Mengapa Buah Pir Selalu Mengiringi Langkah Sehatku? - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Sabtu, 05 Desember 2020

Mengapa Buah Pir Selalu Mengiringi Langkah Sehatku?





Assalamualaikum Sobat. Adakah yang tahu kalo tanggal 5 Desember 2020 diperingati sebagai WORLD PEAR DAY 2020? Dari info yang saya baca Hari Pear Sedunia selalu dirayakan pada puncak musim buah pir. Waktunya tuh biasanya selama awal bulan Desember.

Tapiii ... perayaan World Pear Day ini biasanya dimulai selama akhir pekan pertama Bulan Desember. Tujuan perayaan ini tentu saja untuk mempromosikan semua jenis buah pir yang lezat ini ke seluruh dunia. 


Sobat yang pernah makan buah pir tentu tahu kalo buah ini rasanya manis dan berair. Namun apakah sobat tahu kalo buah ini telah ada sejak 5.000 SM?


Jadi buah pir ini terkenal berumur panjang nilai simpannya. Karena itu, selain umur simpannya yang lama, manfaat juga banyak, pir menjadi komoditas yang sangat diinginkan di antara rute perdagangan dunia kuno. Nah, Amerika Serikat merupakan salah satu negara penghasil buah pir terbesar di dunia. Pir tersebar lebih di 24 negara termasuk Selandia Baru, Indonesia, India, Uni Emirat Arab, Meksiko, dan masih banyak negara lainnya.  


Bapak Kafi Kurnia dari Peka Consult dan founder Sembutopia mengajak masyarakat untuk peduli menjaga kesehatan dengan rajin makan buah, termasuk pir. Alasan beliau tentu saja supaya daya tahan tubuh masyarakt terjaga dengan baik.


Berikut ini penuturan Bapak Kafi :

“Pir memiliki tekstur yang lembut dan menyerupai mentega. Pir kaya akan serat makanan, Vitamin C, Vitamin K, tembaga, dan kalium. Buah pir dianggap sebagai salah satu makanan tersehat dan dapat menurunkan risiko diabetes, penyakit jantung, dan kanker.” 


Nah, aku pengen cerita tentang buah pir. Sudah sejak tahun 1994 aku mulai mengenal buah yang satu ini. Sebelumnya sih udah tahu tapi belum ada keinginan untuk menyicipinya. Aku pikir buah pir itu kapes-kapes. Ah istilah Jawa sih ini. Artinya kayak berair tapi juga ada ampasnya, hahaha. Bahasa Jawa tuh susah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.


Namun ada satu kejadian yang bikin memaksaku untuk mengonsumsi pir. Mau tahu nggak apa sih alasan akhirnya aku jadi jatuh cinta banget dengan buah pir? Yuk silahkan dibaca :

Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Tahu kah sobat kalo buah pir memiliki kandungan antioksidan yang tinggi seperti vitamin C dan tembaga?  Hal ini tentunya membantu tubuh dalam meningkatkan sistem kekebalan yang berguna untuk melawan berbagai penyakit.


Seperti kondisi saat ini, pandemi yang masih belum jelas kapan bisa berakhir. Setiap warga diharap memiliki sitem imun tubuh yang bagus. Karena virus ini memang bisa dikalahkan dengan kondisi tubuh yang sehat dan imunitasnya terjaga.

Cemilan Sehat untuk Ibu Hamil

Pengalaman tahun 1995 saat hamil dan menyusui si sulung dahulu, dokter menyarankan agar aku memperbanyak konsumsi buah pir. Menurut penuturan dokter kandungan yang merawatku, khasiat buah pir untuk ibu hamil itu bagus banget. Buah pir hijau atau pir kuning mengandung nutrisi yang sehat untuk ibu hamil, seperti serat, kalium, dan folat. 


Alasan dokter saat itu adalah aku mengalami kenaikan yang tinggi dari berat badan sebelum hamil. Ada sih sekitar 18 kg padahal baru masuk akhir trimester kedua. Gimana dong nanti kalo sampai trimester ketiga, bisa-bisa susah melahirkan. Jadi konsumsi nasi dikurangi, tapi protein tetap seperti biasa.  Daaan ... aku harus banyak makan buah terutama pir. 


