Rekreasi Asik di Rumah Aja, Demi Kesehatan Jiwa - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Jumat, 22 Oktober 2021

Rekreasi Asik di Rumah Aja, Demi Kesehatan Jiwa



Assalamualaikum Sobat. Udah terlalu lama di rumah aja, kalian merasa bosan nggak sih? Terutama bagi yang terbiasa traveling ke berbagai tempat di luar kota tempat tinggal. Terus terang saya sebenarnya udah mulai jenuh di rumah aja. Namun saya juga nggak mau keluar rumah hanya untuk wisata, apalagi kalo tempatnya udah ramai.

Menjaga kesehatan fisik dan psikis sama pentingnya. Enggak traveling dulu juga nggak masalah sebenarnya. Apalagi jaman sekarang kita makin diberi kemudahan akses internet dengan teknologi yang makin canggih. Kita bisa traveling virtual dulu atau mencari kesibukan untuk meredam jenuh di rumah aja.


Tapi sebenarnya bukan hanya kita yang di rumah aja, pekerja kantor pun juga sesekali butuh untuk merefresh otak agar sehat jiwa. Udah bertemu dengan tekanan pekerjaan di kantor, di rumasih harus beresin pekerjaan rumah. Udah lelah jiwa dan raga, pasti butuh me time atau rehat sejenak dari rutinitas.


Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di rumah aja, bisa bersama anggota keluarga atau pasangan kamu, bisa juga sendiri. Saya rekomendasikan untuk kamu, yaitu :

- Masak Bersama Anak / Pasangan




Kegiatan masak entah bikin menu untuk makan atau jajanan untuk cemilan, yang dilakukan bersama anggota keluarga, bisa jadi akan menyenangkan. Saya suka ngajakin anak saya yang bungsu bikin sesuatu, entah itu pizza atau pastel. Kegiatan ini udah jadi rekreasi bagi kami karena mesti di rumah aja selama pandemi.

Asik loh nyampur bahan untuk bikin pizza dan dilakukan berdua bareng si bungsu gini. Saya menyiapkan bahan-bahan adonan pizza. Dan nanti si bungsu yang akan menguleni tepung, ragi instan, susu cair, dan bahan lain untuk dijadikan adonan pizza. Kegiatan baking ini jadi rekreasi bagi kami, sambil ngobrol dan bercanda. 

- HOBI




Melakukan kegiatan yang kita sukai bisa jadi rekreasi melepas penat atau jenuh. Sejak pandemi awal tahun 2020, saya udah meyakini bakal menghabiskan banyak waktu di rumah. Jadi saya pun berusaha melakukan kegiatan dari hobi lama yang sempat terlupakan. 

Awalnya ada dua hobi yang saya tekuni kembali. Namun seiring berjalannya waktu, saya memilih hobi merawat tanaman. Bantuan suami dengan membuatkan rak untuk meletakkan pot tanaman, bikin saya makin semangat. Saya mulai belanja tanaman hias. Kesibukan yang menyenangkan ini mengikat waktu setia hari. Saya jadi memiliki kegiatan seru yang bikin betah di rumah aja.

Jadi pilih hobi apa yang menarik minat kamu dan  lakukan hal seru yang kamu inginkan. Misalnya bermain gitar, menciptakan lagu, dan siapa yang tahu dengan takdir ke depannya nanti?!

- Marathon Nonton Film/Drama




Adakah yang belum ada ide melakukan hal seru di rumah aja? Gimana dengan marathon nonton film atau drama Korea? Uhhh... membayangkannya saja udah seru. Saya suka nonton film sejak bertemu suami. Jadi biasanya nonton merupakan kegiatan yang kami lakukan berdua. Kalo nggak bisa ke bioskop selama pandemi, ya udah nonton aja di rumah. 


Ada banyak pilihan film atau drama di channel favorit. Dan karena kegiatan ini bisa menghabiskan waktu minimal satu jam, lumayan kan jadi pengisi waktu selama di rumah.

- Olahraga




Melakukan pekerjaan rumah, berkutat dengan kesibukan kerjaan di kantor, bikin tubuh lelah begitu tiba di rumah. Namun jangan sampai menjadi penghalang untuk melakukan olah raga atau aktivitas fisik yang menyenangkan.

Dengan melakukan olahraga ringan bisa loh bikin tubuh lelah kamu menjadi bugar. Pilih waktu dan sesuaikan dengan kebutuhan kamu. Jadi kan olahraga merupakan aktivitas fisik yang menyenangkan.

