Literasi Produk Jasa Keuangan di FIN Expo - BIK 2021 - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Jumat, 29 Oktober 2021

Literasi Produk Jasa Keuangan di FIN Expo - BIK 2021

Assalamualaikum Sobat. Saya yakin kalian yang membaca artikel ini punya rekening di bank. Nggak masalah saldonya kecil, yang penting udah ada rekeningnya kan? Paling tidak sobat udah tahu manfaat punya rekening tabungan di bank.


Karena tidak semua orang memiliki rekening di bank. Saya sendiri cukup kaget saat tahu teman alumni perempuan ada yang enggak punya rekening di bank. Waktu itu ada rencana reunian dan saya sebagai bendahara mendapat colekan dari beberapa teman. Dia bilang ingin datang ke rumah untuk nitip uang donasi untuk reuni. Alasannya dia tidak punya rekening di bank jadi nggak bisa transfer uang donasi.

 

Saya jadi ingat dengan pedagang di pasar yang justru punya rekening, mereka nabung tiap hari di bank pasar. Bank yang beroperasi di pasar-pasar tradisional ini memang sengaja menyasar pedagang dan pembeli yang setiap hari melakukan transaksi di pasar. Bank pasar ini menurut pedagang yang memiliki rekening, sangat membantu mereka. Mereka jadi punya tabungan untuk kebutuhan darurat dari uang yang disisihkan tiap hari. 


Pedagang itu kalo pegang duit, inginnya membelanjakannya kembali untuk barang dagangan. Kalo barang dagangan pengisi lapak penuh, mereka bahagia. Itu kata mereka ketika saya nanya-nanya entah berapa tahun yang lalu saat berbelanja di lapak langganan.


Udah punya tabungan di bank pasar, tapi ketika kematian datang, mereka bingung. Duit yang tersisa hanya untuk bertahan hidup paling lama dua tahun. Setelah itu bagaimana dengan biaya hidup yang harus berjalan? Masa iya minta pada anak? Belum tentu juga mereka memiliki kemampuan finansial untuk membantu orang tua. Jangan sampai menjadi generasi sandwich. Yaitu menjadi orang tua yang membebani anaknya untuk kebutuhan hidup hari tua.


Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2021


Beberapa hari yang lalu saya mendapatkan informasi bahwa bulan Oktober ini merupakan Bulan Inklusi Keuangan. Rupanya sejak tahun 2016, bulan Oktober diperingati sebagai bulan Inklusi keuangan (BIK) . Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama dengan pemerintah terus berupaya meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia. 


OJK dan Industri Jasa Keuangan bekerja sama menggelar kegiatan tahunan Bulan Inklusi Keuangan (BIK) secara terintegrasi, masif dan berkelanjutan di seluruh wilayah Indonesia dari tanggal 1 - 31 Oktober 2021, dengan tema "Inklusi Keuangan Untuk Semua, Bangkitkan Ekonomi Bangsa".




Sobat udah tahu apa sih inklusi keuangan itu? Saya sendiri baru tahu sekitar dua tahun ini. Padahal saya dan sobat semua sudah sejak lama melakukan kegiatan yang menjadi bagian dari inklusi keuangan.


Istilah inklusi keuangan termasuk istilah yang populer di tengah masyarakat, namun tak banyak yang tahu atau paham tentang istilah ini. Padahal, tanpa kita sadari, di kehidupan sehari-hari, sudah banyak kegiatan yang menjadi bagian dari inklusi keuangan.


Inklusi keuangan bisa diartikan sebagai keadaan masyarakat dalam mengakses atau menggunakan produk layanan jasa keuangan seperti perbankan, asuransi, investasi, teknologi finansial dan lain sebagianya. 


Untuk contoh inklusi keuangan dalam keseharian itu misalnya :

- Menabung di bank, tarik tunai di ATM
- Transaksi perbankan secara online melalui internet banking, mobile banking
- Layanan untuk pinjaman online 
- Investasi saham, beli asuransi kesehatan hingga asuransi mobil secara online dan lainnya.


