Laman

  • Beranda
  • Jalan-jalan
  • Inspirasi
  • Review
  • Disclosure
  • About Me
  • Achievement

15 Jun 2017

Menikmati Suasana Alam dan Kuliner di Resto Banyumili Ambawara



www.hidayah-art.com

Assalamualaikum. Menikmati Suasana Alam dan Kuliner di Resto Banyumili Ambarawa asik banget. Tempatnya terletak di kaki gunung Telomoyo dan deretan gunung lain. Begitu memasuki kawasan resto, udara dingin sejuk menyentuh kulit tubuh. 

Semula saya nggak diijinkan masuk lokasi. Alasannya lokasi udah full. Salah juga sih kemarin nggak reservasi dulu. Tapi karena saya pede kalo tiga orang bisa lah makan di empernya, hahaha. Just go location sih dan ternyata full booked. Jadi kalo kalian kemari mesti reservasi dulu yaa.


Etapi suami tetap ngeyel aja masuk ke tempat parkir.

"Gak apa deh, kami nungguin sampai ada yang selesai makan,"

Glekkkk! Niat banget yak kami, hahhaa.


www.hidayah-art.com

Akhirnya setelah parkir, saya masuk ke lokasi buat melihat suasana. Pikir saya, kalo nggak dapat meja, ya udah saya numpang pepotoan aja. Karena lokasi resto Banyu Mili ini tempatnya kece. Begitu masuk gerbang aja, di bagian kanan ada wall of fame. Yaaa semacam dinding dengan papan bertuliskan aneka kata penyemangat. Biasanya tempat ini dijadikan foto selfie oleh pengunjung.



Foto Selfie Di Mana Aja di Banyumili

Banyak spot foto menarik, ada kolam dengan perahu untuk anak-anak yang ingin pesiar perahu. Bisa juga foto-foto di pinggir sawah. Berpura-pura mengecek binatang kecil yang mengganggu tumbuhan padi. Banyak deh kegiatan yang bisa dilakukan di lokasi resto.

Menu Makanan di Resto Banyumili

Sekarang saya sharing masakan yang kemarin kami pesan untuk makan siang yak. Kebetulan kami kesana sebelum Ramadhan. Awal bulan serta banyaknya sekolah yang memilih perpisahan anak didik di resto, bikin suasana meriah. 

Itu pula sebabnya meja udah banyak dipesan untuk makan siang beberapa kelompok PAUD, TK, dan juga anak kelas VI satu SD dari Kudus. 

Namun kami yang nggak sempat reservasi sebelumnya, tetap saja akhirnya bisa mendapat meja. Lokasi meja kami berupa joglo yang terletak menghadap kolam pancing dan flying fox. Seorang pramusaji pun menyerahkan buku menu yang segera kami pilih beberapa makanan untuk makan siang.

Yang bikin kami senang adalah, tak menunggu lama untuk menikmati menu pesanan. Nggak lebih dari 30 menit, menu sudah tersaji di depan mata. Sementara pengunjung siang itu sungguh luar biasa membludak. Area parkir saja sampai full, hingga ke sisi jalur pintu masuk lokasi resto. Resto Banyumili memang saat ini tengah booming di wilayah Semarang, Ambarawa, Salatiga, dan kota-kota terdekat. Buktinya anak-anak SD dari wilayah Kudus pun memilih resto ini untuk acara perpisahan. 

Daaan, ini lah menu pesanan kami bertiga :

Ada Ayam Bakar dua porsi, Ikan Bakar seporsi, camilan Siomay, Teh panas, dan jeruk panas. Pesanan satu lagi yaitu Sup Ikan belum siap disajikan. Pesanan makanan kami nggak pernah berlebihan. Apalagi kami cuma bertiga, takutnya ntar nggak habis karena udah terbiasa makan secukupnya.


www.hidayah-art.com

Siomay Ayam 

Makanan pembuka yang dipilih si bungsu adalah Siomay ayam. Satu porsi isinya ada delapan buah siomay berukuran kecil. Meski ukurannya kecil, namun cita rasanya enak. Siomaynya kenyal namun nggak keras. Empuk dan rasa bumbunya pas banget deh. Dinikmati dengan dicocol saus pedas, makin yummy. Sayangnya mau pesan lagi takut malah hilang rasa nikmatnya. Ini nih penampakan siomay ayam ala Resto Banyumili.


www.hidayah-art.com


Ikan Bakar ala Resto Banyumili

Kalo menu ini pesanan si bungsu yang sedang nggak bisa konsumsi makanan keras atau alot. Giginya lagi dipasang bracket, jadi mesti makan yang empuk-empuk kayak simbah-simbah, hahahaa.

Ikan bakar pilihan si bungsu ini rasa dagingnya gurih dan agak manis. Yang disukai si bungsu adalah hasil bakarannya tidak sampai gosong. Hingga terlihat bekas arang untuk membakar. Sambelnya cukup pedas juga, bikin huhahuhaaahh kepedasan.


www.hidayah-art.com

Rasa ikannya yang dibakar dengan aroma bakaran, menggugah selera makan si bungsu siang itu. Ukuran ikannya juga nggak kecil-kecil banget. Cukup lah dinikmati dengan nasi putih serta lalapan dan sambalnya yang nendang pedesnya.


