Menjaga Kebersihan Area Kewanitaan Saat Perjalanan Mudik - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Jumat, 29 April 2022

Menjaga Kebersihan Area Kewanitaan Saat Perjalanan Mudik

Halo assalamualaikum Bestie. Semoga kalian selalu dalam keadaan sehat dan bahagia. Menjelang berakhirnya bulan Ramadan, kayaknya banyak yang hatinya sedang berbunga-bunga. Dapat THR, udah ada kiriman hampers lebaran, belanja baju baru, sampai beli kue kering. 



Eh ada juga yang udah packing baju dan oleh-oleh untuk dibawa mudik? Ahhh senangnyaaa ya yang udah lama gak mudik ke kampung halaman. Alhamdulillah tahun ini bisa menikmati mudik meski tetap patuhi protokol kesehatan ya.


Saya ikut antusias meski nggak ngalami mudik ke tempat jauh dari kediaman. Karena saya dan suami kebetulan berasal dari satu kota yang sama. Otomatis orang tua kami yang sama-sama hanya tinggal ibu, juga berkediaman di kota yang sama dengan kami. Meski begitu pada hari H Lebaran, saya ngikut keluarga suami bertolak keluar kota usai shalat Idul Fitri untuk silaturahmi. 


Jarak perjalanan tidak sampai 2 jam dengan catatan arus lalu lintas lancar. Karena ternyata saat mudik tahun berapa gitu saya agak lupa, kami membutuhkan waktu hingga 4 jam baru sampai ke rumah famili keluarga ibu  mertua. Hmm, kebayang kan dua kali lipat waktu yang kami butuhkan untuk perjalanan di kota yang sama.


Tips Jaga Kebersihan Area Kewanitaan Saat Mudik

Meski perjalanan mudik saya nggak begitu jauh, tapi saya selalu mengantisipasi bila terjebak macet seperti pengalaman beberapa tahun yang lalu.

 

Salah satunya adalah menjaga kesehatan area kewanitaan saat kita dalam perjalanan mudik. Baik kota tujuan itu jaun atau dekat, saya menganggap penting untuk menjaga kebersihan area kewanitaan.


Perjalanan yang membutuhkan waktu berjam-jam bikin area kewanitaan menjadi mudah lembab. Terlebih bila kita mampir beberapa kali untuk buang air kecil di toilet umum. Ada yang perlu kalian perhatikan agar area kewanitaan tetap terjaga kebersihannya. Ada juga beberapa perempuan yang enggan ke toilet ketika dalam perjalanan. Belum lagi dengan cuaca yang tidak menentu, kadang hujan dan panas matahari bergantian. 


Ketika kita duduk berjam-jam di dalam mobil, area kewanitaan menjadi lembab. Apalagi bila kalian sedang dalam keadaan menstruasi. Kebersihan area kewanitaan wajib sekali dijaga untuk mencegah tumbuhnya bakteri atau jamur yang nantinya bisa menyebabkan infeksi.


Jalan terbaik ketika dalam perjalanan jauh, sering lah mengganti celana dalam. Terutama setelah buang air kecil yang resikonya area kewanitaan menjadi lebih lembab. Yang perlu diperhatikan juga, pilih toilet kering. Apabila hanya ada toilet yang seadanya dan terlihat tidak bersih, lebih baik guyur permukaan dudukan toilet dengan air. Saya biasanya menggunakan tisu basah juga untuk menghindari area kewanitaan terkontaminasi dengan bakteri yang tertinggal di dudukan toilet. 


Sebenarnya saya dan keluarga beberapa kali pernah road trip di Pulau Jawa, ke Bali, dan ke Pulau Sumatra. Karena memang saya dan suami itu lebih menyukai perjalanan darat yang memungkinkan kami bisa kulineran dan jelajah wisata setempat. Sehingga pengalaman selama di perjalanan ini udah terbiasa bagi saya, perempuan sendiri di antara tiga laki-laki di rumah.


Dari pengalaman road trip sebelum pandemi, pemilihan sabun khusus untuk membersihkan area kewanitaan menjadi hal penting. Karena kita tidak disarankan menggunakan sabun sembarang seperti sabun mandi yang biasanya mengandung parfum.


Berikut ini beberapa produk yang aman untuk menjaga kebersihan area kewanitaan :

1. Betadine Feminine Wash

Biasanya saat dalam perjalanan, perasaan tidak enak di area kewanitaan karena lembab bikin kita malas ke toilet. Justru ini hal salah karena kita mesti menjaga area kewanitaan agar bebas dari rasa lembab. 

Betadine Feminine Wash Foam dengan dua pilihan varian memberikan kesegaran lebih lama di area kewanitaan. Wash foam nya juga menjaga keseimbangan pH dan bakteri baik. 

Betadine Feminine Wash Foam dengan formulasi dari bahan alami :

- Prebiotik dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan bakteri baik, serta menghalangi pertumbuhan bakteri jahat.

