Aplikasi Youtap Solusi UMKM Mengembangkan Usaha - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Rabu, 25 Mei 2022

Aplikasi Youtap Solusi UMKM Mengembangkan Usaha

Assalamualaikum Sahabat. Saya pengen curhat nih setelah beberapa bulan mengelola usaha rumahan. Bagi sahabat yang berteman dengan saya di Instagram, ada beberapa post foto dan video tentang usaha pizza. Usaha ini memang baru saya mulai sekitar awal Februari. Lumayan juga sih awal penjualan bisa mencapai minimal 10 loyang tiap harinya.

 

Sebagai mantan pegawai bagian akuntasi salah satu perusahaan distribusi, saya menyadari kalo pencatatan keuangan itu ruh nya usaha. Jadi penting banget dilakukan agar kita bisa memantau arus kas masuk dan keluar. Pencatatan ini juga perlu dilakukan agar uang usaha dan pribadi tidak tercampur. 


Saya juga melakukan pencatatan ini tapi dengan cara manual, pakai agenda, hahahaa. Iya saya tahu sebenarnya udah banyak aplikasi pencatatan dengan mengakses via smartphone. Namun saya pikir, usaha yang baru dirintis apa susahnya sih dikerjakan pencatatan manual? Jadi ya begitu lah saya pun melakukan pencatatan manual aja. 


Ternyata melakukan pencatatan usaha milik sendiri beda ya dengan ketika menjadi karyawan. Karena untuk usaha ini saya lakukan semuanya mulai dari belanja bahan, menyiapkan adonan, hingga menyelesaikannya jadi pizza. 


Setelah itu malam hari saya mesti mengerjakan pencatatan keuangan. Kalo pekerjaan ini ditunda besok, bakal numpuk. Dan nanti lupa biaya apa aja yang udah dikeluarkan. Kalo untuk penerimaan uang nggak mungkin lupa karena ada catatan order pizza yang masuk. Hihiihii. 


Butuh Pencatatan Keuangan Yang Praktis, Apa Dong?

Yang baru saya tahu adalah salah satu aplikasi menarik yang ngebantu banget bagi pelaku usaha atau UMKM yaitu Youtap Indonesia. Nah Youtap Indonesia adalah asisten penjualan yang menawarkan berbagai solusi layanan digital untuk memudahkan pelaku usaha menjalankan aktivitas usahanya. Aktivitas usaha itu meliputi penerimaan transaksi hingga pencatatan keuangan. 


Youtap tidak hanya untuk UKM tertentu, tapi semua jenis mulai dari warung, usaha F&B, fashion, dan lainnya. Dan perlu kalian tahu Youtap juga memberikan layanan tersendiri untuk usaha dengan skala besar dan perusahaan.


Dengan visi hadir di setiap usaha untuk membantu dan memberdayakan pelaku usaha dalam pencapaian terbaik. Youtap Indonesia juga memiliki misi menciptakan dan memberikan layanan solusi digital terbaik dengan dukungan sumber daya manusia terbaik.


Nah untuk usaha kecil dan menengah, Youtap menyiapkan beberapa solusi atau berupa produk yang bisa digunakan. Seperti kasir digital, analisa penjualan, bahkan ada juga pembuatan program loyalty untuk pelanggan. Produk yang ada dalam Youtap bisa pemilik UMKM gunakan, antara lain :

Aplikasi Usaha


Aplikasi usaha Youtap Indonesa itu produk utama yang ditawarkan pada pelaku UMKM. Untuk kalian ketahui, Youtap Indonesia udah tersedia dalam bentuk aplikasi mobile. Kalian bisa unduh di PlayStore dan AppStore.



UMKM yang udah menggunakan Youtap Indonesa, dimudahkan dengan Fitur Kasir Online, Kalkulator Digital, Riwayat Transaksi, Cetak Struk Sekali Tap, Pembayaran QRIS dan Semua Cashless. 




Untuk registrasinya pun cepat banget, kalian cukup download dan hanya butuh waktu satu menit.


Youtap POS

Youtap tidak hanya menyediakan aplikasi mobile namun juga menghadirkan produk Youtap POS. Yaitu Aplikasi POS yang mendukung beragam fitur. Aplikasi POS Kasir lengkap dengan fitur Katalog Produk atau E-menu, yang cocok untuk usaha kalian bila bergerak di bidang F&B. 


