Laman

  • Beranda
  • Jalan-jalan
  • Inspirasi
  • Review
  • Disclosure
  • About Me
  • Achievement

22 Sep 2017

9 Apllikasi Favorit Yang Mendukung Aktifitas Blogging


www.hidayah-art.com

Assalamualaikum. Sembilan aplikasi yang paling mendukung di dunia blogging ini sangat bermanfaat. Beberapa aplikasi ada yang cuma uji coba. Atau saya gunakan selama beberapa bulan aja. Kayaknya umum juga digunakan oleh teman-teman blogger yang lain. 

Tapi sebagian besar aplikasi itu ada di gawai, sisanya tersimpan di laptop ASUS yang saya miliki. Sebenarnya saya masih ingin nambah aplikasi lagi di gawai. Tapi sayangnya memori penyimpanan udah full. Jadi saya harus nahan diri tiap kali ada aplikasi baru muncul. Apalagi kalo aplikasi itu sangat mendukung kinerja saya sebagai blogger. Gaya banget ini yak. Hahahaa.


Yang pasti sih dunia blogging udah menjerat hati saya. Salah satu alasan resign juga karena pengen sepenuh hati bisa beraktifitas di dunia blogging. Karena blogging adalah salah satu jalan saya bisa konsisten menulis. Dan saya pengen bisa terus konsisten menulis konten positif yang bisa bermanfaat untuk setiap pembaca.

Dari blogging pula saya telah menikmati hasil yang lumayan. Nggak bisa dinilai dengan materi semata. Yang penting apa yang saya terima selama ini selalu saya syukuri. Blogging juga menjadi rumah saya untuk bisa menambah teman dan menjalin silaturahim dunia maya. Blogging juga bikin saya belajar banyak hal baru yang semula sepertinya sulit untuk dilakukan. Blogging bikin saya belajar untuk makin kreatif. Tentunya sebatas kemampuan saya. Karena aslinya sih saya nggak mau ngoyo

Baca juga #ArisanBlogGandjelRel periode sebelumnya :


Trus itu bisa sampai 9 aplikasi yang dipakai untuk aktifitas blogging, apa nggak ngoyo? Hihihiii. 

Asliii, saya bersyukur baru menengal blogging ketika anak-anak udah mulai remaja. Bahkan blog saya ini yang   buatin si bungsu loh. Usianya waktu itu masih SD. Tapi bisa ngajari saya, emaknya yang gaptek banget saat itu. Mungkin beda cerita kalo anak-anak masih bayi dan saya harus grotal gratul belajar sendiri. Bisa aja saya jadi malas blogging. 

Nah, soal penggunaan aplikasi untuk blogging itu juga diajari kedua anak saya. Apa lah saya ini, emak yang masih gaptek kalo soal aplikasi. Beruntungnya saya karena mereka anak-anak yang soleh. Mau ngajari emaknya dengan sabar. Kalo saya suka loading pas belajar, biasanya sih diejekin.

"Katanya blogger senior, kok susah diajari gak bisa terus,"
"Kan senior di umuuur, dek,"

Ihh, anak-anak tuh ngekor bapaknya kalo soal ngeledekin saya. 

Oiya, artikel ini adalah persembahan untuk #ArisanBlogGandjelRel. Tema yang diminta pemenang arisan adalah Aplikasi Yang Mendukung Blogging. Pemenangnya adalah Rahma dan Nyi Penengah. Rahma, pemilik blog yang suka nulis puisi romantis. Blogger yang suka nulis tentang kuliner di kotanya juga sih. Nama blog nya sama dengan nama si pemilik. Yaitu Rahma_Mocca dengan tagline Dream, Write & Be Alive.

Kalo Nyi Penengah adalah pengantin baru nih, hihiii. (((Dibahas))) Pemilik blog Nyi Penengah Dewanti dengan tagline "Kepada jarak, aku teteskan kerinduan di atas langit". Blogger dan penulis novel yang udah lama malang melintang di jagad menulis, dan masih muda jugaaak. 


Jadiii, ini lah 9 aplikasi Favorit Yang Mendukung Aktifitas Blogging

1. Chrome

Aplikasi ini udah terpasang di gawai dan laptop saya. Saya akan membahas yang terpasang di gawai aja ya. Karena memang Chrome ini saya pakai untuk mengakses beberapa sosmed saya. Seperti Facebook, blog pribadi, blog yang memakai saya untuk menulis konten, juga untuk blog walking.