- Formula alami Tri-Care memberikan perlindungan harian dari gejala yang tidak diinginkan yang menyebabkan ketidakseimbangan pH pada area kewanitaan.

- Immortelle, dikenal juga sebagai ‘bunga abadi’ yang mengandung antioksidan alami yang membantu meningkatkan kelembapan alami pada kulit.


2. Betadine Feminine Wash Natural 



Produk perlindungan ekstra ini biasanya saya gunakan ketika menstruasi. Bayangkan kalo dalam perjalanan road trip kita mengalami menstruasi. Ada rasa nggak nyaman pastinya di daerah kewanitaan. Pengennya sering ganti pembalut dan celana dalam. 


Betadine Feminin Wash Natural ini terdiri dari dua varian. Memberikan perlindungan ekstra yang menutrisi dan membantu menjaga kekencangan area kewanitaan. Dengan formulasi ekstrak daun sirih yang memberikan perlindungan dan prebiotic untuk mendukung pertumbuhan bakteri baik. Kombinasi keduanya memberikan perllindungan ganda untuk membantu mencegah bau tak sedap, gatal dan masalah di area kewanitaan.


Bahan lainnya yaitu Prebiotik dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan bakteri baik, serta menghalangi pertumbuhan bakteri jahat. Sejak dulu daun sirih dikenal sebagai antiseptik alami dan dipercaya secara turun-temurun untuk membersihkan area kewanitaan dan melindungi dari masalah di area kewanitaan.


3. Betadine Feminine Wipes

Produk Betadine Feminime Wipes ini sangat pas untuk teman perjalanan atau traveling kalian. Atau ketika kalian beraktivitas di luar rumah karena praktis.

BETADINE Feminine Wipes dengan perlindungan lembut dari Immortelle dirancang khusus untuk kebutuhan area kewanitaan. Produk ini mampu menutrisi dan mendukung pertumbuhan bakteri baik dan memberi perlindungan alami area kewanitaan.


Sebenarnya kalo udah membawa 2 dari 3 produk Betadine di atas, sudah cukup bagi saya. Rasanya sepanjang perjalanan bakal terasa nyaman tanpa pikiran nanti ke toilet gimana, dan sebagainya. Ingat ya jangan menahan buang air kecil agar tidak merasa anyang-anyang atau perasaan ingin kencing tapi tidak ada yang keluar. Ini merupakah salah satu gejala penyakit ISK. Jangan sampai mudik menjadi momen yang menyebabkan kalian mengalami gangguan infeksi saluran kemih (ISK). 


Saya sudahi dulu cerita pengalaman saat road trip dengan menjaga kebersihan area kewanitaan. Selamat mudik, semoga perjalanan kalian lancar dan selamat tiba di tujuan masing-masing. Selamat berkumpul dengan keluarga dan orang tersayang. Wassalamualaikum.

23 komentar:

  1. Benar keputihan bisa dialami pasca mudik lebaran. Bawa betadine dan celana dalam lebih juga bisa jadi penolong biar organ kewanitaan aman.

    BalasHapus
  2. Nah saya termasuk yang malas ke toilet umum nih kalau lagi bepergian, apalagi naik kendaraan. Biar aman kalau sering terpaksa pakai toilet umum, memang penting banget menjaga area kewanitaan dengan betadine ini ya mbak

    BalasHapus
  3. Wah ternyata sekarang betadine ada buat kebersihan organ kewanitaan ya. Soalnya dulu tahunya buat luka aja. Makin berinovasi aja ya betadine ini. Cocok buat bersihin keputihan yang kebanyakan ama gatel gatel kalau lagi menstuasi ya

    BalasHapus
  4. saya ga mudik. tp ngalamin juga bepergian ke luar kota dan kena macet di perjalanan. pas ke tempat rest area itu suka horor sendiri. toiletnya antri panjang dan kebersihannya hiks menyedihkan. berhubung kebelet ya terpaksa ke toilet stl siram2 sana sini. lupa banget bawa betadine

    BalasHapus
  5. saat mudik, salah satu yang jadi perhatian itu kebersihan area kewanitaan, kalo tangan mah bisa ya dicuci pakai sabun apa aja, sedangkan area kewanitaan berbeda sabunnya

    BalasHapus
  6. Kalo molly betadine pembersih kewanitaan gak pernah dilupain. Penting banget.. hihii kan ganggu juga tuh kalo iritasi.

    BalasHapus
  7. Wah, beneran tuh paling ga nyaman saat kita bepergian dan masuk ke toilet umum. Kita kan ga tau air di embernya bersih atau ga, shower atau gayungnya hihihi. Kadang miss V terasa gatal setelahnya. Untung ada Betadine feminine wash foam ya, solusi perempuan saat traveling maupun aktivitas di manapun untuk menjaga kebersihan Miss V.

