Resep Kue Bawang ala Mama Fuji - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Jumat, 17 Juni 2022

Resep Kue Bawang ala Mama Fuji

Assalamualaikum Sahabat. Kalo kalian ngikutin perkembagan info tentang artis yang tengah viral, pasti tahu dengan gadis belia yang memiliki nama Fuji. Dia saat itu dikenal sebagai adik ipar artis Vanessa Angel. Abangnya yang dikenal publik sebagai laki-laki handsome dan pemilik hati yang tulus, Bibi. 


Namun saya nggak akan cerita tentang mereka. Karena kalian bisa tahu lah dari sosial media beritanya gimana. Di sini saya ingin cerita tentang kue bawang, kesukaan Vanessa Angel yang dibuat sepenuh cinta oleh Oma nya Gala Sky, putra pasangan artis Vanessa dan Bibi. 



Kue bawang ini ikutan viral karena dari akun youtube dan instagram, mengunggah kembali cemilan favorit Vanessa. Bisa dibilang Vanessa mau nyerahin makanan lainnya asal kue bawang ini hanya untuknya. Ini dari cerita Oma Dewi saat diwawancara wartawan.


Dari sana, ada netizen yang meminta Oma Dewi untuk berbagi resep kue bawang. Akhirnya dibuatlah vlog masak kue bawang. Dari komentar di vlog masak ini, banyak juga netizen yang menyarankan Oma Dewi untuk menjualnya di toko online. Eh saran ini ditanggapi serius oleh tim manajemen Oma Dewi. Akhirnya booming tuh jualan kue bawang dengan brand M4m4 F*&^i.


Saya yang penasaran gimana artis Vanessa begitu menyukai kue bawang, ikutan order di marketplace. Namun sayang banget, beberapa kali saya nggak pernah kebagian. Entah siapa yang borong kue bawang Mamanya Fuji ini.  


Adik saya usul daripada mesti indent, mending bikin aja sendiri. Hmmm, saya sebenarnya malas bikin kue bawang. Karena lebih cepat ngabisinnya dibanding bikinnya, hahahaa.


Tapi karena sampai empat kali saya selalu telat order kue bawang, akhirnya menuruti saran adikku. 


Mencari Resep Kue Bawang Oma Gala Sky


Oia, seperti yang udah saya ceritakan di atas, Oma Gala sempat bikin vlog bareng Marissa Icha dan Frans. Yang belum pernah ngikuti berita mereka, Marissa adalah sahabat Vanessa dan menjadi penggalang dana rumah untuk Gala Sky. Sementara Frans adalah putra kedua Bapak Faisal atau adiknya Bibi.


Nah dari vlog ini lah saya mendapatkan resep kue bawang Mamanya Fuji. Cuma resepnya kurang detil gitu. Kayak berapa takaran bawang putih dan bawang merah yang digunakan, serta bumbu lainnya. Jadi resep saya tulis ini bukan resep asli Mama Fuji. Kalian bisa melihat resepnya beliau di vlog Oma Dewi.


Di resep yang saya bagikan ini, saya udah membuatnya tiga kali. Dan resep yang saya bagikan ini yang paling enak menurut keluarga saya dan tamu yang mencicipi kue bawang ini. Oia saya terakhir bikin kue bawang itu 4 hari menjelang hari Lebaran. Hasilnya saya bagi dua, untuk di rumah dan ibu saya. Oleh ibu saya, kue bawang ini dijadikan suguhan saat lebaran.


Yuk deh saya tuliskan, siapa tahu teman-teman ada yang pengen bikin juga untuk cemilan nemenin anak-anak belajar di rumah.


Resep Kue Bawang ala Dapur Wati


Bahan-bahan :

- Tepung terigu protein sedang 25 sdm (250 gr)

- Tepung tapioka 10sdm (100gr) 

- Bawang putih 3 siung haluskan

- Bawang merah 4 siung haluskan

- Seledri 3 batang, ambil daunnya aja dan cincang halus

- Margarin 3 sdm (45 gr)

- telur 1 butir

- 1/2 sdt garam

- 1 sdt kaldu bubuk

- 100 ml air ( ukurannya bisa kurang atau lebih, masukan sedikit2 sampai adonan gampang di bentuk)


Cara Membuat :




- Campur semua bahan kecuali air 

- Masukkan air sedikit demi sedikit dan jangan langsung semuanya. Untuk mengukur apakah udah cukup atau masih kurang. Karena kondisi tepung bisa saja tidak sama untuk merk yang beda ya teman-teman. Uleni dengan tangan hingga cukup kalis

- Gilas hingga tipis, potong sesuai selera 



- Goreng dalam minyak yang udah panas. Goreng sampai kecoklatan dan angkat, tiriskan. Masukkan dalam toples ketika kue bawang udah tidak panas lagi.



Gitu aja sih cara bikinnya. Gampang dan dijamin cepet banget ngabisinnya dibanding proses bikinnya. Tapi karena anak-anak suka, saya buat lagi dong. Hihihii. 


Pasti teman-teman menganggap kue bawang ini cemilan yang udah sering dibikin. Bisa jadi ya tapi tentunya resep berbeda. Sebelum kenal resep Mama Fuji, saya biasanya bikin kue bawang dengan resep yang lebih sederhana. Hanya tepung, kaldu bubuk, air, garam dan sedikit mentega. Tidak pakai bawang merah dan bawang putih. Dan hasilnya memang berbeda sih.


