Bikin Roti Manis Tanpa Mixer, Hasilnya Lembut dan Empuk - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Senin, 04 April 2022

Bikin Roti Manis Tanpa Mixer, Hasilnya Lembut dan Empuk


Assalamualaikum Sahabat. Kesukaan saya pada aktivitas di dapur sejak pandemi justru menciptakan resep baru. Saya lupa nyontek resep milik chef siapa, karena waktu pertema belajar baking dari media cetak. Seperti majalah dan tabloid di bagian kuliner atau masak selalu disisipkan resep. Nah saya seringnya ngambil resep dan menuliskannya di buku agenda. 

Saya juga dulu sering mengumpulkan resep dengan cara menggunting dan menempelkannya untuk dijadikan kliping. Masya Allah, kenangan banget kegiatan ini. Suka ngumpulin tapi masaknya entah kapan, hahahaa. Adakah yang punya pengalaman sama? Ahh kita satu generasi nih.

Kalo sekarang suka screen capture resep dari Instagram atau website dan entah kapan pula mau eksekusi resep menjadi masakan. Duhhh malu deh jadinya.

Kalo roti manis yang pernah saya bikin dan tuliskan resepnya di blog ini, saya nyontek di youtube. Dari percobaan itu, hasilnya bikin saya pengen mengulang baking. Karena memang hasil roti kurang empuk meski berserat. Meski sebenarnya rasa roti udah enak dan kalo langsung dinikmati itu kayak roti yang beli di bakery.

Udah berserat dan empuk
tapi tampilan kurang menarik

Yang saya kurang puas adalah ketika didiamkan dan disimpan di toples permukaan roti agak kering. Karena pengen sukses bikin roti seperti di bakery, saya ulang lagi dengan bahan yang ditambah atau dikurangi.

Silakan baca di sini :

Resep Roti Manis Isi Pisang dan Sosis


Setelah saya kurangi dan menggantikan dengan bahan lainnya, saya bikin roti manis terbaru. Jadi resep roti manis yang sekarang ini udah saya coba bikin hingga 4 kali. Semoga teman-teman yang ingin re-cook resep roti manis ini juga mendapatkan hasil yang sama.


Berikut ini resep roti manis yang saya bikin tanpa menggunakan mixer, tidak perlu ulen tangan lama, tapi hasilnya tetap lembut dan empuk. Saya cukup aduk adonan menggunakan spatula.


Resep Roti Manis

Bahan A :

2 butir telur

9 gram ragi instan (khusus untuk roti)

275 ml air hangat kuku

25 gram Susu bubuk

100 gram Gula pasir


Bahan B :

550 Terigu protein tinggi

1/4 sdt Garam

Tempatkan bahan B di wadah dan aduk hingga tercampur rata, sisihkan.

2 sdm Margarin/mentega

Bahan pelengkap :

Coklat batang/meses

Sosis, mayones, saus pedas

Pisang raja, goreng di teflon hingga muncul aroma wangi

Atau sesuai selera untuk isiannya roti manis ya.




Cara membuat :

1. Dalam wadah masukkan air hangat, susu bubuk, gula, aduk rata (bahan A).

2. Tambahkan ragi, aduk dan sisihkan. Tutup wadah rapat. Diamkan selama 10 menit.

3. Setelah 10 menit, cairan akan mengembang. Itu artinya ragi udah jadi dan siap digunakan. Tambahkan telur, aduk rata. Bahan A siap dicampurkan ke Bahan B.

4. Masukkan cairan (bahan A) ke dalam bahan B (garam dan tepung). Aduk dengan spatula, tidak perlu dengan tenaga, santuy aja.

5. Aduk hingga tercampur rata dan tidak perlu diuleni. Biasanya saya aduk dengan spatula selama kurang lebih 10 atau 15 menit. Hingga adonan menjadi kalis, tandanya adalah dengan meregangkan adonan dan tidak robek.

Tapi kalo kalian ingin menguleni dengan tangan, silakan. Basahi tangan dengan minyak goreng. Sepanjang proses ulen, jangan khawatir bila adonan lengket. Jangan ditambah tepungnya. Cukup kasih minyak di tangan.


6. Diamkan adonan dan tutup dengan plastik selama 35 menit.

7. Setelah 35 menit adonan mengembang hampir dua kali lipat, kempiskan. Adonan bisa dibentuk sesuai selera.

8. Timbang agar bentuk dan ukuran bisa sama. Untuk ukuran dan bentuk juga terserah ya, sesuai keinginan kalian.



9. Bentuk bulatan terlebih dulu dan diamkan lagi sebelum diisi selama 20 menit. Setelah 20 menit bentuk sesuai keinginan.



