Tips dan Resep Risoles dan Kulit Anti Robek - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Senin, 13 September 2021

Tips dan Resep Risoles dan Kulit Anti Robek


Assalamualaikum Sahabat. Minggu kemarin ada teman suami yang meminta tolong dibuatkan jajanan pastel. Tapi saya sedang enggan ngadonin, jadi menawarkan opsi lain yang isiannya sama yaitu risoles. Bagi saya lebih praktis bikin risoles karena cara pembuatan kulitnya cukup digoreng aja di wajan teflon. Beda dengan pastel, yang butuh diuleni, digiling, aduhh tangan saya lagi males deh pokoknya.

Beruntung sih orangnya mau aja ditawarkan pengganti pastel dengan risoles. Hahahaa.

Dan saya ingat, belum pernah menuliskan resep dan cara membuat risoles beserta kulitnya di blog ini. Jadi waktu bikin risoles ini saya buatkan juga foto dan video step by step

Kulit risoles yang ini adalah hasil resep uji coba sejak anak-anak masih balita. Terutama si sulung yang jadi kelinci percobaan, ups.

Karena si sulung dulunya tergolong anak yang picky eater. Jadi saya mesti pintar-pintar mengganti nasi, makanan yang tidak disukainya dengan karbohidrat yang lain. Bubur ayam kan berasal dari bahan yang sama dengan nasi, dia masih doyan. Tapi saya juga nyoba bikin cemilan yang mengenyangkan. Seperti bakpau, bolu kukus, nagasari, kroket, dan risoles juga. Sebenarnya masih ada karbo pengganti nasi yang saya berikan.


Risoles ini termasuk cemilan yang mengenyangkan karena ada bahan tepung untuk kulitnya. Makan dua risoles aja udah kenyang untuk anak seumuran si sulung waktu itu (usia 2 tahun).


Dan nyaris 80 % jajanan bikin sendiri. Karena saya yakin bahwa jajanan buatan rumah pasti lebih terjamin kebersihannya. Waktu itu masih belum ada sosial media. Saya nyontek dari kumpulan resep di majalah atau tabloid. Ada juga resep dari buku terbitan salah satu penerbit terkenal. Cuma ya namanya tulisan kadang hasilnya gak memuaskan. Beda dengan sekarang ya, nyontek resep dari video di channel YouTube sering berhasil.


Jadi lah saya dulu bikin jajanan itu kadang berhasil, lebih sering tidak berhasil, hahahaha. Penampilan jajanan tidak cantik, tapi rasanya sih enak. Beruntung deh si sulung selalu menghabiskan jajanan yang saya buat.


Kali ini saya kasih resep risoles dengan kulit yang udah diuji coba hingga belasan kali. Alhamdulillah udah tiga kali ini bikin dengan resep kulit risoles ini, hasilnya anti robek. Berikut ini cara pembuatannya.


Cara Membuat Risoles Isi Ragout :

Bahan :

3 siung bawang putih, cincang halus

4 siung bawang merah, haluskan

100 gram filet ayam, potong dadu (boleh skip)

100 gram wortel potong dadu

300 gram kentang potong dadu

1 tangkai daun bawang, iris kasar

1 sdt garam 

1/2 sdt merica bubuk

1/2 sdt kaldu bubuk

100 ml air




Cara Masak Ragout :

- Tumis duo bawang sampai harum. Masukkan ayam, tumis hingga airnya menyusut. 

- Masukkan wortel dan kentang, aduk-aduk. Masukkan garam, merica bubuk, dan kaldu bubuk.

- Tambahkan 100 ml air putih, masak hingga air meresap. 

- Tambahkan daun bawang yang sudah diiris kasar. Cek rasa, matikan kompor. Sisihkan.


Sekarang saya ajak kalian mengikuti langkah pembuatan kulit risoles yang hasilnya lembut dan anti robek.


Adonan Kulit :

- 300 gram tepung terigu

- 20 gram tepung tapioka

- 1/2 sdt garam

- 2 butir telur

- 650 ml air

- 2 sdm minyak sayur



Cara membuat :

- Campur semua bahan, kecuali air tambahkan sedikit demi sedikit. Sampai adonan kalis dan wujudnya cair.

- Tambahkan minyak sayur, aduk lagi hingga tercampur rata

- Saring adonan agar adonan yang bergerindil tidak ikut dimasak. Tentunya hasilnya nanti nggak cantik kalo masih ada tepung yang tidak tercampur.




- Panaskan teflon ukuran 24 cm. Tuang sedikit minyak, dan ratakan menggunakan kuas. Lakukan ini sekali saja di awal ya sahabat.

- Gunakan sendok sayur ukuran agak besar untuk menuangkan adonan. Langsung gulirkan di wajan dengan cara memutar nya. Usahakan adonan tadi menutup permukaan wajan. 