Tahu dong kalo buah pir itu kaya serat, airnya banyak, jadi bisa jadi cemilan sehat untuk ibu hamil. Gampang kenyang kaaan?! Terlebih dengan mengonsumsi pir itu rutin selama hamil, bakal meringankan sembelit. Ibu hamil sering loh ngalami sembelit. Juga buah pir ini memiliki kandungan kalium yang manfaatnya adalah untuk kesehatan jantung dan merangsang regenerasi sel. Kandungan asam folat yang ada juga mendukung proses tumbuh kembang janin di dalam rahim ibu.


Aman untuk bayi

Konsumsi buah pir untuk bayi tak perlu diragukan keamanannya. Mengutip dari situs Firstcry Parenting, pir merupakan salah satu buah yang mudah dicerna. Jadi, tak ada masalah jika sobat ingin memberikannya pada si Kecil.

Kandungan vitamin dalam buah pir juga dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan bayi, sehingga tubuh bayi akan lebih kuat dalam menghadapi ancaman penyakit.

Bagus untuk asam lambung

Khasiat buah pir untuk asam lambung tak lepas dari nutrisi yang dimiliki. Jika dibandingkan dengan apel, pir memiliki kadar pektin lebih tinggi. Kandungan buah pir tersebut membuatnya sangat berguna bagi penderita asam lambung.

Pektin adalah jenis serat larut yang dapat meningkatkan fungsi saluran pencernaan. Secara tidak langsung, ini akan memengaruhi kadar asam yang ada di lambung. Oleh karena bukan merupakan buah asam, pir sangat aman untuk dikonsumsi oleh penderita asam lambung.

Mempercepat detoksifikasi

Gerakan usus yang teratur dan adekuat sangat penting untuk ekskresi racun harian dalam empedu dan feses. Pir memiliki kandungan air yang tinggi dan dapat membantu menjaga feses tetap lembut dan mendorong sistem pencernaan untuk mengeluarkan racun.

Penelitian yang dimuat salah satu lembaga pada tahun 2015 tentang manfaat kesehatan pir menunjukkan bahwa pir memiliki efek pencahar yang berasal dari kandungan serat dan fruktosa yang tinggi.

Menurunkan risiko kanker

Kandungan serat yang tinggi dalam pir dapat mengikat sel-sel karsinogenik penyebab kanker. Kandungan antosianin dan asam sinamatnya dalam pir juga telah terbukti dapat melawan kanker.



Pir dapat menghilangkannya dan mencegah kanker usus besar. Selain itu, mengonsumsi buah pir setiap hari dapat mencegah kanker payudara hingga 34 persen pada wanita setelah menopause.

Manfaat buah pir untuk diet

Tak sedikit orang yang menggunakan buah pir untuk diet. Sebab, berbagai kandungan buah pir dipercaya dapat mendukung proses penurunan berat badan. Baik pir hijau atau pir kuning sama-sama memiliki serat yang tinggi, bisa membuatmu merasa kenyang lebih lama.



Selain itu, kalori buah pir juga sangat rendah, sehingga cocok untuk dijadikan sebagai menu diet. Menurut sebuah penelitian, wanita yang makan tiga buah pir dalam sehari bisa kehilangan lebih banyak berat badan daripada yang tidak mengonsumsinya.

Menurunkan risiko diabetes

Baik apel dan pir dianggap sangat membantu dalam mengurangi risiko diabetes karena jumlah seratnya yang tinggi, diketahui membantu menjaga kadar gula darah turun.



Nah sobat, itu lah manfaat buah pir yang udah mengiringi langkah sehatku selama nyaris 25 tahun mengonsumsinya. Meski enggak setiap hari, karena aku selingi dengan konsumsi buah Apel, Pepaya, Nanas, Melon, atau Anggur. Paling tidak dengan mengonsumsi buah-buahan ini sobat tidak akan lagi mengalami sembelit, atau gangguan kesehatan lainnya. Kesehatan itu mahal harganya. Namun kalo udah sakit lebih mahal lagi biaya pengobatannya. Jadi konsumsi buah itu penting, dan pilihan ada di tangan kalian. Wassalamualaikum.

