Tips Belanja Online Tetap Bahagia - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Rabu, 07 September 2022

Tips Belanja Online Tetap Bahagia

Assalamualaikum Sahabat. Rasanya saat ini kita memang terbiasa melakukan hampir semua kegiatan belanja dengan cara digital. Pandemi telah mengajarkan bahwa kegiatan belanja online menjadi pilihan hampir sebagian besar masyarakat. Karena belanja online dianggap lebih praktis, aman, hemat dan memiliki banyak keuntungan dibanding belanja langsung ke toko.



Namun tak sedikit masyarakat yang punya pengalaman tak menyenangkan saat belanja online. Dari produk yang tidak sesuai ekspektasi, barang cacat lah, atau proses pengiriman barang belanjaan yang kelamaan. Kan bikin senewen kalo hasilnya seperti ini ya.


Meski awalnya saya kurang suka belanja online, sejak pandemi malah jadi keranjingan. Semua karena anak sulung saya yang mengenalkan kenyamanan belanja online. Maklum ya anak udah kerja dan lagi senang ngumpulin koleksi mainan karakter dan paling gampang nyari di marketplace. 


Akhirnya saya pun ketularan si sulung, ikutan belanja online. Bisa dikatakan sejak pandemi ada peningkatan belanja online di rumah kami. Hampir tiap hari adaa aja kurir yang datang ngirim barang belanjaan. Saya lupa siapa orang rumah yang belanjanya paling banyak, hahahaa.


Yang pasti sejak kenal belanja online dengan nyaman, saya jadi bahagia. Terutama marketplace kesayangan yang udah jadi favorit bagi saya dan anak-anak. Belanja online juga bikin bahagia melebihi window shoping di toko offline saat pandemi. Sekarang pun saya masih jarang ke mall kecuali ketika mesti beli sesuatu yang butuh saat itu juga.


Nah, saya punya tips agar belanja online tetap bikin hepi. Tips yang saya rangkum dari pengalaman belanja kami sekeluarga. Eh tapi suami saya nggak pernah belanja online ding, hanya saya, si sulung dan si bungsu yang juga udah punya duit dari kerja freelance sebagai desainer graphis.


Tips Belanja Online Agar Aman dan Nyaman :

1. Jangan Malas Baca Detil Produk dan Review Pembeli

Sering banget begitu menemukan produk incaran, kita langsung check out tanpa baca keterangan yang tersemat di bawah barang. Biasanya ada penjelasan untuk pembelian barang yang rentan pecah saat pengiriman, ada tambahan biaya untuk buble wrap nya.


Saya paling rajin baca ulasan pembeli ketika memilih produk incaran. Produk yang paling banyak dibeli, review pembeli yang ribuan, bakal saya pantengin satu persatu. Kalo ada sepuluh ulasan negatif bisa langsung melenyapkan keinginan saya membeli produk di toko tersebut.


2. Jangan Malas Tanya pada Admin

Bila detil produk kurang jelas, kamu harus menanyakannya pada admin. Ada fitur yang disediakan marketplace bagi calon pembeli untuk bertanya tentang produk dan sebagainya. 


Jadi jangan malas bertanya agar tidak mendapatkan produk yang cacat atau tidak sesuai dengan ekspektasi kamu.


3. Jangan Lupa Centang Asuransi

Siapa yang lupa centang fitur asuransi saat ceck out? Saya selalu pilih asuransi meski yang paling murah juga nggak apa. Yang jelas produk yang saya beli harus diasuransikan. Kita nggak pernah tahu dengan kondisi saat dalam perjalanan. Bila ada kerusakan, dengan bayar asuransi tentu produk yang kita beli akan mendapat garansi dari marketplace.


4. Cek Promo Diskon dan Ongkir Gratis

Pandemi memang jadi musibah tapi juga ada hikmahnya. Saya jadi mengenal belanja online yang bikin saya merasa beruntung. Gimana enggak, kalo setiap belanja online selalu dapat ongkir gratis. Bahkan harga produk pun sering ada diskon. Bikin hepi kaaan jadinyaaa.