- Ngobrol Virtual Bersama Teman Sekolah

Nggak bisa reuni selama pandemi bukan hal yang merisaukan. Ubah gaya bertemu langsung dengan ngobrol secara online. Saat ini semua itu bisa kamu lakukan dengan menggunakan aplikasi Zoom, Google hangout, aplikasi sosial media lainnya. 

Seru pasti ketika kamu bisa ngobrol dan bercanda bersama teman-teman dalam ruang chat. Yang penting reuni virtual tetap jalan dan kamu bisa bebas berinteraksi di dunia maya.

- Berbenah Rumah



Ihhh, udah lelah sepulang kerja, masa masih harus berbenah rumah? Coba aja nyampe rumah dan melihat ruangan yang berantakan. Kamu lebih memilih rebahan sambil main gadget. Ruang yang berantakan akan tetap sama dan membuat mood kamu ikutan jelek. 

Berbeda bila kamu segera mengambil sapu dan membenahi benda yang bikin ruang nampak berantakan. Lelah iya tentunya. Namun begitu ruangan rapi dan kamu berbaring di sofa bed, lelah pun sirna. Menatap ruang yang rapi akan berefek baik. Tubuh pun jadi sehat karena telah bergerak aktif selama proses beberes ruangan.

- Bermain Game 

Saat ini makin banyak orang yang gemar bermain game. Kegiatan ini menjadi rekreasi yang seru dan menyenangkan, terlebih bila dilakukan di rumah. Seperti saya dan anak-anak senang banget bermain game sejak lama. Kami juga suka main game di rumah karena nyaman, nggak ada gangguan orang ngobrol, hehee.

Jenis game yang saya suka ada di Plays.org, website bermain game lengkap untuk berbagai usia. Saya memilih main game di plays.org karena bisa dilakukan di laptop. Dan lebih asik juga sih dengan banyaknya jumlah game, ada 900 game lebih. 

Yang paling asik adalah kita bisa main game tanpa jeda iklan. Nggak asik banget sih kalo lagi seru bermain game mendadak iklan muncul. Kan gemes lagi seru harus nunggu iklannya selesai tayang. Nah game di plays.org itu juga bisa untuk belajar bagi yang punya anak usia SD. Ada permainan hitungan, jadi bisa belajar matematika dengan cara sederhana dalam bentuk game. Coba aja pilih game Fractions Equivalen. 



Nah kalo saya suka main game Tetris, neon box tetra yang mesti menata balok dalam satu deret. Ada balok dengan bintang yang bisa jadi bonus nilai kamu bertambah. Gemes sih kalo main tetris ini karena kudu pas ngatur balok sesuai dengan balok sebelumnya.


Selain itu ada juga game Solitaire, Mahjong, Spider Solitaire, bagi kamu penyuka permainan kartu. Saya udah nyoba Solitaire dengan berbagai tingkatan. 


Terakhir saya main game Space Adventure Pin Ball. Saya baru nyoba tiga kali dan masih berusaha belajar cara mainnya. Jadi di bagian kanan bawah itu ada bola yang harus kita tekan agar meluncur ke atas. Nantinya bola itu akan keluar dan menembak poin yang bisa kita kumpulkan.
 


Bermain game di Plays.org itu menyenangkan, selain nggak ada iklan, juga bisa dilakukan tanpa donwload terlebih dulu. Jadi nggak bikin berat misalkan kamu pengen main menggunakan smartphone.


Beberapa tips di atas sebenarnya bisa dilakukan tidak hanya saat pandemi. Kegiatan rekreasi di rumah aja ini bisa dilakukan ketika kita mesti istirahat karena pemulihan setelah sakit. Tentu saja pilih kegiatan yang ringan dan tidak menghabiskan energi.


Ayo semangat ya Sob, di rumah aja bisa kok melakukan kegiatan yang menyenangkan dan seru. Kita tinggal memilih kegiatan untuk menghibur diri baik sendiri maupun bersama anggota keluarga. Wassalamualaikum.