Saya memang nggak pasang aplikasi Facebook di gawai, karena alasan memori dan data internet yang terpakai bakal banyak. Malah kayaknya bentar lagi aplikasi Twitte di gawai bakal aku uninstall juga. Pengen login Twitte via Google Chrome juga nih. Ntar deh kalo butuh memori untuk aplikasi baru.

2. Instagram

Kalo aplikasi Instagram bakal setia di gawai. Karena saat ini saya malah lebih suka akses Instagram dari pada sosmed lainnya. Stalking akun milik seleb Instagram, pemilik tukang jualan, dan baking itu kayak candu. Saya betah banget seharian buka Instagram. Makanya gawai kadang heng, hahahaaa. Sungguh terlaluuuu.

3. Twitter

Aplikasi Twitter penting banget bagi blogger. Apalagi kalo sering ikut event yang meminta blogger menjadi influencer juga. Bakal keriting nih jari jemari bikin cuitan. Kalo aplikasi ini saya suka stalking pemilik akun inspiratif. Saya suka dengan quote yang sering dicuitkan mereka.

4. Whats App

Eh ini jadi aplikasi wajib untuk semua orang deh. Nggak hanya yang sibuk blogging. Tapi juga keluarga, teman alumni, tetangga, bahkan wali murid. Semua wajib pasang aplikasi ini di gawai masing-masing.

Apalagi untuk blogger ya. Sekarang bahkan kerjaan untuk review pun melalui grup WA. Jadi bisa buka tutup grup karena nggak mau ketinggalan info job. 

5. SHAREit

Nah, ini salah satu aplikasi yang dikenalkan anak-anak pada saya. Waktu itu saya susah banget mau transfer foto dari gawai ke laptop. USB nya udah bener, tapi foto nggak bisa terbaca.

Akhirnya si bungsu yang menyarankan pakai aplikasi SHAREit. Jadi mesti install dulu di gawai sama laptop. 

Saya terbantu banget sejak pakai aplikasi ini. Transfer foto jadi lebih cepat, tinggal klik logo gambar SHAREit di gawai dan laptop. Trus pilih kirim, pilih foto mana aja yang mau dipindahkan.

www.hidayah-art.com

Saya senang karena prosesnya mudah, cepat, dan praktis. Trus bisa pilih langsung foto yang bagus dan sisanya dihapus dari gawai. Lumayan kan, gawai nggak perlu menyimpan foto yang udah dipakai untuk pendukung artikel.

6. Email

Semua orang pasti punya akun di email. Cuma banyak juga yang nggak pasang aplikasinya. Rata-rata yang nggak pasang aplikasi adalah pemilik akun Facebook yang sekedar untuk having fun. Bukan seperti blogger yang punya akun FB untuk share link blog, hihiii.

Nah, saya menganggap penting pasang aplikasi email di gawai karena untuk mempermudah cek email masuk. Apalagi sejak menyematkan alamat email di tampilan blog untuk menjemput rejeki. 

Jaman masih lugu, saya sering melewatkan tawaran job yang masuk di email. Dulu saya emang punya dua akun email, satunya lagi adalah Yahoo. Makanya sekarang fokus satu email aja di gmail. Biar ngga ada email masuk yang terlewatkan.

7. Youtube

Akun youtube saya masih cindil banget. Subsribe juga baru bilangan belasan. Karena saya sendiri masih belum fokus bikin konten untuk youtube. Paling kalo pengen aja. Padahal bikin youtube udah sejak beberapa tahun lalu. Untuk bikin thriller lomba menulis yang diadakan salah satu penerbit.

Makanya aplikasi Youtube ini udah terpasang lama sejak di gawai yang pertama saya miliki. Dan masih anteng juga di gawai yang sekarang.

Biasanya saya menggunakan aplikasi ini untuk share link ke blog. Terutama yang memang membutuhkan konten ini untuk pendukung artikel.