Terdapat juga fitur Pembayaran Cashless, Laporan Penjualan, Penyesuaian Harga dan Pajak, serta fitur lainnya hanya dalam satu aplikasi. Menyenangkan banget ya bagi pemilik usaha.


Portal Usaha

Bagi kalian pemilik usaha yang tidak familiar mengerjakan pencatatan keuangan dengan aplikasi mobile, santuy yaa. Karena Youtap Indonesia juga menyediakan Portal Usaha berbasis website. 


Dari website ini pemilik usaha bisa mengakses Paket Usaha, sekaligus mendapatkan analisa laporan penjualan. Tidak hanya itu saja, pemilik usaha pun bisa mendapatkan laporan pembayaran dengan disertai grafik yang jelas. 


SNAP by Youtap

SNAP by Youtap adalah produk keempat untuk UMKM yang bisa digunakan untuk membuat program loyalty bagi pelanggan. Kemudahan membuat program loyalty untuk meningkatkan loyalitas pelanggan dengan program promosi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan usaha kalian.


Kemudahan Belanja Stok Bagi Pemilik UMKM



Bagi pemilik usaha yang masih pemula, mengelola usaha juga menjadi perjuangan tersendiri. Karena usaha kecil yang dikerjakan sendiri semuanya, dimulai dari pengadaan bahan atau belanja stok, proses penyortiran, proses masak bagi usaha F&B, dan kegiatan usaha lainnya. 


Dengan menggunakan aplikasi Youtap Indonesia, pemilik usaha mendapatkan banyak kemudahan. Bagi kalian yang masih bingung, bisa baca penjelasan dalam website Youtap. Ada artikel yang bisa dijadikan acuan untuk mengelola usaha.


Masih ragu dengan Youtap? Saya jelaskan lebih detil bagaimana Youtap Indonesia membantu kalian pemilik UMKM mengelola usahanya. Termasuk juga kemudahan belanja grosir online untuk penuhi stok kebutuhan usaha dengan praktis dan cukup di rumah atau tempat usaha.


Berikut ini keuntungan yang bisa dinikmati pemilik UMKM :

- Belanja stok makin mudah

Cukup dari rumah atau tempat usaha, kalian bisa melihat Daftar Produk lengkap dengan deskripsi dan informasi ketersediaan stok. Tinggal pilih jumlah produk yang kalian inginkan, cek keranjang, dan bayar dengan e-wallet atau m-banking apapun lewat QRIS Youtap.


- Proses cepat tanpa perlu keluar rumah 

Yang menarik kalian juga bisa membandingkan harga tanpa mesti mengunjungi pemasok satu persatu di tokonya. Kalian bisa melakukan pemesanan lebih mudah dan pengiriman cepat hanya dari ponsel. Pokoknya no ribet ribet banget deh.


- Riwayat Transaksi lengkap 

Setiap kalian melakukan transaksi belanja stok, ada fitur yang otomatis tercatat, secara lengkap dengan status transaksi yang ada. Fitur ini yang paling membantu bagi pemilik usaha seperti saya. Karena usaha yang baru dirintis kadang tuh kita ngga punya tenaga untuk mencatat atau menyimpan semua struk pembelian bahan. Ya karena nyaris semua pekerjaan usaha dilakukan sendiri meski ada yang ngebantu proses masak dan lainnya. Tapi untuk usaha kecil yang baru mulai, pencatatan keuangan biasanya dikerjakan si pemilik langsung.


- Langganan stok mingguan 

Keuntungan pemilik usaha belanja stok di Youtap, bisa mendapatkan proses pengiriman setiap hari langsung dari pabrik. Yang menarik adalah kalian bisa mendapatkan harga spesial serta tambahan promosi lainnya. Gimana, seru banget ya menggunakan aplikasi Youtap Belanja Stok.


Menarik ya keuntungan yang bakal pemilik usaha terima dengan belanja kebutuhan usaha di Youtap Belanja Stok. Nggak ada lagi ribet ninggalin usaha karena stok bahan habis dan mesti ke toko langsung. 


Saya baru download Youtap Indonesia tapi belum mulai belanja stok. Baru registrasi dan isi data, sambil melihat fitur belanja stok. Tapi saya udah melihat beberapa pilihan yang sesuai dengan kebutuhan usaha pizza yang tengah saya rintis. Seperti paprika, jamur, jagung manis, keju, oregano, dan lainnya. Saya tertarik belanja di sini karena harganya malah lebih murah dibanding di luar. 


