Watu Gajah Park, Wisata Air di Kabupaten Semarang - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Senin, 26 September 2022

Watu Gajah Park, Wisata Air di Kabupaten Semarang

Assalamualaikum sobat jalan-jalan. Saya sering menjumpai di linimasa sosial media, penuturan kerabat dan sahabat yang tinggal di luar kota, menganggap Ungaran sebagai bagian dari Kota Semarang. Ini salah banget ya, sobat. Karena Ungaran itu bagian dari Kabupaten Semarang, bukan Kota Semarang. Dalam hal wilayah dan pemerintahan pun juga beda banget. 


Foto by Ika Sari

Dan ini lah yang dirasakan oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang, Bapak Heri Subroto. Mengapa masih banyak orang tidak bisa membedakan antara Kabupaten Semarang dengan Kota Semarang? 


Padahal orang bisa merujuk tempat wisata di Kabupaten Semarang seperti Bandungan, Gedong Songo, Umbul Sidomukti, dan masih banyak yang lain. Namun mereka selalu ingatnya tempat wisata itu ada di wilayah Semarang. Terlihat dari keputusan tempat menginap aja, mereka memilih hotel di Kota Semarang. Bisa jadi karena media pun salah tafsir dengan menyebutkan destinasi wiata seperti Watu Gajah Park ada di Semarang. Bukan menyebutkan Kabupaten Semarang.


Di sini memang branding satu wilayah itu penting. Untuk menjadikan Kabupaten Semarang dilirik oleh lebih banyak orang, perlu diangkat potensinya. Tahu nggak teman-teman, di Kabupaten Semarang memiliki 50 destinasi wisata dan 74 desa wisata (tempat wisata). Dan famtrip ini menjadi kegiatan yang rutin dilakukan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang dengan mengajak blogger, vlogger, Influencer serta GENPI (Generasi Pesona Indonesia). Kegiatan yang dimaksudkan untuk mempopulerkan destinasi wisata di Kabupaten Semarang. Jadi kalian nggak keliru lagi menyebut destinasi wisata yang ada di Kabupaten Semarang.


Hari Kamis tanggal 22 September, dengan didampingi tim dari Dinas Kabupaten Semarang, dua minibus membawa rombongan menuju kawasan Dusun Watugajah, Desa Ngobo, Kecamatan Bergas di Kabupaten semarang.


Watu Gajah Park, Wisata Edukasi KMIasi Yang Lengkap Sebagai Wisata Keluarga

Foto : @Erina_julia

Famtrip diawali dengan mengunjungi satu tempat wisata air dengan fasilitas lengkap, dari tempat bermain hingga memanjakan hobi. Kebetulan ini bukan kunjungan pertama saya, sebelumnya sekitar tahun 2018 saya kesini bersama teman alumni SMP. Waktu itu kami merasa senang karena tempat parkir luas jadi meski datang hari Minggu pun masih tersedia untuk parkir kendaraan bermotor, baik roda dua, roda empat, dan bus.


Dan kunjungan kedua ini cukup bikin saya surprise karena sudah ada beberapa pengembangan tempat wisata dari sebelumnya. Dari pintu masuk pengunjung udah disiapkan dengan spot-spot selfi yang menarik. Dari lorong berhias tanaman artifisial warna warni, menara Eiffel, tebing batu buatan, berbagai patung binatang, kolam air mancur dengan patung beberapa wanita membawa kendi yang mengucurkan air. 



Foto dari kiri atas ke bawah
Lorong masuk, kolam air mancur dg perempuan bawa kendi, rumah kupu-kupu dan Rumah Pohon, Papan Catur raksasa


Yang juga tak kalah cantik ada lorong cinta, pasti bikin kalian gak ingin berhenti foto-foto bersama teman seperjalanan. Di sini juga ada papan catur berukuran besar yang bisa dimainkan ataupun sekadar tempat foto-foto. 


Saat berjalanan menaiki anak tangga buatan, saya agak terkejut saat mendengar suara raungan panjang. Setelah makin mendekat dari asal suara baru deh saya paham. Ada patung gorila berukuran raksasa yang bia dijadikan spot foto pula. Di dalam Goa bentuk Gorila cukup gelap dengan hiasan lukisan. Kalian bisa foto di puncak tangan Gorila dan mengekspresikan wajah ketakutan mendengar raungannya yang kencang.



Bersebelahan dengan patung Gorila raksasa, terdapat tempat bermain untuk anak-anak, cafetaria, dan water park. Saat pertama kesini, area ini masih berupa tanah kosong yang luas. Jadi saat menjumpainya kemarin dalam famtrip, saya tertarik dengan fasilitas yang pasti diminati anak-anak. 



Kolam cukup besar dengan kedalaman yang aman untuk bermain anak-anak menjadi daya tarik tersendiri. Pantas aja tiap weekend Watu Gajah Park selalu menjadi pilihan destinasi wisata air bagi keluarga muda. Permainan air cukup lengkap, dari ember tumpah, bermacam perosotan, jembatan, dan kolam dangkal. Di area kolam renang juga terdapat berbagai patung, dari pinguin, sponge Bob dan teman-temannya, dan lainnya.




