Berkah Berbagi Kebaikan Pada Bulan Ramadan Bersama JNE - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Senin, 25 April 2022

Berkah Berbagi Kebaikan Pada Bulan Ramadan Bersama JNE

Assalamualaikum Sahabat. Masih dalam suasana bulan Ramadan yang penuh berkah, saya pengen cerita. Curhat saya kali ini tentang pengiriman barang jualan milik ipar. Ramadan ini banyak juga pesanan barang yang masuk via japri gitu. Tapi ada juga sih yang pesan melalui toko online warna ijo dan orange. 




Sebagai kakak, ikut seneng sih kalo dagangan ipar laku keras. Karena saya tahu perjuangan dia sejak sebelum nikah tuh jadi penjual keliling gitu. Kan jaman dulu belum ada smartphone canggih dan sosial media. Jadi ya kalo mau jualannya laku mesti keliling gitu. Dan dia udah berani buka lowongan di media lokal untuk mencari karyawan. 


Usaha Kecil Menjadi Besar Karena Suka Berbagi

Dan sekarang usahanya udah berkembang pesat. Adik ipar udah punya reseller di berbagai kota, terutama di Semarang. Awal tahu perkembangan usahanya yang melesat, kami sekeluarga cukup takjub. 


Apalagi adik ipar ini sering dapat hadiah semacam bonus gitu dari jasa pengiriman. Boleh dibilang itu tanda dia sering menggunakan jasa pengiriman. Ya sih, karena saya pernah lihat dengan mata kepala sendiri dalam sehari itu ada 200 bungkus pesanan yang sedang diproses pengirimannya. Bahkan driver jasa pengiriman sampai jemput ke gudang adik ipar dan ngebantu menghitung jumlah barang.


Beberapa kali saya mengetahui gimana perjuangan adik ipar untuk membesarkan usahanya. Salah satunya adalah dengan memberikan reward pada reseller yang berhasil mencapai target penjualan. Reward nya bisa dalam bentuk voucher nginap di hotel, jalan-jalan ke beberapa tempat wisata di kota terdekat, bahkan ada yang pernah diajak jalan-jalan ke luar negeri.


Dan dari ibu mertua pula saya tahu kalo adik kami ini suka berbagi. Memang saya sendiri juga beberapa kali mendapatkan kiriman makanan atau oleh-oleh tiap kali sepulang dia jalan-jalan. 


Dia juga senang menyisihkan hasil dari keuntungan penjualan setiap bulan untuk diberikan di berbagai yayasan. 


"Saya belajar dari Ibu, uang itu tidak ada artinya kalo hanya kita yang nikmati. Harus dibagikan juga untuk keluarga, tetangga, ataupun orang-orang yang membutuhkan atau belum beruntung,"


"Saya hanya beruntung mendapat titipan harta berlebih, sebagian adalah milik orang lain, Mbak," 


Penuturan adik ipar ini yang membuat saya meyakini, apa yang dilakukannya menjadi berkah tidak saja untuk dirinya tapi juga untuk orang-orang terdekatnya.


Ramadan Berkah bersama JNE 

Pada bulan Ramadan tahun ini, omzet penjualannya meningkat seperti tahun sebelumnya. Pandemi yang terjadi memang mempengaruhi omzet penjualan. Namun tidak banyak dan dia menganggap hal biasa bila terjadi penurunan tanpa menyalahkan pandemi. 


Kesenangan berbagi pun dia wujudkan pada Ramadan tahun ini dengan membuat paket ramadan berkah. Promosi penjualan paket Ramadan Berkah yang dilakukannya membuahkan hasil. Reseller nya menuai omzet meningkat pesat. Awal Ramadan saja pesanan yang masuk via japri Whatsapp bertubi-tubi. 




Nggak salah sih karena biasanya memang banyak kalangan yang membuat hampers untuk dibagikan pada pelanggannya. Perusahaan juga memberikan hampers untuk kliennya. Dan jualan adik ipar yang berupa wadah atau peralatan dapur berbahan plastik emang udah dikenal oleh ibu-ibu. Ramadan selalu menjadi bulan penjualan terbaik karena kebutuhan yang meningkat dari konsumen.


Momen istimewa tentu menjadi alasan bagi ibu rumah tangga yang ingin menyajikan sesuatu yang berbeda. Hal ini yang menjadikan omzet penjualan produk pun meningkat.