10. Diamkan setelah dibentuk. Olesi dengan susu cair atau kuning telur. Oven dengan suhu 185° selama 20 menit menggunakan api atas dan api bawah. Tambah 10 menit dengan api bawah. 

Roti siap disajikan untuk kudapan istimewa. Rasanya enak, tekstur lembut dan empuk. Dijamin keluarga pasti suka dan jadi cemilan favorit.




Oia saya menggunakan oven tangkring untuk proses pemanggangan roti ini, sahabat. Karena untuk kapasitas yang dibutuhkan cukup besar. Oven listrik saya kecil, jadi nggak bisa digunakan proses pemanggangan sekali jadi, bila membuat roti dengan ukuran adonan seperti resep di atas. 


Mudah banget bikin roti manis yang empuk dan lembut. Nggak ada alasan kalo di rumah kalian nggak punya mixer. Karena proses pembuatan juga cuma diaduk. Kalo sahabat punya saran untuk pembuatan roti, boleh kasih komentar ya. Sampai jumpa dalam sharing resep berikutnya. Wassalamu'alaikum.

28 komentar:

  1. Aku pikir selama ini bikin roti tu ya identik dengan mixer, haha. Belom kadang kudu ngulenin lama banget biar dia bisa ngembang sempurna. Ternyata dengan cara simpel gini bisa juga bikin roti yang enak dan empuk ya, mbak?
    Bisa jadi ide buat hampers lebaran nih.

    BalasHapus
  2. Sebagai penggemar roti garis keras, liat gambar ini pasti kebayang wangi adonan yang baru matang dan keluar dari oven! aku pernah loh naksir alat pembuat roti itu, lalu ga jadi karena kesibukan lain. Smoga abis ini bisa beli ah...

    BalasHapus
  3. Hebat ikh mba seneng bikin bikin. Aku nggak bisa. Cuma suami yang bisa dan seneng bikin bikin gitu termasuk bikin roti. Cuma dia mah pakai mixer bikin rotinya. Aku baru tahu juha bisa ya bikin roti tanpa mixer

    BalasHapus
  4. Yummyyy, udah kliatan menul menul enaakkk itu mbaa
    aku pengin coba ahh, kapan2
    moga2 bs berhasil recook resep ini yaak...

    BalasHapus
  5. Ternyata mudah juga ya, soalnya aku tuh selama ini pengen bikin sendiri tapi males ngadonnya. Anakku demen banget soalnya sama roti, kalau bikin roti sendiri selain memang hemat dan juga bahan2 yang digunakan kita sudah tau.

    BalasHapus
  6. Hebat euy berhasil buat roti tanpa mixer.Tanya dong mom,bisa buat roti lembut seperti itu setelah berapa kali gagal ya?/tidak pernah gagal sama sekali.Soalnya aku beberapa kali coba,duh gagal terus.Mungkin karena ukuran gramnya yang kadang gak pas ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku nyoba ada lima kali, yang sukses yang ketiga, hahahaa
      Memang untuk ukuran harus sesuai kecuali resep yang kita contek hasilnya gagal. Ya dicoba lagi dengan nambah atau mengurangi bahan, pakai instink sih

      Hapus
  7. hihi baca ini jadi ingat jaman suka menggunting cerpen di koran mingguan, terus ditempel di buku kliping.

    Wah beneran tanpa mixer dan tanpa menguleni dengan tengan, cukup diaduk pakai spatula aja dan hasilnya bisa bagus gitu ya mbak. jadi pengen juga nih praktekin resepnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga. Kaya yg rajin praktik masak aja semua resep diambil dan dikumpulkan. Tapi nyata gak praktek juga ya hehehe

      Hapus
  8. Kelakuanku banget tuh mbak ngumpulin berbagai resep dari majalah dan koran lalu dikliping. Terjadi waktu masih gadis sampai awal2 nikah. Tapi sampai sekarang anak udah kuliah, dan segala resep udah bisa ditonton di youtube, dibaca di blog, dilihat di medsos, hasil dari guntingan majalah itu ga ada yang aku praktekin wkwk. Tapi dibaca sih dan jadi tahu kalau bahan ini dicampur itu, dimasak begini dan begitu, jadinya ini. Suatu saat pas mau bikin, resep2 itu kayak udah di luar kepala. Coba sendiri, praktek sendiri dan modifikasi. Ga pernah gagal, tetep jadi makanan walau kadang tampilannya ga sempurna :D

