Optimalisasi Media Sosial Mendukung Pemasaran Produk UMKM Secara Digital - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Minggu, 24 Juli 2022

Optimalisasi Media Sosial Mendukung Pemasaran Produk UMKM Secara Digital

Assalamualaikum teman-teman. Berkunjung ke tempat wisata udah wajar kalo suka mampir belanja oleh-oleh. Seperti saya yang pernah ke Lombok dan sebelum pulang, mampir belanja oleh-oleh untuk orang rumah dan teman dekat. Kesannya pulang tanpa membawa hasil kreativitas warga lokal ada yang kurang. Apalagi kalo oleh-oleh yang kita beli merupakan produk UMKM.



Beragam olahan makanan khas Lombok saya bawa pulang, seperti manisan dari rumput laut, dodol rumput laut, kopi, sambel pelecing, beberapa stik dan snack krispi juga. Selain makanan, saya pun membeli produk kain khas Lombok. Juga kerajinan tangan seperti dompet, tas, gelang,kaos, serta gantungan kunci.


Belanja oleh-oleh produk UMKM

Keluarga dan teman yang saya kasih buah tangan ini bahagia sekali. Mungkin karena lokasi tempat pembelian produk UMKM ini jauh dari Kota Semarang. Jadi muncul kesan saya mengistimewakan mereka dengan pemberian produk khas Kota Lombok. Tidak banyak dari keluarga saya yang udah pernah berkunjung ke pulau cantik itu.


Manfaat Belanja Oleh-Oleh Produk UMKM 

Saat kita dalam satu perjalanan, punya kesempatan memberikan oleh-oleh untuk orang rumah, kerabat, tetangga, dan sahabat, adalah sebuah kebahagian baik bagi kita maupun yang mendapatkannya. Si penerima antuasias dengan pemberian oleh-oleh dengan ucapan terima kasih. Penerima oleh-oleh yang baik akan menghargainya dengan mengenakannya. Atau menikmati makanan oleh-oleh dari perjalanan karena ingin merasakan kuliner khas satu daerah.


Saat belanja juga memberikan kebahagiaan tersendiri. Otak dapat melepaskan dopamin kimiawi yang membuat perasaan senang. Hal ini memberikan efek baik untuk kesehatan mental. Belanja suatu produk yang kita sukai juga memberikan efek positif hingga kepercayaan diri meningkat. Misalnya saat belanja produk UMKM berupa kain tenun. Saat memakainya, muncul rasa bangga dan percaya diri telah mengenakan produk UMKM.


Kita senang, penjual pun juga. Ibaratnya belanja itu salah satu kegiatan berbagi rejeki. Kita bisa sedikit membantu UMKM. Kita mendapat produknya, UMKM juga senang dengan jualannya yang laku. 


Belanja Produk UMKM di Marketplace 

Selama pandemi banyak usaha yang gulung tikar. Namun justru banyak pula usaha baru bermunculan. UMKM termasuk usaha yang meraih peningkatan omzet. 


Pandemi mengubah gaya hidup dan gaya belanja masyarakat. Makin banyak yang memilih belanja online. Ibu rumah tangga hingga perempuan pekerja kantoran kebanyakan suka belanja online. Kalo ada yang cek gawai mereka, bisa jadi terpasang 2 hingga 4 aplikasi toko online. Alasan belanja online karena waktu kasus covid merebak, kegiatan keluar rumah dibatasi. Belanja pun beralih modelnya dan tidak lagi datang ke toko offline. Meski tak dipungkiri sebelum pandemi udah banyak pelaku belanja onnline. Namun pandemi melipatgandakan jumlah orang yang beralih belanja online.


Mengamati pola perilaku belanja yang berubah, pelaku usaha yang jeli menangkap peluang itu. Pelaku usaha yang kebanyakan adalah UMKM, membuatkan akses berupa toko online. Masyarakat bisa menepis kekhawatiran penularan covid dengan belanja di toko online.