Ada kabar menarik nih, JNE pun ikut berbagi keberkahan pada Ramadan 2022 dalam bentuk kolaborasi dengan berbagai pihak. Dengan tujuan untuk memberikan manfaat kebaikan pada masyarakat yang lebih luas. Dan manfaat ini berwujud program promo gratis ongkir dengan kerja sama beberapa brand. Ada juga promo diskon ongkos kirim Reguler, yang terdiri dari 40% dari dan tujuan seluruh Pulau Jawa, 25% dari JNE Mataram dan 35% dari seluruh JNE Regional Kalimantan. Promo diskon ongkir Reguler ini berlaku pada 21 - 30 April 2022 ke seluruh tujuan di Indonesia.




Yang menarik ada juga program Berkah Ramadan bersama Ivan Gunawan, yang diwujudkan JNE dengan menggelar acara memperingati Hari Kartini pada tanggal 21 April 2022 kemarin. 



Program ini mengundang peserta perempuan yang menang dan terpilih di sosial media JNE. Mereka hadir dan mengikuti acara spesial makan malam dan mendapatkan beragam produk gratis dari desainer kenamaan Indonesia tersebut.


Berbagai Kolaborasi Berkah Ramadan JNE 

Sementara itu JNE berkolaborasi dengan Yayasan Bina Insani Gemilang dan PT. Halal Export Indonesia (HEI) menggelar booth di Masjid Istiqlal Jakarta. Acara yang mendukung Usaha Kecil Menengah (UKM) naik kelas ini diadakan dalam wujud Istiqlal Halal Expo pada tanggal 15 - 24 April 2022. Dalam kesempatan tersebut diadakan Program Berkah Ramadan yang bertujuan untuk memudahkan pengiriman paket ke seluruh Indonesia. Tujuan yang utama adalah sekaligus memperkenalkan beragam produk unggulan UKM pada masyarakat lebih luas.


Ada juga program Berkah Bersama Cosmo JNE Futsal Club. Program ini menggelar pertandingan Main Bareng (Mabar) fun futsal bersama pemain Cosmo JNE FC melawan netizen yang terpilih. Netizen yang beruntung ini terpilih setelah melalui proses penyaringan di sosial media @jne_id dan @cosmojne pada tanggal 20 April 2022. 


Foto diambil dari akun IG @jne_id


Acara yang merupakan wujud silaturahmi dan buka puasa bersama seluruh pemain, manajemen, dan official tim. Tentu berkat prestasi yang berhasil diraih dengan menududuki papan atas Liga Futsal Profesional Indonesia di putaran pertama. Hmmm, menarik banget nih acaranya.


Yang menarik adalah Kejutan program Ramadan lainnya bagi para member JNE Loyalty Card (JLC). Yaitu member JLC yang ingin berbagi rezeki kepada sesama, bisa menukarkan poin JLC untuk berdonasi melalui Rumah Zakat. 


Selain itu juga terdapat aktifitas di social media JNE yang ditujukan pada #MemberJLC baru untuk mendapatkan merchandise menarik dan e-voucher JNE sebesar Rp. 200.000. Dan ada juga diskon sampai 13% kiriman JNE Trucking (JTR) dalam Program Ramadan Hemat dari Jakarta ke Jabodetabek. Tentu ada syarat maksimal berat paket 10 kg dan kiriman 10 Resi/hari. Hayuk bisa nih digunakan untuk menghemat pengeluaran usaha kalian selama bula Ramadan.


Kalo saya tertarik dengan Program aktivasi giveaway di sosial media JNE. Yaitu Kuis JNE Ramadan Games si JONI yang turut menyemarakan bulan Ramadan kali ini. Apalagi kuis ini berhadiah menarik, yaitu ada hadiah peralatan rumah tangga, fashion dan lainnya. 


Yang makin bikin ngiler tuh adanya kolaborasi giveaway dengan brand @mandjha.ivangunawan, @khalif_menswear @zoyafashiohijab. Ada juga kolaborasi menarik lainnya, yaituh JNE X Bening’s Klinik. Yang membagikan hadiah layanan treatment skincare dan konsultasi gratis bagi 10 pemenang terpilih yang dilaksanakan dari 18 - 22 April 2022. Yuhuuu, siapa yang nggak mau dapatin hadia untuk treatment ini, bestie?!


JNE juga peduli agar gimana caranya pelanggan dapat mengelola keuangan dalam belanja selama bulan Ramadan dan mengatur THR dengan baik. Yaitu diadakannya program bincang santai melalui instagram live JNE. Bincang santai ini menampilkan perencana keuangan Lolita Setyawati,CFP.  



