Cara Masak Ketupat Hemat Gas, Cuma 40 Menit Dengan Hasil Bagus dan Padat - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Sabtu, 05 Juni 2021

Cara Masak Ketupat Hemat Gas, Cuma 40 Menit Dengan Hasil Bagus dan Padat

 


Assalamualaikum Sobat. Lebaran telah usai. Gimana kabar ketupat, opor dan sambel goreng sobat? Udah abis pasti ya. Udah bosan juga makan ketupat dan opor. Saatnya kembali ke makanan sehat lagi, hahahaa.


Seharusnya saya tayangkan tulisan ini sebelum lebaran. Maksudnya agar sobat bisa mengikuti cara saya masak ketupat yang praktis, hemat waktu, hemat gas atau bahan bakar lainnya, juga mendapat hasil yang bagus. Kalo resep opor dan sambel goreng sudah pernah saya tuliskan di blog ini. 


Silahkan baca : Resep Opor dan Sambel Goreng Untuk Lebaran


Tapi gak apa lah ya, kan bisa juga tips ini dipakai kapan pun ketika sobat pengen bikin ketupat. Nggak harus lebaran juga kan masak ketupat?! 


Terlebih ketupat itu bisa dipadukan dengan beragam masakan. Indonesia memiliki kekayaan kuliner yang luar biasa. Dengan ketupat, kalian bisa menikmatinya bersama sayur lodeh. Atau boleh juga dengan pecel dan bakwan sayur. Mantap surantap deh rasanya. Jadi nggak harus saat hari raya aja dan dinikmati bersama opor serta sambel goreng.


Karena udah beberapa kali nyoba masak ketupat dengan cara 40 menit kelar dan sukses. Tentu aja saya akan bagikan pengalaman ini. 


Cara Masak Ketupat Dengan Lebih Hemat

Tahun lalu saya sempat nyoba masak ketupat dengan langkah 12 menit. Namun hasilnya saya kurang puas. Karena ketupatnya enggak tahan lama. 


Jadi tahun ini saya memilih masak dengan waktu yang berbeda. Saya pilih masak ketupat model 40 menit. Caranya gimana? Yuk baca terus tulisan ini, sob.


Siapkan bahannya, yaitu selongsong ketupat. Saya beli jadi aja karena udah lupa cara bikin selongsongnya. Namun kalo kalian ingin bikin sendiri bisa loh nyontek dari video di beberapa akun channel YouTube.


Kalo saya pilih beli di pasar, karena waktu lebaran kemarin sebenarnya tubuh sedang butuh istirahat. Jadi saya mengerjakan hal-hal yang mudah aja. Masak ketupat ini juga mudah. Saya hanya menyiapkan bahan-bahan. Kemudian saat masak ada anak-anak dan suami yang bantu mengerjakan. Saya sebagai pengawas duduk di kursi aja, hahahaa.

Bahan Ketupat :

- 10 buah selongsong ketupat

- 1 kg beras, cuci bersih dan rendam selama 30 menit, tiriskan

- 1 sdm garam

- 5 daun pandan

- Air, disesuaikan


Cara Membuat :

1. Buka ujung ketupat, dan isikan beras ke dalam sampai 3/4. Jangan separonya atau sampai penuh. Isikan ke semua ketupat hingga selesai. Kemudian tutup bagian ujungnya dengan menyisipkan ke dalam sela-sela anyaman.



2. Rebus air hingga mendidih. Untuk airnya dikira-kira aja ya.

3. Masukkan ketupat ke dalam panci. Masukkan garam dan daun pandan. Usahakan ketupat tenggelam dalam air. 


4. Begitu udah mendidih, mulai menghitung waktu masak. Rebus hingga 15 menit. Jadi proses masak 15 menit ini dihitung saat air mendidih. Begitu 15 menit sudah berlalu, matikan api kompor. Posisi panci dalam keadaan tertutup rapat. Diamkan selama 30 menit dan jangan dibuka tutupnya.

5. Begitu sudah 30 menit, cek airnya. Tambahkan air jika surut, hingga ketupat tetap berada di bawah air. Rebus kembali dan tunggu hingga mendidih untuk mulai menghitung waktu masak selama 15 menit. Lakukan hal sama seperti langkah nomer 4.


