Jelajah Rasa Kuliner Lombok Sate Rembiga Lombokoe - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Selasa, 05 Desember 2023

Jelajah Rasa Kuliner Lombok Sate Rembiga Lombokoe

Assalamualaikum Sahabat. Semoga kalian sedang dalam keadaan sehat dan bahagia ya. Seperti saya yang sedang bahagia saat mengenang traveling ke Pulau Lombok bersama sahabat Blogger yang tinggal di Pekalongan yaitu mba Tanti. Tentu saja kami pun tak ketinggalan menjelajah rasa kuliner khas seperti Sate Rembiga Lombokoe.

Jadi ceritanya saat akan pulang, kami mampir makan siang dahulu di Sate Rembiga Lombokoe. Waktu itu saya dan mba Tanti pasrah aja dengan pilihan driver andalan merangkap tukang foto. Dan ternyata pilihan driver emang super mantap sih, karena kuliner di Sate Rembiga Lombokoe tempat kami pesan  menu semuanya enak.

Yuk saya ulas satu persatu dua menu sate yang siang itu menjadi pilihan saya dan mba Tanti untuk mengisi perut.

Sate Rembiga

Mungkin bagi sebagian besar orang masih kurang mengenal kuliner satu ini. Kecuali yang pernah traveling ke Lombok dan menyicipi sate rembiga, pasti akan setuju kalo kuliner satu ini rasanya mantap. Di samping memiliki cita rasa yang khas dan sate ini pun bisa jadi pilihan sempurna untuk menutup perjalanan kami selama di Lombok.

Sate Rembiga dibuat dengan bahan dasar daging sapi yang empuk, memiliki cita rasa manis dan pedas. Tapi tenang aja deh, pedasnya nggak seberapa kok. Bahkan kata mba Tanti masih aman dikonsumsi bagi mereka yang kurang suka makanan pedas. Karena mba Tanti memang kurang suka pedas, namun tetap bisa menikmati sate rembiga di tempat makan ini.

Bagi kalian sebaiknya jangan hanya pesan sate dan nasi, tanpa menu sayuran berkuah. Sate ini disajikan tanpa sambal apapun. Jadi kalo tanpa teman makanan yang berkuah, mungkin bakal terasa seret. Ah apa sih bahasa Indonesianya, hahahaa. Yah kebayang nggak sih makan nasi dengan irisan daging sapi yang udah dimasak dalam bumbu hingga kering?

Ya intinya sate rembiga ini disajikan tanpa kuah seperti sate padang misalnya. Atau tanpa sambel kacang seperti sate Madura. Bumbu yang menjadi ciri khas sate rembiga dimasak hingga mengering. Kalo nyari-nyari bumbunya ya hanya yang menempel di dagingnya aja.

Kemarin saya menikmati sate rembiga ini dengan memesan menu sayur asem. Pas banget sih menikmati sate rembiga dengan sayuran yang segar.

Sate Pusut Ikan

Di tempat kami makan ini sebenarnya ada tiga macam sate pusut. Pilihannya ada sate pusut kelapa, sate pusut ikan dan sate pusut daging sapi. Kami sebenarnya ingin memilih sate pusut ikan karena dalam bayangan kami kayaknya bakal lebih gurih. Sayangnya sate pusut ikan udah habis. Ya udah deh, kami pun pesan sate pusut daging sapi.

Sate pusut sapi dan
Sate Rembiga

Sate pusut ini sajiannya mirip dengan sate lilit di Bali. Saya diberi tahu oleh si Mbak yang ngebantu kami order menu, kalo sate pusut itu khas Lombok. Wahh saya dan mba Tanti memutuskan pesan menu sate pusut.

Daannn, bener saja rasanya enak. Rasa gurih, aromanya wangi dan agak pedas gitu.

Cara penyajiannya sama seperti sate lilit Bali. Yaitu dengan memakai bambu pipih dan lebar untuk tempat melilitkan daging.

Sebelum dililitkan, daging digiling dan dicampurkan bersama beberapa bumbu terlebih dulu. Sehingga saat sate matang, cita rasa daging giling yang bercampur bumbu rempah terasa sedapnya.

Ada cerita menarik ketika kami usai makan siang di rumah makan Lombokoe. Ceritanya kedua sate khas Lombok ini kami cicipi pada hari terakhir kunjungan kami di Lombok. Jadwal keberangkatan pesawat kami menjelang malam.

Terus terang saya dan mba Tanti masih ingin menikmati sate Rembiga dan sate pusut. Kami memutuskan untuk membungkus kedua sate ini dan menikmatinya sebagai makan malam.

Bekal sate Rembiga dan sate pusut
serta lontong

Kami sengaja memilih kedua menu ini untuk makan malam yang rencananya bakal dinikmati di bandara Lombok, hahahaa. Yahhh alasannya karena kami nggak tahu kondisi tempat makan yang tersedia di dalam bandara. Takutnya ntar mesti nyari-nyari dan malah bikin capek.

Agar lebih praktis, kami juga memesan lontong untuk teman makan kedua sate itu. Lontong di Lombok ini unik, mirip orang Jawa kalo bungkus pasung. Itu temannya apem untuk pelengkap nasi bancakan yang disajikan saat ada pengajian mengenang orang yang meninggal.

Mirip kan cara membungkus lontong khas Lombok dengan pasung?

Benar-benar keputusan yang tepat dengan membawa bekal lontong dan sate ke bandara. Sambil nungguin jadwal terbang, saya dan mba Tanti makan malam di ruang tunggu. Sedapnyaaa!

Rumah Makan Lombokoe

Suasana rumah makan Lombokoe ini nyaman banget. Banyak tanaman yang mengisi ruang kosong di antara gazebo. Ada banyak pilihan tempat untuk menikmati makanan pilihan kalian. Saya dan mbak Tanti sengaja memilih dekat pintu keluar di salah satu gazebo.

Fasilitas selain toilet, ada juga tempat cuci tangan, musholla, dan tempat parkir yang cukup luas. Saya dan mba Tanti sempat giliran numpang shalat di mushola yang terletak di paling ujung bagian belakang rumah makan. Saya berjalan menuju musholla sambil motret beberapa sudut rumah makan.

Di rumah makan Lombokoe ini ada pilihan menu khas Lombok lainnya. Kami sengaja nggak nambah menu lain karena udah nyobain hari sebelumnya tapi di tempat makan yang berbeda. Untuk harga bisa kalian cek di foto ini, dengan catatan harga bisa saja udah berubah.

Sepulangnya traveling di Lombok, saya dan Mba Tanti punya angan-angan bisa jalan-jalan lagi ke tempat yang berbeda. Boleh lah ke kawasan Medan, Belitung atau Palembang. Random banget nih, enaknya kemana ya? Boleh sih baca-baca dulu di blog milik Travel Blogger Medan yaitu mba Trisuci. Gimana, ada yang pengen gabung kami traveling ke pulau Sumatera? Wassalamu'alaikum.