Tips dan Ide Menulis Saat Males Ngeblog - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Selasa, 28 Juni 2022

Tips dan Ide Menulis Saat Males Ngeblog

Assalamualaikum bestie. Semoga kalian baca tulisan ini hingga selesai. Karena meski curhat, tetap saya sisipkan tips ngeblog. Jadi sesuai lah ya dengan judul yang saya tuliskan. 


Emangnya saya rajin ngeblog? Enggak! Justru karena saya sedang ditimpa penyakit males ngeblog itu selama beberapa waktu, bikin pengen curhat di sini. Selama males ngeblog, saya bukan diam aja. Saya melakukan riset sederhana bahwa blogger yang tidak update blog itu bukan karena nggak punya ide nulis. Aslinya karena males. Eh ini pengalaman saya sendiri, bukan kamu. 


Jadi, yuk baca...


Curhat Mengapa Blog Isinya Artikel Berbayar

Di sini saya akan ngaku kalo selama beberapa bulan terakhir blog ini nyaris isinya sponsor post a.k.a review produk. Memang diawali bulan Januari 2022 yang hanya terisi 1 artikel dan itupun juga artikel dari produk keuangan. 




Nah, malu gak malu gak, ya malu dong, masa enggak?! Silakan tertawa ngakak sepuasnya, bestie.


Katanya blogger yang suka nulis, tapi mengapa artikel nya segitu aja? Ehh...


Karena memang awal tahun itu saya sekeluarga sedang sakit bergantian. Namun alasan sakit itu nggak bisa digunakan selamanya kan? Sama aja dengan doa, duhhh jangan lah. Orang sakit pengennya lekas sembut, sehat, bisa melakukan aktivitas harian. Tapi emang sejak pandemi itu kalo abis sakit, masa penyembuhan berasa lama. Bisa sebulan hingga dua bulan, baru bisa melakukan kegiatan rutin seperti sebelumnya. 


Jadi mengapa blog ini isinya artikel pesanan dari perusahaan? Apa karena beneran males ngeblog? Apa punya alasan lain lagi? 


Jangan jawab nggak punya ide. Basi banget! Dan sebagai blogger yang ngakunya hobi baca dan suka nulis, alasan ini memalukan. Makanya saya nggak pernah menjawab nggak ada ide. Karena ide nulis untuk blog itu banyak banget. Nanti ya saya tuliskan beberapa ide nulis dalam artikel ini.


Ngeblog Demi Cuan? Boleh Aja Dong!

Beruntung lah yang masih rajin menayangkan artikel di blog kamu. Meski artikel kebanyakan iklan, nggak masalah. Intinya kamu tetap rajin nulis, artinya blog kamu tetap update tulisan baru setiap beberapa waktu tertentu.



Memang kadang kita dipaksa untuk menulis saat menerima tawaran artikel yang ada duitnya a.k.a sponsored post. Meski ada juga yang sedang enggan menerima tawaran serupa karena tidak cocok dengan nominal pembayaran atau alasan lain. Namun ada yang menerima tawaran nulis karena ingin bisa update artikel baru dalam periode tertentu. Bonusnya cuan, alhamdulillah.


Saya sendiri meski masih sesekali menerima tawaran kerjasama dengan sebuah brand, tapi tetap memasukkan unsur pengalaman pribadi. Jadi artikel yang dibayar pun memiliki konten yang tidak sama dengan teman blogger lain. Karena setiap blogger memang memiliki ciri tulisan yang berbeda. Dan itu yang membuat blog menjadi unik dan lebih personal.


Pentingnya Artikel Organik Demi Kesehatan Blog

Namun saya pernah baca salah satu artikel, kalo bisa selain artikel berbayar, mestinya juga ada artikel organik. Intinya demi keseimbangan blog jadi isinya nggak seluruhnya itu artikel pesanan.



Tahu kan artikel organik? Artikel organik adalah tulisan yang dibuat tanpa embel-embel dibayar  atau disisipi iklan. Beberapa blogger menyarankan agar setidaknya komposisi artikel organik dan artikel sponsor itu 80 : 20 persen. Tapi kalo kalian menerima banyak job, bisa juga dengan komposisi 55:45 persen, yang lebih banyak artikel organik.


Oh tidaaakkk! Respon seperti ini kah yang kalian ucapkan? Itu saya sih, hihihii.