Gimana Sob, ternyata selama ini kita udah melakukannya setiap hari. Tapi nggak ngerti kalo itu dinamakan inklusi keuangan.


Namun di sisi lain, apakah masyarakat sudah memahami bahwa inklusi keuangan yang mereka jalani itu udah benar? Ada kan yang masih curiga dengan produk keuangan. Seperti saat beli asuransi ternyata tidak sesuai ekspektasi. 


Agar masyarakat paham saat memilih serta menggunakan produk keuangan yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing, diadakan lah Bulan Inklusi Keuangan. Tahun ini BIK diselenggarakan sekaligus untuk memperingati Hari Asuransi yang mengangkat tema "Literasi Asuransi Untuk Negeri, Kenali - Pahami - Miliki".


Nah untuk mempermudah masyarakat bisa mendapatkan edukasi keuangan, diadakan lah FIN EXPO BIK 2021 secara virtual. Apa aja yang akan kita jumpai di FIN EXPO BIK 2021 ini? 


FIN EXPO BIK 2021


FIN EXPO BIK 2021 merupakan pameran produk atau jasa keuangan yang digelar secara virtual dalam rangka Bulan Inklusi Keuangan 2021. Tahun ini merupakan kedua kalinya FIN EXPO diadakan dengan konsep virtual. Hal ini merupakan bentuk adaptasi terhadap dinamika perekonomian pada masa pandemi. FIN EXPO BIK 2021 diadakan mulai tanggal 18 Oktober - 2 November 2021.


Melalui FinExpo, masyarakat dapat memperoleh informasi program promo dan  reward produk/jasa keuangan, edukasi keuangan dan informasi kegiatan lainnya yang dilaksanakan oleh Lembaga Jasa Keuangan selama Bulan Inklusi Keuangan sepanjang bulan Oktober 2021.



Apa aja yang bakal kita temui di FIN EXPO BIK 2021? Nah sobat harus daftar dulu di finexpo-bik2021-id baru deh nanti bisa main secara virtual di booth-booth yang ada di sana. Ya kayak bazar di pameran jasa keuangan tapi bentuknya tuh virtual. Enak kan jadinya dari berbagai kota atau provinsi mana pun bisa mengakses FIN EXPO BIK 2021 ini. Sobat bisa mendapatkan informasi seperti berikut :

- Penjualan Produk/Jasa Keuangan Berinsentif, berupa promo discount, cashback
- Pembukaan Rekening
- Fasilitas Pemberian Kredit/Pembiayaan
- Webinar Edukasi Keuangan
- Pameran Jasa Keuangan

Dan kebetulan sekali booth pertama yang saya kunjungi secara virtual adalah Prudential. Di sini sobat bisa menjumpai berbagai informasi seputar Asuransi Prudential. Ada video gallery, promo dan program yang bisa kalian akses untuk mendapatkan informasi yang lebih detil. 



Saya sendiri kemarin langsung memilih video gallery dan bingung dong karena ada 5 video di sana. Tapi nggak cukup lama sih karena saya memilih video tips dari Merry Riana tentang memilih asuransi kesehatan.

Berikut ini tips Merry Riana :

1. Persiapkan anggaran sesuai dengan kemampuan kamu.
2. Pahami Kebutuhan dan fasilitas yang diinginkan seperti fasilitas rumah sakit serta batas manfaat yang ditawarkan berdasarkan plan yang kamu inginkan dan pilih.
3. Tentukan premi yang akan kamu bayar. Dan memilih produk asuransi kesehatan yang murni tanpa komponen investasi. Ini bisa kamu dapatkan dengan premi yang terjangkau.
4. Pahami masa pertanggungan dari produk asuransi kesehatan yang kamu beli.
5. Pelajari jenis penyakit yang akan ditanggung. Karena ada beberapa penyakit yang tidak ditanggung oleh perusahaan asuransi. Nah cari tahu juga daftar rekanan rumah sakit yang bekerja sama dengan penyedia asuransi yang kamu pilih.


