak jajanan dijual di luar kantin sekolahan. Jadi anak-anak berasa bekalnya gak kalah asik kayak temannya yang jajan. Oia bekal yang saya rekomendasikan ini untuk anak sekolah usia 8 tahun ke atas. 


Nggak usah galau ya buat ibu-ibu yang nggak bisa masak. Jaman digital seperti sekarang, ibu muda atau semua orang diberikan akses untuk mendapatkan informasi cara bikin sesuatu. Begitu pun dengan makanan, banyak banget yang berbagi cara dan resepnya. Jadii... yok masakin keluarga dari dapur rumah sendiri. Bikin yang agak banyak jadi sisanya disimpan atau dibekukan di freezer.


Rekomendasi Bekal Anak Sekolah :

Karage

Ini adalah menu khas Jepang yang sangat banyak dijumpai di resto di tanah air. Cara pembuatan yang mudah dan praktis, menjadi favorit ibu-ibu yang ingin anaknya tetap menyukai bekalnya. 

Anak saya termasuk senang kalo dikasih bekal karage. Terbuat dari potongan daging ayam tanpa tulang yang dimarinasi dengan bumbu lada bubuk, kaldu bubuk, tepung mazena, soyu atau kecap asin, didiamkan di kulkas selama kurang lebih 15 menit. Baru kemudian digoreng dengan api cukup besar. Begitu udah berwana golden brow, diangkat dan ditiriskan. Karage siap disajikan dengan salad sayur dan saus.

Ayam yang sudah dimarinasi, bisa disimpan dalam jumlah tertentu sesuai kebutuhan di freezer. Jadi sewaktu-waktu bisa dikeluarkan dari freezer sejam sebelum digoreng.



Telur Gulung

Sepertinya sejak pandemi banyak jajanan baru yang bermunculan. Dan salah satu yang baru saya ketahui sejak pandemi jajanan telur gulung ini. Awalnya saya penasaran cara pembuatannya, apakah ribet?


Yuk saya kasih resep dan cara pembuatannya, temans. Kalo ingin nyobain kamu mending bikin dari 2 butir telur. Misalkan tidak sukses kamu nggak bakal nyesel. Karena harga telur kadang mahal meski saat ini udah turun ya, di tempat langganan saya di minimarket 1 kg harganya Rp. 20.900. Bisa jadi berbeda ya karena harga telur sekarang seperti harga saham, begitu fluktuatif, hihii.


Untuk 2 butir telur (dikocok lepas), tambahkan 70 ml air, 1/4 sdt bawang putih bubuk, garam, lada bubuk, kaldu bubuk secukupnya. Campurkan semua bahan ini dan siapkan wajan dengan minyak. Nyalakan api kompor sedang aja, kemudian setelah panas bisa dituangkan adonan agak tinggi dari atas wajan. Kemudian guanakan tusuk sate dan mulai menggulung adonan dari pinggir hingga menutupi tusuk sate. Telur gulung ini paling enak dijadikan bekal saat masih panas. Dan itu susah juga ya karena bila dibawakan saat pagi sebelum berangkat sekolah, paling enak ya dinikmati saat istirahat pertama.


SIOMAY BANDUNG



Siapa bilang bekal anak sekolah hanya nasi goreng, nasi dengan nuget, atau scramble egg. Yuk buatkan jajanan kesukaan anak-anak sekolah dasar yang sering dijual bapak tukang siomay di depan pagar sekolah, ahahahaa.

Bikinnya mudah kok, bisa cari di youtube atau media sosial lainnya. Saya beberapa kali buat juga untuk bekal anak-anak. Dan mereka suka karena bekalnya jadi bervariasi. Untuk saus kacang bisa dibikin tidak pedas. Nanti kalo anak-anak sudah mulai doyan sambel, tinggal disesuaikan aja dengan lidah mereka.