Dalam kesempatan tersebut Bapak Eri Palgunadi, VP of Marketing JNE menyampaikan :

Di momen Ramadan dan Idul Fitri 2022, semangat berbagi ini diharapkan dapat meningkatkan kebutuhan pengiriman paket. Oleh karena itu, dengan tagline Connecting Happiness, JNE pun ingin berbagi melalui berbagai program menarik. Kali ini pelanggan setia dapat semakin mudah dan nyaman dalam mengirimkan paket ke seluruh Indonesia. JNE pun memberikan dukungan nyata kepada para online seller atau UKM di momen spesial ini dengan beragam program 


Langkah positif yang dilakukan JNE ini menilik pengelaman tahun sebelumnya. Yaitu jumlah pengiriman JNE pada peak season seperti Ramadan dan Idul Fitri, akan mengalami peningkatan di atas 30-50%. 


Dan mengantisipasi kenaikan omzet ini, JNE telah melakukan berbagai antisipasi dan persiapan seperti, penambahan di sektor SDM dan armada. Penambahan dari jumlah karyawan yang saat ini berjumlah lebih dari 50 ribu orang. JNE juga memastikan titik-titik layanan, khususnya Kantor Pusat dan Kantor Cabang di kota-kota besar setiap provinsi dapat melayani kebutuhan pengiriman pelanggan selama 24 jam. 


Hmm, pantas aja ya pengiriman paket yang diterima pelanggan pun bisa melebihi jam kantor biasa. 


Saya pernah menerima kiriman paket dari pembelian barang di salah satu toko online saat menjelang buka puasa. Masya Allah rajin banget kurir JNE, batin saya kala itu. Sayangnya saya tidak sempat membungkuskan takjil untuk babang kurir karena beliau ingin segera melanjutkan pekerjaannya. Semoga berkah atas semua kerja semangatnya ya. Wassalamualaikum.

22 komentar:

  1. belakangan aku cukup sering kirim dokumen di JNE trus karena di notice sama pegawai JNE akhirnya diminta bikin member deh, yaudah aku bikin aja, lumayan ternyata ya

    BalasHapus
  2. Benar sekali apa yang disampaikan adik iparnya, Mbak Wati. Kita hanya beruntung mendapat titipan harta berlebih, sebagian adalah milik orang lain,jadi ingat untuk berbagi.
    Mumpung juga JNE bisa dijadikan partner berbagi kita, karena misinya juga sama..Wah mumpung banyak diskon saya mau kirim-kirim juga via JNE saja

    BalasHapus
  3. Wah, senangnya semakin banyak berbagi insya allah dagangan makin laris dan rezeki datang terus ya aamiin. Nah, ternyata kita bisa kirim2 paketn menggunakan JNE ini apalagi sedang ada promo ongkirnya diskon lumayan besar :D Wah hebat ya pengiriman via JNE ini menjelang lebaran meningkat hingga 50%.

    BalasHapus
  4. Bulan ramadhan nih jadi ajang banget untuk kita saling berbagi ya mak. Bisa kirim-kirim hampers ke orang terkasih, terutama sama saudara yang jauh. Kalau sekarang enak nih tinggal kirim saja pakai JNE ya. Pas banget ada diskon specialnya, jadi bisa membantu sekali.

    BalasHapus
  5. Masyaallah, JNE memang selalu peduli dengan lingkungan sekitar dan masyaarakat. Dulu program untuk UMKM yang membantu mereka, sekarang program berbagi apalagi di bulan penuh berkah ini. Jadi nyaman pakai JNE, sukses terus dalam jasa kurir.

    BalasHapus
  6. MasyaAllah, berkah berlimpah untuk adek ipar kamu mbaaa, luar biasa ya semangatnyaaa dan jiwa berbagi-nya sungguh menginspirasiiii
    JNE juga gitu, nih spiritual corporate bangettt deh, selalu ada hal2 baik dan positif dari JNE yg bisa kita contoh juga dalam hidup.

    BalasHapus
  7. Menjelang lebaran ini kayaknya emang jam kerja kurir sampai malam mbak, soalnya saya jam 8 an juga terima wa dari kurir memberitahukan kalau paket sudah diterima oleh satpam. kebetulan memang saya alamatkan ke kantor.