8. Photoshop

Aplikasi ini hanya saya pasang di laptop. Pertama pakai dikenalin si sulung. Waktu itu saya menjadi salah seorang kontributor website wisata. Dan ada aturan fotonya mesti dikompre dulu dalam size kecil. Maksimal ukuran 100kb.

www.hidayah-art.com

Ternyata aturan ukuran foto ini memang penting banget sih. Karena kalo pengunjung blog ingin membuka website kita, ntar loading lama jadi malas kan. Dan itu salah satunya karena ukuran foto yang terlalu besar.

Saya sampai sekarang masih terus belajar tentang photoshop. Banyak banget item di Photoshop. Dan anak-anak udah sibuk dengan kegiatan kuliah dan sekolah, jadi jarang bisa nemeni saya belajar.

www.hidayah-art.com

Aplikasi ini sebenarnya asik banget untuk infografis yang sederhana. Karena saya bisanya juga yang biasa aja. Tapi saya pernah memenangi dua lomba blog yang infografisnya saya bikin dengan Photoshop. 

Ini contoh foto hasil Photoshop yang belum secanggih master blogger.

www.hidayah-art.com

9. Kine Master

Nah, ini mainan baru yang kadang bikin gemes. Karena saya belajarnya banyakan otodidaknya. Dulu diajari sama salah seorang pegawai Blue Bird. Bahkan aplikasinya juga dapat dari beliau dengan Shareit dari gawainya.

Tapi saya lebih menyukai aplikasi Kine Master dibanding yang lainnya. Di samping lebih mudah dipelajari, juga karena nggak ada titel Kine Master di videonya. Padahal ini masih gratisan, hihii.

______________

Nah, itu lah kesembilan aplikasi favorit yang memudahkan saya blogging. Saya sih nggak muluk-muluk menjadi blogger. Bisa tetap menulis artikel yang bermanfaat dan menampilkan nilai positif udah senang. Soal materi yang bisa diperoleh dari blogging itu adalah rejeki yang mengikuti aktifitas ini. Semoga makin sukses dari blogging ya. Wassalamualaikum.

16 comments :

  1. pagi bu, wa share it bisa juga ya digunakan untuk ngeblog. baru tahu aku bu :)

    ReplyDelete
  2. Oo.. Kine Master ga ada mereknya ya di video. Ntar coba ah. Terimakasih infonya :)

    ReplyDelete
  3. No 8 dan 9 aku belum pernah pakai nih mbak, besok cobain ah 😊

    ReplyDelete
  4. Baru tahu yang Kine master mbak..terima kasih sharingnya ya..aku juga masih banyak belajar nih...

    ReplyDelete
  5. Aku pengen ganti kine master juga ah. Pake viva kan ada watermark nya ya

    ReplyDelete
  6. Kine master buat edit video ya, aku lagi cari2 aplikasi yang enak juga nih buat edit video. Belum 100% sreg sama yg udah pernah dipakai selama ini.

    ReplyDelete
  7. Waaa makasih mba Hiday buat artikel arisannya, padamu :* ak juga blm make kine master, biasanya viva

    ReplyDelete
  8. Wah banyak yaa, aku intip ahh...terima kasih artikelnya mbaa..bermanfaat bingit..

    ReplyDelete
  9. lumayan banyak yaa aplikasinya, mau juga ah nyoba satu2.. makasih yaa mba share artikelnya

    ReplyDelete
  10. Demi apa Kine Master gratis dan ga ada watermark nya? :D Aaaaak~ pankapan belajar juga ah.. Untung belum beli PowerDirector :D

    ReplyDelete
  11. Mba Wati, aku malah semu dilakukan di handphone, dari edit foto, draft blog, semua dr hp ga sempet buka laptop lama-lama karena ada bayi.

    Eh tapi aku juga resign karena mau bebas ngeblog hehehe. Kita samaaan

    ReplyDelete
  12. ShareIt ku kok malah tak hapus, Mbak. Hihihi. Bawaan HP ASUSku ada lho. Karena nggak tahu gunanya buat apa. Hohoho.

    ReplyDelete
  13. Biasa pake photoshop buat editing foto jga :D

    ReplyDelete
  14. Wah bu wati kereeeeen... bisa ngoperasiin photoshop. Aku malah blm bs sama skali..😷

    ReplyDelete
  15. Kine master itu aplikasi yah mbak, saya baru denger namanya?

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...