Saya beberapa belanja online tanpa mengeluarkan duit dari rekening tabungan. Karena saya bayarnya pakai poin yang terkumpul dari belanjaan sebelumnya. Hepi banget belanja panci seperti di drama Korea cuma bayar 16 ribu dari harga sebenarnya. Atau bayar 5 tanaman cuma 50 ribuan dan masih dapat bonus satu tanaman lagi. Yang pasti sih belanja online dengan keuntungan seperti ini butuh kejelian kita.


5. Cek Metode Pembayaran

Ini penting loh Sob, karena setiap metode pembayaran pun bisa mendatangkan keuntungan. Dari harga diskon, gratis ongkir, sampai tambahan poin seperti yang saya alami. Lumayan banget kan kalo bisa belanja lagi dari poin yang kita kumpulkan?!


6. Pilih Jasa Pengiriman Yang Amanah



Nah ini hal penting yang mesti jadi perhatian kamu. Karena kamu pasti nggak pengen kan kalo produk yang udah kamu bayar, tidak sampai atau kelamaan saat proses pengiriman. Jadi kamu mesti teliti memilih jasa pengiriman yang terpercaya.


Saya udah punya langganan jasa pengiriman barang belanjaan. Apalagi dari puluhan kali belanja, paling banyak adalah produk tanaman hias. Iya, tanaman hias, dan alhamdulillah aman aja tuh sampai rumah. 


7. Cek Detil Pengembalian Barang

Nah cek juga ya detil pengembalian barang misalkan yang datang ada cacat produk. Biasanya tiap toko punya kebijakan yang berbeda. Jadi kalian mesti membaca detil gimana persyaratan yang ditetapkan oleh toko tersebut.


Namun rata-rata toko yang menerima pengembalian produk memberikan syarat yang sama. Yaitu pembeli mesti melakukan perekaman video saat membuka produk belanjaan (unboxing). Kalo hal ini tidak kamu lakukan ya udah, bye bye aja penggantian produk dari toko online.


Hari Pelanggan Nasional, Bahagia Bersama Pelanggan

Sahabat udah tahu kalo setiap tanggal 4 September merupakan Hari Pelanggan Nasional? JNE pun tak mau kalah dan terus meningkatkan semangat pelayanan perusahaan ini dengan memberikan kepuasan pada pelanggan. Sesuai tagline JNE yang mengusung Connecting Happiness yang artinya mengantarkan kebahagiaan.


Pada usianya yang ke-32, JNE mendeklarasikan Hari Bahagia Bersama pada tanggal 7 September 2022. Ditandai dengan peluncuran buku berjudul "Bahagia Bersama" yang filosofinya terinspirasi dari pendiri JNE yaitu almarhum H. Soeprapto Soeparno. Dengan mengangkat nilai berbagi agar bisa membawa perubahan besar perusahaan dan kisah nyata Ksatria dan Srikandi JNE yang diwujudkan melalui kehidupan nyata.




Dalam kesempatan tersebut, Eri Palgunadi selaku VP Marketing JNE, mengatakan :


“Loyalitas pelanggan adalah kunci untuk membangun bisnis yang berkelanjutan, maka bukan hanya tentang pengiriman paket, namun dalam berbagai aspek kehidupan. “Bahagia Bersama” adalah hasil yang dituju dari prinsip Berbagi, Memberi dan Menyantuni yang selama ini JNE jalankan”.


Nah beliau juga menambahkan, bagi pelanggan setia JNE yang belum bergabung, dapat segera mendaftarkan diri agar mendapatkan benefit dari setiap aktifitas pengiriman paket di JNE. 


“Caranya pun mudah dan tanpa biaya apa pun, dengan hanya mengunjungi website https://jlc.jne.co.id/ untuk melengkapi persyaratan yang berlaku. Poin yang didapatkan dari setiap transaksi dengan menggunakan JLC dapat ditukarkan dengan beragam pilihan hadiah atau berkesempatan memenangkan hadiah melimpah setiap tahunnya,” ujar Eri.



JNE tak ketinggalan turut menyemarakkan peringatan HPN tahun 2022 dengan mendukung bisnis pelanggannya. Apresiasi yang ditujukan pada para pelanggan setianya yaitu pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dengan berbagai program. 