Saya melihat tidak ada kolam renang untuk orang dewasa. Jadi ini beneran memanjakan anak-anak yang tentu bisa jadi healing juga bagi orang tua yang menemani. Bermain air bersama anak-anak, tentu menyenangkan.


Watu Gajah Park juga memiliki taman kupu-kupu, rumah kucing, rumah jamur, tempat pamer tanaman hias, anggrek, kolam ikan koi, dan kolam terapi dengan ikan kecil untuk berendam. 


kolam terapi ikan

Masih banyak juga fasilitas di Watu Gajah Park. Ada berbagai macam tanaman yang sengaja dibudidayakan seperti bunga matahari, murbei, dan banyak lagi jenis tanaman yang saya lupa apa aja namanya. Semua tanaman ini menjadikan area Watu Gajah Park terlihat asri dengan tanaman yang berwarna warni. 


Pengembangan area Watu Gajah Park terus dilakukan. Menurut Bapak Bambang Wuragil, owner Watu Gajah Park ada rencana penambahan toilet atas usulan pengunjung. Alasannya karena toilet dirasakan kurang apabila pengunjung yang datang sampai ribuan. Bahkan sebenarnya juga ada rencana untuk menyediakan wahana sepeda di angkasa dan flying fox. Semoga ya secepatnya bisa terwujud.


Di sini udah beberapa kali menjadi tempat pre wedding oleh beberapa pengunjung. Selama ini tidak dikenakan tarif khusus. Seperti pengunjung umumnya, hanya bayar tiket masuk.


Jam Buka Watu Gajah Park

  • Mulai Pukul 08.00 - 17.00 WIB
  • Beroperasi tiap hari, Senin - Minggu
Harga Tiket masuk Watu Gajah Park untuk weekdays per orang 20 ribu rupiah. Sementara untuk weekend per orang 25 ribu rupiah. Anak usia di atas 3 tahun udah diharuskan membeli tiket masuk.


Teman-teman yang pengen berkunjung ke Watu Gajah Park jangan lupa bawa topi atau payung. Kemarin saya sampai di lokasi sekitar pukul 9 pagi dan matahari terik membakar di atas kepala, huhuu. Dan jangan lupa kenakan pakaian yang nyaman juga. Yuk dolan Kabupaten Semarang. Wassalamu'alaikum.


Watugajah Park
Alamat: Dusun Watugajah RT 1 RW 6 Desa Ngobo, Wringin Putih, Bergas, Kab. Semarang.
Telp : 0821 2529 8676
IG : @watugajahpark
Fb : Watugajah Park

Dokumentasi :
- @hidayah_art (pribadi)
- Erina
- Ika Sari

26 komentar:

  1. Ternyata banyak tempat wisata juga di kabupaten Semarang, salah satunya Watu Gajah ini ya. Aku baru 2 kali mampir kota Semarangnya, paling2 ya kuliner aja. Kalau ke kab Semarangnya, baru 1 kali, ke Ambarawa.
    Watu Gajah ini bagus juga ya, nah apalagi buat keluarga yang punya anak kecil pasti seneng berwisata ke sini.

    BalasHapus
  2. Kabupaten dan kota dg nama yang sama memang suka bikin rancu. Padahal kalau wisata alam yg luas sih kebanyakan bakalan berada di wilayah kabupaten ya ... Aku belum pernah ke Watu Gajah ini mbak. Bahkan sejak pergi dari Temanggung, aku juga belum kesampaian mau mengulang main ke Gedong Songo. Area Bandungam cuma aku lewatin muluk
    .

    BalasHapus
  3. Menarik banget tempat wisata ini mbak, watu gajah park. Nggak cuma berenang dan main air, tapi banyak spot menarik lainnya.

    Emang ya branding wisata daerah itu penting. Dan wow, ada 50 destinasi wisata dan 74 desa wisata di Kabupaten Semarang. Liburan seminggu di Kabupaten Semarang nggak bakal kehabisan tempat buat dikunjungi ya mbak

    BalasHapus
  4. Semoga renovnya bikin nambah pengunjung betah ya mba. Sering nih kalau di tempat wisata tuh toiletnya yg masih kurang. Pas liburan kan rameeee tuh, enaknya liburan pas orang2 nggak liburan sih>.< itu akuu.
    Semarang si mamah aku dari sana tapi ke Eling bening, tapi Bawen ya. Nggak tau sejauh mana dari Ungaran..
    Ini kolam renangnya menarik,viewnya cakeep foto awannya jg ke capture cerah.