Penulisan artikel organik itu mudah, idenya bisa dari mana aja. Tapi mengapa artikel organik jarang ditayangkan di blog? Apakah hanya saya yang melakukan hal ini? 


Saya tahu artikel organik seharusnya selalu ada di blog. Selain agar pembaca blog tidak bosan karena kebanyakan membaca artikel sponsor saja dan akhirnya meninggalkan blog kita. Artikel organik juga sering mendatangkan trafik yang bagus. Nah ini saya setuju banget karena memang udah membuktikannya di blog ini.


Ketika Males Ngeblog dan Ide Buntu

Namun yang namanya hidup itu memang bervariasi. Situasi juga bisa berubah tergantung suasana hati, kondisi dari luar diri, dan tentu saja isi rekening tabungan. *Ehhh...


Kadang suasana hati kita sedang bahagia dengan banyaknya kerjasama penulisan.  Tapi efeknya kadang jadi nggak ada waktu menulis artikel organik. Karena fokus kita mengerjakan artikel sponsor tentunya. Begitu artikel sponsor selesai ditayangkan, pengennya healing. Rebahan, nonton YouTube, ngecek linimasa sosial media. Akhirnya lupa untuk menulis artikel organik.


Yang lebih disayangkan ketika penawaran kerjasama sedang kosong. Kita mendadak jadi males banget ngeblog. Rasanya nggak ada alasan menulis artikel untuk blog. Pengen nyubit tangan sendiri jadinya, hahahaa.


Mungkin dengan begitu bisa sadar, akhirnya buka laptop dan mulai menulis sesuatu. Nggak perlu yang serius menulis artikel tentang virus Corona. Yang remeh temeh aja seperti suasana sore di kota kalian. Atau jajanan yang lagi viral di sosial media. 


Nah yuk saya tuliskan tips saat males ngeblog. Ada alternatif ide menulis yang bisa jadi pilihan kalian :



- Ikut Arisan Blogger atau Kolaborasi

Ini salah satu faktor kalian bisa rajin update blog. Tentunya bagi kalian yang memang ingin rajin menayangkan artikel di blog dengan periode waktu tertentu. Arisan blog juga jadi solusi ketika kita ingin menulis tapi tidak ada ide. 


Ikut arisan atau kolaborasi dengan blogger lain juga membuat kita bersemangat karena ada teman yang satu tujuan. Namun tetap harus kalian perhatikan, ada saja kendala yang akan muncul saat ada blogger yang tidak amanah. Namun hal ini jangan sampai membuat kalian berhenti kolaborasi dengan teman blogger lain. 


Kebetulan awal bulan Juli nanti saya udah menayangkan artikel untuk kolaborasi berwujud arisan blog. Saat ini udah ada di draft sebanyak 3 artikel awal yang mendapat jadwal arisan. Seneng banget bisa tergabung dalam arisan bersama teman-teman satu komunitas blogger. 


- Menulis Pengalaman Jalan-jalan

Katanya menuliskan pengalaman saat kita jalan-jalan itu mudah. Siapa bilang? Hahahaa. 


Saya punya banyak foto perjalanan yang ngendon di folder laptop maupun Smartphone. Memang perjalanan bisa jadi modal kita untuk rajin update artikel baru di blog. Sepanjang begitu perjalanan usai, kita langsung menuliskan ceritanya. Karena makin lama kita menunda penulisan cerita jalan-jalan, makin males juga akhirnya. 


- Menulis Pengalaman Jajan 

Ini sama dengan pengalaman jalan-jalan. Tuliskan secepat mungkin setelah nyobain makanan. 


Ada yang sharing kalo ingin rutin menulis review makanan adalah dengan posting aja dulu di sosial media. Jadi nanti kita tinggal menuliskan lebih detil di blog. Tips seorang blogger ini bisa kita ikuti ya.  


- Berbagi Cerita Merawat Keluarga

Pengalaman merawat keluarga, baik saat sehat maupun sakit bisa dijadikan artikel di blog. Bagi kalian yang udah berkeluarga, menuliskan pengalaman merawat anak sejak bayi hingga balita bisa jadi rujukan mamah muda lainnya.


Bagi yang masih jomblo, bisa menceritakan pengalaman ponakan, atau merawat orang tua saat sakit. Jadi sebenarnya banyak ide tulisan sepanjang kita mau melihat ke sekeliling. Nggak perlu jauh keluar, cukup di rumah atau seputaran tempat kita tinggal.