6. Setelah 30 menit, tambahkan lagi air bila surut. Kemudian rebus kembali dengan penghitungan mulai air mendidih selama 10 menit.

7. Setelah 10 menit, matikan apinya. Angkat dan tiriskan, biarkan agak dingin.



8. Ketupat siap dipotong dengan cara dibelah serong. Sajikan bersama lauk favorit keluarga.

Ketupat nya padat dan awet
selama tiga hari

Mudah banget kan cara masak ketupat ini. Cukup dengan waktu merebus selama 40 menit, ketupat udah matang dan padat. Jadi sobat nggak perlu lagi ngantuk-ngantuk nungguin rebus ketupat selama 4 jam.



Untuk menyimpan ketupat, cukup digantung aja. Nggak perlu masuk ke kulkas ya sobat. Ketupat punya saya bertahan sampai 3 hari karena cuma 10 buah. Itu pun saya tinggal pergi ke rumah ibu mertua. Tapi hari ketiga tetap enak dan nggak basi.


Kalo ada yang pernah masak dengan sistem 40 menit ini, atau sistem waktu yang lain, silahkan komentar di bawah ya. Wassalamualaikum.

14 komentar:

  1. nah ini perlu dicoba nih.. kami selama ini pakai cara lama, hehe.. oya jadi 40 menit itu lama memasaknya (3x pemasakan kompor menyala) dua diantaranya didiamkan dulu msg2 30 menit jadi total waktu yang diperlukan dari awal hingga ketupat matang sekitar 2 jam ya.. siip..

    BalasHapus
  2. Wah baru tahu nih mbak wati, selama ini pilih beli wkwkwkwk, kayaknya kapan-kapan patut dicoba nih ya. Makasih mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba sekali-sekali bikin sendiri, gampang kan kalo dari cara yang aku tulis di atas

      Hapus
  3. Irit sekali ya mbak gasnya kalau cara masaknya begini, direndam air mendidih ketupatnya jadi matang dewe ya kereen

    BalasHapus
  4. Aku nggak pernah bikin ketupat sendiri karena yang makan ya aq sama suami doang dan beliau bosenan jadi mending beli wkwkwk tapi makasih tipsnya bisa tak tularin ke yang lain...

    BalasHapus
  5. Mba Hiday makasih tipsnya ya Mba
    aku belum pernah masak ketupat sendiri selalu ngandalin bulik dan mbak ipar nih
    udah rempong ngurusin dua mertua jadi ya tinggal terima mateng

    BalasHapus
  6. Aku kemarin lebaran sayangnya nggak makan ketupat nih. Padahal pengen banget..

    Nah metode ini aku udah tahu, modelnya hampir mirip kayak ngerebut kacang gitu ya mbak. Praktis banget metode ini. Nggak uang buang gas dan kita bisa sambil masak yg lain jg sambil nunggu 30 menit itu.

    BalasHapus
  7. Resep baru bikin ketupat padat. Biasanya cukup beras aja mbak kalau ditempat saya. Ternyata ada rahasia lain pakai daun padan garam. Gak sabar pengin praktik. Tapi harus nunggu lebaran dulu hahah.

    BalasHapus
  8. What. Ngerebusnya cuma 40 menit tapi dengan dua tahapan ya kak. Bisa dicoba nih. Biar nggak menghabiskan gas, kayu bakar atau bbm lainnya. Secara ngerebusnya kan cuma bentaran doang.

    BalasHapus
  9. Aku perlu bookmark ini karena aku baru berumah tangga, ehehe.
    Lebaran selanjutnya sepertinya aku akan berduet bikin kupat sama istriku

    BalasHapus
  10. Bisa dicoba nih. 40 menit itu waktu yang singkat buat masak ketupat. Karena di rumahku kalau masak ketupat sampai berjam-jam. Bisa nih dipraktekan.

    BalasHapus
  11. Kalau baca cara membuat ketupat ini, rasanya simple juga ya buat dipraktikkan, dan ga repot juga ternyata caranya.

    BalasHapus
  12. Saya baru tahu ternyat cara memasak ketupat seperti itu, selama ini hanya tahu makannya aja hehehe. Selama ini kalo ketupatan, kami kebanyakan dapat hantaran dari Bulek atau ikut numpang masak ketika Bulek bikin ketupat.

    BalasHapus