KROKET dan RISOLES

Jajanan ini bisa jadi alternatif bekal sekolah karena terbuat dari bahan-bahan yang mengandung karbo dan protein sekaligus. Dilihat dari bahannya yaitu kentang, sayuran wortel, daun bawang, dengan protein ayam atau daging sapi, tentu sudah memenuhi kecukupan gizi. Masukkan aja tiga sampai empat buah kroket atau risoles di wadah bekal anak-anak, dijamin udah cukup mengenyangkan. Apalagi kalo ditambah susu UHT, pas deh bikin anak-anak hepi.




Oiya saya udah pernah menuliskan resep risolnya di sini. Yang kroket nanti ya saya tuliskan di artikel berikutnya. Kedua jajanan ini juga sering saya bekukan. Jadi kalo mau disajikan ya tinggal keluarkan sejam sebelumnya dari freezer dan baru deh digoreng.


Silakan baca dan dicoba : Tips dan Resep Risoles Kulit Anti Robek

Sandwich Roti Tawar

Siapa yang masih belum familiar dengan makanan satu ini? Makanan yang sederhana, praktis, mudah dibuat dan disajikan untuk sarapan atau sebagi bekal ke sekolah atau tempat kerja.

Bahannya juga mudah didapatkan di minimarket dekat rumah, tukang sayur pun juga ada. Bahannya yang mudah aja ya, ada roti tawar bisa tanpa kulit, roti gandum, ataupun roti tawar kulit. Isiannya bisa telur, keju, sayuran, tomat, mayonaise, saus, atau daging asap.



Cara bikinnya : kocok telur, panaskan wajan, kasih butter/margarine. Setelah panas, tuang telur yang udah dikocok lepas. Gulirkan wajan agar telur merata di permukaan. Kemudian tata roti yang sudah dipotong dua, kasih jarak (tetep ya jaga jarak). Kemudian balik dengan hati-hati. Salah satu dikasih keju, sayuran ataupun bahan isian lainnya sesuai kesukaan. Lipat telur di atas roti tawar, kemudian tangkupkan roti. Sandwich siap dikemas dan dijadikan bekal ataupun sarapan di rumah.

ROTI MANIS



Nah ini juga bisa dijadikan bekal untuk anak-anak ketika mereka sedang bosan makan nasi. Iya kadang mereka bosan tapi takut ngomong sama sang ibu. Tapi tidka dengan anak-anak saya. Mereka sering loh bilang bosan bawa nasi dan minta bekal diganti roti. Terserah deh mau roti sandwich atau dibikin pizza. 

Dari pada itu lagi itu lagi bekal yang dibawa anak-anak, saya lebih memilih belajar nyobain cara bikin roti manis. Pasti mereka suka dengan roti buatan ibunya. Dan benar sih, karena mereka sering minta dibuatkan ketika tidak ingin bawa bekal nasi dan lauk pelengkapnya.


Silakan baca resep : Roti Manis Isi Pisang dan Sosis

KEBAB

Sebenarnya kebab itu ada beberapa macam isian dan cara pembuatannya. Tapi kali ini saya hanya akan berbagi satu macam karena kebetulan memang baru nyobain yang berikut ini.



Tortilla saya bikin sendiri, saya belum bagikan di blog ini. Nanti yaa saya tuliskan dalam artikel sendiri karena cukup panjang cara bikinnya. Untuk daging kebabnya beli di toko online. Ini anak saya yang belanja, ngebantu saya banget kaan?! Hahahaa.


Panaskan wajan dan kasih butter atau margarine. Setelah cukup panas, irisan daging kebab dimasak hingga cukup matang saja atau sesuai kesukaan. Kalo anak-anak saya suka yang agak kering. Kemudian letakkan tortilla, tata di atasnya irisan daging kebab, sayuran, tomat, dan kasih saus sesuai selera. Sajikan dalam wadah bekal anak-anak, mereka pasti suka sekali.



Sebagai seorang ibu dengan dua anak laki-laki yang saat ini sudah beranjak dewasa, banyak pengalaman menyiapkan makanan untuk mereka. Tak hanya makanan berat, tapi juga cemilan agar mereka tidak mudah jajan sembarangan. Mending saya dimintai bikin jajanan viral yang bikin repot di dapur dari pada ngasih mereka uang untuk membeli di luar rumah.