- Berbagi Keahlian Yang Kalian Miliki

Bagi kalian yang memiliki ketrampilan atau keahlian khusus, bisa loh menuliskan di blog. Misalnya bagi perawat, yang suka desain grafis, pengalaman berkebun, meracik masakan, banyak deh ketrampilan lainnya.


- Menulis Tips Dari Pengalaman Pribadi

Ini nyaris sama dengan berbagi keahlian di atas. Tapi bisa juga dengan sudut pandang yang lebih luas lagi. Seperti tips menangani kompor yang mendadak apinya membesar. Tips mengemas barang saat pindahan rumah. Kalian pasti bisa tuh dapat ide lainnya dari pengalaman pribadi.


- Review Film, Buku, Channel YouTube

Nah ini bisa jadi solusi ketika kalian nggak menemukan ide menulis. Kalian bisa membuat review film yang baru saja ditonton. Menuliskan review buku fiksi atau non fiksi. Atau mengulas review channel YouTube. Saya udah pernah melakukan ketiga hal tersebut di blog ini.

______________


Saya percaya tulisan yang ada di blog memiliki pembaca tersendiri. Salah satu cara yang saya lakukan saat ide nulis untuk blog jadi buntu, adalah dengan menulis resep masakan. 


Saya sudah membuktikannya, resep bikin ketupat dengan dua cara yang berbeda tetap mendatangkan pembaca. Silakan baca salah satu artikel tips masak ketupat : Cara Masak Ketupat Hemat Gas 

Saya cukup senang dengan jumlah kunjungan artikel masak ketupat ini. Terutama saat awal bulan Ramadan hingga menjelang lebaran, banyak juga pembaca yang mampir.


Hal sama juga dengan artikel pengalaman menyiapkan bekal ke tanah suci untuk ibadah haji. Biasanya menjelang orang berangkat haji seperti sekarang, trafik meningkat. Alhamdulillah kalo tulisan pengalaman ini bisa bermanfaat untuk pembaca blog ini. 


Ahhh ... jadi panjang juga curhat saya kali ini. Ternyata males ngeblog tetap bisa disiasati ya bestie. 


Jangan pula jadikan alasan laptop rebutan dengan suami atau anak. Karena ngedraft menggunakan gawai juga bisa kok. Saya menuliskan artikel ini pun dengan gawai. Menurut saya yang mengawali ngeblog dengan gawai, kembali melakukan hal sama lagi malah lebih enak. Apalagi untuk memasukkan gambar juga lebih mudah bila menggunakan gawai. Karena saya melakukan edit gambar dengan aplikasi yang ada di gawai.


Saya jadi pengen tahu, kalian sedang pada masa males ngeblog seperti saya? Solusi apa aja yang udah kalian lakukan agar semangat ngeblog lagi? Sharing yuk, bestie. Wassalamu'alaikum.

34 komentar:

  1. Sering banget bosen menulis dan ngeblog karena cuan memang, tapi ada juga keinginan mencurahkan apapun di blog. Bener banget, kendala terbesar saat ngeblog adalah males apalagi kalau ga ada cuannya, hemm bisa dicoba nih tips dan idenya. Terima kasih tipsnya!

    BalasHapus
  2. Padahal ide di kepala buat nulis organik itu banyaaakk, tapi tiap ada peluang job pasti tertarik. Haha. Terus ujung-ujungnya prioritasin yang bercuan duluan. Tapi saya berusaha banget nyempetin nulis organik, sekadar curhat atau berbagi pengalaman yang baru-baru terjadi..

    BalasHapus
  3. segera tulis setelah pulang jalan-jalan atau jsjan, bila memang ingin menuliskannya. ini bener bgt krn aku sering betniat begitu..tp krn kelamaan mager jadinya semua detil yg ingin ditulis menguap! haha.. terima kasih tips2nya mba Wati
    .

