Trik Jitu Menenangkan Bos Kecil yang Sedang Rewel - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Minggu, 11 September 2022

Trik Jitu Menenangkan Bos Kecil yang Sedang Rewel

Assalamualaikum. Kali ini saya ingin bercerita tentang bayi yang rewel dan kadang dianggap sebagai bos kecil. Menjadi orang tua itu kadang serba salah ya. Menuruti kemauan anak dikira manjain mereka. Memegang teguh aturan dianggap jadi orang tua kaku kayak kanebo. Nah, kalo saya ya balik lagi pada keputusan bersama ayah dan ibu ya. Pokoknya mesti satu suara, titik!



Salah satu tantangan yang dihadapi orang tua baru saat si Kecil hadir di tengah keluarga adalah menghadapi fase rewel. Ada banyak hal yang membuat buah hati berubah jadi bos kecil yang tidak bisa ditolak ataupun ditawar, mulai dari kegerahan, lapar hingga ingin ganti popok. Walaupun terbilang umum dan biasanya bukan merupakan hal darurat, tangisan anak yang susah berhenti dan tiba-tiba gusar bisa bikin orang tua ikutan panik. Kalian gitu gak sih? Saya sih iyes, nggak tahu Mas Anang. Wkwkwkk.


Tenang aja, kalian nggak sendirian. Bayi yang sering rewel banyak dialami oleh orang tua di seluruh dunia. Dan penyebabnya pun sudah berhasil dipetakan walaupun tidak sepenuhnya akurat. Karena masing-masing anak memiliki kebutuhannya sendiri. Namun yang pasti, selalu ada trik jitu untuk bisa menenangkan si Kecil agar tangisnya cepat berhenti. 


Yuk buk-ibuk, tarik nafaaas. Dan, coba yuk salah satu cara di bawah ini untuk menenangkan bos kecil yang sedang rewel.


Membawanya ke tempat tenang

Bukan tanpa alasan jika bayi mendadak nangis dan rewel. Terkadang, si Kecil merasa tidak nyaman dengan lingkungan sekitarnya yang penuh dengan orang asing ataupun terlalu gaduh. Terutama di bulan-bulan awal kehidupannya di dunia, bayi masih berusaha beradaptasi dengan dunia luar. Karena selama di rahim dulu, hanya ketenangan yang dirasakannya. Maka dari itu, sangat wajar jika bos kecil kadang mendadak rewel dan menangis kencang.


Terutama jika kalian mengajak buah hati ke keramaian baik di rumah atau tempat lain, cobalah untuk lebih peka pada suasana hatinya. Jika bayi sudah mulai terlihat gusar maka segera bawa ke tempat yang lebih tenang dengan sedikit orang, misalnya di kamar. Menghabiskan waktu hanya berdua dengan ibu atau orang tuanya akan membuat anak lebih tenang karena merasa familiar dengan orang di sekitarnya.


Pasang penerangan temaram

Selain tidak suka dengan suasana ramai dan banyak orang, bayi juga bisa rewel karena lelah atau mengantuk. Tanda bayi rewel karena mengantuk adalah banyak mengucek mata dan juga menangis dengan gelisah. Kalau sudah begini maka akan lebih baik jika kalian membawa bos kecil ke tempat yang lebih privat sehingga cahaya bisa diatur temaram dan bukan terang.


Cahaya lampu yang temaram membantu bayi mengistirahatkan matanya begitu juga dengan otaknya sehingga lebih mudah tertidur. Satu hal yang perlu diingat adalah kebiasaan bayi sendiri. Jika selama ini buah hati dibiasakan untuk tidur dalam gelap, maka cahaya yang sangat redup akan sangat membantu. Namun, jika bayi justru takut atau rewel jika suasana gelap, maka akan lebih nyaman jika lampu hanya redup dan bukan tanpa pencahayaan sama sekali.


Gendong buah hati 

Tidak ada yang lebih nyaman daripada gendongan orang tua terutama ibu. Saat buah hati rewel, apapun alasannya, cara terbaik dan paling efektif untuk membuat lebih tenang adalah dengan menggendong dan menimangnya. Ayunan lembut yang dibarengi dengan sentuhan sayang dari ibu membuat bos kecil merasa lebih aman dan nyaman sehingga tangisnya akan mereda.