Progam Bahagia Bersama Pelanggan :

- Program Promo diskon 20% untuk member JNE Loyalty Card (JLC), baik untuk member baru dan existing dari tanggal 4 - 5 September 2022. Dengan pengiriman paket dari jakarta tujuan Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Cilegon. Pengiriman paket berlaku maksimal berat 2 kg, di atas 2 kg tarif normal.

- Program Promo tukar 100 poin JLC untuk mendapatkan paket eksklusif berupa produk dari Faber Castell dengan periode 4 - 10 September 2022.




- Program kegiatan pada Rabu, 7 September dengan berbagi hadiah secara gratis pada 25 pengunjung pertama yang datang ke sales counter di Cabang Utama, Medan, Bandung, Surabaya, Denpasar, Makassar, Pontianak, dan Yogyakarta.  Hadiah menarik yang dibagikan adalah : Buku Bahagia Bersama, bunga, dan merchandise eksklusif JNE


Ternyata bukan hanya pelanggan aja yang merasakan bahagia bersama JNE. Karena agar peringatan HPN 2022 makin semarak, JNE juga mengadakan giveaway di akun official resmi JNE di Instagram @jne_id. Giveaway spesial Hari Pelanggan ini berhadiah produk dari @tioriabycaramia.official dimulai 3 September hingga 5 September 2022. Syaratnya ada di posting akun JNE, dengan menyertakan hastag #JNEBahagiabersama #JNEDukungUMKM #JNEHariPelanggan dan #JNEXTioriaByCaramia.


Sahabat ikut kuis yang diadakan oleh JNE juga kah? Semoga kalian menjadi salah seorang pemenang yang beruntung mendapatkan hadiah giveaway. Bahagia bersama JNE di Hari Pelanggan Nasional yuk Sahabat. Wassalamualaikum.

23 komentar:

  1. Saya termasuk dalam belanja detail membaca keterangan produk & review dari pelanggan lain yang sudah membeli. Btw untuk giveawaynya telat ngikutin. Mudah-mudahan ada lagi ya dari JNE

    BalasHapus
  2. Baca review pembeli sebelumnya itu penting buatku. Dari sana bisa tahu gimana keadaan saat dikirim, apakah dipacking dengan aman. Juga bisa tahu gimana kondisi real barang setelah diterima. Kalau banyak keluhannya, biasanya dari situ jadi urung.

    BalasHapus
  3. Hihi... kok awet ya Suaminya nggak tergoda ikutan istri dan kedua anaknya belanja online.

    Saya pun kalau belanja online, yang pertama di lihat review pembeli sebelumnya mbak. Tampilannya bagus tapi klo reviewnya jelek, ya mending cari yang lain.

    Wah banyak ya promonya JNE di hari pelanggan nasional ini

    BalasHapus
  4. Mba, aku pun semakin merasa belanja online semakin menyenangkan. Tapi jujur aku kadang kalap belanja online saking menurutku ini memang membahagiakan. Hehehee

    BalasHapus
  5. Kalau belanja online, kuncinya tidak hanya di penjual. Tetapi, juga di jasa pengiriman. Ada penjual yang baik. Sayangnya pengirimannya gak memuaskan. Jadi suka bikin kesel. Tetapi, selama ini saya belum pernah kecewa ma JNE. Sampainya selalu cepat dan produk diterima dengan baik

    BalasHapus
  6. Bun pernah ga asuransinya di pakai? Biasanya klausul asuransi modelnya bagaimana?
    Barang hilang pasti ya di cover nah selain itu apa bun? Saya mupeng soalnya ga pernah pake opsi asuransi

    BalasHapus
  7. Aku demen bgt belanja online, mbaaaa

    Apalagi banyak produk UMKM kuliner luar kota yg ngga dijual.d Sby.
    Otomatis kudu online belinyaaaa, dan Hamdalah JNE sangat bs diandalkan utk pengirimannya

    BalasHapus
  8. Wuahh dari 7 poin tips belanja online di atas, ada beberapa yang aku skip, Mbak. Emang dasarnya aku kurang teliti dan pengennya cepet sih, hahaha..
    Kalau lebih teliti bisa dapet beberapa keuntungan ya, Mbak..
    Btw JNE nih emang keren, ada aja programnya untuk membahagiakan pelanggan :)