Ayam Bakar ala Resto Banyumili


www.hidayah-art.com



Udah tiga bulan lebih kami terbiasa makan ayam bakar untuk makan siang dan makan malam. Tahu kan kalo kami sedang diet sehat dan menunya udah diatur. Mestinya juga yang dibolehkan adalah daging ayam bagian dada. Namun ternyata hanya tersisa satu buah, jadi paksuami pun mendapat jatah paha ayam.

Seporsi isinya selain ayam ada Tahu goreng, lalapan, dan sambal yang rasanya pedas menggigit lidah. Nasinya ada taburan bawang goreng yang bikin makin sedap. 



Sup Ikan Yang Menyegarkan

Pada dasarnya kami menyukai masakan serba ikan. Dimasak model apa aja, kami suka. Jadi menu pola makan diet sehat kami selain ayam adalah ikan. Salah satu menu masakan olahan ikan yang sering kami nikmati adalah Sup. Kami menyukai rasa segar kuah dari ikan yang dibikin sup.


www.hidayah-art.com

Seporsi Sup Ikan ala Resto Banyumili ini berupa tiga potong daging ikan berukuran sedang. Kayaknya sih dari satu ekor yang dipotong-potong. Pelengkapnya ada emping, jeruk nipis, dan sambel. 

Kuah sup ikan ini dilengkapi dengan tomat, daun bawang, dan sere. Aroma rempah menghilangkan aroma anyir dari ikan. Rasanya yang segar dengan dikucuri jeruk nipis, makin berasa banget. Sup Ikan ini cocok loh dinikmati dalam udara sejuk di lokasi resto. Tubuh jadi terasa hangat kembali.

Lokasi Resto yang Asri

Dengan menawarkan pemandangan yang cantik dan masih alami, Resto Banyumili layak menjadi destinasi makanan dan wisata alam. Beberapa tempat pun masih menyisakan suasana pedesaan. Seperti tanaman padi yang menghampar di sepanjang jalan menuju lokasi selfi yang bertuliskan Resto banyumili. Beberapa pondok joglo pun didirikan di tengah persawahan. Seakan memanjakan pengunjung yang ingin menikmati makan di tengah sawah seperti para petani.


www.hidayah-art.com


www.hidayah-art.com



www.hidayah-art.com


Ada juga kolam air yang menyediakan fasilitas perahu. Area kolam memang tak begitu luas. Namun bagi anak-anak yang jarang melihat kolam dengan perahu, perasaan senang pun mudah terpuaskan dengan berperahu berkeliling. 

Bagi anak-anak pasti suka dengan mengeksplore lokasi resto. Bisa mengejar capung dan kupu-kupu yang bebas beterbangan. Atau mencari bekicot di dekat sawah.

Pengelola resto nampaknya memahami kesenangan masyarakat yang menyukai kuliner dan bisa narsis. Jadi ada juga spot foto untuk selfi atau welfi rame-rame. Kalian bisa foto di depan tulisan KAMPOENG BANYUMILI kayak saya.


www.hidayah-art.com



www.hidayah-art.com
Banyak yang poto cantik kayak saya dengan setting tulisan tersebut 😜

Lokasi Resto Banyumili

Sebenarnya Resto Kampoeng Banyumili ini terletak di Ambarawa. Namun entah mengapa kebanyakan orang menganggap resto ini berada di Salatiga. Terletak di dekat kawasan wisata Banyubiru Ambarawa, resto ini cukup mudah ditemukan. 

Namun kalian lebih baik mengamati dengan cermat, karena lokasi resto terletak di tengah pemukiman penduduk. Kemarin kami juga melewati papan petunjuk yang ada di pinggir jalan.

Suami memilih jalur dari kota Salatiga, lewat jalan arteri. Kemudian saat tiba di perempatan yang sisi kanannya menuju Banyubiru, pilih jalur ini. Dari belokan ini sekitar 5 km udah sampai di Kampoeng Banyumili.

Yuk deh Menikmati Suasana Alam dan Kuliner di Resto Banyumili Ambarawa yang seru dan menyenangkan. Saya aja masih pengen balik lagi, untuk menikmati masakan lainnya. Kemarin perutnya udah penuh, jadi belum sempat nyicip yang lain. Barengan yuk, heheee. Wassalamualaikum.

Video nya bisa dilihat di channel youtube berikut ya :


8 comments :

  1. Wow harus nunggu antriannya itu loh, super banget dikau dan pak suami mb wati hihi
    Jadi makannya berjejeran dg grup paud nih hahhaha
    Dari sekian menu malah tertarik pingin ngicip empingnya #loh

    ReplyDelete
  2. tempat makannya luas ya bun. ehh jadi ngiler sama makanannya bun :D

    ReplyDelete
  3. Hiks aku yg asli ambarawa aj.blm prnh ke sini mbak. Kepending terus..
    Trnyata tmpatnya asyik dan.nuansa alamnyadapet banget

    ReplyDelete
  4. Tempatnya asri ya, yg seperti ini biasanya adem buat nongkrong2 bersama keluarga.
    Itu sup ikannya sepertinya seger banget mba ��

    ReplyDelete
  5. Asik banget tempatnya mbaa, ambarawa ungaran banyak objek wisata menarik yaa

    ReplyDelete
  6. pemandangan restonya asri banget, pasti makan maunya nambah deh krn nyaman banget tempatnya hehehe

    ReplyDelete
  7. Lokasinya keren ya mbak, pemandangannya masih asri. Pasti bakalan betah dan nyaman makan di sana

    ReplyDelete
  8. Pmndangan yg asri d tmbah lg makanany yg enak mmbuat betah brlama2 mkn d sini

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...