    Dengan berbagi memang insyaallah rejeki akan semakin melimpah, dan hal ini kayaknya sudah dilakukan JNE dari dulu. Wih ada program diskon ongkir 40% untuk area Jawa, lumayan banget tuh bisa buat kirim-kirim bingkisan lebaran buat saudara yang jauh dan massih di pulau jawa

    BalasHapus
  8. Terbaik jne, puas pake ekspedisi ini, makin inovatif layanannya, untuk jabodetabek ada layanan regular tp sampai bsk hari kalau kirim dibawah jam 12 siang

    BalasHapus
  9. Dennise Sihombing27 April 2022 13.39

    Berbagi di ramadan memberi kebahagiaan tersendiri bagi yang memberi dan yang menerima. Pakai jasa JNE aku pakai untuk kiriman keluar kota. Puas deh cepat sampainya

    BalasHapus
  10. Masya Allah, bener-bener ya, adik ipar Mba Wati luar biasa. Dan beliau juga meneladani ibunya. Bahwa ketika memiliki rezeki alangkah baiknya juga sebagian dibagikan.

    Dan ini juga ada di JNE, makin ke sini makin sukses dan sering berbagi rezeki. Kereen.. semoga sukses selalu.

    BalasHapus
  11. Wah senang sekali ada promo ramadhan ongkir hingga 40 persen, ya mba. Jadi makin berkah. JNE selalu punya cara berbagi kebahagiaan

    BalasHapus
  12. Sebagai olshoper atau pembeli, aku merasakan sendiri cepatnya respon JNE memproses kiriman barang. Semoga aku bisa juga kayak adikmu, nih. Punya bisnis online yang melesat dan ngasih reward keren gitu buat timnya. Huaaa senengnya bisa berbagi kebahagiaan dengan tim ya, Mak.

    BalasHapus
  13. JNE sering berbagi ya, ini mayan banget diskon ongkir smapai 40% bikin mau kirim parsel atau hampers lebaran jadi makin senang kan

    BalasHapus
  14. Di bulan Ramadan & jelang Idul Fitri banyak UMKM ketiban rezeki banyak ya mbak apalagi mereka yang usaha hampers lebaran. Alhamdulillah kalau ada potongan diskon ongkis jadi lebih irit juga

    BalasHapus
  15. MashaAllah~
    Ibukujuga kirim paket selalu pake JNE ke aku, kak.. Alasannya karena yang paling tepat waktu. Sesuai janji banget.. Kalau pun akan telat karena sedang peak season, kaya jelang Idulfitri seperti ini, pasti kurirnya bilang.
    Jadi sama-sama nyaman dengan amanah dan yang memberi amanah.

    BalasHapus
  16. Program JLC ini menunjukkan bahwa JNE ingin tetap memfasilitasi kita untuk berbagi dengan cara yg mudah ya. Tinggal kitanya nih, mau jemput bola atau ngga

    BalasHapus
  17. Ada kata-kata di atas yang mengingatkan aku pada pesan Bapak dan Mamaku juga untuk selalu berbagi.
    "uang itu tidak ada artinya kalo hanya kita yang nikmati. Harus dibagikan juga untuk keluarga, tetangga, ataupun orang-orang yang membutuhkan atau belum beruntung"
    Persis banget, jadinya mereka mengajarkan aku juga untuk berbagi sedari kecil apalagi di bulan Ramadhan. Kek JNE dengan program2nya yang selalu menyenangkan semua orang. Btw sukses selalu buat adik iparnya yaa..

    BalasHapus
  18. Masya Allah, JNE ini tuh bener-bener sesuai taglinenya deh: Connecting Happiness. Di bulan ramadan pun turut berbagi kebahagiaan, melakukan hal yang emang bisa dilakukan oleh JNE. Apalagi kalau gak urusan kirim-kirim barang ye kan? Siapa coba yang gak happy kalau ada promo yang bikin hemat gini

    BalasHapus
  19. Waduh baru tau infonya saya Mba.... pengen kirim botol bekas skincare ke komunitas daur ulang, hiks. Lumayan ya bisa memangkas hampir separo biaya kirim

    BalasHapus
  20. Semoga makin berkah ya ini JNE, aamiin.

    BalasHapus
  21. Terasa banget ya, saat pandemi kmrn, jumlah kiriman ekspedisi meningkat, terlebih di bulan Ramadan dan jelang lebaran. Semoga JNE selalu memberikan yg terbaik dan berkah dgn program2nya yaaa..

    BalasHapus