Bakal lebih menghemat pengeluaran ya kalo belanja stok mingguan mendapat diskon. Dengan menghemat pengeluaran belanja stok, udah kebayang dong keuntungan penjualan bakal meningkat. 


Yuk sahabat yang tengah galau merintis usaha, takut dengan meningkatnya harga bahan kebutuhan usaha, gabung di Youtap Indonesia. Wassalamualaikum.

15 komentar:

  1. Ini one stop activity bagi UMKM ya, lengkap semua ada. Youtap Indonesia enggak hanya membantu pegiat UMKM mengelola usahanya tapi juga memudahkan belanja. Harga lebih murah pula. Manfaat banget nih Youtap Indonesia

    BalasHapus
  2. Wah para pelaku UMKM pastinya bakal merasa kebantu banget dengan adanya aplikasi Youtap ini yah, karena pencatatan keuangan tuh emang ribet dan harus teliti yaah

    Semoga sukses dan lancar buat usaha pizza nya yah mbaak

    BalasHapus
  3. Bagi pelaku UMKM ngurusin bisnisnya aja udah PR banget. Alhamdulillah teknologi turut support memberi kemudahan. Aplikasi ini jadi angin segar banget untuk memudahkan pelaku UMKM melaksanakan bisnisnya. Sukses yaa Youtap, banyak nih pahalanya. Hehe :)

    BalasHapus
  4. Eh gimana gimana... Youtap ini bisa menjamin ketersediaan bahan baku juga?
    Waaw! Biasanya kan aplikasi sekedar menghitung - dan mengkoneksikan dengan pembeli ya

    ok ok saya pelajari ya, sukses ya mbak pizzanya

    BalasHapus
  5. Makin mudah ya, pakai satu aplikasi bisa catat cash flow plus belanja bahan, harga grosir pula. Jadi pengen tahu toko bahan grosirnya.
    UMKM wajib tahu, biar makin professional kelola keuangannya.

    BalasHapus
  6. Aplikasi Youtap bisa membantu dari sisi seller dan buyer yaa..
    Sangat praktis bagi kedua belah pihak.

    BalasHapus
  7. Saat ini, emang semuanya harus serba digital ya mbak
    Makanya perlu banget pelaku UMKM untuk menggunakan aplikasi Youtap ini

    BalasHapus
  8. Wow, ngga cuma untuk nyatat pengeluaran dan pemasukan, aplikasi youtap juga ada fitur belanja stok juga? Benar-benar lain dari yang lain ini sih... Omong-omong, sukses selalu untuk usaha pizzanya ya, Mbak... Kapan-kapan kalau ke Semarang mau nyicip ah. :)

    BalasHapus
  9. Waah kereen banget komplit plitttđź‘Ś..

    Semoga usahanya lancar sukses sayang telat baca ini padahal.baru seminggu.lalu pulang dr semarang. (Gusyi yeni)

    BalasHapus
  10. Alhamdulillah sekarang apa apa semakin mudah ya mba, termasuk aplikasi penghitungan keuangan untuk parra pembisnis. Salah satunya Youtap ini. Jadi, mau itung itungan pun ga perlu njelimettt. Apa aja bisa dicatat ddi sana

    BalasHapus
  11. Bener juga ya mba, kadang kalau kita melakukan pembukuan secara manual tuh lelah juga. Butuh aplikasi yang bantu kita untuk bikin catatan keuangan secara lebih sistematis. Sukses terus untuk usaha pizza rumahannya ya Mba Wati. Topingnya endeusss loh Pizza Naumi ini.

    BalasHapus
  12. Di era ini digitalisasi berkembang sangat pesat sehingga hampir semua lini bisa dilakukan dengan bantuan aplikasi, termasuk pembukuan. Aplikasi pembukuan seperti Youtap ini pastinya sangat membantu bagi pelaku UMKM, sukses terus ya usaha pizzanya.

    BalasHapus
  13. Makasih infonya mbak. Jadi memudahkan kita-kita yang mau bikin usaha nih. Aku juga kepikiran mau bikin usaha tapo bingung nyetok barangnya. Bisa pakai aplikasi ini ya.

    BalasHapus
  14. Sangat membantu sekali yaa untuk ukm agar lebih berkembang. Dan aku baru tau jg lho ternyata ada aplikasinya. Terumakasih sudah sharing mb

    BalasHapus
  15. Informasinya sangat membantu sekali untuk UMKM lebih berkembang kedepannya

    BalasHapus