Animo masyarakat juga menarik perhatian pemerhati ekonomi mikro dan pemerintah. Banyak penelitian tentang belanja online ini, karena memang menarik banget kan dengan melonjaknya cara belanja yang berubah. Masyarakat dipaksa beradaptasi belanja dengan cara praktis, hemat waktu, tidak keluar rumah, bayar secara digital. Seringnya belanja online juga bisa mendapatkan promo diskon atau gratis ongkos kirim.


Kementerian Koperasi dan UMKM menargetkan 30 juta UMKM di Indonesia mampu digitalisasi pada tahun 2024. Tentunya harus ada usaha agar target bisa terwujud. Perlu dilakukan kemitraan strategis antar pelaku usaha secara lintas sektoral. Di sini lah peran penyedia jasa logistik menjadi penggerak distribusi. Yang tak kalah penting juga sebagai solusi UMKM Indonesia untuk lebih melek digital dengan mengikuti pelatihan.


JNE Ngajak Online - Goll...Aborasi Bisnis Online 2022


Ada yang pernah ke Sorong di Papua Barat? Saya belum pernah, teman-teman. Jauh sih ya kalo dari Kota Semarang, tempat tinggal saya. Tapi siapa tahu suatu hari nanti kalo ada rejeki bisa berkunjung kesana?!


Nah ada kabar baik nih dari Kota Sorong. JNE Sorong yang menjadi mitra UMKM ngadain webinar JNE Ngajak Online-Goll...Aborasi Bisnis Oline 2022 Kota Sorong. Webinar ini dihadiri lebih dari 100 UMKM lokal, dengan narasaumber Fredi Luhukay selaku Branch Manager JNE Sorong. Dua narasumber lain adalah pelaku usaha, yaitu Owner Nami Craft, Ratna Sari dan owner CMO Mooipapua, Teguh Hidayat.


Teguh Hidayat Iskandar membuka diskusi dengan menjelaskan usahanya yang bergerak di bidang skincare. Nama usahanya adalah Mooipapua, yang saat pandemi mengalami pengingkatan omset. Kata Teguh, kebiasaan masyarakat yang menghabiskan waktu di rumah menjadi penyebabnya. Dan tahu nggak temans, peningkatan omzetnya mencapai 280% atau hampir tiga kali lipat. Masya Allah, luar biasa yaa.


Mooipapua udah berdiri sejak tahun 2018 dengan memasarkan produk yang eco-friendly dan social conscious. Dua hal ini menjadi value proposition sekaligus diferensiasi Mooipapua dibandingkan kompetitornya.


“Kami tidak terlalu banyak iklan tapi terbesar di value proposition. Produk kami eco-friendly karena bahan bakunya berasal dari alam, mulai dari buah merah, pala fakfak, dan hasil alam lainnya”. tambah Teguh.


Keputusan yang bagus tentunya. Terlebih Fredi Luhukay selaku Branch Manager JNE Sorong, menyambut baik dengan langkah MooiPapua. Bahkan JNE Sorong juga terus mendukung UMKM dengan berbagai program dan layanan. Menurut beliau, JNE Sorong siap membantu dan memfasilitasi UMKM dari berbagai sisi. Termasuk urusan penjualan logistik dalam kota ingga luar negeri.


Kalo Teguh bergerak di usaha kecantikan, beda dengan Ratna Sari pelaku usaha Owner Nami Craft. Beliau membangun bisnisnya di sektor kriya, menuturkan jaman digital paling tepat memasarkan produk dengan mengoptimalkan media sosial. Caranya dengan memaksimalkan produksi konten yang unik dan menarik, dengan menggunakan hastag atau tagar pada caption. So...kepiawaian copywriting sangat dibutuhkan di sini.



Menurut Ratna diferensiasi itu penting karena banyaknya kompetitor. Jadi mereka fokus pada cara pengemasan yang beda dengan produk kompetitor. Seperti pengemasan model Korean Wrapping yang banyak disukai konsumen. Ya generasi sekarang penyuka produk yang ada hubungannya dengan Drama Korea, lebih suka bila ada produk dengan kemasan ala Korea.