    BalasHapus
  4. Saya pingin deh bisa konsisten blogging, konsisten audit biar performa ok. Tapi kenyataannya sering bgt cuma jadi wacana. Belakangan saya tahu kalau cara sukses itu bukan fokus ke goalnya tapi fokus ke hal2 yg bisa mendekatkan kita ke arah goals tsb. Nah, ini mba yg sedang saya upayakan biar list to do blogging tidak hanya berakhir wacana huhuhu. Mangat mba hihi

    BalasHapus
  5. Kalo aku kadang di kepala udh ada ide.cuma buat duduk di depan laptop butuh effort besar hahahah itu klo magernya lagi kumat. Padahal kalo mah dipaksain duduk bentar n fokua nulia 1 jam bisa jd 1 artikel

    BalasHapus
  6. aku kangen banget fokus nulis blog yang serius gitu lho, pengen nulis yang curcol atau cerita sehari-hari lagi hehe

    BalasHapus
  7. Ini saya banget nih pas selama bulan juni nggak banyak dapat job jadinya kayak nggak ada motivasi nulis gitu. Akhirnya saya berusaha membangkitkan semangat nulis dengan nyoba di platform lain yang memberikan topik pilihan buat ditulis. Alhamdulillah ternyata cara ini bisa membuat saya semangat nulis lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masya Allah, keren mba tetep produktif ya nulis nya

      Hapus
  8. Wahh tips-tips nya bermanfaat banget nih.. Blogku sekarang udah lebih dari 5 dan akhir-akhir ini jadi jarang nulis karena banyak kesibukan lain, tapi ketinggal deh blognya. Nanti dicoba dikit dikit deh, karena biasa karena terbiasa...

    BalasHapus
  9. Kompliit banget tipsnyaπŸ‘. Sangat bermanfaat πŸ™

    BalasHapus
  10. Aku juga maluuu kemarin Juni belum nulis sama sekali karena post holiday #halah

    Padahal males ya males aja. Pasti ada sesuatu yang lebih diutamakan ☺

    BalasHapus
  11. Makasiiih Mbak Wati...aku juga lagi hibernasi ngeblog huhuhu. Ini BW salah satunya supaya kembali semangat ngeblog hahahha. Padahal ide mah banyaaak...tapi eksekusinya itu looo..

    BalasHapus
  12. Bener banget nih permasalahn utama di "Males" ituloh. Kadang nih ide ada aja gitu seliweran tapi buat menjangkau laptop buat nulis tuh kek males mager udah. Tips-tips nya ini mantul banget sih bisa dicoba nih

    BalasHapus
  13. Sebenarnya ide nulis organik itu banyak banget ya Mba. Hanya saja rasa malas itu kok pinter banget menggoda. Baru semangat nulis kalau ada fee-nya. Hahaha.

    BalasHapus
  14. jujur nih, Mba, aku bikin pengakuan, kalau aku gak meratiin mau banyak nulis organik atau promo. Aku cuma memastikan tulisanku bermanfaat infonya buat orang lain, enak dibacanya. Karena aku memang belum bisa membuat tulisan banyak antara organik dan promo, jadi ya sebaik-baiknya aja nulis apa yang sedang aku tulis. Insaallah nanti kalau waktu banyak longgar, anak-anak bertumbuh besar, mau nulis yang aku ingin tulis dalam keseharian

    BalasHapus
  15. Kok sama Mba Wati, sebenarnya ga ngeblog tuh karena males bukan karena lainnya huhu..Padahal ngakunya hobi nulis tapi berbagai macam alasan disebutkan padahal intinya gamau mengerjakan.
    Memang ya selalu ada masa dimana kita dalam mode mute..tapi semoga ga lama-lama. Kadang kalau memulai lagi duh ngumpulin semangatnya bakal susah lagi hihihi

    BalasHapus
  16. Antara menulis yang dapat Juan dengan menulis traffic untuk organik harus seimbang ya mbak. Kalau trafficnya hanya sponsor spons terus terus traffic-nya jadi rendah, agensi kan juga nggak mau ya. Jadi memang sebagai blogger kita harus pandai-pandai mensiasati membuat tulisan yang berupa informasi dibutuhkan sama pembaca Dengan tulisan review produk yes

    BalasHapus
  17. Ketampaaarrr sama tulisannya Mbak Wati. Ya gimana ya, Mbak.. Sponsored post itu penyemangat untuk menulis je. Hihihi..

    Tapi memang sih, kebanyakan sponsored post juga ngga bagus ya, Mbak.. Aku juga tetap mengusahakan ada tulisan organik di tiap bulan. Yang paling sering sih review drakor atau review lagu (aku suka dengerin lagu soalnya). Hehe..