Jika si Kecil terbiasa ditimang dengan senandung atau lagu yang dinyanyikan ibu, maka hal ini juga bisa dilakukan. Harapannya, dengan kehangatan dekapan orang terdekat dan juga komunikasi intens dengan sang ibu maka rewelnya akan mereda dan buah hati bisa tidur dengan nyaman.


Berikan ASI atau susu formula

Tangisan bayi yang kencang memang tidak selalu berarti anak sedang lapar atau haus. Tapi, tidak ada salahnya untuk memberikan susu formula atau ASI saat dia sedang rewel. Pasalnya, menyusui anak terutama DBF atau direct breastfeeding bukan hanya memuaskan laparnya namun juga mendekatkan hubungan dengan sang ibu. Dan seperti yang diketahui, kehangatan pelukan ibu saat menyusui si Kecil dapat membantu membuat bayi lebih tenang.


Jika ada satu hal yang perlu diingat adalah pastikan bos kecil tidak menyusu saat menangis karena akan memicu bayi tersedak yang bisa berbahaya. Selain itu, pastikan juga agar bayi tidak kekenyangan saat menyusu baik secara langsung atau melalui botol. Bayi yang rewel umumnya tidak memiliki control terhadap perutnya.


Ganti baju dan popoknya

Nah, trik ampuh terakhir yang bisa dicoba untuk menenangkan bos kecil yang rewel adalah dengan membuat tubuhnya bersih dan nyaman. Mengganti bajunya dengan yang lebih adem dan ringan akan membuat keringat bayi mudah menguap sehingga rasa gerah yang mungkin dirasakan dapat berkurang. Begitu juga dengan popoknya, cobalah mengganti popok yang sudah kotor dengan yang bersih.


Jangan menunggu popoknya penuh dulu dengan pipis atau pup baru menggantinya. Kontak yang terlalu lama dengan kotoran seperti ini akan memicu terjadinya iritasi yaitu ruam popok. Maka dari itu, sambil mengganti popok oleskan salep ruam yang mengandung lanolin dan pro vitamin B5 untuk merawat kesehatan kulitnya.



Pastikan ibuk-ibuk selalu punya persediaan salep ruam seperti Bepanthen di rumah agar bisa mengaplikasikannya pada kulit bayi kapanpun dibutuhkan. Gunakan sesuai anjuran supaya hasilnya lebih maksimal. Kulit bayi terlindungi dari gesekan dan ruam bisa terhindarkan atau lekas membaik.


Ibu-ibu punya pengalaman dengan bayi rewel? Kalo saya dulu menerapkan trik di atas dan alhamdulillah bayi saya nggak rewel kelamaan. Kasihan ya bila bayi ngalamin rewel gitu, kita sendiri ikut sedih pastinya. Sharing yuk di kolom komentar pengalaman kalian? Terima kasih ya, wassalamualaikum.

23 komentar:

  1. Bener banget, kalau si kecil yang minta tidak terbantahkan harus dituruti, apalagi rewelnya enggak langsung hilang dengan menuruti kemauannya. Sulit kalau sudah dia mulai merengek apalagi soal popok, nah ruam begini yang kalau muncul bikin panik. Mantep bepanthen baby, terima kasih informasinya!

    BalasHapus
  2. Beneran jadi ortu tuh kudu peka ya mbaaaa
    Apa sih maunya bocil
    Kenapa rewel dll dst
    Sip sippp makasiii edukasinyaaa mbaaa

    BalasHapus
  3. Kalau bayi nangis terus-menerus tuh emang bikin panik ortu ya, Mbak. Aku juga biasanya melakukan cara-cara seperti yang mb Wati tulis itu. Dan paling manjur emang digendong ibuknya, sih. Hihihi.
    Kalau masalah ruam popok, iya kudu segera diatasi. Bepanthen salah satu solusinya, ya :)

    BalasHapus
  4. Mbak Wati sudah paripurna pengalaman soal menenangkan bayi ya kan hehehe. Memang bayi rewel itu challenging banget. Ya itu tadi, penyebabnya macem-macem, sementara mereka belum bisa ngomong :D. Kalau soal ruam kulit, bersyukur sudah banyak alternatif solusi yaak..salah satunya bepathen ini. Siiiip

    BalasHapus
  5. Seorang ibu memang harus peka bila bayinya rewel. Karena banyak sebab. Jadi harus tahu cara nenangin bayi yang tetiba rewel. Masalah popok pun sering jadi penyebab. Untunglah masalah ini ada solusinya ya mbak.