Dokumentasi :
- koleksi pribadi
- Pexels
- Canva 

17 komentar:

  1. Ku ga pernah bosan di rumah juga, pandemi kemaren juga anteng2 aja dan makin nyaman di rumah coz aemak rumahan juga, dan enak bisa produktif di rumah.
    Meski sesekali butuh refresing juga dan menghirup udara segar ke tempat yang memang private baik ga banyak orang, ke cafe mojok cari jam2 yang sepi.
    Btw kegiatan di rumah yang belom dan ga pernah ku lakukan adalah main game mbaa, hhaaaa. Ajariiin donk...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buka website plays aja dulu, ntar pilih yang paling gampang. Banyak game jadul juga Teh

      Hapus
  2. Sampai sekarang saya belum ngemall sama sekali lho mbak. Nggak tau nih makin lama makin asik di rumah aja. Nonton drama trus main game adalah hal mengasyikkan. Sampai lupa waktu tau-tau kuota internet sudah FUP, haha
    Asik nih ada rekomemdasi tempat ngegame yang tanpa iklan. Berarti plays.org ini berbasis web ya mbak, bukan aplikasi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, plays.org ini game berbasis website yang ringan. Nggak perlu download segala

      Hapus
  3. Sayaaa sejujurnya lebih suka di rumah aja, tapi anak-anak juga stres denagn rutinitas kek maminya tiap hari hahaha.

    Kalau di rumah, saya lebih suka bebenah rumah, nonton film, dan pastinya main game.
    Sayang udah lama saya nggak main game, karena malas banget kudu install aplikasi, atau login.
    Senang banget ada game sederhana di plays.org , jadi bisa main game dengan mudah dan sekaligus mengenang masa lalu hehehe

    BalasHapus
  4. ketika pandemi disuruh di rumah aja, somehow saya hepi karena aslinya orang rumahan tapi demen jalan-jalan, eh gimana... ya intinya sih jalan-jalan ketika diperlukan, tapi di rumah ngerem seharian juga nggak masalah.. i have many things to do, hehehe.

    dan yes,, olahraga! satu hal yang jadi saya rutinkan selama di rumah aja.

    BalasHapus
  5. kalau aku, me time nya juga biasa ngurus dan siram tanaman. Healing banget soalnya, liat hijau-hijau di taman depan rumah. Dan satu lagi, penghilang stress itu adalah nonton drakor

    BalasHapus
  6. Wah semuanya bermanfaat banget nih terutama olahraga jadi pengen juga nih sama berbenah. Ternyata rekreasi tetap bisa dilakukan meski di rumah aja ya mba. 🤗

    BalasHapus
  7. bener. di rumah aja juga banyak hal seru yang bisa dilakuin ya mbaa..
    main game di plays.org juga seruuu mbaaa.. games buat anak-anak juga banyak.. jadi makin betah deh di rumah aja.

    BalasHapus
  8. Aku sering juga nih mbak masak bareng anak, biasanya bikin makanan kesukaan mereka. Kadang mereka maunya gak dibantuin, ya udah aku duduk aja hihihi.
    Kalau udah bosan aktivitas bisa main games ya, untuk anak-anak aman deh main games di Plays.org

    BalasHapus
  9. Ada game masak-masakan ga mba di play.org? Dari dulu aku paling senang itu loh meskipun dalam dunia nyata ga suka masak hehehee... Enakan di games aja, ga perlu pusing nyuci bekas peralatan masaknya. :))

    BalasHapus
  10. Suamiku juga lg hobi tanaman kini rumah rimbun sama tanaman hahaha duh kangen banget main Gates jd pengen coba plastik org nih

    BalasHapus
  11. Nah, ada banyak aktivitas di rumah yang menyenangkan ya. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang emang lebih aman ya stay di rumah aja kalau gak ada kepentingan mendesak di luar. Btw suka juga nih main game, lumayan bisa mengusir kepenatan apalagi semenjak tahu ada platform game online yang bisa diakses secara gratis dan bebas iklan

    BalasHapus
  12. Banyak kegiatan seru ya selama di rumah, blom nyobain nih main game karena kurang begitu suka tapi jadi penasaran sama game di plays.org, kalo lagi bosen nonton drakor bisa nih maen game

    BalasHapus
  13. sekarang kita memang harus pintar - pintar dan kreatif ya mba untuk menghibur diri supaya tidak stress berkepanjangan akibat covid-19

    BalasHapus
  14. ya ampuunn akupun lagi seneng main di plays.org mbak. gara2 temen2 share gitu aku jadi rajin nyari game baru sekarang, dan iya seneng tanpa iklan

    BalasHapus