Saya percaya kesukaan anak jajan di luar itu karena kebiasaan sejak kecil. Karena itu saya lebih suka nyobain segala resep masakan dan jajanan agar anak-anak belajar menyukai masakan rumahan. Seperti yang dituturkan oleh Dokter Anak, blogger yang profesi utamanya adalah dokter spesialis anak dan juga penulis. 

Dalam salah satu artikelnya yang mengulas tentang kesehatan anak, keluarga muda wajib membacanya. Terutama yang memiliki anak picky eater, apalagi kalo suka GTM a.k.a gerakan tutup mulut. Gemes pasti ya kalo anak-anak yang mulai belajar mengenal jenis makanan melakukan GTM.  Kamu baca deh artikelnya sampai tuntas. Semoga ngebantu ya sharing kali ini. Wassalamualaikum. 

26 komentar:

  1. Dulu suka dibekalin mie goreng, telor ceplok plus nasi. Sekarang banyak idenya, tapi kalau untuk bekal diri sendiri, suka sama nasi kepal yg dicampur sama nori, lauknya bisa nugget atau ayam karage yg frozen food gitu

    BalasHapus
  2. Mbaaak, ide bekalnya enak-enak semua. Paling suka dimsum, pengen kucomot tapi cuma gambar :))

    Ini sih kesukaan anakku semua. Tapi ga semua pernah aku bikin. Pernah beli aja. Belakangan aku lagi rajin bikin. Pas nih buat nyobain. Makasih rekomendasinya ya mbak.

    BalasHapus
  3. Bekal anakku tuh kebanyakan variasi roti dan snack, karena untuk lunchnya dia ada catering dari sekolah. Terus snacknya juga harus yang ringan gak boleh yang makannya bikin lama, hehehee

    BalasHapus
  4. Snack aku suka bikin klo makanan beratnya ku catering. Nah suka diicip sama teman2 anakku disangka jualan 🤣🤣mamah kamu jualan ya.
    Mba aku mau, belum pernah bikin tortilla, pernah mau bikin kebab karena aku suka😁.
    Jagung keju tanpa kental manis paling mentok2, mangga. Kukus2an jg suka. Duh mau somaynya, nggak mau resepnya #kabuuur
    Makasih ya idenya mbaa.. kebab ah mau jajal

    BalasHapus
  5. kebab sama risol yang jadi andalan, mbak. Anakku suka banget dan praktis karena aku nyetok frozen food, hehehe

    eh kayaknya siomay juga bisa nyetok yah. Jadi bisa variasi kasih bekal sekolah ke anak.

    BalasHapus
  6. Semuanya yummy. Duh kalo di rumah bakal gk jadi bekel. Udh disikat duluan sama papahnya :)

    BalasHapus
  7. Ini sampai sekarang saya suka puyeng juga mikirin bekal anak. Seringnya bawain aja jajan warung, karena sekolah kedua anak masih 2 jaman saja. Pan kapan pengen nyoba karage deh. Kalo yang lainnya pada gak mau nak anak.

    BalasHapus
  8. Bekal anak memang sesuatuuuu ya mba.

    Anakku udah SMA, full day pulang jam 16.00 tapi aku jg masih suka bawain bekal buat doi.

    Alhamdulillah ini idenya kece² bgt mbaaaa

    BalasHapus
  9. 7 rekomendasi untuk bekal anak dan suami ini sepertinya cukup banyak ya Mbak. Tapi kalau sudah dijalani, lama-lama akan bingung juga mencari variasi yang akan dibawa sebagai bekal agar mereka tidak bosan. Setidaknya begitu yang saya alami dulu sewaktu anak-anak masih kecil dan harus bawa bekal ke sekolah. Bingung aja setiap hari harus bawa apa hahaha...