    BalasHapus
  6. Dulu kalau bayi rewel dan saya raba popoknya aman, biasanya saya gendong dan ajak keluar rumah mbak. Alhamdulillah ya, kini ada salep bepanthen ini, jadi para ibu nggak was-was lagi kalau sampai ada ruam popok pada bayinya

    BalasHapus
  7. Nah kadang tuh berasa anak kalau nangis pasti lapar, padahal memang nggak. Salep ruam ini bisa aku rekomendasikan kepada keponakanku yang masih baby :)

    BalasHapus
  8. Apalagi anak cewe tuh rentan banget kena ruam popok. Harus rajin banget ganti2. Aku kadang juga pake popok kain biar ngga pampers mulu. Tapi tetep harus sedia Bepanthen buat ruam popok.

    BalasHapus
  9. one thing for sure we have to ensure that they are comfortable.. biasanya aku juga cek popok duluan mba, seringnya mereka ngga nyaman di situ ya

    BalasHapus
  10. Pelukk sambil di puk puk punggungnya diajak bicara ga lama tenang sih biasanya atau cara jitu lgs kasih ASI

    BalasHapus
  11. Memang tricky banget ya kalo mau nenangis bos kecil. Awalnya memang agak susah tapi kalo sudah fahu kebiasaannya, pasti bisa handle dengan baik.

    BalasHapus
  12. Dah lama banget gak denger suara bayi rewel hehehe.
    Tapi emang dulu tuh anakku pas kecil kalau cuaca panas rewel, kudu sering2 cek popok, kadang kena ruam juga krn sering keringatan.
    Bepanthen ini efektif buat menghilangkan ruam yaa, ibuk2 yang punya bayi balita mesti tau nih TFS.

    BalasHapus
  13. Iya ya kalau bayi rewel tuh harus dicek satu-persatu apa penyebabnya biar cepat ketahuan dan bisa tenang kembali, biasanya lapar, ngantuk atau ruam ya..

    BalasHapus
  14. Andalan banget kalau anak ruam menggunakan salep ruam Bepanthen.
    Memang kala anak rewel dan menangis terus-terusan ini tentu menjadi kepanikan tersendiri. Semoga sama-sama saling belajar memahami komunikasi bayi saat menangis dan ciri khas tangisannya. Sehingga lebih tenang menghadapi suasana seperti ini.

    BalasHapus
  15. Jadi inget awal awal punya bayi dulu, jadi agak cengeng emak, suka mau ikut nangis kalo anak rewel wakakakak.

    BalasHapus
  16. Punya bayi mah harus deh selalu punya krim untuk ruam popok begini ya. Soalnya kadang si bayi bisa rewelnya malam hari. Bephanten ini andalan deh

    BalasHapus
  17. Kalau punya bayi dan masih pakai diapers memang harus sedia krim ruam popok seperti Bepanthen ini ya mbak
    Biar bayi g rewel

    BalasHapus
  18. biasanya bayi kalau merasa ga nyaman memang rewel. karena bayi kan belum bisa mengungkapkan apa yang dia rasa ya mb Wati. sebagai ibu biasanya kita langsung aware kalau bayi rewel

    BalasHapus
  19. iya mbak benar banget mbak Wati, bayi rewel itu banyak banget yaa yang perlu diperhatikan, salah satunya adalah diapers harus selalu kering dan nyaman, agar tidak terkena ruam memang diperlukan cream yang dapat mencegah ruam popok seperti bepanthen ini ya mbak

    BalasHapus
  20. Kalau bayi umurnya masih beberapa bulan itu kadang memang bikin bingung ya, mbak penyebab rewelnya apa. Ibu jadinya harus pintar menebak untuk bisa menangani bayi yang rewel ini

    BalasHapus
  21. Iya loh, bayi yang rewel itu bikin panik ibunya. Kadang bingung juga, kenapa kok si baby nangis mulu. Akhirnya lama-lama paham juga dengan berbagai kode yang ditampilkan si kecil saat dia rewel.

    BalasHapus
  22. Aku juga sedia bepanthen di rumah dan kepakai banget pas anak ketigaku iritasi karena popok. Bayi rewel memang banyak sebabnya ya

    BalasHapus
  23. Kalau punya bayi atau anak kecil memang wajib sedia semua p3knya yang diperlukan di rumah termasuk bepanthen untuk mengatasi iritasi di kulit

    BalasHapus