Di masa ketidakpastian seperti saat ini, asuransi kesehatan sekarang terasa begitu penting. Jadi memang sobat perlu memiliki untuk perlindungan kesehatan kalian.


Untuk video lainnya sobat bisa nonton langsung di virtual booth Prudential. Ada video penjelasan tentang asuransi dan masa pembayaran dari Unik Link, Endowment, Whole Life, dan Term. 


Ada satu video yang bikin saya jadi mellow setelah menontonnya. video yang durasinya sekitar 4 menit itu mempertunjukkan orang tua muda dengan orang tua mereka sendiri. Mereka bicara dari hari ke hati tentang pengalaman menjadi orang tua. Dan orang tua muda ini teringat masa ketika mereka masih lajang, suka membantah, melakukan hal bodoh lainnya. 


Ahhh jadi mellow kalo ingat video tentang perjuangan orang tua membesarkan anak-anaknya. Saya yakin kalian yang udah berkeluarga dan memiliki amanah mengasuh anak, pasti udah merasakan susah senangnya. 


Yang menarik di virtual booth Prudential adalah Promo dan Program yang ditawarkan. Berikut ini info soal promo dan program dari Prudential Indonesia :




- We Do Cashback Special Untukmu, dapatkan cashback hingga 2 bulan premi atau kontribusi untuk pembelian polis baru yang terbit hingga 31 Oktober 2021. Tentu ada syarat dan ketentuan yang berlaku dan untuk produk tertentu.

- Asuransi Jiwa Syariah PRUCinta, Buktikan cintamu karena cinta itu hidup selamanya sementara sebagai kepala keluarga tentu tidak dong. 

- Asuransi Jiwa Syariah PRUCerah, mewujudkan masa depan cerah bagi buah hati dengan pendidikan tinggi.

- PRULink Generasi baru/ PRULink Syariah Generasi baru, wujudkan proteksi dan investasi yang #Pastidikasihlebih.


Nah, udah saya ceritakan ya saat berkunjung virtual booth di Prudential Indonesia. Coba deh sobat main main juga di sana karena nonton sendiri video sharing bakal lebih terasa di hati. 


Saya berharap dengan FIN EXPO BIK 2021 ini bakal makin banyak masyarakat yang mendapatkan edukasi cerdas tentang pemahaman pengelolaan keuangan. Salam literasi finansial, Sobat. Wassalamualaikum.

37 komentar:

  1. Suka tidak baca penyakit yang ditanggung dan tidak beri jawaban sesungguhnya mengenai riwayat penyakit kita. Itulah kadang bisa bikin masalah di masalah depan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga pernah ngalami, Mpo. Enggak teliti baca formulir, langsung tanda tangan aja

      Hapus
  2. Tipsnya seruuu dan sangat relatable dgn kita semua ya mbaaa
    bener banget, literasi keuangan ini kudu digencarkan siik
    supaya tiap orang bisa mengatur financial dg baik

    BalasHapus
  3. Senang lihat informasi dari banyak blogger mengenai FINEXPO untuk memperingati bulan inklusi keuangan ini, semoga makin banyak orang yang paham tentang inklusi keuangan ya mbak

    BalasHapus
  4. kerenn banget acaranya, molly pingin ikutan juga, bisa nambah wawasan nih tentang literasi keuangan dan pentingnya punya asuransi

    BalasHapus
  5. Virtual booth seperti ini menarik. Biasa diakses dari mana pun dan menambah pengetahuan/literasi tentang keuanga. Ada Merry Riana pula membagikan tips.