- Biarkan matang. Tandanya adalah adonan kering dan bisa terlepas tanpa dibantu alat. Taruh di piring. Lakukan hingga adonan habis.



Cara mengisi risoles :



- Ambil satu lembar kulit risol dan letakkan di wadah atau piring ceper. 

- Isi dengan ragout, secukupnya atau sesuai selera

- Lipat seperti membuat amplop. Tidak perlu dilem karena kulit ini udah langsung merapat. 

- Lakukan hingga selesai



Cara menggoreng Risoles :




- Siapkan tepung panir secukupnya di wadah

- Pecahkan 1 butir telur di wadah lain, dan kocok lepas

- Masukkan risol di cairan telur, kemudian angkat dan taruh di tepung panir. Lumuri hingga merata

- Lakukan hingga semua risoles sudah tertutup tepung panir. Simpan di wadah dan masukkan ke kulkas. 30 menit kemudian baru dikeluarkan dan digoreng.

- Panaskan minyak di wajan, gunakan api sedang.  Masukkan risol yang sudah tertutup panir. Balik dan angkat jika warna risol sudah coklat keemasan. Jadi balik cukup satu kali saja.

- Sajikan dengan cabe. 



Nah sudah selesai. Saya biasanya membuat isiannya risoles sehari sebelumnya. Untuk pembuatan kulit juga tidak lama. Oia untuk isiannya bebas ya. Kadang saya isi dengan daging asap, keju, dan daun bawang. 

Untuk adonan kulit risoles di atas, kemarin saya hitung hasilnya ada 37 buah. Karena saya menggunakan wajan teflon ukuran diameter 22 cm. Kalo ingin ukuran standar biasanya menggunakan wajan teflon 24 cm. 

Mudah banget bikin risoles dari isiannya, kulit yang anti robek, dan menggorengnya. Sahabat bisa loh ngajakin anak-anak untuk bantu memotong sayur atau melipat risoles. Anak-anak pasti senang karena merasa dihargai bantuannya. 


Sejak anak-anak masih kecil, saya udah mengenalkan area dapur. Tentu dengan tetap mengawasi kegiatannya. Dan hasilnya salah satu anak saya sampai sekarang suka masak. Kadang ngajakin saya baking atau bikin cemilan. Meski anak laki-laki harus dikenalkan dengan urusan dapur. Dulu saya berpikir sederhana, bahwa kelak mereka bisa saja jadi anak kost. Jadi mereka harus berkenalan dengan kompor dan alat masak sedari kecil.


Yuk coba bikin di dapur rumah ya sahabat. Atau kalian punya resep risoles dengan tips yang berbeda? Sharing yuk. Wassalamu'alaikum.

24 komentar:

  1. Ini lebih enak ketimbang pantesl menurut saya. Saya suka ini, dulu sewaktu di Cikarang, tetangga yang jualan angkringan juga suka bikin ini, tapi isinya telur rebus ama mayonese. Enak juga itu.

    BalasHapus
  2. Mbak Hida pandai sekali bikin risoles. Liat dari fotonya, hasilnya bagus, bener-bener gak ada yang robek.
    Aku tuh dari dulu kalau bikin makanan yang ada kulitnya tuh paling males haha. Jadi, kalau pengen makan risol, pastel, dan semacam itu, pasti beli. Tanganku ini nggak terampil ngadon. Kalau bikin isian aku masih mau dan bisalah :D

    BalasHapus
  3. Alamaaaaak, coba rumahku dekat rumah mbak Wati. Aku satronin deh tiap kali mbak bebikinan risoles gini hahahaha :) Salut deh mbak orangnya kreatif ya. Aku mau bikin juga ah resep risoles dan kulit anti sobek ini. Camilan yang menyehatkan nih ada sayurannya, ada daging ayamnya dll. mantap. Makasih resepnya yach.

    BalasHapus
  4. Camilan berat yang banyak disukai, nih, enak banget kalau hangat cuma kadang gagal buatnya keknya resep ini perlu dicoba. terima kasih, Mbak.

    BalasHapus
  5. saya save ini mba linknya. Saya butuh resep kulit risol yang anti robek begini. Cuma belum sempet dipraktekin.. ma kasih ya mba hida.

    BalasHapus
  6. Untung teman suami Mbak Wati mau diganti dari pastel ke risoles..aku sih mau juga dua-duanya, mau makan tapi hihihi
    Asyik dapat resep kulit risoles anti robek. Aku sesekali bikin sendiri dan kulitnya beli jadi, dan robek selalu jadi masalahnya.
    Dan setuju jika anak laki-laki juga perlu tau kerjaan domestik terutama masak ..biar mereka mandiri

    BalasHapus
  7. duh aku ga setelaten ini buat bikin sendiri kulit risol. senengnya beli langsung aja kalo pingin risol hihihi.
    kelihatan enak mba... kapan2 kudu nyoba bikin sendiri kulit risol ahh

    BalasHapus
  8. Pasti enak nih risoles dinikmati sebagai menu sarapan pagi plus segelas kopi mix. Mantaaap. Kalo bikin aku belum pernah sih. Biasanya beli hehehe.