Lebih lanjut Fredi menyampaikan JNE Sorong bangga dengan adanya Goll..aborasi JNE ini. Kolaborasi yang mampu menyatukan UMKM untuk bertukar pendapat mengenai bisnis online



Dalam kesemptan tersebut Fredi menuturkan bahwa saat ini JNE secara rutin melaksanakan berbagai program layanan khususnya bagi UMKM. apa aja sih program layanan JNE Sorong?


Berikut ini program layanan JNE Sorong :

- Promo cashback

- Program apresiasi seperti JLC (JNE Loyalty Card)

- Gratis jemput paket tanpa minimal berat

- Program COD

- E-fulfillment untuk menjadi solusi pengiriman dan kemudahan bertransaksi digital.


Teman-teman, perlu kalian tahu kalo Sorong merupakan kota ke-28 dari gelaran webinar JNE Ngajak Online 2022 – Goll…Aborasi Bisnis Online. Sepanjang tahun 2021 event ini telah dilakukan di 60 kota di seluruh Indonesia. Keren ya dukungan JNE untuk UMKM.


Nah kabarnya setelah Kota Sorong, gelaran roadshow ini akan kembali hadir di Kota Manado pada 18 Juli 2022. Ayo warga Manado, ngana siap hadir dalam JNE Ngajak Online 2022 -  Goll...Aborasi Bisnis Online berikutnya? Harus siap ya, agar UMKM Indonesia berjaya. Wassalamualaikum.

22 komentar:

  1. Sejak ada marketplace dan jualan online jadi lebih memudahkan kita untuk belanja2 yah, lebih praktis dan nyaman aja gitu. Salut banget deh sama program JNE yang selalu mendukung kemajuan UMKM deh

    BalasHapus
  2. UMKM harus go digital ya. Produk2 UMKM yang dipasarkan secara online tentunya akan meningkatkan penjualan karena bisa menjangkau masyarakat lebih luas. Maju terus UMKM! Sukses juga buat JNE yang terus berkomitmen mendukung UMKM Indonesia.

    BalasHapus
  3. Sedih banget 2 tahun yang lalu para UMKM gulung tikar karna pandemi. Tapi allhamdulillah sekarang mulai naik lagi ya. Ditambah seneng JNE makin memperluas kerja samanya dengan para UMKM biar para UMKM makin berkembang ya

    BalasHapus
  4. Aku juga suka membeli produk UMKM, aku cinta produk Indonesia. Produknya bagus tidak kalah dengan produk luar. Semoga dengan suport dari JNE omzet penjualan para pelaku UMKM meningkat ya

    BalasHapus
  5. Mantap nih JNE dengan Gollaborasi-nya, tentu akan menjadi penyemangat bagi Pelaku UMKM di Tanah Air untuk semakin mengembangkan Bisnisnya ya. Semangaaaat.

    BalasHapus
  6. Benar banget nih pandemi mengubah cara belanja hingga pembeli beradaptasi belanja dengan cara praktis, hemat waktu, tidak keluar rumah, bayar secara digital saja. Maka meski lokasinya UMKM di Sorong saya pun bisa pesan Mooipapua atau Nami Craft dari Jakarta.
    Senang sekali dengan berkembangnya UMKM yang makin maju berkat dukungan berbagai pihak di antaranya JNE. Salut!

    BalasHapus
  7. Salut terhadap JNE yang concern mendukung UMKM terutama kini di Kota Sorong. Craft maupun skincare di Papua sana ternyata berkualitas dan mulai menggeliat dilirik konsumen ya. Program2 JNE keren banget dengan layanan dan promo apalagi member JLC nya mantap deh.

    BalasHapus
  8. Promo JNE nih makin bervariasi ya, Salut sama JNE yang selalu punya perhatian untuk membantu perkembangan usaha para pelaku UMKM.

