Menu Favorit Untuk Buka dan Sahur - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Jumat, 05 April 2024

Menu Favorit Untuk Buka dan Sahur

Assalamualaikum Sahabat. Nggak terasa puasa kurang bentar lagi selesai. Antara sedih, karena setiap puasa akan berakhir selalu terselip apakah ini menjadi Ramadan terakhir? Terselip doa agar kita bisa berjumpa lagi Ramadan tahun depan. Menikmati kembali kehebohan saat menyiapkan menu buka dan sahur bagi keluarga.



Aslinya sih udah ngga seheboh saat anak-anak masih usia sekolah dasar ya. Saya aja yang menceritakan seperti itu karena sesekali masih heboh suasananya terutama ketika waktu sahur mepet. Bukannya segera makan malah bercanda dulu, hehehee.

Nah berkaitan dengan cerita makan buka dan sahur, kali ini saya akan berbagi menu favorit keluarga. Makanan yang menjadi favorit keluarga kami selalu setia menjadi menu saat berbuka maupun sahur. Dan biasanya menu yang praktis, yang tidak perlu proses masak lama atau ribet. 

Menu Sahur Yang Praktis dan Sehat Bikin Tahan Lapar Seharian

Kalian pernah merasa lesu meski udah kenyang makan sahur? Bagi sebagian orang kadang mengabaikan menu yang mereka konsumsi saat sahur. Bahkan ada yang hanya minum air putih atau permen coklat. Tentu saja tubuh jadi lemah dan lesu bahkan untuk melakukan aktivitas harian. 

Selama berpuasa, tubuh manusia harus tercukupi kebutuhan gizinya agar tetap segar dan bisa beraktivitas sepanjang hari. 

Berikut ini jenis makanan yang patut jadi perhatian kalian dan menjadi konsumsi selama berpuasa.

1. Makanan Kaya Protein


Makanan yang mengandung protein sangat bagus dijadikan menu sahur di antaranya adalah telur. Sudah dua kali Ramadan saya dan suami mengandalkan telur sebagai menu sahur. Mengonsumsi dua butir telur saat sahur bikin saya tetap bisa beraktivitas sepanjang hari tanpa merasa lesu, lapar atau lemah. Telur mampu membuat kalian merasa kenyang lebih lama.

2. Makanan kaya serat 

Makanan yang mengandung serat juga mampu membuat kalian merasa kenyang. Menyiapkan menu makanan yang kaya akan kandungan serat seperti sayuran, sangat bagus untuk tubuh. Menu sehat dan sederhana buatan dapur rumah seperti capjai, tumis pokcoi, kangkung, brokoli, bisa jadi pilihan. 

3. Makanan Yang Mampu Menghidrasi Tubuh

Biasanya saat sahur kita enggan mengonsumsi air putih. Padahal tubuh butuh konsumsi air agar tidak dehidrasi. 

Konsumsi buah-buahan yang memiliki kandungan air, bisa jadi pilihan. Keluarga saya udah belasan tahun ini mengonsumsi buah saat sahur. Biasanya buah menjadi menu pembuka sebelum makanan sahur lainnya. 

4. Makanan Kaya Kalsium dan Vitamin 

Berpuasa tidak menjadikan kalian bebas bermalas-malasan seharian. Meski bagi orang yang berpuasa tidur adalah ibadah, namun beraktivitas yang produktif tetap lah yang terbaik untuk kalian lakukan.

Pilihan produk susu bisa menjadi sumber nutrisi yang baik. Makanan dan minuman yang mengandung susu, kaya kalsium dan vitamin. Mengonsumsi produk susu dan turunannya dapat menunjang kebutuhan gizi harian yang membuat tubuh tetap sehat dan bugar. Bagi kalian yang tidak suka susu, bisa memilih smoothie yoghurt.

Menu Sahur Favorit Keluarga

Alhamdulillah dengan mengonsumsi
telur, bikin suami saya makin sehat

- Buah, Menu Yang Harus Selalu Ada Saat Sahur

Sudah belasan tahun ini keluarga saya  mengandalkan  buah sebagai menu pembuka saat sahur. Kebayang kan ya mata ngantuk jadi melek setelah makan buah yang segar. Anak-anak yang tadinya enggan sahur bakal senang menyantap hidangan berikutnya.

Anak-anak saya bahkan mengakui kalo sejak mengonsumsi buah saat sahur, mereka gak pernah merasa lemas. Bisa jadi kandungan serat dan air yang terdapat dalam buah membuat tubuh mereka terhidrasi dengan baik.

- Telur 2 Butir

Saya dan suami udah dua tahun ini hanya mengonsumsi dua butir telur saat sahur selain buah. Dan itu udah sangat mencukupi, tubuh tetap bugar dan sehat, bahkan saya tidak merasa lemas.



Pengalaman pribadi saya hari ke-5 Ramadan, saat malas makan telur dan menggantinya dengan nasi, tubuh jadi lemas, tak bertenaga dan malas beraktifitas. Ada yang bilang saya tersugesti, tapi banyak ahli gizi yang meyakini bahwa protein cukup menjadi sumber tenaga.

- Menu Sayuran

Ketika malas atau bosan makan telur, saya akan menggantinya dengan masakan sayur dan tetap ada protein nya. Seperti tumis brokoli daging sapi, capjai, sapo tahu, yang bisa dibuat sendiri. 

Menu Buka Favorit Keluarga

Menu Favorit keluarga untuk berbuka puasa sebenarnya sama dengan menu harian. Suami dan anak membebaskan saya mengatur menu harian maupun saat berpuasa. Mereka menurut aja apa yang udah saya sajikan di meja makan, Alhamdulillah ya.

Jadi menu berbuka puasa yang saya tuliskan di sini merupakan menu harian keluarga. Cek yuk :

Bestik daging sapi

Saya masak bestik daging sapi ini dengan resep seperti bestik kambing ala Kampung Bustaman. 

Daging sapi diiris, kemudian narinasi dengan irisan bawang merah, kecap dan lada bubuk. Setelah dimarinasi selama 30 menit, tumis bawang merah hingga harum, masukkan marinasi daging sapi dan tumis hingga berubah warna. Kemudian tambahkan air secukupnya, lada, garam, irisan tomat, dan cabe rawit sesuai selera. Cicipi sebelum disajikan. 

Galantin 


Menu ini juga menjadi favorit anak-anak bahkan suami, hahahaa. Saya biasanya buat galantin beberapa hari sebelum bulan Ramadan dan menyimpan sebagai makanan frozen. Lumayan kan bisa dijadikan masakan kapan pun diinginkan anak-anak. Untuk resepnya udah pernah saya tulis di sini :


Nasi kebuli 

Menu ini baru mulai masuk menu favorit tahun ini. Meski udah beberapa kali makan nasi kebuli tapi biasanya saya beli. 

Sejak saya uji coba resep dari salah satu channel YouTube, mereka sangat antusias tiap kali saya sajikan nasi kebuli ala saya. Nanti ya saya tuliskan resep nasi kebuli yang praktis cara pembuatannya.

Nasi Kebuli ala @hidayah_art

Selain tiga menu di atas, masih ada menu kesukaan keluarga saya. Namun yang bisa saya sajikan hingga lebih dari dua kali ya tiga menu tersebut. 

Demikian curhat saya tentang menu buka dan sahur favorit keluarga. Semoga bermanfaat ya, wassalamu'alaikum.

2 komentar:

  1. Wah pengin coba bikin bestik dagingnya nih mbak. Terima kasih sharingnya.

    BalasHapus
  2. aku juga paling suka olahan telur, enak dan bergizi :D

    BalasHapus