    BalasHapus
  9. Kayaknya saya harus coba bikin lagi. Masih belum bisa bikin kulit risoles. Selalu aja robek. Malah anak saya yang lebih terampil

    BalasHapus
  10. Rajiiinn banegt bikin kulit risol dari 0 :D
    Aku simpan, kali kapan2 dapat hidayah untuk bikin juga.
    Paling suka risoles dimakan sama saus sambel dan daun bawang kek lumpiah hehe
    Wah iya isian daging asap enak juga tu mbak, aku pernah tu makan dari berkatan org risol isi daging lembaran2 itu gk sih?

    BalasHapus
  11. Resep cemilan favorit nih. Tapi selama ini saya kulitnya beli, pernah bikin sendiri tapi sobek-sobek. Oh ya, pas saya buat dulu juga gak saya saring, jadi kurang halus juga. Semoga weekend ini bisa mencoba memasaknya.

    BalasHapus
  12. Risoles ini termasuk cemilan favorit aku mba. Pernah nyobain bikin sendiri juga, tapi isinya mayonaise. Enak sih, tapi bikin kulitnya masih sering robek. Baca resep ini jadi pengin nyobain juga. Thank for sharing ya mba

    BalasHapus
  13. Huaa orang rumahku juga sukanya risoles mbak tapi aku belum bisa bikin kulitnya jadinya beli deh enak banget kayaknya inii

    BalasHapus
  14. Senang banget dapat resep aku jadi pengen nyobain juga cocok buat cemilan menemani belajar daring apalagi kalau habis hujan pengennya cemilan yang anget-anget

    BalasHapus
  15. Terlihat mudah ya, tapi aku yah selalu gagal bikin kulit, jadinya ya beli aja atau malah beli yang sudah jadi sekalian. Cobalah nanti kupraktik kan resep nya. Tq

    BalasHapus
  16. wah baru tahu aku, pantesan selama ini susah banget bikin kulit risolsst, kayaknya g aku saring jadi gampang robek

    BalasHapus
  17. Anakku suka nih risol jenis ini tapi isinya smoke beef dan mayo. Aku belum berhasil bikin kulit risolnya mba. Selalu saja banyakan sobeknya, sedih deh.

    BalasHapus
  18. Juara banget kak..
    Biasanya kulit risoles ini beli, tapi ini bikin sendiri. Persis kaya Ibuku kalau bikin menu risoles dan kawan-kawan ((arem-arem, dan lain-lain yayng juga menggunakan kulit)). Kalau bikin sendiri, kulitnya lebih empuk. Pas digoreng pakai panir jadi kriukks~

    BalasHapus
  19. Dulu waktu kecil sering bantuin ibu saya bikin risoles karena keluarga kami membuka pesanan kue dan snack. Tapi sayangnya ilmunya nggak nurun ke saya, hehe. Saya nggak hobi bikin kue atau snack. Saya demen kalau kebagian bikin kulitnya. Makin bagus adonannya, makin halus juga tampilan kulitnya dan gak lengket di teflon.

    BalasHapus
  20. Aku save ya ini resep kulitnya. Ternyata pake tepung tapioka ya mb Wati. Ini berarti bisa juga dicoba untuk bikin kulit dadar gulung kali ya. Biar ga pecah kulitnya

    BalasHapus
  21. Kayaknya sih kalau baca resepnya gampang ya mba, tapi entahlah kalau pas praktek hehehe... Aku orangnya ga sabaran bikin nak nik gini sih. Bikin cemilan tuh kan printilannya banyak. Tapi kapan-kapan kudu cobain nih klo pas anak wedok pulang, biar ada yang bantu. :)

    BalasHapus
  22. risoles ini jajanan pasar kesukaanku, mbak. sayangnya kalau bikin sendiri gagal melulu kulitnya pecah. pernah juga sih bikinnya pakai kulit pangsit/lumpia tapi kok kayaknya sensasinya beda ya?

    BalasHapus
  23. Tos, Mak!
    Yuotube jadi andalan kalau kepengen eksekusi resep kesayangan!
    Tapi aku doyan saluran yang langsung to the point.
    Kan ada tuh channel yang luamaaaa banget pembukaannya, hayyaaa!

    Tapi kalau risoles kayaknya aku pilih yang sudah jadi, hihihi.

    BalasHapus
  24. Ada campuran tapioka dan 2 telur ya Mbak. Baru tahu.
    Kemarin kemarin coba resep ala ala di youtube yang bahannya cuma terigu. Lumayan berhasil tapi ya memang beda tekstur dan kurang puas

    BalasHapus