    Kayak resep roti manis tanpa mixer yang mbak buat ini, aku baca dengan seksama, dan mudah kok meresap dalam ingatan. Suatu saat bakal kucoba! :D

    BalasHapus
  9. kelihatanya enak nih, nyoba bikin ah

    BalasHapus
  10. Wah, caranya mudah sekali ya. Cuma butuh kesabaran membuatnya saja.
    Coba ah nanti dirumah, karena anak kduaku suka banget sama roti

    BalasHapus
  11. Mbaa, kadang yang susah menurutku tuh emang pas bikin roti manis tapi bagian bikinin adonan sampai khalis. Butuh waktu sampai berapa ya mba biar beneran khalis? Butuh tenaga suami biar khalis Hehhehee

    BalasHapus
  12. Wahh roti manis ini enak
    Anak anakku suka
    Selama ini aku selalu beli sih
    Mau coba resep ini ah

    BalasHapus
  13. Duh menggoda banget ini roti2nya mbak.. Mau banget nih aku cobain resepnya.. Lumayan buat buka puasa atau camilan habis terawaeh..hehe

    BalasHapus
  14. Kece banget nih bisa bikin roti sendiri dengan hasil sebagus itu. Saya saved resepnya, bantu kalau udah punya oven, mau coba bikin juga.

    BalasHapus
  15. Wah keren nih rotinya. Empuk ya. Aku jadi kepengen bikin deh. Izin contek resepnya ya. Semoga bisa sukses juga bikin rotinya.

    BalasHapus
  16. Noted resepnya. Udah lama ga bikin roti. Saya bikin roti belum konstan hasilnya kadang empuk kadang agak keras padahal resep sama

    BalasHapus
  17. Wah bentuk otinya bagus mbak. Sudah siap nih buat dipajang di toko roti :D
    Btw bisa dicontek nih, soalnya mixerku error hehe. AKu tu suka banget sama roti mbak apalagi yang lembut trus isiannya juga pas :D

    BalasHapus
  18. Mbak Wati aku save ya resepnya. Ini lebih praktis sih ga perlu diuleni lama-lama. Cocok juga untuk cemilan anak-anak

    BalasHapus
  19. Aku belum pernah buat roti sendiri mbak, takunya bantet gitu. Tapi baca resepnya mbak Wati ko mudah ya, jadi pingin noyabin juga aoalagi bisa dibuat tanpa mixer.
    Enak ya kalau bisa buat sendiri & dimakan hangat-hangat ditemani teh tawar hangat

    BalasHapus
  20. Aku yang belum punya mixer bisa praktek nih. Baca resepnya gak terlalu ribet ternyata. Siapa tahu habis ini jadi semangat ngebaking

    BalasHapus
  21. Gunting artikel trs tempel jadi inget masa2 SD SMp namanya tugas kliping.

    Resep rotinya makasih banyak ya kak siap dipraktekkan Insya Allah

    BalasHapus
  22. Wah, favoritku mbak roti manis. Dinikmati sama teh anget buat sarapan enak banget. Kapan kapan mau bikin, makasih resepnya mbak

    BalasHapus
  23. Kok kayaknya gampang banget ya, Mbak. Aku suka kalau ada resep yang simple begini tuh.

    Oh ya, aku juga pakek oven tangkring. Cuma masalahku, api sering gak rata. Gimana ya ngatasinnya? Udah tak ganjel batu bata juga di bawah ovennya. Tapi masih aja gak rata, heuheu. Jadi kudu rajin muter2 loyang biar gak gosong sebelah.

    BalasHapus
  24. Aku kalau bikin roti supaya nemu resep yang pas bisa berulang-ulang buatnya. Dan, gal pernah pakai mixer. Soalnya mixer ku bukan buat bikin roti, pernah coba tapi malah gak maksimal. Jadi, pasti secara tradisional. Lebih mudah juga, walau makan banyak waktu buat bikin adonan yang kalis dan empuk.

    BalasHapus
  25. masya Allah aku mau save ah, keren banget Mbk Wati bisa masak kue, aku sejak nikah belum nyobain nih masak pakai oven tangkringan

    BalasHapus