#WorldPearDay #PearUpIndonesia #rajinmakanbuah #sembutopia #stayhealthy #USAPear

36 komentar:

  1. Awalnya aku konsumsi buah Pir ini karena kata kakak itu salah satu obat maag yg bagus. Nah, Yo jelas aku mau to wong obatnya enaak..haha.. Dan ternyata, banyak lagi manfaat buah ini. TFS mba, jadi makin cinta deh sama Pear..

    BalasHapus
  2. Pir ini seger banget karena banyak airnya. Ternyata ada hari peringatan sedunianya juga, ya.

    BalasHapus
  3. Aku, bapaknya, arkaan penggemar berat pir, tapi agak susah kalau pir yang ini ya meski tetap enak

    BalasHapus
  4. Salah satu buah favoritku juga. Karena bisa mengenyangkan, trus seger deh kandungan airnya banyak. Yummyyy

    BalasHapus
  5. Aku suka pir terutama yang dagingnya halus seratnya jenisnya beda ya itu kalau anak-anak suka yang biasa. Aku beli pir juga selain enak lebih murce dari apel hihi

    BalasHapus
  6. Aku sukanya pir yang dagingnya lembut, nggak kres kres itu beda jenis ya mbak, anak-anak lebih suka yang biasa..ternyata banyak variannya ya

    BalasHapus
  7. Pir tuh seger yaa... emang cocok banget dijadikan cemilan sehat. Seratnya yang tinggi juga membantu untuk tidak sembelit.

    BalasHapus
  8. Aku membaca buah pir. Tapi dalam benakku yang muncul malah alpukat. Benar-benar nggak fokus.

    Tapi, adikku doyan banget sama buah ini. Kalau aku beli kadang yang menghabiskan adikku sendirian.

    Enak sih. Kres kres dan ada manis-manisnya gitu.

    BalasHapus
  9. Loalaahh kok aku baru ngeh ya, kalo buah pear tuh SEAJAIB ini?
    Banyaak banget manfaat dan khasiatnya ya Mba
    Dari dulu aku demen banget makan buah pear, dan sekarang jadi makin semangaattt buat konsumsi lagi

    BalasHapus
  10. Unik ya aku baru tahu ada world pear day. Buah dengan kandugan air yang banyak lumayan ya makan pir selain sehat juga bikin gak haus. Ngemil pir sehat daripada gorengan ya eh ingetin diri sendiri ini aku mbak hehehe

    BalasHapus
  11. Aku suka banget sama pir ini, karena memang terbukti bisa bikin kenyang lebih lama kalau pas sarapan buah, terus juga urusan ke belakang jd lebih lancar

    BalasHapus
  12. MKan buah pir itu menurutku bikin perut adem mbak.. Dan seger apalagi airnya kan mayan banyak juga.

    BalasHapus
  13. Aku suka makan buah pir dan memang sering punya stok banyak di kulkas :) Suamiku juga rajin mengonsumsi buah2an. Selain buat diet akyuh hahahah tentunya baik sekali manfaatnya buat kesehatan :) DI pasar lebih murah tuh kalo beli pir langsung buanyak sekalian.

    BalasHapus
  14. Ternyata buah Pir banyak banget manfaatnya, jenisnya juga. Aku baru makan yang warna kuning aja, yang lain belum. Catat deh biar nanti pas hamil dietnya pakai Pir

    BalasHapus
  15. Aku juga paling suka buah pir yang hijau ini karena emang demen buah yang banyak airnya. Kalau belanja buah untuk mingguan pasti gak lupa beli si pir hijau ini. AKu sempat loh detoks selama 3 hari itu pakai pir hijau dan air putih saja.