    BalasHapus
  18. Aku pun kayanya banyak tulisan sponsor post, organic udah jarang. Kalau lagi kurang mood biasanya lakukan aja hal yang menyenangkan kaya baca buku dan jalan-jalan. Habis itu baru bersemangat lagi.

    BalasHapus
  19. Dennise Sihombing6 Juli 2022 16.07

    Hai kak sedang ikut arisan blogger dimana? aku juga sedang mengikuti di Blogging Happy Family. Saat ini blogku presentasinya 80:20 untuk organik lebih banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keren nih, aku salut yang masih setia banyakin nulis organik

      Hapus
  20. Iya sam amalu mbak aku juga, makanya harus rutin nulis organik juga nih ya. ALhamdulillah kalau ada tantanagn nulis organik jadi makin semangat. Betul banget nulis organik ini untu kesehatan blog juga kesehatan pemilik blog ya hehehe

    BalasHapus
  21. Kalo molly males ngeblog, inget korea aja langsung cring muncul idenya. Korean freak sih haha

    BalasHapus
  22. aku tuh kalau lama enggak nulis blog berasa kangen gitu mbak. Tantanganku lebih ke mengatur waktu, bangun dini hari supaya bisa ngetik.

    BalasHapus
  23. Aku bikin self reward saban kelarin satu postingan mba.
    Buat hempas manja rasa malas ntuh.

    Semangaattt ngeblog yes πŸ‘

    BalasHapus
  24. Memang kadang bingung juga mau nulis apa di blog
    Ini sih kebiasaan kalau sudah lama g nulis

    BalasHapus
  25. Nah, yang nulis review ini pas banget deh untuk mengaktifkan kembali blog buku punyaku mba. Selama ini terbengkalai, padahal udah banyak baca buku. Hanya saja kalau niat ngereview tuh printilannya banyak. Nyediain buku catatan, menuliskan poin2 penting dan angle cerita yang khas diri kita untuk disampaikan ke pembaca.

    BalasHapus
  26. aku kalau lagi bosen nulis biasanya tak bawa tidur mak trus mandang2 foto2 anak2 hehehe jadinya semangat lagii hahahahaha. inget spp dll yang harus dibayar wkwkkw

    BalasHapus
  27. Sbnrnya memang ga ada alasan keabisan ide utk menulis blog. Apalagi kalo blognya punya Niche khusus. Blogku sendiri nichenya traveling dan kuliner. Jadi sebenernya tinggal jalan2 atau nyobain kuliner baru, jafi deh bahan tulisan. Cuma terkadang aku suka kedistract Ama urusan pekerjaan mba. Atau kebetulan sedang ngetrip πŸ˜„. Jadi deh blog agak lama update.

    Cuma teteeep kok, pasti diupdate. Kan sayang Yaa udh bayar mahal annual fee nya kalo ga diupdate πŸ˜„

    BalasHapus
  28. Sering mager nulis tuh karena drained too much energy sama tulisan job yang minta di optimasi, minta PV dan minta konten selain blog.
    Jadi kaya mau nulis organik tuh uda ngos-ngosan banget.
    Ini aku sih.. Karena kudu switch personal kan..

    BalasHapus
  29. kadang yang bikin males nulis kalo aku ya tulisan organik heheheh jujur ya,, kalo ada feenya tuh jadi semangat dan ga males2an,,, kalo organik kayak ntar sok ntar sok sampe ga ketulis,, parah emang

    BalasHapus
  30. Huhu jleb deh Mbak, aku nih sering males nulis dan ngeblog. Gara-gara kerjaan banyak biasanya. Kalo udah gitu, aku bnyak bengongnya. Kudu nerapin tips dari Mbak Wati nih. Semoga deh gak sering males nulis lagi. 🀭

    BalasHapus
  31. Kalau aku sekarang ikutan challenge 6 bulan yang bikin nulis 2 artikel travel kuliner tiap minggu hahaha. Gak tau kenapa jadi makin semangat soalnya seru sih bareng2 juga ma yang lain. Kalau gagal challenge rasanya sedih jd berusaha utk gak gagal wkwkw :D

    BalasHapus
  32. Ngeblog sangat dibutuhkan ide-ide kreatif, tpi kadang kosong dan blend sehingga biasanya aku butuh refreshing.

    BalasHapus