Untuk bentuk kue bawang juga bisa kalian ciptakan yang beda ya teman-teman. Saya pernah bikin ukuran kotak kecil-kecil gitu. Sayangnya saya lupa motret hasilnya. Silakan kalo pengen menikmati kue bawang ala Mama Fuji, bisa bikin sendiri di rumah. Ngajakin anak-anak untuk membentuk kue bawang ini juga pasti menjadi kegiatan yang seru saat liburan. Terima kasih udah berkenan membaca, wassalamualaikum.

21 komentar:

  1. Suka banget sama camilan ringan yang gurih ini, saat lebaran pasti yang kucari ini buatnya belum pernah. Kayaknya bisa dicoba nih resepnya, lumayan buat camilan sore sambil nulis atau nonton TV. Terima kasih resepnya!

    BalasHapus
  2. Ini kali pertama aku denger ada yangh namanya kue bawang. Setelah dilihat gabarnya sekilas mirip pangsit goreng yang dipotong tipis kayak lidi. Walaupun aku gak kenal Vanessa Angel secara personal, aku bisa ngebayangin kalau dia suka kue ini. Keliatannya aja enak. Kriuk-kriuk. Camilan model begini suka bikin kalap haha.

    BalasHapus
  3. Wahh aku pernah bikin ini dan dijual hha, biasanya ak jual ke tukang jual bakso dan mie ayam. Laris bangett, apalagi bahan dan pembuatannya sangat mudah didapatkan.. Kalau untuk cemilan dirumah juga bagus sih,

    BalasHapus
  4. oh jadi ini tuh namanya kue bawang, enak banget ini disantap bareng saos botolan, dicocol dan dijadikan teman nonton film

    BalasHapus
  5. Aku juga berpikir namanya pangsit. Di warung-warung banyak yang jualan rencengan yang biasa ada di tukang bakso/cuankie. Tapi menarik juga jika bikin sendiri dengan resep ala Mama Fuji ini.

    BalasHapus
  6. Snack untuk camilan yang gurih dan enak banget. Hampir mirip dengan pangsit tetapi diiris panjang-panjang. Terima kasih resepnya kak.

    BalasHapus
  7. Aku juga dulu suka buat sendiri, cuma kurang telaten pas motong panjang itu. Jadinya sekarang lebih sering beli hehehe.

    BalasHapus
  8. Bundaku juga suka banget bikin ini sejak aku masih kecil, terutama buat lebaran.

    BalasHapus
  9. oh jadi ini namanya kue bawaangg, aku suka ngemil inii tapi gatau namanya hehehe. asiik, dikasih resepnya jugaaa. ntar kalo pengen makan gausah jajan tinggal bikin sendirii.

    BalasHapus
  10. aku penyuka kue bawang!

    tapi sumpah sampai sekarang belum pernah tahu cara bikinnya
    - pernah coba buat tapi gagal - keras banget hhahaaa

    BalasHapus
  11. Bener, bener..
    Dijamin pas ngemilnya enakeun banget, gak terasam tiba-tiba kue bawangnya abiiss aja.
    Apalagi ini termasuk kue yang mudah haus. Jadi setelah makan, minum, makan lagi, terus begitu hingga satu wadah tak terasa abis sendirian.

    Kala bikin sendiri, mantul banget.
    Bisa makan sepuasnya hehehe.. dengan harga yang jauh lebih hemat.

    BalasHapus
  12. Aku suka banget kue bawang. Kalau sudah ada di depan mata bisa nggak berhenti ngemil kue bawang. Jadi suka aq pisah-pisahin dalam toples kecil lain. Selama ini suka beli aja sih, kalau sudah ada resep seperti ini, jadi bisa bikin deh!

    BalasHapus
  13. Eh sesimpel itu ya ternyata. Penampakannya sih kaya pernah makan, tapi ga ada ijo2nya gitu sih. Kayanya ini perlu di-bookmark biar tar kapan pas senggang bisa coba bikin.

    BalasHapus
  14. Ini lebih tepatnya sering disebut stik bawang ya mba? Kalau cemilan gini aku juga ga rela loh berbagi hahahaa... terutama kalau ada kejunya. Udah deh, kekepin aja terus toplesnya. Buka PO mbokan mba untuk kue bawang ini, aku mauuu...

    BalasHapus
  15. Aku menyebutnya stik bawang sih. Jajan favoritku kalau ke warung. Makan stik bawang sambil nonton drama Korea sih aku biasanya, mbak.

    BalasHapus
  16. Ada aja ya makanan pun ikutan viral 😁 tak kira kue tuh bentuknya macem cookies/muffin gitu buu. Ternyata lebih ke stik ya

    BalasHapus
  17. Waah..asyik ada resepnya. Izin share ke adikku ya mba..kalau dia sukanya bikin akar kelapa, meski bukan akar kelapa resep mama fuji..hehe..

    BalasHapus
  18. Wihh sepertinya gurih nih, biasanya beli di warung warung. Makasih resepnya yah mbak, pengen recook.

    BalasHapus
  19. waaah mbak, berminat dijual juga mbak hihihi, edisi pengen icip tapi mager membuat, karena biasanya bikinnya lama tapi habisnya cepet hahaha, tapi izin save ya mbak barangkali pengen icip icip buat

    BalasHapus
  20. aku belum jadi-jadi beli sampai sekarang mba Hiday hahahaah
    ayo dong open PO, hehehe enak pasti buatanmu. Mau bikin dewe males diriku

    BalasHapus
  21. Kue bawang ini emang enak banget sih. Aku juga kalau dah makan nggak bisa mandheg. Tapi kalau bikin sendiri, mikir-mikir sih. Biasanya nemenin bulikku bikin pesenan aja. Nemenin ngobrol tapi, wkwk.

    BalasHapus