    BalasHapus
  9. klo molly mau belanja online biasanya cek ada promo gratis ongkirnya gak? kalo nggak dan barangnya butuh sebisa mungkin cari yang ongkir termurah. hahaa

    BalasHapus
  10. Ada sensasi tersendiri saat belanja online. Dari mulai baca review produk, pilih-pilih barang, bayar, menunggu barang datang dengan harap-harap cemas, lalu harus siap dengan rasa senang atau kecewa jika barang tidak sesuai dengan harapan. Tapi ya itulah resiko, yang penting kita prepare dengan segala sesuatunya. Satu lagi, ongkir dan pilihan jasa pengiriman penting buatku. Selama ini pengalaman dengan JNE selalu memuaskan..

    BalasHapus
  11. Belanja online is fun ya mba.. apalagi kalau ngga ada hasslenya dan semuanya smooth, trmasuk pengiriman yang lancar

    BalasHapus
  12. Bisa belanja online dengan mudah dan banyak keuntungan seperti cashback atau free ongkir ini pasti sangat menyenangkan. Siapa sih mau menolak hehehe ....

    BalasHapus
  13. Yes setuju mbak. Setelah membaca detail produk, biasanya aku juga membaca review pembeli. Di scroll sampai bawah. Supaya yakin ketika mau membeli produk secara online.

    BalasHapus
  14. Ah keren banget JNE ini
    Berbagi kebahagiaan di Hari Pelanggan Nasional ya mbak
    Btw belanja online emang harus diteliti dengan detail

    BalasHapus
  15. Promo/ diskon adalah jalan ninjaku tiap berberlanja online mbak hehe, tapi tetep kudu waspada baca2 review dulu dan banding2in harga :D
    Wah keren nih JNE bagi2 promo dan paket Faber Castell, mau juga donk paket Faber Castell-nya :D

    BalasHapus
  16. Andalanlu kalau belanja online nyari promonya hahaha. Apalagi kalau dapat onkir seminimal mungkin
    Puas banget bisa belanja

    BalasHapus
  17. Saya juga mulai suka belanja online sejak pandemi. Kalau pak suami sejak dulu. Belanjaan online printilan yg berbau gadget banyakan dia daripada belanjaanku

    BalasHapus
  18. belanja online itu memudahkan karena banyak pilihan yang bisa diakses dari smartphone aja tapiiii prosesnya juga harus teliti. Baca deskripsi, tanya ke admin, jangan lupa unboxing dengan video juga supaya aman.

    BalasHapus
  19. Yang pertama kubaca kalau mau check out tuh biasanya testimoni pembeli sebelumnya. Kalau reviewnya tidak bagus, langsung cari seller lain.

    BalasHapus
  20. Aku setiap belanja online, selalu rajin baca review dari pembeli lain. Pokoknya itu prosedur wajib, hahaha. Kalau banyak yang kasih review kurang bagus, pasti aku langsung pindah ke toko lain. Demi mendapatkan apa yang kuinginkan, jangan sampai menyesal di kemudian hari.

    BalasHapus
  21. Intinya selalu melihat apa yang dibutuhkan agar tetap bahagia saat checkout dan ketika barang datang
    Jangan sampai beli yang tidak dibutuhkan karena bahagianya cuma sesaat pastinya

    BalasHapus
  22. Belanja online memang sangat kepiye gitu lho Mbak. Nyenengin, ngabisin waktu, dan kadang ga sesuai. Harus jeli banget membaca detail produk dan review pembaca. Itu pun kadang masih ga sesuai dengan yang diharapkan.
    Tapi solusi buat saya yang nyaris tak pernah keluar rumah kecuali antar anak sekolah TK, sih. Jadi ya gimana ya, terpaksa jadi pembeli loyal di e-commerce. Dan kalau ada JNE di daftar voucher freeongkir, pasti yang pertama saya ambil karena telanjur cinta.

    BalasHapus
  23. Aku kalau belanja online nih Mbak, selain ngebandingin harga dan ngebaca spesifikasi, paling mentok baca review ama cek ongkirnya. Dan baca reviewnya ini menurut aku ngebantu bgt sih.

    BalasHapus