    BalasHapus
  10. Wow lengkap banget. Boleh nih aku coba roti sandwich ala Korea. Sepertinya mudah ya cara membuatnya. full gizi lagi

    BalasHapus
  11. Wah iya, sudah kembali ke sekolah, mamak mamak sibuk bikin bekal tiap hari
    Tulisan ini bisa jadi inspirasi saat membuat bekal untuk anak

    BalasHapus
  12. Kalo si kakak dlu suka banget chicken karage atau roti bakar ala2 Korea gtu. Kalo Keumala sukanya bekal roti maryam kalo ga ya telor dadar. Gampang jd emaknya ga ribet harus amsak pagi2 hahahah

    BalasHapus
  13. Semua makanannya enak2, gak cuma anak2 molly juga suka inih. Paling ngiler kebab turki itu loh, so yummy ..

    BalasHapus
  14. Masya Allah keren banget bekalnya, bervariasi juga ini. Aku paling bekalnya selalu nasi dan lauk, kadang tambahin bekal snack, tapi kalau malas beli snack di warung hehe.. Butuh effort kalau aku, tapi ngeliat gini salut deh, mba bisa semangat gini bikin bekal bermacam-macam.

    BalasHapus
  15. Semuanya enak banget buat bekal anak sekolah ya mbak, tapi biasanya untuk makan kedua, maklum anakku bekalnya dua jadi ada nasinya juga hehehe. Bener mbak makanan di list itu biasanya selalu disukai oleh picky eater

    BalasHapus
  16. Chicken Karage kesukaan anak saya. Hanya saya jarang bikin. Bahan yg cukup sulit. Beda dengan siomay. Kalau kebab sih anak emang kurang suka. Yang pasti bekal anak kudu bernutrisi ya

    BalasHapus
  17. Bekel sekolah anak, aku biasanya tanya dulu mak mau bekel apa besok? Cemilan sama makan siangnya...
    Soalnya kalau ga cocok ga kemakan hikss ..
    Anak2ku biasanya ayam kampung, telur gulung ala shusi ksh rumput laut,maryam, kebab

    BalasHapus
  18. Aku tuh mbak, malah yang suka bawa sandwich ke kantor karena emang selain bikinnya gampang, juga penuh nutrisi karena protein, lemak dan vitaminnya dapat.
    Malah anakku tiap aku bikin dan aku tawarin, dia ngga mau..

    BalasHapus
  19. Ketika anak-anak masih SD, saya suka bikin bekal ala bento gitu. Dihias dan dicetak supaya anak semangat bawa bekalnya. sekarang cari yang praktis aja. Meskipun anak-anak suka bilang kangen dibikin bento hehehe

    BalasHapus
  20. Anak-anak kalau diberi bekal makanan yang beragam, selain happy juga semakin semangat menghabiskannya. Apalagi bekelnya banyak, jadi bisa berbagi dengan teman-teman sekelas. Soalnya kadang anakku juga suka cerita kalau mereka sharing bekel, biar saling incip mengincip. Lama-lama kenyang juga kalau yang diincip banyakan.

    BalasHapus
  21. resepnya enak - enak semua nih mba.. aku jadi pengen masaaak pagi - pagi mumpung weekeng hehehe. Thanks sharingnya yaa

    BalasHapus
  22. Wah, salut banget Mba. Rajin banget bikin bekal makanan yang enak-enak. Anak pasti suka banget nih. Nanti saya mau deh cobain resepnya.

    BalasHapus
  23. Semua bekal diatas kedukaan nih. Tapi lebih sering bikin yang sesuai request anak, paling roti manis, roti isi, burger homemade sama susu.

    BalasHapus
  24. Rekomendasi yang cakep - mudah dan pasti anak anak suka ini!
    Untuk anak anakku sih biasalah, nasi goreng, nasi bakar ala ala, nasi hainan pake ayam cabe garam itu. ROti aku biasa isi dengan mayo atau ragout juga

    BalasHapus
  25. Ya ampun pinter banget masaknya. Itu bikin ngiler semua, saya yg males masak jadi insecure hahahah

    BalasHapus
  26. Dulu saat masih WFO atau ngantor, saya sering banget bawa bekal siomay Mak. Suka banget deh sama olahan siomay karena porsinya pas banget gitu untuk sarapan di kantor. Kadang saya masih makan juga untuk makan siang, saking ketagihan karena praktis dan enak.

    BalasHapus