    BalasHapus
  8. Naah, kalo bawa perlengkapaan kewanitaan ini aman dan nyaman saat dalam perjalanannya ya Mba. Apalagi kalo pas maceet haduduu, kebelet pipis, kadang suka dimana aja toilet yang terdekat akutu.
    Solusi bangeet betadine feminine ini buat bekel.

    BalasHapus
  9. Saat melakukan perjalanan jauh itu membuat badan kita keringetan, ya. Ini juga berdampak pada area kewanitaan. Terutama kalau ikut pipis di toilet umum, kadang airnya gak bersih, bisa bikin area kewanitaan gatal atau timbul keputihan.
    Dan saya juga selalu mengandalkan pembersih area kewanitaan, untuk menjaga kebersihannya

    BalasHapus
  10. Dennise Sihombing10 Mei 2022 23.25

    Area wanita memang wajib untuk dijaga ya kebersihannya..Selama ini aku pakai rebusan daun sirih tetapi memang tidak praktis. Cobalah nanti aku pakai produk dari Betadine ini

    BalasHapus
  11. Ngeri ya kalau lihat toilet umum yang jorok. Bayangin kita kena penyakit karena kebersihan di toilet gak ada. Untung ada betadine area kewanitaan ini yang menjaga alat intim kita. Harus ada saat perjalanan nih.

    BalasHapus
  12. Betadine wipes ini andalan banget untuk perjalanan jauh, aku selalu bawa terutama kalau pas ke LN penting banget ini.

    BalasHapus
  13. saat mudik atau road trip dengan menggunakan mobil memang kadang kita tidak bisa menghindari ya, mbak menggunakan toilet umum begini. makanya kalau untuk wanita perlu juga membawa sabun atau tisu khusus kayak betadine wipes ini biar lebih bersih saat buang air kecil

    BalasHapus
  14. saat melakukan perjalanan darat memang kita kadang tidak bisa menghindari penggunaan toilet umum ya, mbak. makanya nih perlu banget sedia betadine wipes dalam perjalanan agar kebersihan area intim kita tetap terjaga

    BalasHapus
  15. Aku juga pakai produk kewanitaan Betadine mbak. Paling suka yang wash foam itu. Emang kalau mudik tu yg paling susah nyari toilet bersih ya apalagi kalau perjalanannya panjang dan lama. Ganti CD juga jd alternatif nih. Sama kalau bisa zaman skrng bawa disinfektan buat bebersih toilet umum dulu hehe

    BalasHapus
  16. Ada yang bilang kalau lebih enak perjalanan saat menstruasi karena bisa santai tanpa mikir solat, tapi sebenarnya ribet karena harus tetap jaga kebersihan. Belum lagi pas ketemu toilet yang tidak seperti di rumah. Jadi ya memang kudu harus persiapan ekstra kaya bawa Betadine Feminine ini

    BalasHapus
  17. Alhamdulillah mudik saya kemarin lancar aja, dan gak lupa juga membawa betadine feminine natural wash bude, hehehe

    BalasHapus
  18. Nah itu mbak mudik kemarin lama sekali perjalannnya & gak bisa mampir di rest area karena penuhnyam untung bisa cari kesempatan & menemukan toilet. Untung deh sedia Betadine femonine wash juga jadi gak was-wasa are akewanitaan jadi lembab

    BalasHapus
  19. Aku kalau ke kamar mandi umum suka banget besokannya anyang-anyangan. Jadi memang harus bekel Betadine Feminine Wipes. Agar selain membersihkan area kewanitaan juga sekitar toilet umum. Penting.

    BalasHapus
  20. Gusti yeni

    Sebagai orang dewasa bukan hal tabu membicarakan organ intim dan cara merawatnya. Betadine memakai

    Saya sukaa males mundur teratur kalau di suruh mampir di toilet umum krn ga tahan kalau kotor

    BalasHapus
  21. kebetulan kemarin mudik pakai jalur darat dan bolak-balik istirahat di rest area. Pastinya numpang pipis di toilet. Syukurlah toilet sekarang lebih bersih dan banyak. Air pun lancar. Sebelum pipis, siram dulu dudukan toilet. Ku bawa multi purpose hand sanitizer juga untuk semprot2 toilet. Kalau Betadine malah belum kepikiran. Makasih tipsnya ya mbak.

    BalasHapus
  22. Nah, aku ngalamin nih. Pas mudik kemaren, pas banget lagi menstruasi. Duh rasanya nggak nyaman banget. Lembab dan gatal. Mau basuh di toilet umum suka nggak yakin ama kebersihannya. Harusnya aku sedia betadine feminine wash ya.

    BalasHapus
  23. Bener nih, perempuan tu paling rempong dengan urusan BAK selama dalam perjalanan. Rentan mengalami inveksi jika menggunakan toilet umum. Makanya untuk penjagaan saya suka bawa tissue dari betadine untuk menjaga area kewanitaan dari risiko kuman atau bakteri sesudah memakai tolitet umum..

    BalasHapus