    BalasHapus
  16. Manfaat buah-buahan emang gak diragukan lagi ya, untungnya suka banget dengan buah pear dan selalu nyetok di rumah

    BalasHapus
  17. Wah aku baru tahu mba ternyata ada ya peringatan buah pir sedunia. Ternyata buah pir itu banyak banget ya manfaatnya. Aku nggak nyangka bisa sebanyak ini. Jadi pengen makan buah pir juga hihihi. Soalny aku jarang banget makan buah pir

    BalasHapus
  18. Nah, bener apa kata Mba Wati makan buah pir itu kekga ada rasa ada ampas2nya gimana giitu, susah dijelaskan dengan kata-kata. Tapi banyak banget manfaatnya yaak, dan aku jarang makan buah satu ini, hiks..
    Btw aku baru ngeh juga ada hari buah pear sedunia, emang patut dirayakan yaa..

    BalasHapus
  19. Udah lama banget saya gak makan pear. Baru tau juga ada World Pear Day. Saya suka pear yang kecil-kecil

    BalasHapus
  20. Saya baru tahu kalau ada world pear day ini mbak.

    Saya suka makan buah pear, seneng karena airnya banyak. Bisa menghilangkan lapar dan haus sekalian.

    Eh, pear bisa buat diet juga. Wah bakal makin rajin nih makan buah pear

    BalasHapus
  21. Saya suka pear yang manis, Mbak .. yang gak ada rasa asam-asamnya hehe. Ternyata manfaatnya besar juga ya buah pear ini.

    BalasHapus
  22. Pas anakku MPaSI, buah pir ini jadi kesukaannya. Jadi aku kukus trus blender. Sekaranh juga masih jadi kesukaannya pas udah gede

    BalasHapus
  23. buat favorit keluarga kami ini mbak
    sejak mpasi anak anak da akrab dan suka banget sama buah pir

    saya juga suka, cocok buat sarbu karena segar dan menyenangkan

    BalasHapus
  24. Aku juga suka makan buah pir. Karena segar dan banyak airnya. Apalagi kalau dimakan siang-siang.

    BalasHapus
  25. Buah pir, apalagi pir yang hijau gitu, aku suka banget..Kres-kres manis, menyehatkan, dan cukup mengenyangkan...makanya cocok untuk diet ya...Anak juga suka...

    BalasHapus
  26. Wah baru masuk trisemester 2 udah 18kg, Mba? Banyak bangeet. Iya memang teman saya yg nutrisionis juga mwnganjurkan makan pir utk cemilan diet. Baru tau kalau 5 des itu hari pir sedunia. Pir nih kesukaan saya juga. Buat salad enak.

    BalasHapus
  27. kai di rumah juga suka buah pear, segar dan airnya banyak, suka deh makannya, termasuk kakak almarhum, dia suka makan ini

    BalasHapus
  28. Aku jarang makan pir mak. Tapi baru tau ada hari pear day gt. Emang seget sih pir cuma suka malas ngupas walau bisa dimakan sama kulit

    BalasHapus
  29. Cantik dan segar banget tuh warna buah pirnya. Saya udah lama banget euy gak konsumsi buah pir, belum ketemu tempat jual yang bagus nih.

    BalasHapus
  30. Seneng banget lihat kartun pear.
    Aku suka pear...kandungan airnya banyak, jadi berasa minum jus. Manfaatnya bagi tubuh pun bagus.

    BalasHapus
  31. Buah pir memang kesukaan banget ya. Apalagi yang jenis pir madu. Di jadikan camilan sehat nih buahnya juga bisa dimakan kapan saja

    BalasHapus
  32. Aku teringat waktu suaraku serak, langsung beli pir 1 kg dan alhamdulillah segera membaik. Jadi, makan buah itu emang penting ya

    BalasHapus
  33. Pir emang banyak macamnya gitu ya? Saya tahunya buah pir yang warnanya agak kekuningan, rasanya mirip apel tapi lebih renyah dan manis. Karena kandungan airnya lebih banyak anak-anak juga suka. mamaku yang stroke juga suka makan pir dan aman alhamdulillah

    BalasHapus
  34. Pir ini salah satu buah kesukaanku. Enak buat diet juga. Selain tinggi serat, banyak airnya juga.

    BalasHapus