    Saya juga kalau tugas ke luar daerah, suka cari souvenir khas daerah itu mbak buat oleh-oleh

    BalasHapus
  9. JNE setia banget ya mendampingi UMKM kebayang perjuangan pasca pandemi pasti ga gampang. Berkat inovasi dr JNE utk pengusaha UMKM insyaallah penjualan bisa naik lagi

    BalasHapus
  10. Makin salut sama JNE ini
    Beragam pelayannya nggak hanya memudahkan UMKM untuk menjual produknya, tapi ternyata juga memberikan pelatihan bagi UMKM untuk makin berkembang di era digital seperti ini

    BalasHapus
  11. Produk UMKM Lombok bagus2 aku suka banget ada mutiara segala kan ya. Makanan nya juga enak2 yang camilan kering bisa tahan lama. Wow keren ya mooipapua meningkat omzet nya. Alhamdulillah JNE kasih wadah ujtuk para umkm belajar

    BalasHapus
  12. Dengan adanya ekspedisi dan marketplace membuat UMKM berbagai daerah bisa kita nikmati.

    Pengalamanku mak kalau jastip pas traveling tar sampai rumah ada lg yang oesan trs biasanya aku hub toko langsnung minta dikirim

    BalasHapus
  13. Mudah2an UMKM makin berkembang ya mba berkat bantuan JNE lebih dikenal dan maju...

    Ada wadah UMKM untuk belajar terus


    Sama nih

    BalasHapus
  14. Senang sekali JNE bisa memfasilitasi UMKM biar tumbuh dan berkembang. Bagus programnya JNE, salut ama ekspedisi yang satu ini bisa terus menebar manfaat dan kebaikan.

    BalasHapus
  15. Keren ya JNE nih sudah merambah ke Papua. Jaringannya makin luas aja. sampai keujung timur Indonesia. Makin banyak aja umkm yang terbantu nih sama program-programnya.

    BalasHapus
  16. Bener banget, di masa kayak sekarang mah, memanfaatkan dengan baik media sosial ini penting. Terutama buat para pelaku bisnis. Selain buat branding jualan juga untuk meningkatkan penjualan. Bisa menjangkau pelanggan di mana aja dan kapan saja.

    BalasHapus
  17. Sekarang sih enak banget yaa.. belanja oleh-oleh bisa online.
    Pas Mama Papa mertua main ke Surabaya dan kami butuh berbelanja oleh-oleh, maka dengan mudah memilih secara online.
    Barang sampai dirumah dengan selamat dan harga yang sama ketika kita datang ke lokasi.

    Keren banget UMKM zaman digital.
    Berkat acara rutin dari JNE Ngajak Online - Goll...Aborasi Bisnis Online 2022.

    BalasHapus
  18. Perusahaan sekelas JNE mampu memberikan kontribusi besar dalam mengembangkan UMKM
    Artinya ini juga membantu perekonomian bangsa yang sempat terpuruk karena pandemi melanda tiba tiba

    BalasHapus
  19. Wah banyak nih promo JNE Sorong. Masalah ekspedisi memang salah satu hal krusial dlm bisnis online terlebih pengiriman keluar Jawa. Beruntung JNE support banget UMKM daerah sehingga ekspedisi tak lagi jadi hambatan. Support sharing bisnisnya pun dapat menjadi salah satu strategi marketing yang handal untuk pihak pengusaha kecil.

    BalasHapus
  20. JNE ini ternyata gak cuma peduli sama pendidikan, tapi juga dunia UMKM ya. Memang sejak ada marketing dan transaksi digital, proses jual beli jadi lebih mudah. Tapi tetap, perusahaan pengiriman seperti JNE berperan penting di sini.

    BalasHapus
  21. Salut banget deh sama JNE gak hanya sukses bidang logistik tetapi JNE juga hadir untuk membantu dan mengembangkan UMKM dan nggak lupa juga JNE memberikan beasiswa pendidikan juga. Semoga JNE semakin jaya dan selalu memotivasi untuk berbuat hal positif

    BalasHapus
  22. allhamdulillah ya mba jadi banyak UMKM yang terbantu dengan adanya talkshow macam begini. Semoga ada menyeluruh ke kota2 yang lain. JNE emang peduli banget sih..

    BalasHapus