    BalasHapus
  6. enak nih mba kalo ada virtual booth, soalnya biasnaya pemaparannya jelas banget dan jadi leluasa buat bertanya sekaligus memilih produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan diri

    BalasHapus
  7. Selama ini yang saya lakukan berarti emang termasuk inklusi keuangan ya. Baru tahu :) makasih tips memilih asuransi yang dbahikan, mba

    BalasHapus
  8. Inklusi keuangan, aku juga melakukan ini ya ternyata itu namanya
    Narik uang di ATM dan nabung di bank. Klo 1 tempat kayaknya sulit buat nabungnya hihi
    akses perbankan itu perlu, penting. Apalagi makin go digital nanti malah tinggal tap2 kartu aja. Produk jasa keuangan pilih sesuai kebutuhan, makasih tipsnya mbaa udah ditulisin dari mba Merry yaa^^

    BalasHapus
  9. Alhamdulillah saya berarti udah melakukan inklusi keuangan selama ini.
    meski demikian, mau mampir juga ahh lihat exponya, pas banget berakhir hari ini.

    BalasHapus
  10. Saya juga termasuk sudah melakukan inklusi keuangan berarti mba.
    Dengan adanya booth virtual seperti ini, jadi lebih paham lagi tentang produk-produk asuransi. Makasih pemaparan lengkapnya mba Wati.

    BalasHapus
  11. bagus banget sih ini literasi keuangan harus digencarin nih dikalangan emak-emak, jangan sampe kan yaa yang harusnya perempuan jadi tulang rusuk malah jadi tulang punggung keluarga loh

    BalasHapus
  12. Saya juga ada tetangga yang belum punya rekening di bank. Mau beli apa-apa nitip ke saya. Repot ya zaman sekarang gak punya rekening. Semoga semakin banyak masyarakat yang melek keuangan biar makin sejahtera.

    BalasHapus
  13. Seru banget ya dengan adanya FIN Expo ini jadi semakin banyak orang yang mengenal tentang jasa keuangan. Karena Zaman sekarang tuh sangat penting mengetahui tentang jasa keuangan. Mulai dari tabungan, asuransi, dan investasi ��

    BalasHapus
  14. Keren pisan tips dari Merry RIana ini , simple banget tapi kadang masih banyak yang belum aware. Semoga dengann adanya Fin Expo BIK 2021 ini lebih menambah wawasan dan edukasi seputar pengeloaan keuangan dan asuransi yang sesuai dengan kebutuhan.

    BalasHapus
  15. Bulan Inklusi ini mengingatkan kita semua agar lebih mengenal prodk perbankan terutama asuransi yaa..
    Seringkali kita menjadi tidak yakin dengan asuransi karena terkenal susah pencairan dan alasa belum settle dari segi pendapatan.

    BalasHapus
  16. Aku sempat buta banget sama literasi keuangan. Sekarang udah agak melek dikit, mau benerin cash flow dulu. Harus bijak milih perbankan dan asuransi nih.

    BalasHapus
  17. Literasi keuangan masih banyak belum sampai ke masyarakat lapisan bawah. Dengan adanya finexpo seperti ini mereka punya kesempatan sama sehingga bisa ikut belajar dan mengamalkannya

    BalasHapus
  18. Pengalaman pandemi hampir dua tahun ini seharusnya menyadarkan banyak pihak betapa pentingnya literasi keuangan dan produk-produknya, serta pentingnya punya asuransi kesehatan ya, Mbak

    BalasHapus
  19. Saya juga sempat mampir ke virtual boothnya Prudential di event Fin Expo dan nonton beberapa videa edukasi tentang literasi asuransi di sana. Menurut saya moment BIK 2021 ini memang bagus banget ya untuk meningkatkan pemahaman kita terhadap urusan finansial termasuk asuransi

    BalasHapus
  20. Kebetulan nih aku baru tahu kalau ada Bulan Inklusi Keuangan, bagus banget nih event Fin Expo 2021, dengan event ini semoga makin banyak masyarakat yang teredukasi dengan baik tentang produk keuangan terutama produk keuangan Asuransi dan Investasi.

    BalasHapus
  21. Diadakannya FIN EXPO BIK 2021 secara virtual bisa mempermudah masyarakat untuk mendapatkan edukasi keuangan,ya. Sehingga masyarakat bisa lebih cerdas dalam hal literasi keuangannya.