    BalasHapus
  5. Watu Gajah lengkap juga ya ada kolam renang dan kolam terapi ikannya. Spot foto juga banyak banget. Jadi kangen famtrip aku tuh. Hehe. Mau ajak anak ke sana ah kalau ke Semarang

    BalasHapus
  6. Iya mbak, aku juga waktu di Semarang gak bisa membedakan mana kota dan kabupaten, yang saya tahu Semarang aja hihihi. Kalau ingat Semarang dan membaca artikel mbak Wati tentang Watu Gajah Park, sungguh saya jadi menyesal waktu kuliah gak kemana-mana huhuhu sekarang malah kepengen mbak, moga suatau saat bisa ke Semarang lagi dan mampir ke watu gajah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waktu mba Tuti kuliah belum ada kok mbak, ayuk ke Semarang aja nanti liburan sekolah anak-anak

      Hapus
  7. Ternyata banyak yang masih suka salah lokasi antara kabupaten dan kota yah, jadinya milih hotel yang letaknya kejauhan deh dari tempat wisatanya. Seru banget ternyata berwisata di Watu Gajah Park yah, ntar kalo ke Semarang main ah ke daerah kabupatennya juga hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eksplor tempat wisata di Kabupaten Semarang ya, banyak banget tuh pilihannya

      Hapus
  8. waah harus banget ngajakin keumala ke watu gajah beberapa kali kalo lewat kabupaten suka liat papan iklannya tapi belum kesampean. insyaallah wiken ni mampir ah

    BalasHapus
  9. Wah keren deh Watu Gajah Park ini bisa buat wisata edukasi anak sekolah juga ya. PAsti anak2 seneng banget. Terus kalo 50 destinasi wisata dan 74 desa wisata itu kami nginep berapa hari di Semarang buat explore semua hahaha.

    BalasHapus
  10. Kayaknya aku juga bakalan kaget kalau dengar suara haummm haaauumm. Hehhahhaa. Udah atut eh alhamdulillah teryata dari patung Gorila berukuran raksasa :p. Senangnya jika bersama sama berkunjung kesana ya mba

    BalasHapus
  11. makin banyak tempat wisata kereeen ya mba d Semarang... kalau wisata air biasanya banyak peminatnya nih

    BalasHapus
  12. Wah seru banget yang ikutan famtrip
    Semarang ini punya banyak destinasi wisata ya mbak

    BalasHapus
  13. wisata air untuk rekomendasi saat ke semarang nih, dingin gak mba di sana? anakku suka berenang

    BalasHapus
  14. Asyik ya sekarang sudah mulai banyak kegiatan offline yang seru. Bisa diikuti oleh rombongan sehingga acaranya makin ramai.
    Watu ini nyaman banget lokasinya

    BalasHapus
  15. Ooooooo jd masuk kabupaten yaaa. Aku pikir juga Semarang haha. Aampuunn. Owalah kaget kirain raungan apa tibake suara jadi2an ya hehe
    Seru banget nih main ke sana, apalagi kalua ngajakin anak2 mereka gak hanya bisa bermain menikmati hiburan tapi juga bisa a
    belajar ya mbak?
    Moga2 kapan2 bisa ke sana aaamiinn 😁

    BalasHapus
  16. Ajak anak2 ke sini pasti pada seneng. Soalnya tempatnya seru bisa berenang dan maen air sepuasnya.

    BalasHapus
  17. Makin pengen liburan ke Semarang nih. Ada wisata baru lagi, Watu Gajah Park. Selain ada waterpark, pemandangan dan resto, juga ada terapi ikan.

    Ini seru lho. Bisa menarik perhatian pengunjung.

    BalasHapus
  18. mbAaa, mang harus terus disounding-sounding deh yang gini ini, orang luar daerah tuh kadang suka ga paham kalau kawasan wisata yang ada di wilayah kabupaten itu bisa beda banget dengan yang ada di kotanya. Dianggap kalau di kota itu ya sama-sama aja dengan kabupaten, padahal secara wilayah udah beda jauh😂

    BalasHapus
  19. Memang banyakk wisata baru cakep2 di kabupaten semarang tapi. Kalau semarang kota sendiri paling cafe2 berjamur. Aish jadi kangen areaa kab semarang yg dingin.

    BalasHapus
  20. cung saya juga suka bingung mana kota mana kabupaten di Semarang, btw tempatnya cantik ya watu gajah park ini, asiknya ada untuk melihat binatang juga gak hanya kolam renang, kalau bawa anak kecil pasti suka :)

    BalasHapus
  21. Ini cocok banget buat wisata bareng keluarga besar, anak anak pasti heboh kalau diajak kesini. Selain fasilitas komplit kl lapar nggak perlu bingung karena ada cafenya ya mbn

    BalasHapus
  22. Iya semoga makin banyak yang mengenal Kabupaten Semarang dengan segala keindahan alam dan potensi wisatanya ya Mbak, Mbak Wati mau dong foto yang bareng di bawah atap bunga plastik...hehe..

    BalasHapus
  23. Waaah... seger banget. Dan happy banget bisa kumpul dengan teman-teman pembuat konten. Mendadak jadi iri karena di sini kok ga ada. Hihihi.
    Padahal penting banget untuk informasi seputar kota dan wisata kota ya. Btw, saya agak-agak paham tentang beda Kota Semarang dan Kabupaten Semarang tapi ya masih minim aja. Sedikit tahu kenapa beda dan dibedakan, saat mengikuti pemilihan putri-putrian.

    BalasHapus