Banyak dibicarakan, Cari Tahu Seluk-Beluk NFT di Dunia Crypto - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Selasa, 27 September 2022

Banyak dibicarakan, Cari Tahu Seluk-Beluk NFT di Dunia Crypto

Setahun belakangan ini, dunia pasar kripto telah berkembang sangat luas. Investasi kripto sekarang nggak hanya didominasi oleh koin atau token, melainkan aset buatan sendiri pun bisa diperjual belikan di dunia pasar kripto. 


NFT adalah sebuah aset kripto berupa token tanda kepemilikan atas aset digital yang digunakan sebagai alat verifikasi kepemilikan suatu barang yang dibeli secara digital. Barang yang dimaksud bisa berupa Karya seni, musik, item di video games (skin, misalnya), atau barang digital yang bisa dikoleksi. 


Tentang NFT


picture by Alesia Kozik
Mata uang kripto, token utilitas, token sekuritas, token privasi, dan lain sebagainya adalah sejumlah aset digital yang telah dikenal secara luas. Non-fungible Tokens (NFT) adalah salah satu aset tersebut yang memiliki pertumbuhan paling pesat di industri kripto saat ini.

Karena fungsinya yang unik sebagai bukti kepemilikan sebuah aset digital, token NFT mengandung informasi identifikasi penting yang terekam dalam sebuah smart contract atau kontrak pintar. Hal ini membuat token NFT menjadi spesial, dan tidak bisa digantikan atau ditukar dengan token yang lain karena nilainya tersebut. 


Bagaimana Cara Menggunakan NFT


Selain sebagai bukti kepemilikan suatu aset digital, NFT juga bisa digunakan untuk menandai suatu aset yang perlu dibedakan berdasarkan bukti nilai atau tingkat kelangkaan aset tersebut. Aset ini bisa berupa tanah di dunia digital atau ruang virtual, hingga karya seni (aset investasi atau buatan sendiri), atau lisensi kepemilikan.


Jika kamu ingin membeli aset NFT untuk investasi, NFT bisa dibeli di pasar kripto NFT. Pasar khusus jual-beli NFT seperti OpenSea dan rarible, yang lebih dikenal sebagai pasar utama NFT dan telah mendominasi wilayah ini sejak lama. 


Akan tetapi meskipun demikian, beberapa platform pertukaran uang kripto besar kini telah membuat pasar NFT di platform mereka sendiri. Pada Juni 2021 misalnya, Binance meluncurkan pasar NFT milik mereka ketika rivalnya, Coinbase, mengumumkan rencana mereka untuk membuat Pasar NFT pada bulan Oktober 2021.

Cara Kerja NFT

Jika aset kripto seperti Bitcoin dan token ERC-20 yang berbasis Ethereum adalah aset yang bisa digantikan serta ditukar, token yang digunakan untuk standar token Non-fungible yang digunakan oleh platform seperti CryptoKitties dan Decentraland adalah token ERC-721.




Token ini adalah token khusus yang memiliki kontrak pintar yang merekam detil informasi mengenai pemiliknya. Token ini kaya akan metadata dan memiliki tautan file yang aman dari pembobolan.


Seperti yang diketahui, teknologi blockchain terus berkembang dari tahun ke tahun, Non-fungible Tokens, protokolnya dan kontrak pintar yang ada didalamnya pun masih terus dikembangkan sampai saat ini.


Untuk membuat aplikasi yang terdesentralisasi dan platform khusus yang bisa mengatur dan membuat Token Non-fungible masihlah sulit. Hal ini dikarenakan perkembangan blockchain yang terpisah-pisah dan terkotak-kotak. Banyak developer sibuk mengerjakan proyek mereka sendiri. Sehingga untuk mencapai perkembangan yang maksimal, protokol yang seragam dan operasi antar pengembang mungkin diperlukan.

Cara Beli NFT


Non-fungible token  bisa dengan mudah dibeli di pasar NFT besar seperti Opensea.io atau Rarible. Caranya sangatlah mudah, yang perlu kamu lakukan adalah:

  • Buat Crypto Wallet
  • Sambungkan dompet ke NFT Marketplace
  • Cari koleksi NFT
  • Beli NFT


Untuk kamu yang ingin mulai berinvestasi kripto secara mudah, download Pintu: Jual/Beli Aset Digital oleh PT.Pintu Kemana Saja di App Store atau Play Store kamu sekarang!

11 komentar:

  1. Cuma crypto itu berbahaya bagi kesehatan jantung.. hahahahaha nilai tukarnya itu loh yang sehari kayak roket naik, sehari kayak roket kehabisan bahan bakar. Bahkan dalam beberapa jam, seseorang bisa untung atau buntung secara drastis.

    Bukan satu jenis bisnis buat orang yang tidak tahan mental karena crypto pada dasarnya tidak dibackup jaminan seperti mata uang, jadi nilai tukarnya volatil sekali dan susah diprediksi.

    BalasHapus
  2. Pembahasannini sungguh otakku belum bisa membayangkan, meskipun saya sempet ikutan mainin, dan memiliki walletnya, bahkan sempat terisi $125, tapi kemudian ianya hilang (orang bilang sih dilock), dan menyisakan 0,sekian dolar. Pengen tahu lebih jauh deh. Sampai bener-bener paham. Bisa dipelajari di mana ya Mbak? Sungguh saya penasaran. Wakakakakakak

    BalasHapus
  3. Beneran deh Mak, aku lagi penasaran dengan crypto, bitcoin dll, tapi jujur sampe sekarang aku belum paham2 gimana cara kerja mereka, walau pun katanya sama aja ya, mata uang digital itu bisa ditransaksikan sama seperti mata uang biasa

    BalasHapus
  4. Ah iya, sejak fenomena Ghozali everyday itu NFT dan kryto jadi banyak menarik minat masyarakat.

    Walau bukan selebritas, kita pun bisa ya punya aset kripto

    BalasHapus
  5. Jadi ingat kalau salahsatu girl group favoritku "aespa" juga kerjasama dengan untuk NFT ini, mbak. Tapi seiring berjalannya waktu NFT ini bakalan banyak peminatnya ya mbak, asalkan mau mempelajarinya bukan hanya ikutan-ikutan saja. Seperti yang pernah hits beberapa waktu lalu,.

    BalasHapus
  6. Nama aplikasinya beneran PT.Pintu Kemana Saja?
    Unik banget yaa.. zaman digital ini semua hanya bermain di angka yang bentuk fisiknya tidak terlihat namun bisa menjadi alat tukar yang sangat berharga.

    BalasHapus
  7. Wah iya, sejak kemunculan Ghazali semua orang lagi semangat cari tahu tentang NFT ya mbak
    Crypto juga lagi banyak dipilih sebagai salah satu instrumen investasi yang menjanjikan

    BalasHapus
  8. Mesti belajar banyak tentang NFT dan dunia kripto kalau mau investasi ke situ ya, Mbak. Aku jujur belum paham meski udah beberapa kali baca soal ini.
    Btw makasih sharingnya, Mbak :)

    BalasHapus
  9. Ternyata untuk mempunyai aset kripto itu sekarang mudah banget, ya. Cukup download aplikasi Pintu, Bun.

    BalasHapus
  10. Semenjak gozali viral aku jadi penasaran sama nft. Tapi saat ini masih minim banget ilmu soal ini jadi belum berani coba coba punya nft wkwk

    BalasHapus
  11. Ternyata mudah ya mak pengen bermain crypto..Tapi untuk aku pribasi belum berani, sebatas baca-baca dulu...

    BalasHapus