    BalasHapus
  22. Betul, Mbak. Masih banyak orang yang belum memiliki akses ke produk dan jasa keuangan, jadi program Bulan Inklusi Keuangan ini bermanfaat banget untuk memberi edukasi ke masyarakat.

    BalasHapus
  23. Mata saya juga jadi berkaca-kaca melihat video perjuangan orang tua itu mbak, walau cuma 4 menit durasinya, tapi sangat mengena pesan yang ingin disampaikan

    BalasHapus
  24. Hore..udah masuk dalam kategori inklusi keunagan diriku�� iya mba..klo di kampung...masih banyak nemu orang yang nggak punya rekening...padahal.sapinya 4 (@20an jt)

    Tetanggaku...nyimpen uang hasil panenan jagung ..disimpen di rumah. Pas mau butuh uang, ternyata dimakan ngengat/rayap... Pada rusak uangnya. Untung masih bisa ditukar ke bank ind

    BalasHapus
  25. Inklusi keuangan kaya punya rekening atau pakai internet banking sih sudah. Yang belum itu soal asuransi. Ini penting juga kan buat jaga-jaga masa depan kita. Ya dikit-dikit kudu mulai belajar literasi keuangan

    BalasHapus
  26. Aku baru tau kalo Oktober ini bulan inklusi keuangan. Yah ketinggalan Fin Exponya nih. Jadi makin pinter kalo ikutan FinExpo ini ya. Banyak info ttg literasi keuangan.

    BalasHapus
  27. Berarti selama ini kita sudah termasuk menjalankan inklusi keuangan ya, transfer transaksi online dll

    BalasHapus
  28. Bener2 menarik banget ini fin expo, terlebih ada virtual booth Prudential, kalo ada Promo dan Program yang ditawarkannya banyak banget, bisa kita pilih sesuai dengan kebutuhan kita ya Mba.
    Aku pun jadi tercerahkan nih seputar literasi keuangan kadang emang bikin nyut2an.

    BalasHapus
  29. Pandemi seperti sekarang ini produk-produk asuransi sangat bermanfaat banget untuk meng-cover biaya berobat di rumah sakit yang sangat besar.

    BalasHapus
  30. Ya, perjuangan orangtua banget ya, kak.
    MashaAllah~

    Bulan Inklusi keuangan (BIK) dari tahun ke tahun membawa misi hebat, dan pada tahun 2021 ini bekerjasama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) juga sejalan dengan pemerintah terus berupaya meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia.

    BalasHapus
  31. Tips memilih asuransi dari mba Merry Riana boleh juga ditiru. Jadi acuan kita buat memilih asuransi yang cocok.

    BalasHapus
  32. Program yang bagus deh BIK ini. Memberi literasi financial kepada masyarakat. Jadinya masyarakat lebih tahu tentang produk-produk keuangan. Sayang aku telat tahu. Padahal kepengen lihat exponya deh.

    BalasHapus
  33. baru tau ternyata semua yang saya lakukan selama ini termasuk inklusi keuangan, dan juga inklusi keuangan ini semua orang membicarakannya, aku jadi makin kepo deh

    BalasHapus
  34. Memang masih banyak masyarakat yang belum paham arti dari inklusi keuangan itu. Karenanya Fin expo seperti agenda tahunan BIK ini sangat bermanfaat. Khususnya masyarakat yang masih awam, jadi lebih paham tentang inklusi keuangan yang baik.

    BalasHapus
  35. Acara semacam ini tuh penting banget diikuti keluarga apalagi keluarga baru dari gen z dan milenial. Perencanaan keuangan bagiku pondasi biar kesejahteraan terjaga dan anak-anak tumbuh dengan baik dan bahagia

    BalasHapus
  36. Jadi nambah wawasan ikutan seperti ini
    Saya juga jadi kepincut beberapa promo produk keuangan

    BalasHapus